Agar Xiaomi Redmi Bisa Root

Cukup sering pelanggan meminta jasa root handphone xiaomi Redmi di tempat servis kami namun belum melakukan unlock bootloader (UBL). Padahal sebelum datang ke alamat konter kami/ kirim HP menggunakan jasa drop Grab/gojek, setidaknya ada syarat utama yang harus sudah di lakukan oleh pemilik handphone sendiri yaitu sudah meminta ijin UBL kepada pihak Xiaomi agar bisa langsung di kerjakan oleh teknisi kami untuk diroot atau install custom ROM. 
Jadi siapapun yang ingin berhasil modif/ oprek HP Android Xiaomi, misalnya Redmi Note 8/ Mi 7, Pocophone mau ganti os Android dengan pasang sistem Custom Rom, install TWRP Recovery di Mi A1 untuk root agar bisa pasang aplikasi magisk, gltools, cheat game, kernel modul bypass SafetyNet dll, pertama-tama syaratnya adalah minta ijin UBL. Bagaimana caranya? yaitu dengan melakukan tautan akun MI terlebih dahulu tanpa perlu pakai laptop tapi langsung bisa dilakukan dari menu setting MIUI handphone masing-masing. 

Karena banyak pelanggan di seputaran kota Denpasar tanpa perjanjian tiba-tiba saja datang ke konter dan minta langsung dikerjakan. Bahkan kepada pelanggan yang sudah membuat janji pakai jasa kami mau root via chat WA agar berhasil, syaratnya terlebih dahulu harus memenuhi proses pertama ini. Untuk itu kami buat tulisan ini sebagai panduan cara minta ijin Unlock Bootloader dengan keterangan bergambar bagi pelanggan jika ingin menggunakan jasa root di tempat kami agar bisa di persiapkan sebelumnya terlebih dahulu. Cukup mudah caranya dan tanpa perlu menggunakan Komputer PC maupun laptop, karena ijin menautkan akun ini bisa langsung dilakukan dari hape Xiaomi Redmi Note masing-masing.

Nanti setelah menautkan akun perlu menunggu 7-15 hari tergantung tipe hape Xiaomi nya. Silahkan baca juga disini bagi yang ingin tahu berapa lama nunggunya sampai bisa UBL, ngeroot dan pasang Custom ROM
Persyaratan Minta Ijin Menautkan Akun:
  • Handphone Xiaomi dalam kondisi normal, karena tujuan root bukan untuk membetulkan hape rusak. 
  • Type hape Redmi Note, pocophone dan Mi A semua type dengan CPU Qualcomm dan Mediatek MTK, misalnya pakai Redmi note 6, Redmi Note 8 (Qualcomm Snapdragon) serta Redmi Note 9 Pro (MTK) semua hp xiaomi bisa di root.
  • Sudah membuat Akun Mi dan bisa login menggunakan nomor handphone yang di daftarkan. Tidak boleh lupa akun atau password.
  • Menggunakan ROM MIUI resmi dari Xiaomi baik itu Global stable maupun ROM Cina  bukan ROM Abal-abal dari distributor toko.
  • Koneksi internet data aktif dari nomor kartu SIM terdaftar dalam posisi terpasang, tidak bisa menggunakan Wifi.
  • Usb Debugging dan OEM Unlock sudah aktif, caranya mengaktifkan sebagai berikut:
cara ubl
Masuk ke dalam menu Setelan Handphone, kemudian pilih sentuh bagian: Tentang Ponsel, 
cari bagian: Versi MIUI, sentuh 7 kali (lihat gambar diatas).
gltools apk

kembali ke menu setelan, pilih bagian 
  1. Setelan tambahan 
  2. Pilih opsi pengembang
  3. Aktifkan Buka Kunci OEM
  4. Pilih Status Mi Unlock
handphone yang bisa di root
Sentuh bagian: Tambah akun dan perangkat (lihat gambar di atas kotak merah sebelah kiri). Pastikan muncul pesan tulisan seperti dalam gambar di dalam kotak hijau diatas sbb: Berhasil ditambahkan. Akun Mi tertaut dengan perangkat ini sekarang.

