Servis Handphone Rusak Kena Air

Pak Saya punya Handphone Lenovo mati kena air berapa biaya perbaikinya? Demikian pertanyaan yang sering diajukan pelanggan kepada kami via telepon atau sms. Jawabannya selalu sama, yaitu kami tidak tahu biaya servis sebelum mengecek kondisi dan kerusakan handphone tersebut. Yup, sekarang musim hujan, hati-hati. Banyak yang servis handphone kena air entah kena air hujan, karena kehujanan lupa buru-buru mandi hape terendam bersama celana di ember atau kecemplung dibak mandi dapat menyebabkan kerusakan yang berbeda dari ringan hingga parah, bahkan sampai tidak bisa di perbaiki lagi jika handphone android sudah mati total atau matot. Bagaimana cara mengatasi hape kena air?
alamat servis handphone
Asus, Lenovo, Oppo, Samsung, Xiaomi, apapun merknya tidak ada handphone yang tidak rusak jika sudah kemasukan air. Bulan Januari 2016 ini saja di tempat servis kami sudah ada 4 pasien handphone kena air dari berbagai merk. Di artikel ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi masalah kerusakan handphone kena air, siapa tahu bisa langsung selamat tanpa harus ke tempat servis handphone atau setidaknya terhindar dari biaya reparasi yang mahal karena korslet atau bahkan terlanjur mati total karena di biarkan saja sampai berkarat tidak bisa lagi di betulkan di tempat servis resmi, biasanya suruh ganti mesin. 

Sebelum menghubungi konter kami sebaiknya baca artikel ini secara tuntas ya, karena banyak pelanggan membawa hp mati kena air tapi minta di tunggu untuk di betulkan berharap langsung jadi. Kemasukan air = rusak parah, jika mesin mati sudah terlanjur korslet untuk membersihkan dan memeriksa saja seharian di kerjakan belum ketemu masalahnya, baca penjelasan di bawah ini.
cara perbaiki hp
Basah atau terendam? 
Basah kehujanan bagaimana cara membetulkan? Handphone sekedar basah kena cipratan air hujan memiliki resiko kerusakan lebih ringan di banding yang terendam air. Jika kita kehujanan dan mendapati handphone basah kena air namun tidak parah (gerimis atau masih terlindung tas/saku), meskipun hp masih menyala coba segera di matikan, lepas baterai, keluarkan kartu SIM dan memory micro sd dari ponsel untuk mencegah kemungkinan kerusakan atau hilangnya data. Buka casing lalu bersihkan air yang mungkin masih ada di casing dan rongga hp lainnya seperti lobang speaker, earphone, buzzer, connector charger dll. Gunakan kain /kertas tissue yang bisa menyerap air. Pastikan airnya sudah di lap tuntas dan kering. Jika ada, gunakan pengering rambut agar air di sela sela sirkuit menguap. Namun tetap hati-hati, jika terlalu lama udara panas dari pengering rambut justru mengakibatkan komponen handphone bisa rusak/ mati. Selanjutnya wajib di periksa menggunakan multitester apakah jalur aman tidak ada short circuit/mesin konslet. Setelah yakin aman pasang kembali battery kembali dan coba di 'on' kan hape nya. 
berapa biaya servis hp konslet mati total
Ingat tidak terlihat bukan berarti tidak ada air. 
Cara pengeringan ini biasanya cukup untuk menyelesaikan masalah agar tidak terjadi kerusakan parah daripada dibiarkan saja atau hanya direndam di beras, justru banyak hp tidak bisa dibetulkan karena cara tersebut. Pada ponsel yang hanya terkena cipratan air (tidak terendam) biasanya jika terjadi kerusakan tergolong ringan pada aksesoris ponselnya seperti audio speaker mati atau tidak bisa dicas. Jika seluruh langkah tersebut telah dilakukan sendiri namun ponsel tetap mengalami kerusakan, lakukan langkah selanjutnya yaitu membawanya ke jasa servis handphone. Pastikan memilih tempat reparsi terdekat yang memang terpercaya atau kalau perlu ke tempat servis center resmi sesuai merk Android untuk membetulkan.
cara perbaiki hape mati total
harus tahu cara bongkar total handphone
Air = Handphone Korslet.
Untuk kasus terendam air, prosesnya jauh lebih panjang dan rumit, karena biasanya Handphone korslet dan restart atau sudah mati. Perhatikan Prinsipnya bahwa semua perangkat elektronika memiliki proteksi sirkuit, jika terjadi arus yang tidak wajar (korslet), handphone akan mematikan dirinya sendiri agar diperbaiki dahulu penyebabnya untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Jadi lepas baterainya!!! Jangan dicas dan Jangan malah coba menyalakan meskipun menurut kita 'hanya sebentar' terendam. Memutus aliran sumber daya merupakan langkah penting untuk mencegah kemungkinan kerusakan ponsel. Beberapa jenis komponen sirkuit elektronik mampu tetap bertahan dalam keadaan basah asalkan tidak terhubung dengan sumber daya. Reaksi kesalahan pertama kebanyakan pengguna akan mencoba menyalakan hape tersebut atau malah di charge, inilah yang menyebabkan handphone rusak semakin parah. Casing handphone memang cukup rapat tapi tidak bisa mencegah rembesan air. Bersabarlah untuk dicek dahulu, kecuali jika hp kita memenuhi sertifikasi anti air.
dibetulkan apakah bisa diperbaiki
Bahkan jika handphone terendam air kemudian di coba bisa menyala, biasanya dari pengalaman hanya tinggal menunggu waktu (bisa beberapa hari/minggu) sampai akhirnya terjadi korslet yang menyebabkan hp mati total karena masih ada sisa air didalamnya. Kami ingatkan sekali lagi, lepas baterai, jangan dicas, stop jangan terus mencoba untuk menyalakan kembali, bongkar dan cek dahulu agar ada harapan bisa dibetulkan kembali.

