Cara root Asus Zenfone Max M1

Artikel kali ini membahas cara Root Handphone Asus Zenfone Max M1 ZB555KL X00PD. Agar dapat melakukan dengan sukses perlu persyaratan untuk unlock bootloder terlebih dahulu dan dengan menggunakan PC Laptop. Sudah banyak pelanggan menggunakan jasa root di tempat servis kami dan berhasil termasuk type handphone Android merk Asus ini.
magisk xposed
Sepintas tata cara ngeroot Zenfone Max M1 ini panduannya mirip dengan saudaranya Asus Max Pro M1, namun bahan aplikasi yang digunakan berbeda. Meskipun bentuk model dan spesifikasinya mirip dimana keduanya sama-sama menggunakan memory RAM 3GB dan Internal ROM 32GB namun terdapat perbedaan dari type CPU Soc Snapdragon yaitu Qualcomm Snapdragon 430 dan 636. Type varian Asus dari dulu memang sering membuat banyak hp mirip namun beda-beda kode modelnya. Sehingga membuat bingung bahkan pemiliknya sendiri kadang salah (tidak tahu) nama modelnya. Contohnya sbb:
  • Asus Zenfone Max kodenya ZC550KL
  • Zenfone 3 Max ada 2 macam yaitu ZC520TL dan ZC553KL.
  • Asus 4 Max ada 2 juga kodenya ZC520KL dan ZC554KL
  • Max M1 nomor model ZB556KL dan ZB555KL
  • Max Pro (M1) kodenya ZB601KL dan ZB602K
  • Bahkan Zenfone Go punya 4 nama berbeda ZB500KG ZB552KL ZB500KL ZB450KL
  • dan masih banyak lainnya....bingung kan?
Kami belum menemukan pola cara membaca penamaan aneh ini, benar-benar perlu ketelitian  sebelum mengerjakan garapan dari pelanggan. Hal ini menjadi salah satu penyebab banyak penggunanya mengalami masalah gagal root dan bootloop salah flash karena salah membaca nama model typenya. Sesuai aturan global terbaru yaitu: meskipun merk sama, beda type, beda ROM maka beda cara root.

Peringatan: 
  • Panduan dalam artikel ini benar dan berhasil sesuai dengan pengalaman penulis sendiri.
  • DWYOR (Do With Your Own Risk). Segala kerusakan software/ bootloop karena kesalahan dalam mengikuti panduan ini bukan tanggung jawab kami. 
  • Root menggugurkan Garansi resmi dari Service Center Asus.
  • Hanya untuk type Asus Zenfone Max M1 ZB555KL X00PD versi firmware WW-15.00.1810.89_20181113 atau bawahnya. Jika versinya lebih tinggi bisa di flash downgrade ROM terlebih dahulu.
perbaiki handphone rusak
Baik kita mulai pembahasan dengan persyaratan + persiapan bahan-bahannya terlebih dahulu sbb:
  1. Memiliki Laptop /PC komputer Windows dan sudah terinstall driver ADB Debugging Fastboot
  2. Sudah paham cara flash rom untuk membetulkan kerusakan software jika bootloop.
  3. Bahan Unlock Bootloader Asus download disini, di situs resmi Driver&Tools, Android, Utilities kemudian download unlock tool apk.
  4. Bahan install Magisk apk bisa didownload dislink ini: 4shared.com/zip/whfdIbDxiq/UBL_And_MAGISK.html
Cara Unlock Bootloader Handphone Android Asus Max M1
  • Backup file foto dll karena langkah ini akan format handphone maka data akan hilang. 
  • Sebaiknya remove dulu akun google dari dalam menu setting hp, untuk antisipasi jika lupa password email.
  • Nyalakan hp normal lalu aktifkan USB debugging caranya sbb:
  • Buka menu settings -> tentang ponsel -> information software -> nomor bentukan di tekan 7X sampai ada pemberitahuan developer option sudah aktif
  • Kembali ke menu Setting lalu cari menu baru "Developer Option", masuk kedalamnya, kemudian aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock dengan menggeser tombol ke kanan. Lihat gambar bawah.
bisa android root tanpa PC
  • Install aplikasi "UnlockTool_ASUS_Android_signed_E300_1.apk, ada di hasil extract  download file diatas ya.  Buka aplikasi unlock apk tersebut, lalu klik OK-Agree-Press. Ikuti saja instruksinya seperti contoh gambar di bawah sampai handphone nanti akan restart sendiri.
  • Setelah reboot dan menyala kembali kini handphone Android Asus Zenfone Max M1 sudah dalam posisi Unlock dan siap untuk di root. Seperti kami jelaskan diatas untuk backup data penting seperti file foto jika masih diperlukan, format handphone akan membuat data terhapus.
  • Perlu di perhatikan pentingnya untuk bisa melakukan UBL terlebih dahulu, banyak proses cara root handphone Android menggunakan aplikasi kingoroot dll gagal karena bootloder masih terkunci (locked). Itulah sebabnya mengapa beberapa merk lainnya seperti Oppo, Vivo, Realme sulit diroot karena pihak vendor tidak menyediakan ijin untuk Unlock.
Langkah berikutnya adalah proses root. Kami disini tidak menggunakan Super (user) Su tetapi lebih memilih menggunakan Magisk. Karena dari pengalaman sebelumnya terbukti lebih cocok untuk versi ROM terbaru Sistem Android Treble seperti Oreo dan Pie.

