Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung

Beberapa pelanggan kami datang ke tempat servis membawa Samsung Galaxy Tab type lama dengan berbagai keluhan mulai baterai drop, internal penuh kehabisan memory, lambat, download playstore error dan mencari solusi agar tetap dapat digunakan sehari-hari dengan nyaman. Sebagian bertanya apakah bisa upgrade software sistem Android? ada juga yang meminta menambah ram diflash, factory reset dsb. Berikut ini kami bahas secara singkat solusi mudah dengan biaya murah untuk mengatasi handphone lemot dengan cara menghapus aplikasi bawaan Android yang tidak berguna. 
jasa flash android
Penjelasan Singkat
  1. Samsung termasuk salah satu vendor yang cukup rajin menjual type tablet Android mendampingi jajaran varian produk handphone, sama seperti merk Advan, Asus dan Xiaomi. Khususnya type Tablet mulai diperkenalkan sejak tahun 2010 dengan peluncuran Galaxy Tab 7, kemudian seri Tab 2 dan seterusnya hingga Samsung Galaxy Tab S5e di 2019. Type ini biasanya akan lebih awet dan rata-rata memiliki masa pakai atau MTBF (Mean Time Before Failure) cukup tinggi sebelum mati, karena memiliki ukuran mesin pcb dan baterai lebih besar di bandingkan dengan handphone. Ukuran mesin besar membuatnya lebih tahan panas. Kebanyakan jika terjadi masalah kerusakaan hanya pada baterai drop tinggal diganti saja, dapat dibeli di tempat service center Samsung atau konter/ toko sparepart terdekat.
  2. Masalahnya beberapa type tablet lama meskipun masih awet dan hidup normal, namun tidak lagi nyaman digunakan, buat internet hp lemot, download di Google playstore tertunda, error server, memory penuh hingga lambat sekali untuk penggunaan aplikasi terkini. Daripada dibiarkan menganggur bagaimana caranya agar Tab jadul model lama ini bisa tetap difungsikan tanpa harus ganti beli perangkat hape baru. Apakah di upgrade? di reset? atau di flash ulang? dan bagaimana cara mengatasinya?
  3. Firmware resmi Samsung via internet /OTA hanya menyediakan download upgrade terbatas untuk type lama mentok di jellybean atau  kitkat. Karena spesifikasi Samsung Galaxy Tab pertama hingga seri 4 hanya menggunakan memory Ram rata-rata kurang dari 2 GB maka upgrade ROM resmi bukanlah solusi agar tab tetap nyaman digunakan. Jika dipaksakan maka cara ini justru akan semakin membuatnya lemot kehabisan sumber daya baterai cepat habis lebih boros untuk menjalankan banyak aplikasi bawaan sistem terbaru yang lebih berat. Semakin tinggi versi upgrade software OS Android maka diperlukan juga spesifikasi Hardware lebih tinggi dibanding sebelumnya. Di sisi lain bagi pihak vendor bukanlah keputusan mudah untuk menghapus aplikasi bawaan miliknya meskipun mungkin tidak digunakan oleh pemakai. Inilah sebabnya mengapa pihak Samsung memutuskan tidak bisa upgrade firmware lagi. Hal ini tentunya secara tidak langsung memaksa pengguna untuk membeli Tab baru dan tentu saja menjadi solusi dengan biaya mahal. Solusi cara mengatasi masalah ini adalah dengan diroot kemudian membuang aplikasi tidak berguna agar tidak lemot atau instal custom rom.
Sebagai tempat servis Handphone dan Tablet Android kami masih bisa mengingat pengalaman dulu jika mau flash rom hanya perlu download firmware Ginggerbread dengan ukuran file sebesar 200MB, lalu berkembang hingga upgrade versi Jellybean dengan file firmware kisaran 500MB, selanjutnya terus bertambah besar aplikasi bawaan sistem handphone untuk Oreo-Naugat menjadi 1.5GB (1500MB) -2GB hingga Android terbaru Pie antara 3GB - 4GB ukuran File ROM nya. Artinya file update Sistem terkini paling baru yaitu Android Pie sudah 10 hingga 20 X lipat besarnya file dari versi awal. Maka pendapat kami tidak mungkin upgrade akan membuat Handphone atau tablet kita jadi ringan dan tambah cepat, justru sebaliknya malah jadi lemot karena ruang internal memory jadi cepat penuh. Jika pembaca percaya bahwa upgrade membuat handphone lebih cepat silahkan di logika sendiri fakta sederhana diatas.