Dampak kerusakan akibat kena air ada di bagian hardware, tentu yang kita periksa adalah rangkaian mesin HP nya. Cara memperbaikinya tentu harus dibongkar dulu casingnya dan diperiksa apakah masih ada yang tersisa atau sudah konslet. Paling malas itu garap Handphone Samsung type anti air, cara bongkar nya harus congkel layar dulu, baru muncul baut di dalamnya. Jadi sangat resiko kaca LCD pecah, padahal harga layar AMOLED nya....haduuuh jutaaan. 
Berikut beberapa tutorial pengalaman kami mengenai kerusakan di mesin mati kena air, kadang berhasil diperbaiki-kadang tidak, sangat tergantung kondisi dan perlakuan pemilik sebelum di bawa ke tempat servis. Jika anda tidak yakin sebaiknya dibawa ketukang service saja, mengingat resiko bisa bertambah parah bisa terjadi. Baca juga artikel cara membuka casing Tablet dan handphone.
kemasukan air apa bisa dibetulkan
Air yang masuk ke dalam komponen tersebut akan membuat sistem rangkaian hardware rusak karena terjadi hubungan singkat (short) korslet. Jika dibiarkan saja makin lama akan semakin sulit untuk membetulkannya

Cara perbaikan yang biasa kami lakukan tahapannya sbb: 
Prosedur reparasi kita tidak boleh langsung menggunakan power supply dalam memeriksa dan menguji ponsel. Sebab air yang masih ada dapat menyebabkan hubungan pendek antar komponen ic atau sirkuit didalam ponsel. Jika yang kena air korslet cuma speaker mati sih enak dan murah biaya reparasi ya. Tapi jika posisi air ada di bagian ic cpu? Ya jadi handphone rusak mati total.
Bersihkan Air
Karena kita tidak tahu sisa air ada dimana, maka caranya ponsel dibongkar total terlebih dahulu dan harus dibersihkan seluruh bagian dari air yang masuk ke dalam ponsel.Jika perlu dicuci dengan diberi cairan pembersih IPA lebih dulu. Pengguna harus paham cara membongkar handphone, jangan sampai handphonenya nanti menyala namun kabel flexible lcd nya ketarik putus karena tidak tahu cara buka hape. Harus ganti lcd juga dah.  
Keringkan
Apakah hp yang terkena air boleh dijemur? Boleh, asal...
Bukan dalam kondisi utuh tapi sudah di bongkar total mesinnya terlebih dahulu. Jadi boleh dijemur mesinnya agar kering setelah sebelumnya dibersihkan dari karat. Kemudian jangan di jemur di halaman nanti hapenya malah ilang diambil pemulung ...he he. Secara idealnya menggunakan alat vakum khusus untuk servis handphone dan bisa juga menambahkan butiran silika untuk menyerap air yang ada pada ponsel. Keringkan setidaknya 24 jam, makin lama makin baik. 