Instal Magisk Cara I dari laptop.
  • Sekarang cari file hasil download dengan nama: install.bat
  • Handphone dengan posisi menyala normal, di hubungkan kabel data USB ke PC Laptop Windows.
  • Cek di device Manager pc laptop dan pastikan sudah terhubung dalam mode ADB
  • double-click install.bat
  • maka proses akan berjalan dan handphone asus zenfone restart sendiri
  • Selanjutnya instal aplikasi Magisk Manager-v5.8.3(129).apk.
  • Selesai, silahkan update magisk terbaru jika diperlukan.
ubl root asus zenfone
Demikian panduan cara root Asus Zenfone Max M1 dengan instal Magisk. Selain cara diatas, masih ada alternatif lain yaitu dengan menggunakan custom Recovery TWRP. Pengguna juga dapat menggunakan prosedur di bawah ini.

Instal Magisk Cara II Menggunakan TWRP
  • Sudah Unlock bootloader
  • Download bahannya terlebih dahulu file TWRP disini. Pilih Asus versi file recovery twrp-3.4.0-0-X00P.img.
  • File direname jadi "twrp.img" kemudan simpan ke dalam folder ADB di laptop.
  • Download Magisk-v19.3 zip dari situs resminya, jangan di extract tetapi langsung di copy ke dalam micro sd Card
  • Nyalakan Handphone asus ke dalam mode fastboot, hubungkan ke komputer laptop. Agar terdeteksi harap pastikan driver usb debungging sudah terinstal dengan benar. 
  • Dari laptop buka comand promt (CMD) agar handphone bisa booting ke menu TWRP dengan mengetikkan perintah sbb:
fastboot boot twrp.img 
jasa root andoid
Ketika menerima pekerjaan jasa root handphone Android kami sudah terbiasa me-rename file recovery hasil download dengan nama "twrp" saja (tanpa tanda petik) agar perintah lebih mudah praktis diketik. Perintah ADB "fastboot boot twrp.img" adalah opsi cara paksa masuk recovery TWRP tanpa harus meng-install ke dalam sistem hape, jadi nanti hanya booting ke menu TWRP secara temporary. Jika ingin di flash/ pasang permanent perintahnya adalah "fastboot flash recovery twrp.img" 

Mengapa TWRP tidak di pasang? 
Pengalaman kami jika UBL menggunakan aplikasi resmi dari Asus dapat menyebabkan masalah handphone jadi bootloop karena penyimpanan internal/data terenskripsi tidak terbaca jadi 0mb. Meskipun dalam beberapa kasus lain berhasil juga, mungkin tergantung versi systemnya ya?. Maka pertimbangan kami agar aman adalah tidak memasangnya secara permanen hanya temporary (sementara) asal bisa digunakan untuk install Magisk dengan cara diatas.

