Cara Root Samsung Tab S2

Kali ini kami akan membahas cara root SamsunGalaxyTab S2 SM-T715Y sebagai lanjutan rangkaian artikel sebelumnya mengenai pembahasan panduan Handphone dan tablet type lama agar tetap dapat berjalan ringan dengan membuang aplikasi bawaan tablet yang tidak penting atau kurang berguna. Diluncurkan tahun 2015 bersama Handphone Android Samsung S6, A5 dan Samsung Galaxy J2, Tablet S2 ini memiliki memory ram cukup besar 3GB. Namun seraya update sistem Firmware terbaru, memory penuh dapat jadi penyebab berbagai masalah, paling sering adalah hp jadi lemot untuk internetan atau download di Google playstore tertunda terus, server error atau muncul keterangan memory penuh. Cara mengatasinya tidak bisa klaim garansi ke tempat service center Samsung karena penyebabnya bukan kerusakan hardware dari pabrik tetapi lebih ke masalah software, hanya dengan akses root kita dapat melakukan modifikasi sistem Android agar ringan, nah disini di bahas bagaimana cara melakukannya.
perbaiki bootloop
Penting untuk diperhatikan bahwa type dalam contoh artikel ini khusus dan terbatas untuk Samsung Galaxy Tab S2 SM-T715Y (3G/LTE) keluaran tahun 2015 dengan layar 8 inch bukan lainnya. Apalagi untuk samsung tab 3 atau 4, akan berbeda lagi bahannya ya. Tablet type ini dapat kami gunakan sebagai contoh karena kebetulan di bawa oleh pelanggan ke tempat jasa tempat servis kami dalam kondisi bootloop. Kondisi saat diterima tidak bisa menyala sampai menu hanya berhenti di tulisan logo Samsung Galaxy Tab saja, karena pemiliknya sudah mencoba sendiri melakukan root tanpa PC namun gagal. Jadi sangat cocok untuk dijadikan contoh dengan pembahasan kita disini.
biaya flash handphone rusak
Perlu diketahui bahwa beda type, beda os maka beda cara root. Nah Samsung Tab S2 ini setidaknya ada 8 macam seperti T710, T815 hingga T819 dll. Jadi agar tidak gagal jadi bootloop karena sistem rusak atau hardbrick (mati total) pastikan typenya dan versi sistem Android harus sama. Ketelitian dalam melihat spesifikasi sangat penting ya. Lihat keterangan spesifikasi dalam gambar diatas. Kemudian wajib memiliki laptop atau punya PC dan membaca panduan ini sampai selesai, segala resiko karena tidak membaca dengan teliti menjadi tanggung pribadi, DWYOR. 

