Laptop Kena Virus

Kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki laptop komputer yang terkena Virus. Namun kita perlu mengetahui juga penyebab dan ciri-ciri windows 7 kena serangan virus sebelum membahas cara menghapus-menghilangkan virus di laptop agar tidak ada waktu yang terbuang percuma untuk usaha tersebut. Intinya di jaman sekarang dimana semua device (laptop, hp android, tablet) saling terhubung untuk pertukaran transfer data baik offline maupun online Internet maka resiko data hilang kena ransomware seperti nobu, ndarod, CryptoLocker dll semakin besar. Jadi penyebab virus komputer bisa melalui media offline seperti transfer via flasdisk, bluetooth, micro sd atau media online Internet seperti hasil download file terinfeksi virus, ransomware, malware juga dari email, social media Facebook dll. Jadi mirip kan seperti kita manusia, yang suka 'berhubungan' dengan banyak orang, sembarangan pakai asal colok 'flashdisk'-nya tanpa kondom...eh maksud kami tanpa antivirus, ya itu menanggung resiko 'laptop' nya terinfeksi virus ha ha ha... ;)
alamat servis laptop axioo asus acer lenovo hp toshiba denpasar

Ciri-ciri Komputer kena virus
Kembali menggunakan analogi kita sebagai manusia saat kena virus flu misalnya, panas dingin, malas, kerjapun tidak efektif, susah konsentrasi jadi pelupa he he. Begitu juga dengan Windows7-Win10 di laptop yang terserang virus, pertama nyala saja lama minta ampun, sudah nyala eh lemot sekali. Harap perhatikan bahwa laptop yang lemot atau lambat bisa juga disebabkan masalah kekurangan memory ram, baca disini cara menambah kapasitas ram. Beberapa kasus lain disertai hilangnya beberapa fitur windows dan file foto, lagu, video hilang entah dimana atau folder berubah nama jadi nobu. Jenis ransomware akan mengenkripsi file dan minta sejumlah tebusan. Laptop bisa sampai hang kehabisan memory dan restart sendiri, seolah mohon perawatan kepada pemiliknya, sama seperti kita saat sakit bisa KO kehabisan tenaga alias perlu dirawat bukan? Jika di biarkan malah bisa membuat hardware laptop rusak.
tempat servis laptop di bali

Di Internet, mungkin pembaca sudah pernah mendapat info dan mengetahui berbagai tips cara mengatasi masalah virus / ransomware/ trojan/ malaware agar bisa menghapusnya sampai hilang dari laptop komputer. Mulai dari cara menghapus virus secara manual, edit file registry, menggunakan system restore, download antivirus terbaik lalu scan berjam-jam dst. Tentu saja tidak ada salahnya jika pembaca mencoba sendiri salah satu atau dua cara tersebut, karena kami juga pernah menggunakan cara-cara tersebut  untuk mengembalikan data hilang. 
Masalah:
  • Mengatasai virus dengan cara manual: ini hanya cocok untuk tingkat expert, bagi yang belum berpengalaman tentu membingungkan. Jangankan menghapus file virus, mencari mana file virus mana yang bukan saja bingung membedakannya. Banyak juga virus yang meng 'hidden', sembunyikan dirinya sendiri, kemana tuh mencarinya?
  • Edit Registry: registry, apa sih itu?. Bahkan jikapun kita tahu maksudnya, memodifikasi file registry bukanlah hal yang mudah dan aman, bisa saja bukan hanya virus hilang tapi systemnya juga terhapus, sehingga laptop justru tidak mau menyala lagi alias mati.  
  • System restore: untuk beberapa jenis virus/ malware ringan, cara mengatasi dengan system restore mungkin berhasil, tapi virus kelas berat jangan harap, kadang fitur system restore sudah dihilangkan oleh virus tersebut.
  • Download + scan Antivirus terbaik: maaf cara ini tidak efektif bagi kami sebagai teknisi, mengapa? tahukah berapa jam dibutuhkan untuk men-scan jutaan file di hardisk 500GB? terus mencari dan mencoba barbagai download dan instal antivirus yang efektif bisa semalaman waktu terbuang percuma bos. Instal antivirus di laptop yang sudah kena virus sering tidak efektif. Kecuali kita punya laptop ke 2 yang sehat untuk scan hardisk yang kena virus. Cara kerja Antivirus yang baik memiliki beberapa opsi skala prioritas yang dilakukan saat menemukan sebuah file yang kena virus yaitu cure, clean, quarantine dan delete. Nah jika tidak bisa dibersihkan akhirnya file tersebut akan dihapus. Bagaimana jika yang minta dihapus tersebut adalah file system windows? System pasti akan menolaknya, jika anti virus menghapus paksa maka akhirnya laptop gagal booting sehingga harus instal ulang system Windows.
alamat service laptop denpasar, kuta, gianyar, tabanan
Kami tidak mengatakan bahwa cara diatas salah, namun cara kerja di tempat servis kami menuntut efesiensi waktu dengan hasil maksimal, maka menggunakan cara-cara mengatasi virus ransomware di komputer seperti diatas pada akhirnya sering berujung pada instal ulang system windows menjadi tidak efektif dan data tetap hilang berubah nama tidak bisa dibaca karena sudah dienkripsi hanya dengan membayar sejumlah tebusan kepada pembuatnya agar kita dapat key decryptor  untuk mengembalikan data hilang. 