Pernah baca tips atasi masalah handphone kena air dengan cara memasukkan kedalam beras? Silahkan jika mau coba, saya tidak percaya beras bisa memperbaiki hp korslet, apakah berasnya nanti laporan ke kita:" Bos aman airnya sudah kering", tidak kan? he he... Jadi menurut kami mengandalkan cara mengeringkan dengan beras sangat bersiko karena sifatnya untung-untungan saja, jika masih korslet lalu dinyalakan kan tambah parah? Handphone rusak kena air harus dibuka casingnya. Bukan hanya untuk dikeringkan tapi masih ada langkah selanjutnya yaitu...
handphone xiaomi
Cek Rangkaian
Setelah ponsel dipastikan telah kering sungguh dari segala cairan, berikutnya kita perlu menggunakan Avometer+power supply 3.7 volt untuk mengetahui jenis kerusakan pada ponsel kita. 

Gunakan Multitester/AVO Meter. Pertama cek di bagian conector baterai untuk mengetahui keadaan Handphone tersebut konslet atau tidak, atur Avo Meter di posisi 1x Ohm, lalu hubungkan probe dari multitester ke pin Battery Connector (kutub positif & negatif). Coba dibolak-balik antara kabel hitam dan merah di pin Battery Connector. Jika Avo Meter tidak bergerak maka handphone aman tidak ada korslet, kita bisa pasang kembali baterai hp dan coba di charging, lihat ada respon atau tidak. Jika tidak ada respon coba cek jalur bagian switch on/off. Perbaiki/jumper jika ada kerusakan dibagian ini.

Namun jika Handphone tersebut kita cek dan hasilnya korslet (Penunjuk Avo bergerak) maka 100% ada kerusakan hardware, cari dengan teliti penyebab korslet. Bisa terjadi pada komponen kapasitor, transistor atau Ic. Ic ini dapat merujuk pada ic charge, ic power, PA, CPU, ic flash/emmc dll. Dalam kondisi ini, jika memiliki skema rangkaian handphone sangat membantu. Namun proses selanjutanya sifatnya masih untung-untungan (lucky). Anggap jika sudah ketemu penyebabnya, masalah selanjutnya adalah dimana jual sparepartnya? Beruntung jika ketemu tempat servis/toko lengkap sedia sparepart atau setidaknya punya kanibalannya, apakah masalah sudah selesai diatasi?. Belum, kode etis nya masih harus tanya pelanggan dulu apakah setuju dengan biaya nya?

Terakhir Air laut atau air tawar?
Walaupun masih menyala jika handphone kena air laut, segera bawa ke tempat service. Air laut pasti akan menyebabkan karat yang akan membuat komponen handphone rusak. Di keringkan pakai beras tidak akan membuang garam/elektrolit penyebab mesin konslet dan keropos. Demikian halnya jika terendam air tawar lebih dari seminggu baru dibawa ke tempat servis, berdoa saja semoga masih bisa diperbaiki. Sudah mati kena air lebih dari sebulan ??? Di servis + berdoa juga susah tuh. Jika sudah terlalu lama karena sudah berkarat, waktu di cuci ic sparepart malah pada protol terlepas. Jika handphone kena air manis /mengandung gula seperti teh/jus juga sulit untuk di bersihkan apalagi di betulkan.
servis hape mati total
pembiaran terlalu lama menyebakan sparepart handphone berkarat
Pengalaman Biaya Servis Handphone Kena Air Berapa?
Tidak bisa ditentukan sebelum melihat langsung dan cek total kondisi handphonenya. Ini berbeda dengan beli baterai atau ganti layar lcd handphone pecah, ada parameter price list harganya.
Pengalaman Kami pribadi: Selain type Samsung merk lainnya Xiaomi, Oppo, Vivo dll masih relatif aman untuk proses pengecekan. Pernah juga perbaiki hape milik pelanggan merk lenovo mati kena air, karena kejadiannya baru 2 hari dan langsung dibawa ke tampat kami, hasilnya dicuci lalu keringkan, cek jalur mesin dengan multitester aman, baterai tanam di pancing masih bisa ngisi, tekan power langsung nyala normal, cuma ongkos 75 ribu. Tapi pernah servis handphone Xiaomi matot kena air, sudah cek total dan perbaiki beberapa ic sampai mau menyala normal. IC Power mati+touchscreen rusak dan harus beli dengan LCD nya karena type layar OGS IPS. Ongkos perbaikannya jadi mahal, dengan biaya 500ribu tapi masih harus beli ganti layar lcd nya tidak cukup, nombok dong. Pernah juga kami reparasi handphone samsung mati total konslet kena air sampai akhirnya berhasil bisa diservis hingga menyala kembali, tapi sialnya sinyal hilang karena ic pa juga rusak dan tidak menemukan komponen sparepart pengganti. Handphone nyala tapi tidak bisa buat nelpon, pelanggan tentu tidak bersedia membayar, cancel deh.
konslet tidak bisa di cas cara perbaiki
Jadi Handphone kena air bisa rusak dimana saja, ringan atau parah. Berapa biaya servisnya? Bisa mahal atau murah tergantung airnya 'nangkring' dimana jadi konslet. Bahkan kadang sama sekali tidak bisa diperbaiki. Jika cuma kena body baterai tidak masalah, jika 'nangkring' di speaker biaya servis masih murah, jika kena di cpu mending beli hape baru. Apalagi sudah tahu mati kena air malah dicas jadi tambah parah. Demikian lah sharing kami mengenai cara mengatasi dan membetulkan masalah handphone mati rusak kena air, semoga apa yang di bahas di atas bisa membantu.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

