Instal Laptop

Instal ulang perlu di lakukan ketika pc laptop mengalami rusak software karena penyebab masalahnya kena virus, malware, trojan:win32, ransomware nobu sehingga file berubah ekstensi data tidak bisa dibaca dan booting lambat. Demikian halnya ketika kita ingin ganti sistem operasi misalnya mau downgrade dari windows 11 ke windows 10 atau 7, pengguna mungkin membutuhkan jasa tempat servis komputer terdekat karena dalam prosesnya tidak hanya sistem namun masih banyak program, aplikasi, antivirus dan driver perlu di instal ulang dari awal. Cara memperbaiki laptop rusak software ini berlaku untuk semua merk baik Asus, Acer, Axxioo, Compaq-HP, Sony, Toshiba dll.
jasa servis terdekat
Beberapa pelanggan membeli paket harga murah laptop baru dengan sistem freedos atau tanpa os (operation sistem) biasanya kardus warna coklat polos juga memerlukan jasa instal windows terlebih dahulu. Beberapa tempat jual laptop menyediakan layanan ini namun jika tidak dan ingin melakukan sendiri ada banyak persiapan yang harus di lakukan, seperti download sistem Windows 10/ 7, program microsoft office, antivirus, browser internat dan sebagainya serta mempunyai drivernya. Karena laptop yang di jual sekarang kebanyakan tidak lagi menyertakannya. Kalau dulu kita membeli laptop selalu di sertakan cd/dvd driver asli bawaan jadi tidak perlu report download lagi mencari driver yang cocok untuk vga, sound, camera, usb 3, wifi dll agar dapat berfungsi dengan normal. Cara instal ulang windows dan program sebenarnya sama saja hanya pada bagian driver harus di sesuaikan dengan type laptop, misalnya laptop Asus tidak bisa menggunakan driver Acer demikan halnya merk Lenovo spesifikasinya bisa berbeda dengan Toshiba, kita perlu download driver wifi, vga, sound dll secara terpisah sesuai seri masing-masing.
jasa tempat instal laptop
Apa Itu Software dan Pengertian Hardware?
Penjelasan di sini basic dan singkat saja tanpa istilah teknisi yang membingungkan, perbedaannya sebagai berikut:
  • Software merujuk pada banyak hal contohnya Sistem Windows, program aplikasi word excel, antivirus, MP3 Video player, youtube, WA dan driver semuanya itu adalah software. Bahkan malware, virus trojan:Win32, ransomware seperti nobu, pandemic, nlah dll juga termasuk software.
  • Sedangkan hardware contohnya: CPU, Hardisk, SSD, Memory Ram, layar monitor lcd laptop, baterai, keyboard, engsel, case, baut, semua ada wujud fisiknya.
  • Jadi perbedaanya jika software terlihat tapi tidak bisa di pegang, misalnya kita tahu di laptop ada word untuk ngetik, youtube untuk nonton video kita bisa menggunakannya tapi tidak bisa memegangnya, itu istilahnya software, sedangkan hardware terlihat dan bisa di pegang atau di rasakan. Keyboard kan bisa kita sentuh, mouse bisa di rasakan, layar lcd bisa di pegang.
Berapa lama Instal Ulang Windows?
Perumpamaan: jika sistem windows itu adalah rumah, di dalam rumah kan ada ruang kamar-kamar dan isi perabotan agar dapat di gunakan dengan nyaman. Maka logikanya jika kita ingin membangun rumah saja (instal ulang sistem saja) maka rumah tersebut belum bisa di gunakan untuk pekerjaan sehari-hari. Pernah beberapa pelanggan kami datang ke tempat servis kami mengeluh gagal upgrade laptop stuck hang di logo saja, lambat/ berat lalu minta jasa install ulang windows saja. Kami coba jelaskan bahwa dengan instal sistem saja laptop belum bisa digunakan, masih perlu download driver yang kompatible serta program aplikasi seperti office word excel, multimedia musik video player, antivirus, browser untuk internet dll. Namun dengan alasan terburu-buru untuk kerja mesti selesai saat itu juga dan tetap minta pasang windows saja. Anehnya setelah di ambil kisaran 2 jam kemudian mengeluh tidak bisa buat ngetik tugas. Kan sudah dijelaskan.