Konter tempat servis menyediakan jasa flash instal ulang bukan tempat recovery data, begini cara paling efesien yang selalu kami gunakan untuk memperbaiki komputer laptop pelanggan jika kena virus/ rusak software
  • Siapkan laptop/ komputer lain yang sehat walafiat dan sudah terinstal antivirus terupdate.
  • Download free Antrivirus terbaru disini, jika belum memilikinya.
  • Lepas hardisk dari komputer yang terinfeksi virus dan pasang dilaptop yang sehat. Jadikan hardisk yang kena virus sebagai slave atau jadikan removable external drive.
  • Back Up semua file dokumen yang penting dengan copy-paste ke komputer yang sehat, atau ke hardisk kosong lainnya. Proses menyalin data/ backup menggunakan komputer yang terpasang antivirus ini sekaligus akan mem 'filter' file-file dari virus.
alamat service komputer
  • Setelah semua data aman ter backup, hapus partisi dan format hardisk agar virus hilang. 
  • Lepas hardisk dan pasang kembali ke tempat laptop semula
  • Install Windows7 atau Windows 10 sesuaikan kebutuhan, lalu install Antivirus terbaru sebelum memasang program lainnya.
  • Kembalikan data ke laptop dengan OS baru yang sudah bersih dari virus tersebut.
  • Untuk kasus file dienkripsi oleh ransomware data tetap tidak bisa dibaca kembali kecuali membayar file decryptor ke pembuatnya. Hingga saat ini kami belum menemukan decryptor tool yang ampuh untuk mengatasinya ataupun cara lain.
Setelah 15 tahun menggeluti dunia komputer, inilah satu-satunya cara yang paling efektif mengatasi, menghilangkan dan menghapus virus dari laptop Windows secara tuntas. Dibanding cara lainnya yang membutuhkan waktu dan energi sementara hasilnya tidak pasti, cara yang kami lakukan terbukti hemat waktu dan pasti berhasil. Cara ini dapat diterapkan untuk menghapus virus di laptop axioo, asus, acer, toshiba, lenovo dsb. Masalah lain, bagaimana jika yang kena virus itu handphone Android? Silahkan baca disini cara memperbaiki handphone Android kena virus.

