TWRP

Kali ini kami akan membahas apa itu TWRP, fungsinya, tempat download beserta cara pasangnya. Sebenarnya semua handphone Android baik Asus,Samsung, Oppo, Xiaomi Redmi sudah punya mode recovery bawaan pabrik tapi dengan fungsi terbatas. Nah secara singkat TWRP adalah kependekan dari “Team Win Recovery Project”. Team ini membuat custom recovery dengan menambahkan berbagai fitur tambahan yang tidak dimiliki recovery asli bawaan hp, seperti fungsi install, misal magisk untuk root, custom rom atau kernel, lalu ada fungsi backup-restore rom dengan antarmuka penggunaan juga lebih mudah karena sudah bisa dengan cara di sentuh/ touchscreen, tidak lagi menggunakan tombol volume dan power ataupun home untuk memilih menu.

xiaomi redmi

Banyak alternatif varian file custom TWRP dari berbagai pihak developer bisa di download misalnya dari Team Win LLC official, OrangeFox recovery, LR.Team, PitchBlack, Batik Recovery karya para developer Indonesia dan sebagainya. Kami sendiri lebih memilih versi Official karena stabil, tampilan menu simple mudah dipahami dan lebih cepat tersedia update untuk sistem Andrioid Q dan 11 terbaru, maka paling sering kami pakai di tempat jasa root handphone kami di Denpasar kecuali ada permintaan khusus dari pelanggan mungkin lebih cocok pakai versi lain.

Fungsi Instal TwrpDengan memperhatikan daftar menunya seperti contoh gambar di atas, bisa terlihat banyak fungsi bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah yang tidak ada di recovery bawaan hp ori. Contoh gambar di bawah adalah versi Officialnya, sedangkan untuk tampilan versi developer lain seperti OrangeFox bisa sedikit berbeda namun fungsi utamanya sama.

  • Install
  • Wipe
  • Backup
  • Restore
  • Mount
  • Settings
  • Advanced
  • Reboot

magisk

Contoh manfaat fungsi Instal ada banyak, dengan ini bisa flash update-upgrade sistem firmware OTA, selain itu bisa pasang aplikasi root magisk, kita juga bisa memasang berbagai custom ROM Android beserta gapps (kumpulan Google aplikasi), tinggal download bahan-bahannya seperti rom Havoc, lineageos, pixel rom dll, seperti contoh gambar dibawah saat kami mengerjakan custom rom untuk hp xiaomi redmi maupun poco milik pelanggan. Kita juga bisa instal kernel, root dengan SuperSU atau Magisk.zip beserta modul bypass Safety Net dan cheat mods lainnya. Fungsi backup / restore sangat lengkap tidak hanya backup system tetapi juga bisa backup partissi efs/ nv-ram. Ini sangat berguna jika terjadi kesalahaan gagal install custom ROM atau flash Firmware jadi bootloop, sehingga jika imei hilang dan sinyal tidak muncul baseband dapat dikembalikan lagi untuk membetulkan dengan cara di restore, ini sangat penting karena nomor IMEI tidak ada/ tidak di sertakan di dalam download Firmware saat kita melakukan flash hape. 

custom rom xiaomi poco

Fungsi backup juga bermanfaat ketika handphone terjadi masalah rusak software tidak mau masuk menu/bootloop karena gagal oprek modif, tidak bisa instal custom ROM dan perlu di flash firmware untuk membetulkannya, maka data penting bisa diselamatkan, hal ini tidak bisa dilakukan jika masih menggunakan recovery ori. Dengan twrp sebenarnya kita sudah bisa membuang aplikasi bawaan xiaomi tanpa root, cukup banyak aplikasi tidak atau kurang bemanfaat (bloatware) dan jarang digunakan bisa dihapus sehingga hape jadi ringan dan baterai lebih awet. Bahkan kita juga bisa menghapus password pin kunci pola jika lupa. Masih banyak fungsi manfaat lain untuk mengatasi berbagai masalah yang tidak bisa kami bahas semua disini termasuk bahaya resikonya.

Dimana tempat download TWRP semua hp? : Silahkan ketikkan di browser google: "twrp.me" (tanpa tanda petik ya), atau langsung pilih sesuai merk Android dengan di klik link di bawah ini, kemudian cari file sesuai seri tipenya masing-masing. 