Jika belum berhasil /error coba lagi lakukan ulang prosedur cara di atas sampai berhasil. 
Setelah akun tertaut seperti keterangan gambar sebelah kanan diatas, biasanya masih di perlukan waktu tunggu sekitar 7 sampai 15 hari untuk type baru agar handphone nantinya bisa langsung Unlock Bootloader oleh teknisi tempat servis kami. Untuk proses pengerjaan selanjutnya yaitu UBL, pasang TWRP, instal aplikasi Magisk untuk root atau ganti custom ROM perlu dan harus menggunakan Komputer/ Laptop, hp di hubungkan dengan kabel data ke usb via fastboot/ download mode, cara masuk download mode ini dengan menekan tombol volume - (min) dan power bersamaan.

Mengapa lama menunggu?
  • Permintaan UBL di lakukan oleh para pengguna handphone Xiaomi Redmi dari seluruh dunia, tentu butuh waktu bagi Server Xiaomi untuk melakukan verifikasi. Pengalaman  di tempat sevis kami untuk type lama kadang sehari tetapi type baru antara 7 sampai 15 hari menungggu.
  • Jangan bandingkan dengan handphone Android jadul tanpa UBL sudah bisa ngeroot. Sejak tahun 2017 hingga 2023 ini, semua handphone dengan sistem firmware terbaru Naugat-Oreo-Pie posisi bootloader di kunci.
  • Meskipun terasa lama, setidaknya masih bersyukur karena banyak merk handphone lain seperti Asus, Vivo, Oppo, Realme tidak menyediakan tempat minta ijin resmi Unlock bootloader sehingga merk tersebut tidak selalu bisa atau jadi sulit di root.
Mengapa root lebih mudah berhasil di hape CPU Qualcomm bukan MediaTek ?
Vendor Qualcomm merilis source code, sedangkan pembuat CPU MTK tidak, jadi dengan adanya source code ini berguna untuk pengembangan upgrade firmware, modifikasi, pembuatan Custom ROM, TWRP Recovery dst. Tanpa adanya source code akan sulit sehingga hanya handphone Android Xiaomi berbasis cpu Qualcomm banyak pengembangnya sedangkan Mediatek sangat jarang developernya. Pengalaman di konter tempat jasa root terbukti, sudah ratusan handphone Mi-Redmi Note Pocophone (dulu namanya masih Hong Mi) dengan cpu qualcomm yang lebih banyak sukses berhasil di root dengan file aplikasi magisk dan bisa lolos cek Safety Net.

Panduan di atas adalah cara mudah unlock bootloader untuk semua handphone Android Xiaomi-Redmi Note dengan sistem ROM/ Firmware MIUI resmi, sedangkan untuk handphone Mi A1, A2 dan A3 yang menggunakann sistem Android One dari Google berbeda lagi caranya, sudah kami bahas di artikel lain.
Di tengah pandemi virus corona covid 19 sangat penting untuk bersikap bijaksana ketika bepergian ke luar rumah jika memang penting saja. Terlebih lagi mengingat masih di perlukannya waktu tunggu sekitar 7 sampai 15 hari, maka pelanggan bisa melakukan tautan akun Mi nya sendiri sebelum menggunakan jasa root di tempat kami, lagi pula caranya cukup mudah daripada bolak-balik ke alamat service kami. Selanjutnya sebelum datang ke tempat kami, pemilik membuat backup dahulu data penting seperti foto dll karena akan hilang terhapus saat pemasangan twrp hp akan di factory reset, kemudian buatlah temu janji terlebih dahulu dan kirimkan screenshoot info 'tentang ponsel' MIUI ke nomor WA kami 085 238 900 600, agar teknisi handphone kami dapat memberikan estimasi biaya dan waktu selesainya, karena perlu menyiapkan download bahan-bahan file apa saja yang di perlukan, ingat beda versi sistem apalagi beda hp Android maka akan berbeda juga caranya.
bagus
Jadi cukup sekali datang hp Xiaomi Redmi Note dan Mi sudah bisa langsung dikerjakan proses UBL, pasang TWRP beserta ngeroot atau instal custom ROM sesuai permintaan dan kebutuhan pelanggan dengan garansi jaminan resiko jika handphone rusak software jadi bootloop selama pengerjaan di konter menjadi tanggung jawab kami.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.