Cara mengatasi Samsung Tab Android Lambat
Karena menggunakan hardware SOc (System On Chip) maka upgrade hardware tidak mungkin dilakukan pada handphone dan Tablet Android. Termasuk menambah memory fisik ram tidak akan bisa dilakukan, solusinya adalah mengurangi penggunaannya. Dengan membuang aplikasi aplikasi bawaan vendor pabrik dan Google penyebab handphone lemot padahal tidak dibutuhkan dan tidak berguna maka akan mengurangi ruang penggunaan memory penyimpanan dan ram. Sehingga dampaknya ram lebih lega dan tablet Samsung dapat berjalan lebih mudah dan lancar. Bahkan membuat pemakaian baterai irit tidak cepat habis/boros dibanding sebelumnya. Ya cara tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan reset atau install ulang sistem Android terutama untuk handphone type lama, namun agar dapat membuang aplikasi bawaan pabrik harus diroot terlebih dahulu.

Penyebab Hp lemot dan Cara Mengatasinya
Bayangkan analogi fungsi memory ram adalah jalan raya, sedangkan aplikasi berjalan adalah kendaraan. Semakin sedikit jumlah kendaraan maka jalanan bebas macet/ hang. Bagaimana jika 'jalannya' kecil? Ini seperti Tab dengan ram 1Gb, ya pemiliknya harus sadar diri untuk tidak menginstal banyak aplikasi sosial media dan harus mau pilih yang penting saja sebelum menghapus aplikasi tidak berguna bawaan pabrik. Semua aplikasi sosmed internet seperti BBM, Mesengger, Instagram, WA, Facebook, Twitter menggunakan banyak ruang penyimpanan dan memory ram dan baterai jadi boros cepat habis. Jika direset saja memang terasa lega lagi seperti baru tetapi ini hanya solusi bersifat sementara karena aplikasi bawaan hp yang tidak berguna masih ada. Opsi lain untuk mengatasi handphone lemot adalah melakukan upgrade tetapi dengan instal custom rom. Ini bukanlah firmware resmi namun software sistem berbasis rom Android dimana aplikasi bawaan (bloatware) vendor pabrik sudah dibuang jadi menggunakan base sistem sangat minimalis.
Persyaratan Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung
  • Tablet Samsung perlu di root terlebih dahulu, bahan file root sesuai type berbeda-beda, untuk panduan cara root handphone bisa dibaca linknya dibawah.
  • Pasang Aplikasi Titanium Backup atau aplikasi lain dengan fungsi serupa
  • Lepas atau buang aplikasi bawaan android dari vendor/google/pihak ke 3 yang tidak berguna (Bloatware)
instal magisk twrp
Mungkin pengguna tidak membutuhkan suatu aplikasi dan menganggap kurang penting tetapi sistem Android mungkin masih membutuhkan, jadi tidak semua aplikasi bisa dilepas semau sendiri, tetap ada aturannya. Berikut ini adalah daftar aplikasi bawaan handphone Samsung namun aman untuk dibuang. Jika sembarangan menghapus semau sendiri dapat membuat sistem software Android rusak dan mengakibatkan tab bootloop tidak mau menyala normal. Jadi daftar tercantum dibawah ini boleh dilepas atau dibiarkan sesuai kebutuhan. 
Peringatan:
  • Daftar ini bisa berbeda /lebih banyak sesuai seri Tab masing-masing.