Di disana sudah ada berbagai versi TWRP untuk semua type yang di dukung baik hp cina merk terkenal maupun tidak. Kita tinggal download twrp sesuai dengan type handphone dan OS Android milik kita untuk di pasang. Harap perhatikan untuk tidak terpaku pada merek saja lalu asal download. Misalnya merk Xiaomi kan ada banyak, twrp redmi 8 berbeda dengan twrp mi 8, merk asus juga demikian twrp untuk Asus zenfone max pro m 1 berbeda dengan asus zenfone max pro m 2, demikian juga dengan merk Samsung saja ada lebih dari 300 seri typenya, kesalahan install versi type handphone ini akan dapat menyebabkan handphone rusak software atau disebut resiko bootloop. Kadang TWRP terbaru tidak cocok untuk  Android lama Naugat, demikian halnya TWRP Android 11 tidak bisa untuk Pie 9. Jika link file sesuai type pemilik tidak tersedia, berarti handphone tersebut belum bisa di root. Jadi sekali lagi download dari twrp.me sesuai type bukan hanya merknya. Jika terlanjur bootloop dan tidak tahu di mana letak kesalahannya, cara mengatasi adalah dengan di flash firmware resmi, beres.

Bagaimana Cara pasang  TWRP? Wajib UBL 

root

Sebelum membahasnya harap diperhatikan bahwa twrp ini termasuk custom recovery, maka handphone wajib di unlock bootloader terlebih dahulu, itu syarat utamanya. Tanpa unlock bootloader tidak akan bisa dipasang. Syarat berikutnya harus punya PC komputer/ laptop. Jika pembaca mencari bagaimana cara pasang twrp atau file aplikasi root tanpa laptop, stop, jangan buang waktu dengan berbagai artikel bohong di banyak situs pencari iklan. Di sini kami menuliskan cara sebenarnya dan sudah di coba di berbagai handphone milik pelanggan yang menggunakan jasa root di konter tempat servis kami dan dari pengalaman kami tidak ada cara mudah root tanpa UBL apalagi tanpa laptop. 

Agar bisa flash recovery twrp ini, secara umum kita harus masuk mode download/ fastboot, dari posisi hp mati lalu menekan kombinasi tombol power+volume bawah. Cara ini umum digunakan di berbagai merk handphone Android Samsung dan tersedia mode Fastboot seperti Xiaomi Redmi Note, Asus, Realme dll. Jika kombinasi tombol tidak bisa, alternatif gunakan perintah ADB sbb:

adb reboot bootloader

Setelah masuk ke mode download/fastboot hubungkan ke laptop usb menggunakan kabel data, maka akan terbaca Android Bootloader interface di bagian device manager laptop/pc, jika belum instal driver adb fastboot terlebih dahulu, setelah terdeteksi lalu ketikkan cmd perintah command prompt di os windows:

fastboot flash recovery twrp.img

cara atasi  twrp

keterangan: twrp.img adalah nama file yang akan di flash dan hasil file donwload bisa di rename diubah-sesuakan misalnya menjadi twrp-3.3.1.img atau recovery.img pokoknya sesuai nama filenya. Karena file twrp umumnya berekstensi .img bukan .apk serta beberapa custom recovery update bisa juga tersedia dalam bentuk zip, misalnya orangefox. Untuk recovery update dan modified seperti orangefox bisa di instal tanpa laptop tetapi dari menu twrp yang sudah terpasang sebelumnya.

Perintah di atas: fastboot flash recovery twrp.img, akan memasang recovery agar permanen dan tidak hilang setelah reboot, sedangkan cara pasang tidak permanen adalah dengan perintah comand promt sebagai berikut:

fastboot boot recovery twrp.img

Penggguna yang memutuskan apakah mau permanen atau temporary saja misalnya hanya untuk root instal magisk, custom rom dsb, selanjutanya setelah berhasil twrp akan hilang setelah di reboot. 

Khusus untuk hp type Samsung TWRP filenya berbentuk .tar, cara pasangnya juga masuk ke mode download tetapi di install menggunakkan aplikasi software ODIN pakai pc komputer/ laptop. Syarat utamanya sama seperti Android diatas harus sudah Unlock Bootloader (UBL) dahulu. Lihat contoh gambar cara instal di bawah ini.

