Root Mi A1

Sebagai tempat jasa root handphone Xiaomi tentu saja teknisi kami harus terus rajin mempelajari/update berbagai cara terbaru agar berhasil menyelesaikan pekerjaan ngeroot hp yang di percayakan oleh pelanggan di tempat servis kami. Setidaknya hingga tahun 2020 ini sudah ada lebih dari 100 type handphone Android seri Redmi Note dan Mi dengan UI MIUI dan Xiaomi juga merilis hape khusus dengan sistem Android One termasuk salah satunya Mi A1 (tissot) yang di rilis 3 tahun lalu untuk pasar Global dengan sistem dari Google Android One beserta kembarannya MI 5X untuk pasar Cina tetap dengan rom resmi MIUI.
cara root
Xiaomi Mi A1 dan Mi 5x sebenarnya adalah hp sama persis secara hardware tetapi beda sistem OS. A1 menggunakan ROM Android One dan Mi 5X menggunakan sistem MIUI, jadi berbeda cara opreknya. Sebenarnya sudah berulang kali kami menerima order melakukan root Hp Xiaomi Mi A1 ini, sejak masih menggunakan sistem 7 Naugat. Namun setelah ada upgrade sistem ke 8 Oreo kemudian lagi ke Android 9 Pie, ketika pelanggan baru datang ke konter minta jasa kami maka bahan-bahan yang harus di download dan di persiapkan untuk root juga berubah agar bisa lolos cek SafetyNet Magisknya, meskipun secara aturan prinsipnya tetap sama yaitu sbb:

Bagaimana Cara Agar Handphone Bisa di root
  1. Punya Laptop/ PC Windows
  2. Bisa Unlock Bootloader
  3. Pasang Custom Recovery TWRP 
  4. Instal versi Magisk/ Super user yang cocok (sesuai versi sistem Android)
  5. Pasang Modul MagiskHide_Props_Config atau safety Fix via TWRP
Syarat di atas harus terpenuhi semua, jadi tidak mungkin bisa root hp xiaomi tanpa unlock bootloader apalagi tanpa pc. Bagi pemilik hape hobi oprek pasang cheat game dll harap selalu di perhatikan bahwa beda seri handphone maka beda cara, bahkan meskipun hape typenya sama tapi berbeda OS Android misalnya terlanjur upgrade ota, maka akan berubah juga detail caranya. Nah di artikel ini kami akan share Cara root Handphone Xiaomi Mi A1 dengan Firmware Sistem Android One Pie 9.
cara root MIUI
Persyaratan: 
Siap Resiko Bootloop/ rusak software: apa yang kami tulis di sini adalah pengalaman di konter tempat servis kami yang sudah terbukti sukses dilakukan, bacalah keseluruhan artikel dengan teliti. Pastikan sebelumnya handphone yang di oprek dalam kondisi hardware baik tidak bermasalah, baterai tidak drop dan terisi penuh, gunakan kabel usb charger data original. Root handphone bertujuan untuk optimasi bukan untuk servis atau membetulkan kerusakan tertentu. Kondisi handphone dan laptop berbeda-beda, perbedaan brainware, hardware, software dapat menimbulkan resiko, segala resiko yang dapat terjadi bukan tanggung jawab kami (DWYOR).
Wajib Punya Komputer Windows
Semenjak tahun 2017 hampir semua handphone di jual di pasaran dengan kondisi lock Bootloader. Agar dapat unlock bootloader dan melakukan root wajib punya komputer-laptop tanpa itu tidak mungkin. Definisi punya di sini berarti sudah terpasang driver ADB Fastboot dan paham cara menggunakannya termasuk memahami beberapa arti istilah teknis komputer yang kami gunakan di sini, karena kami sudah membahasnya di artikel lain.

Link Download Bahan Root:
  • twrp.me (pilih untuk device Xiaomi Mi A1 yaitu twrp-3.3.1-0-tissot.img)
  • magiskmanager.com (download Magisk versi 19.4.zip)
Bagaimana cara Unlock Bootloader?
Ini adalah langkah pertama dan terpenting agar handphone bisa di pasang TWRP terlebih dahulu untuk persiapan root atau pasang custom ROM, caranya sebagai berikut:
  • Aktifkan opsi Pengembang. caranya Masuk ke menu Settings> Sistem> Tentang Ponsel> ketuk Nomor Build 7 kali.(lihat gambar diatas kotak merah bawah)
  • Kembali Ke menu Sistem > Pilihlah Opsi developer>kemudian bagian USB Debugging dan OEM Unlock diaktifkan. (lihat gambar bawah)
  • Selanjutnya silahkan matikan handphone.
android rusak
Masuk ke mode download /Fastboot caranya sbb: 
  • Dari handphone posisi mati, tekan kombinasi 2 tombok yaitu: Vol bawah Down (-) dan tombol Power bersamaan sampai masuk ke mode Fastboot dengan gambar kelinci (masuk mode download).
  • Sekarang hubungkan Xiaomi Mi A1 Anda ke PC /laptop menggunakan kabel USB Type C.
  • Lalu ketikan perintah Command prompt seperti di bawah ini lalu tekan enter
fastboot devices
  • Jika sudah terhubung ke laptop dengan dengan benar, maka dibawahnya akan menampilkan perangkat hp kita dengan nama beberapa karakter angka dan huruf, jika belum terhubung silahkan cek periksa 'Device Manager' laptop dan pastikan Driver ADB Fastboot sudah terinstal dengan benar.
fastboot oem unlock
cara unlock
fastboot oem device-info
modifikasi android
  • Maka akan terlihat seperti gambar diatas kotak merah kedua: Device Unlocked : True
Sampai disini kita sudah bisa masuk ke tahap selanjutnya dengan instal Custom Recovery TWRP dengan cara mengetikkan perintah sbb:

fastboot flash recovery twrp.img

Keterangan tulisan warna hijau: 'twrp.img' di atas adalah nama file twrp-3.3.1-0-tissot.img hasil download yang sudah di rename untuk memudahkan, jadi jika tidak di rename maka perintahnya sbb:

fastboot flash recovery twrp-3.3.1-0-tissot.img

Setelah berhasil sekarang kita sudah masuk ke mode menu recovery dengan mengetikan perintah:

fastboot boot twrp.img

Jika berhasil hp akan restart sendiri lalu masuk TWRP, di sini kita sudah sukses pasang custom recovery. Jika ttidak berhasil aada ccara ke  2 yaitu dngan menekan kombinasi tombol volume - (min) dan tombol power secara bersamaan. Dari sini kita bisa ikuti langkah-langkah selanjutnya. Salin bahan-bahan root Magisk ke dalam memory Handphone, agar mudah sebaiknya menggunakan kartu Micro SD. SD Card ini juga bermanfaat untuk tempat membuat backup jika terjadi bootloop tinggal direstore.

PENTING: Wajib Membuat backup ROM
Semahir apapun seorang opreker Android /super user, selalu menghadapi resiko software handphone rusak sistem atau di sebut bootloop, maka buatlah terlebih dahulu backupan ROM menggunakan TWRP dan simpan ke Micro SD. Sehingga jika gagal terjadi kesalahan dan tidak bisa di atasi dengan factory reset maka kita masih dapat me-restore sistem kembali nyala normal seperti sebelumnya tanpa perlu di flash ulang.
custom rom Redmi Note
Pengalaman kami jika gagal root dan handphone jadi bootloop hanya stuck di logo tulisan MI cara membetulkannya tinggal di restore boot img saja atau bisa dengan flash boot image via mode download/ fastboot. Cara ini juga di gunakan untuk melakukan unroot.

Cara Root Xiaomi Mi A1 “tissot”
1. Saat pertama masuk ke mode TWRP, kemungkinan ponsel Mi A1 akan meminta password, tekan cancel saja.
2. Pada saat pertama kali masuk ke mode TWRP, maka TWRP akan meminta ijin untuk memodifikasi sistem, jadi berikan ijin dengan cara swipe layar ke kanan
3. Tekan tombol Back hingga kembali ke menu utama TWRP, kemudian pilih Format Data . pilih Yes (langkah ini akan akan menghapus semua data penting di handphone) 
Langkah ke 3 ini penting agar agar partisi data tidak terenkripsi. Jika terenkripsi maka memory penyimpanan Internal storage handphone tidak terbaca = 0MB
4. Instal Magisk yang sudah di salin ke dalam memory Handphone. Disini kami menggunakan versi Magisk 19.4.
pasang twrp
5. Setelah berhasil kembali ke menu utama, pilih reboot sistem.

Tunggu sampai handphone kembali menyala normal masuk ke menu, diperlukan waktu sekitar 5-7 menit. Bagaimana mengetahui sudah di root atau belum? Silahkan download aplikasi root checker untuk mengetahui keberhasilannya. 

Penting: Sesudah berhasil pasang TWRP dan root, sebaiknya tidak melakukan upgrade system, jika update dapat juga mengakibatkan bootloop atau rootnya hilang, karena sistem Android baru biasanya memerlukan versi TWRP lebih baru dan magisk terbaru juga.

Setelah Handphone Mi A1 berhasil di root selesailah tugas konter kami, selanjutanya terserah pemilik hp mau memakainya sesuai tujuan masing-masing. Bisa pasang cheat game, aplikasi gltools,fake GPS, overclock CPU-underclok untuk menghemat baterai atau hapus aplikasi bawaan pabrik agar handphone tidak lemot dan sebagainya. Bahkan dengan adanya TWRP kita sudah bisa pasang custom ROM, tentu saja asal tahu / mau belajar caranya.
Di tempat servis kami sudah pernah beberapa kali berhasil mengerjakan jasa root type Handphone Xiaomi Mi A1, dari pengalaman kami jika Sistem Android sudah di Upgrade maka versi pemasangan TWRP dan Magisk yang sebelumnya cocok untuk Oreo kadang tidak bisa digunakan lagi untuk OS Android 9 Pie. Bypaass Safety Net sebelumnya lolos jadi terdeteksi false, maka harus mencari download lagi versi bahan lain yang kompatible. Maka kami selalu menyarankan setelah berhasil agar root tidak hilang sebaiknya tidak melakukan update Magisk dan jangan upgrade Sistem Android. Gunakan versi yang sudah terpasang tersebut dan terbukti cocok saja.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.