Secara umum cara mengatasi masalah rusak software ini biasanya tidak perlu waktu lama untuk instal windows saja, cukup sehari selesai namun akan lebih lama jika pengguna memerlukan backup data penting agar data tidak hilang atau terhapus, kondisi seperti ini diperlukan untuk mengatasi kasus komputer laptop kena virus, belum lagi jika ada permintaan banyak program minta di pasang.

Untuk kasus terlanjur kena ransomware nobu, pandemic, nlah dll dengan ciri-ciri file data penting berubah nama ekstensinya hanya bisa kembali terbaca dengan membayar tebusan. Jasa instal ulang di konter tempat servis kami tidak terima recovery data menyelamatkan file karena virus ransomware.
Rusak Hardware atau Software?
Seperti kami jelaskan di atas sistem windows adalah software jadi cara ini tepat untuk membetulkan pc laptop rusak software juga. Namun jika masalahnya lama loading alias lemot ada kemungkinan memory ram kecil, bisa juga penyebabnya karena hardisk atau SSD mulai rusak bad sector (hardware), biasanya dengan ciri-cirinya setelah di instal ulang akan tetap lambat digunakan, bahkan untuk mau buka aplikasi program lama sekali tampilnya. Di tempat servis kami jika keluhannya adalah lambat kami selalu menawarkan scan hardisk terlebih dahulu, agar pelanggan tidak rugi sudah bayar biaya instal tetapi masalah pc laptop lambat tetap muncul tidak terselesaikan. Hardisk rusak bad sector adalah kerusakan hardware tidak bisa di perbaiki dengan software, akan percuma instal ulang sistem windows ke dalam hardisk rusak tersebut, hanya membuang waktu dan biaya, cara membetulkannya adalah ganti SSD/hardisk baru.
Contoh gambar di atas adalah kondisi hasil scan hardisk rusak, di mana banyak bad sector (warna merah) meskipun masih kedetek. Rusak hardware seperti ini akan memerlukan waktu lebih lama untuk mencari penyebabnya dan mencari sparepart perbaikan. Bagaimana jika laptop panas sering hang, apa yang harus di lakukan? Jika hang saat di nyalakan berhenti di logo windows (bootloop) kemungkinan rusak software jadi perlu di instal ulang. Namun jika hang (macet) saat membuka aplikasi, browsing internet atau game, apalagi kemudian mati sendiri kemungkinan besar penyebabnya adalah hardware bermasalah, laptop perlu di bongkar untuk memeriksa suhu apakah panas? cek fan, pasta pendingin, rangkaian ic mungkin konslet coba ganti memory RAM, jika muncul error bluescreen coba scan juga SSD-Hardisk, ingat kronologis sebelumnya apakah mungkin pernah kena air seperti contoh gambar di bawah ini.
laptop rusak
Demikian halnya jika laptop restart nyala mati sendiri saat di pakai beberapa menit penyebabnya adalah hardware bermasalah sama seperti halnya jika cpu pc komputer kondisinya mati total. Cara membetulkan sendiri mungkin pertama kali yang bisa diperiksa adaptor charger, cek kabelnya apakah putus?, kemudian coba bersihkan mesin dengan kuas kering termasuk slot memory ram. Namun jika vga /chipset motherboard mati atau di sebabkan memang mesin sudah rusak karena korslet kena cairan dll. Saran kami sebaiknya bawa ke tempat servis terdekat. Kerusakan karena masalah hardware seperti contoh di atas ini tidak bisa di betulkan dengan cara di instal ulang Windows. Di perlukan alat test sparepart dan alat servis laptop yang memadai untuk membetulkannya.
Dari artikel singkat ini setidaknya pembaca memahami perbedaan masalah rusak hardware atau software dan kapan komputer laptop bisa di perbaiki dengan cara instal ulang sistem OS Windows dan kapan harus ganti sparepart hardware. Bahkan kadang keduanya harus di lakukan, misalnya masalah hardisk rusak bad sector maka perlu di ganti baru dan karena masih kosong selanjutnya di format dulu untuk persiapan instal ulang sistem windows nya beserta program aplikasi yang di butuhkan. Sebagai gambaran awal informasi berapa biaya servis instal ulang laptop kena virus, untuk perbaikan software harga lebih murah di bandingkan rusak hardware, semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.