Sering pelanggan kami bertanya, apakah antivirus terbaik? Jawaban kami selalu sama pertama perilaku pengguna, hindari konten internet tidak sehat, situs download aplikasi program gratisan, film, situs pornografi disitulah sarang penyebaran virus trojan malware dan ransomware terbanyak. Selain perilaku, langkah kedua sebelum terserang adalah instal antivirus terbaik untuk mendeteksi mencegah dan menghilangkan virus di komputer laptop. Pengalaman kami sebagai tempat servis tidak perlu instal 2 antivirus, cukup 1 dan terpenting adalah selalu di update. Terserah pembaca mau langganan Kaspersky atau download Avira gratis, yang penting adalah selalu update. Ini lebih baik daripada Antivirus berbayar tapi tidak pernah update. Sama seperti kehidupan nyata sekarang ada bermacam virus baru mulai flu burung, sars dan virus stupid yang tidak dikenal dunia medis sebelumnya. Agar selalu mengenali dan mampu menghapus virus baru, update antivirus secara periodik dan tentu di instal sebelum kena virus agar efektif. Contoh ransomware sudah ada sejak 2012 dan Antivirus sudah lama mengenalnya tapi pengguna mengabaikan update. Hingga kini 2020 type ini masih berkembang dan berubah varian terbarunya sehingga banyak yang kena seperti ndarod, limbo, nobu todar. Dampaknya cukup parah dimana data pc laptop hilang tidak akan bisa dibaca dan tidak bisa di kembalikan dengan recovery data manual selain membayar tebusan.

Bagaiman jika sudah kena baru instal antivirus...dari pengalaman kami mengatasi virus ransomware hal ini percuma di lakukan, seperti kirim 1 personel aparat hukum ke sarang preman, bisa bisa malah cs-an mereka. Pernah kan mengalami kasus laptop penuh virus tapi antivirusnya bilang 'aman'. cs-an tuh ha ha.Apalagi jika terlanjur kena ransomware pelanggan minta data kembali kami nyerah saja, sudah puluhan cara kami coba tidak berhasil juga, harus format hardisk instal ulang, data hilang.
cara hilangkan virus
Artikel ini dapat diterapkan di semua merk laptop Asus, Acer, Lenovo, Toshiba, Dell, Sony dll tidak terbatas pada merk tertentu. Semoga tips dari kami tentang cara mengatasi dan memperbaiki laptop komputer terkena Virus bermanfaat. Silahkan pembaca pilih akan mencoba berbagai cara yang akan menyita waktu dan tenaga namun hasilnya belum pasti atau menghargai waktu dengan melakukan pekerjaan yang sudah jelas hasilnya. Yang tinggal di Bali Denpasar, Kuta, Gianyar dan kota terdekat sekitarnya, silahkan kunjungi tempat service laptop kami untuk bantuan backup data dan instal ulang Windows untuk menghilangkan/ menghapus virus komputer dan handphone.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

10 komentar:

  1. mohon maaf sumbernya sudah saya cantumkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok, kedepannya silahkan jadikan tulisan kami sebagai referensi bukan copy paste artikel 100% ya

      Hapus
  2. Laptop saya sepertinya terkena virus, semua yang ada di dekstop hilang dan yang kelihatan hanya wallpapernya saja.
    Kalau mau perbaiki perlu waktu berapa lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika service laptop instal saja tidak peduli data hilang 1 hari, jika perlu datanya bisa 2sd3 hari tergantung banyaknya data yang perlu diselamatkan

      Hapus
  3. Kalo mau membersihkan virus dan masang antivirus juga nambah hardiks berrapa kira2 ya om harganya.soalnya hardiks saya dah cukup lemot.nggak bisa di tambah anti virus.terus mau menghapus aplilkasi nggak bisa.huhh bikin emosi nihllaptop:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ganti hardisk laptop/upgrde harga hardisk berbeda sesuai ukuran diperlukan

      Hapus
  4. mas saya mau bertanya, hp advan s4 saya terkena virus.ciri2nya jika data dinyalakan akan download app sendiri, lalu sering ke browser sndri dan loading situs2 dg tab yang banyak, apakah bsa diservice? jika bisa, kira2 biayanya brp? mohon bantuannya.terimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diperbaiki silahkan bawa langsung ke alamat servis kami

      Hapus
  5. Saya beli notebook baru skrg sudah 2bln, awal beli sudah lelet saya kira karena ram yg kecil, kemudian sering restart sendiri, lama kelamaan setiap browsing muncul awsnap! Tiba" blank dan sekarang layar blank tapi laptop menyala, penyebabnya apa? Biaya perbaikan kira" berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru 2 bulan bisa klaim garansi ke service center laptop resmi

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.