Jika sudah berhasil untuk masuk ke menu recovery TWRP handphone umumnya dengan cara menekan kombinasi 2 tombol : power+volume atas atau (beberapa type lain) menekan tombol power+ volume bawah bersamaan, sedangkan di handphone Samsung Galaxy yang memiliki tombol fisik home juga ditekan, jadinya adalah kombinasi 3 tombol yaitu : home+power+Volume atas, bersamaan.

Atasi Masalah TWRP.

Dalam proses pemasangan dan penggunaan mungkin kita bisa mengalami beberapa masalah gagal instal dan error, berikut ini beberapa contoh cara mengatasinya:

  • Cara atasi twrp minta passwordPastikan sebelum pasang twrp handphone sudah di factory reset, tanpa password, pin tanpa kunci pola.
  • Decrypt data passwordSetelah berhasil di  pasang segera lakukan format data lalu ketik yes (bukan wipe data ya, itu beda), jika tidak maka maka internal memory hp tidak akan terbaca di laptop dan hp jadi ngelag atau sering juga ini jadi penyebab hang dan restart sendiri meskipun root berhasil, jika belum berhasil juga  coba Instal no-verity-opt-encrypt.zip
  • Masalah twrp hilang lagi kembali ke recovery bawaan pabrik setelah di reboot: coba flash vbmeta.img dengan perintah cmd sbb:
fastboot --disable-verity --disable-verification flash vbmeta vbmeta.img
atau
fastboot flash vbmeta vbmeta.img
  • Internal tidak terbaca di pc laptop/ mode usb MTP transfer file tidak berfungsi : ganti versi twrp lebih tinggi/ rendah atau lakukan format data/ decrypt.
  • Instal Custom Rom, kernel malah bootloop: Restore system, lalu ganti base firmware atau diflash versi vendor dengan upgrade atau downgrade sesuai permintaan developer, bisa juga penyebabnya karena versi kernel tidak cocok, download yang compatible.
  • Pasang Magisk gagal/bootloop: restore boot.img lalu coba versi magisk lain sesuai referensi developernya.
  • twrp error 7: penyebabnya biasanya di versi twrp tidak cocok atau file rom zip yang akan di instal tidak sesuai dengan versi firmware handphone kita, ada 2 opsi mengatasinya. Pertama download firmware yang sesuai dengan permintaan developer atau ganti atau update versi TWRP, yang kedua extract file zip lalu edit file updater-script dengan menghapus bagian assert(getprop(“ro.product.device” sampai kode tanda ( ; ) pertama paling atas sebelum ui_print.
Catatan penting:
  • Sesudah berhasil pasang TWRP dan root, sebaiknya tidak melakukan upgrade system, karena update dapat juga mengakibatkan bootloop atau root hilang, karena sistem android baru biasanya memerlukan versi recovery baru dan file patchboot.img aplikasi root magisk terbaru juga. Ini berdasar pengalaman teknisi jasa root di konter tempat servis kami.
  • Agar tetap bisa pasang aplikasi mobile bank beberapa modul bisa digunakan agar bypass Safety Net Magisk tidak false atau dengan instal Safety Fix menggunakan TWRP.dan jangan lupa setting magisk hide. Cara terakhir coba pasang HiddenCore Module exposed riru supaya dapat mengatasi cek safety net agar lolos.

Terlepas dari banyaknya manfaat, akan selalu ada resiko bootloop atau rusak software saat kita melakukan modifikasi handphone Android, karena itulah membuat backup adalah hal wajib dilakukan. Jika masih bingung mungkin masih kesulitan melakukannya, takut resiko atau tidak punya komputer laptop, mintalah bantuan dari jasa tempat root handphone Android di kota terdekat tempat tinggal pembaca untuk pasang custom langsung jadi dan aman tinggal pakai. Demikian gambaran singkat pembahasan apa itu TWRP, fungsi, tempat download serta cara pasangnya, pembaca bisa mengajukan pertanyaan dengan memanfaatkan kolom tanya jawab di bawah jika terjadi masalah error dsb. 

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.