208 komentar:

  1. Mw tnya..hp samsung V ku trendam air..mslhx klu dinyalkan ada suara tp gk ada gambr(home)kira2 apax mas ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan layar LCD sudah rusak, sebaiknya diperiksa ke tempat service, perhatikan prosedur diatas;handphone kena air terus dinyalakan dapat menyebabkan kerusakan bagian lainnya seperti camera, wifi, sinyal hilang dll

      Hapus
  2. Mau tanya, kalau hp kena air laut tapi masih mau nyala cuma touchscreennya yg rusak apa masih bisa di perbaiki? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bos kan tidak bisa pakai touchscreen, logikanya tidak akan tahu apakah wifi-camera-sound dll nomal/rusak kan? bagaimana bisa bilang "cuma touchscreen"? tapi gpp jika mau beli/ganti layar touchscreen sendiri,silahkan banyak kok yang jual layar handphone online ;)

      Hapus
  3. Mau tanya,kalo HP Xiaomi redmi 2 kena air itu bisa servis atau tidak bisa ? Terimakasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. servis bisa atau tidak ditentukan setelah pengecekan kondisi handphone,jika kena air lebih dari 1 minggu kami tidak terima

      Hapus
  4. hp xiaomi saya kecipratan air tapi hp saya dinyalain cuma getar aja . layar tetap hitam . itu knpa yaa .. mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca artikelnya bos, lelah tuh nulisnya

      Hapus
  5. Maaf nih saya numpang tanya...
    Hp saya tiba tiba mati, pas lagi di cas muncul lagi mengisi.. tapi pas mau di hidupkan tidak mau. Itu kenapa yahh? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada banyak penyebab handphone mati, coba ganti baterai baru, jika tidak bisa nyala mungkin perlu di bongkar untuk dicek sparepartnya, silahkan cek ke tempat servis handphone terdekat

      Hapus
  6. Gan,kalau hp masuk air udah bisa nyala dan normal semua,tpi layar lcd ada watermark,bisakah dibersihkan,kira2 biayanya berapa?.trimass

    BalasHapus
    Balasan
    1. -pembersihan disini untuk mencegah karat, bukan untuk perbaiki sparepart yang rusak,yang sudah terlanjur rusak harus diganti
      -jika tidak di cuci maka cepat atau lambat handphone yang sudah kena air walaupun mau nyala kemudian akan rusak juga

      Hapus
  7. Hai Admin, boleh bertanya seputar harga? Tablet saya port USB-nya rusak. Tidak bisa dicharge dengan segala jenis charger. Tolong responnya ya, supaya saya bisa nabung dulu untuk biaya servicenya. Terimakasih.

    BalasHapus
  8. Gan hp gua kecebur sungai terus sekarang hp gua gk bisa di apa apain. Kira kira biayanya berapa?

    BalasHapus
  9. Kalau modem m2y yang terkena air biasa lalu di keringin 1 hari dan pada saat di coba charger malah jadi panas tetapi tidak bisa nyalah sama sekali bagaimana?