  • Banyak aplikasi bawaan tetap berjalan secara 'background' bahkan meskipun kita tidak membukanya, jadi sebaiknya dibuang saja agar memori penympanan tidak cepat penuh
  • Jangan hapus aplikasi bloatware selain dalam daftar ini. (Tab akan menjadi bootloop)
cara perbaiki Samsung
AccuweatherWidget_Main.apk
AllshareMediaServer.apk
AllSharePlay.apk
AllshareService.apk
AnalogClockSimple.apk
Aurora.apk
BasicLiveWallpapers.apk
Bluesea.apk
BluetoothMap.apk
BluetoothTest.apk
Books.apk
ChatON_MARKET.apk
ChocoEUKor.apk
ClockPackage.apk
CoolEUKor.apk
crayon_physics.apk
Dropbox.apk
DropboxOOBE.apk
DualClockAnalog.apk
DualClockDigital.apk
EdmSysScopeService.apk
EdmVpnServices.apk
EnterprisePermissions.apk
FactoryTest_Q1_EUR_OPEN.apk
Flipboard.apk
FotaClient.apk
Google +
Google buku
Google Duo
Google Film
Gmail.apk
GMS_Maps.apk
GroupCast.apk
HelpHub.apk
HelvNeueLT.apk
Kies.apk
kieswifi.apk
Kobo.apk
lcdtest_Q1_EUR_OPEN.apk
LearningHub_HD.apk
Microbes.apk
MobilePrint.apk
MusicHub_31.apk
MusicPlayer.apk
OceanWeather.apk
PaperArtist.apk
PhotoWall.apk
PickUpTutorial.apk
PlusOne.apk
PolarisViewer.apk
PressReader.apk
Prin service
ReadersHub.apk
RoseEUKor.apk
SamsungApps.apk
SamsungAppsUNA3.apk
Samsungservice.apk
SamsungWidget_FavoriteApp.apk
SamsungWidget_ProgramMonitor.apk
SChoice.apk
sCloudBackupApp.apk
sCloudBackupProvider.apk
sCloudDataRelay.apk
sCloudDataSync.apk
sCloudSyncBrowser.apk
sCloudSyncCalendar.apk
sCloudSyncContacts.apk
sCloudSyncSNote.apk
SecCalculator2.apk
SecEmail.apk
SecExchange.apk
SimpleAlarmClock.apk
SimpleFavoritesWidget.apk
SMemo_Q1.apk
SMemoProvider_Q1.apk
Stk.apk
S_Voice.apk
SyncmlDM.apk
SyncmlDS.apk
talkback.apk
Velvet.apk
VideoHub.apk
Videos.apk
voice_talk_Q1.apk
VoiceRecorder.apk
VpnDialogs.apk
WeatherWall.apk
WebManual.apk
WlanTest.apk
wssyncmlnps.apk
YahoonewsDaemon.apk
YahoonewsWidget.apk
YahoostockDaemon.apk
YahoostockWidget.apk
Zinio.apk

Pengguna boleh menghapus aplikasi bawaan yang tidak dibutuhkan dalam daftar diatas sebanyak mungkin dengan aman tanpa perlu kuatir jadi bootloop. Kami sudah mencobanya sendiri dan dapat juga diterapkan untuk handphone lama syarat utamanya di root dahulu. Dengan cara ini maka tab Samsung akan lebih ringan karena ruang memory dan ram bertambah/ lebih lega tidak ada masalah download di Google playstore server error atau tertunda lagi, sehingga nyaman untuk digunakan sehari-hari tidak lemot, setidaknya dibanding sebelumnya. Solusi membuang aplikasi bawaan pabrik dan kurang penting ini tentu lebih mudah dan murah dari sisi biaya dibanding beli handphone baru. Selain cara ini masih ada solusi lainnya yaitu dengan instal update sistem menggunakan custom ROM lewat TWRP. 
flash rom Android
Meskipun dalam bentuk upgrade sistem, namun os custom Android ini hanya menggunakan aplikasi terpenting handphone saja, sehingga ringan, internet tidak lemot, normal bisa download dari google Playstore karena ruang penggunaan memory Ram lebih kecil jika dibanding Firmware asli milik vendor. Karena di dalam custom rom ini aplikasi bawaan sudah dihapus. Cara download dan instal update custom ROM Samsung via TWRP akan kami bahas terpisah di artikel berikutnya. 
Masalah umum yang sering terjadi di tempat servis kami adalah pengguna dengan ruaang memory ram terbatas tetapi tidak mau mengurangi aplikasi sosial media. Facebook, mesengger, WA, Instagram, twitter dll semua mau dipasang, katanya semua perlu dan penting. Cara mengatasinya ya minimal punya 2 handphone Android, terus aplikasi dibagi di kedua hp tersebut, itu paling masuk akal. Demikian artikel Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tablet Samsung untuk mengatasi handphone lemot karena  ruang penyimpanan penuh, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.