Mari kita lanjutkan langkah selanjutnya, berikut ini tampilan custom recoverynya:
memperbaiki handphone android
  • Booting Handphone masuk ke menu TWRP recovery dengan mengetikkan ADB command : fastboot boot twrp.img atau menekan kombinasi vol- dan tombol power untuk masuk mode recovery jika di pasang permanen.
  • Magisk sudah di copy ke dalam memory SD Card.
  • Di TWRP Recovery pilih menu install lalu browse pilih storage SD Card.
  • Browse cari dan pilih Magisk.zip, kemudian klik install, tinggal geser saja ke kanan gambar tombol 3 segitiga putih tulisan "Swipe to confirm Flash". (lihat gambar atas)
  • Kemudian reboot ke system, lalu tunggu hingga menyala kembali sampai masuk menu, lalu periksa apakah Magisk sudah terinstal di handphone Asus Zenfone Max M1. Untuk memastikan silahkan download aplikasi Root Checker di Google Playstore.
bagaimana cara ubl
Selanjutnya terserah kebutuhan pengguna untuk tujuan apa. Misalnya pemilik kini sudah dapat memasang aplikasi bermanfaat seperti Titanium backup, ini berguna untuk membuang/ hapus aplikasi bawaan hp yang tidak digunakan seperti Asus Service centre, Asus demo, buku panduan, Google Movie, Google Buku dll. Pasang patch mods untuk cheat main game juga sudah bisa memakai GL tools atau mau menambahkan berbagai fitur dengan install Framework Xposed beserta pasang Modul sesuai spesifikasi hp, terserah pengguna asal paham aturannya, wajib buat backup TWRP dulu untuk mengatasi masalah handphone jika terjadi bootloop.

Setelah diroot sebaiknya pelajari cara pemasangan dan penggunaan semua aplikasi untuk menghindari masalah rusak sistem bootoop. Saran kami jangan upgrade system Androidnya atau factory reset karena root bisa hilang, tapi jika mau update aplikasi tidak masalah. Demikian pengalaman kami tulis dalam artikel cara root Handphone Android Asus Zenfone Max M1 ZB555KL (X00PD).

Artikel Terkait di Bali Service Computer

16 komentar:

  1. Bang...
    Mau tanya nih
    Aku udah UBL HP Asus Zenfone Max M1
    TWRP juga udah kupasang
    Tetapi sewaktu install magisk, selalu gagal
    Apa penyebabnya bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasang twrp dan magisk disesuaikan dengan versi sistem android, harus cocok ke 3 nya, hal tersebut harus diperhatikan saat root hp

      Hapus
  2. misi gan mau tanya kok saya pas di adb nya gak bisa mulu iya kaya eror itu kenapa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulisan pesan error apa? coba periksa driver adb fastboot, mesti terinci agar bisa dibantu

      Hapus
  3. kang, jika versi firmware diatasnya sedikit apa perlu downgrade? kalau tdk downgrade apa masih bisa ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman kami biasanya beda versi os beda cara/bahan, kami tidak tahu tanpa praktek langung, maka sebaiknya jika mau aman ikuti sesuai persyaratan diatas atau cari panduan lain sesuai sistem androidnya

      Hapus
  4. cara unroot handphone android tinggal lepas magisk/uninstall atau jika punya backup nya,restore boot img firmware ori, tapi jika mau kembali locked bootloader harus di flash

    BalasHapus
  5. Kalo mengatasi bootlop gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling mudah caraanya di flash/ instal ulang rom nya

      Hapus
    2. Udah coba berbagai room masih belum bisa, twrp udah keinstal, kalo boleh minta link room yg cocok

      Hapus
    3. download firmware dari situs asus resmi https://www.asus.com/id/Phone/ZenFone-Max-M1/HelpDesk_BIOS/

      Hapus
  6. bang saya kok gak bisa masuk mode fastboot padahal udah ku unlock bootloadernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kondisi hp asus mati lalu tekan tombol vol+ dan power bersamaan

      Hapus
  7. Link yang ini https://sourceforge.net/projects/raza/files/ASUS_X00PD/Recovery/TWRP/ mati bang ... benerin secepatnya ... Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya twrp untuk asus type ini sudah berubah dari unoffical ke versi twrp offical

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.