Artikel tahapan langkah root disini adalah bagian cara mengatasi handphone lemot dan jika pengguna mengalami masalah tidak bisa download di Google playstore karena error server, memory tidak cukup atau download tertunda agar bisa meghapus aplikasi bawaan pabrik, opsi lainnya silahkan baca alternatif lain solusi tanpa root di dalam artikel kami di link bawah ini untuk membetulkannya. Terutama untuk Samsung tipe lama penyebabnya adalah Firmware versi lama perlu update sistem ROM lebih tinggi agar bisa terus download aplikasi dari Google Playstore.
Cara root Tablet Samsung S 2 T715Y
  • Memiliki Komputer Laptop dan sudah terinstal driver Samsung, bisa menggunakan os Windows 7 atau Win 10 32bit dan 64 bit kami sudah mencoba keduanya berhasil.
  • Download file CF-Auto-Root-gts28lte-gts28ltedx-smt715y dari link resmi disini 
  • Download Odin v3.10.7 tool ini juga biasa digunakan untuk ngeflash HP Samsung rusak software atau Bootloop.
  • Extract kedua file diatas
  • Dari posisi tablet Samsung mati, masuk ke mode download, caranya dengan menekan tombol Home+Power+Volume Down secara bersamaan, kemudian saat ada peringatan untuk melanjutkan, tinggal tekan tombol volume up 
  • Kemudian hubungkan Tablet Android dengan PC / Laptop menggunakan kabel data usb 
cara flash android
  • Jalankan program Odin v3.10.7. Lihat keterangan gambar diatas. Periksa koneksi di device menager laptop (no 1) jika sudah terhubung dengan benar maka di Odin bagian kolom log sebelah kiri akan tertulis pesan Added!! dan kolom ID:COM (kiri atas no 2) akan terisi seperti terlihat pada contoh gambar. 
  • Selanjutnya klik di bagian PDA, (no 3) pilih file CF-Auto-Root-gts28lte-gts28ltedx-smt715y hasil download sebelumnya, Klik Start.(no 4) untuk memulai proses flash
  • Tunggu sampai proses root selesai. Secara otomatis perangkat akan restart sendiri. Bila root sukses, maka akan terlihat warna hijau bertuliskan Pass lalu RESET di sebelah kiri atas, seperti gambar di bawah ini. 
cara membetulkan samsung rusak
  • Kemudian setelah tablet Samsung restart sendiri, tunggu saja sampai semua proses cf auto root selesai (ada gambar android warna merah) dan tab kembali menyala normal masuk ke menu.
  • Selesai
Petunjuk bahwa cara root ini berhasil terlihat dalam daftar aplikasi tablet Android Samsung akan terpasang apk SuperSU. Semua artikel panduan di blog ini kami tulis setelah terbukti kami sendiri berhasil melakukannya, jika gagal maka tab atau handphone Samsung akan bootloop, cara mengatasinya adalah di flash menggunakan firmware/ ROM yang sesuai menggunakan Odin sama seperti petunjuk diatas. Untuk lebih memastikan apakah sudah sukses silahkan download aplikasi Root Checker di Google Play Store. 
memperbaiki tablet rusak
Sekarang pengguna sudah bisa modifikasi os sistem Android, misalnya untuk membuang aplikasi bawaan handphone yang dirasa kurang berguna atau tidak penting dengan bantuan aplikasi seperti titanium backup agar tidak lemot lagi. Jika memory sudah lega tidak akan terjadi masalah hang, internet lemot atau error download di Google playstore tertunda lagi. Namun saran kami jika tujuan utama pemilik ingin melakukan root untuk pasang aplikasi GL tools, lucky patcher atau mods cheat game FF, PUB, mobile legend sebaiknya tidak menggunakan supersu dari CF Autoroot seperti dalam contoh diatas, melainkan menggunakan Magisk agar berhasil bypass Safetynet tidak failed, dengan cara instal terlebih dahulu TWRP pakai Odin. 
Sejak awal kita harus sudah memutuskan memilih salah satu cara saja, karena dari pengalaman jasa root di tempat kami jika sudah terlanjur menggunakan cara pertama CF autoroot, maka pemasangan magisk akan gagal. Untuk panduan pasang custom recovery ini sama seperti contoh diatas di install menggunakan Odin hanya file di isian kolom PDA diganti dengan file TWRP khusus untuk Samsung Galaxy Tab S2  SM-T715Y bisa di download disini.
instal magisk
Cara masuk ke dalam menu recovery TWRP dari posisi tablet mati adalah: tekan tombol Home+ Volume Atas + Power, setelah muncul logo tulisan Samsung, tombol power dilepas, sedangkan 2 tombol lainnya Home dan Volume atas tetap ditekan. Setelah masuk recovery selanjutnya kita bisa pasang magisk dari situ. Kami berhasil dengan download menggunakan versi Magisk 17.1, bisa di download di situs resminya. Agar lebih mudah salin file magisk ke dalam micro sd card kemudian install dari situ.
biaya perbaian handphone
Untuk berdiskusi terkait masalah ini silahkan pembaca menggunakan kolom komentar dibawah blog ini saja. Boleh mengajukan pertanyaan tapi logis dan sesuai dengan pembahasan dalam artikel di topik ini. Pertanyaan seperti: bisa root tanpa laptop komputer? Bisa pakai kingoroot untuk Samsung Tab S2? tidak akan kami jawab. Kami sudah tuliskan cara yang terbukti benar dan sukses, jika mau menggunakan panduan lainnya silahkan cari sendiri di google dan bagaimana hasilnya silahkan share pengalaman di sini, deal?. 

Bagi pengguna hape Samsung dengan domisili tempat tinggal di sekitaran kota Denpasar atau kota terdekat lain seperti Badung, Kuta, Tabanan, Gianyar untuk mengetahui informasi biaya harga jasa flash rom Android silahkan menggunakan chat via WA no handphone diatas. Demikianlah tutorial cara root Samsung Galaxy Tab S2 T715Y semoga bermanfaat.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.