    BalasHapus
  10. Mau tanya kalau HP tercuci di mesin cuci bagaimana cara mengatasinya? Mohon jawaban terbaiknya. Terimakasih

    BalasHapus
  11. Gan hp saya lenovo tipe a6000 tombol back nya ngak bisa kembali, gmna beneri nya gan?? Tombol back sam ts nyatu ngak gan ? Mohon pemcerahan nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tombol handphone rusak cara paling mudah pakai aplikasi pengganti , ketik saja di google search engine "back button apk"

      Hapus
  12. Hp samsung note 8in masuk air terus nyala mati sendiri apanya ya..

    BalasHapus
  13. permisi mas mau tanya, hp saya terendam air saya keringkan dulu lalu saya nyalakan kembali masih bisa menyala tapi kemudian layar nya lama kelamaan redup terus ilang deh ga ada gambarnya kalo dinyalakan lg masih bisa cuman ga ada gambarnya, kira kira kalo di servis kena berapa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu dicek dulu bos,tidak bisa menggunakan asumsi 'hanya' rusak lcd, semakin sering bos nyalakan tanpa cek rangkaian,maka potensi kerusakan akan semakin banyak

      Hapus
  14. Hp Samsung A5 kena air laut, trus mati,pas ditempat service katanya yang kena lcd'a, kalo mau diambil data'a bisa ga ya ? Soalnya itu ada di memori internal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika memang cuma rusak layar lcd diganti lcd data tidak hilang,jika rusak di mesin kemungkinan data akan hilang

      Hapus
    2. Bang punya mesin mi Max 1 ga bang? Kalo ada tak beline bang

      Hapus
  15. Mas mau tanya hp saya coold pad max lite, kata konternya sih klo kecipratan air ga bakal masuk ke mesinnya, tpi hp saya kena cipratan air agak banyak, tpi 2 hari ini masih hidup, apakah perlu di cek ke konter? Mohon balesannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. air masuk atau tidak terserah airnya bos,bukan konter yang menentukan apalagi tidak melalui prosedur pengecekan fisik, hebat tuh konternya sakti he he, jika bos yakin tidak ga usah cek gpp kan bos yang tanggung resikonya, saran kami ya di cek

      Hapus
  16. Sy pny xiomi redmi 2 mas, pas lg dengerin pke hedset kmrn, eh pas sy cabut hedsetnya logo hedsetnya gk ilang2, kta tukang service ic handsfree nya, trs gk da yg jual katanya, klo mao kanibalan ktanya. Klo knibalan mesti merk dan tipe yg sama ato yg pnting sama merk nya aja. Tlong jwb yh. Thx seblumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika kanibal sparepart itu ide tukang service,kok bos yang pusing, yang penting normal kan beres, bos tinggal setuju atau tidak ;)

      Hapus
  17. Intinya cek dulu lah ya sebelum pesimis.. huuh,

    BalasHapus
  18. Gan saya mau nanya..
    Kan hp(samsung j7) saya kenak air dan saat saya angkat hpnya terasa panas.. dan saya lepas batrai sambil menunggu airnya krluar.. dan saya coaba keringkan dengan cara saya lab dan saya letak di tuangan terbuka.. saya tunggu tdak smapi 1/2 hari.. dan saya coba pasang batrainya hpnya kembali memanas.. dan saat saya perhatikan kuningan batrainya(dati 4 buah 1 buah)menghitam.. dan kuningan hpnya slah atunya ada yg mulai berwarna hijau dan 1 nya lagi ada yang berwarna hitam.. apa yabg terjadi gan??.. apa yang harus saya lakukan??.. bila di servis berapa lama waktunya??.. masihkah ada hatapan??.. di tempat servis mna yang bnar" dapat membantu gan klw misalbya sirkuitnya harus di ganti??. Thanks Gan mohon di jawab Gan...

    BalasHapus
  19. Mas ,hpe saya xiaomi note 3 kerendem air ,tapi klo dinyalakan cuma sampai logo dan layar mati lagi ,kira" kena apanya ya ?

    BalasHapus
  20. Gan oppo neo 7 habis kecemplung air, tpi masih bisa dicas.Kira itu hard brick atau masalah hardware

    BalasHapus
    Balasan
    1. kena air rusak hardware, hardbrick kejadiannya setelah salah flash lalu handphone mati

      Hapus
  21. mau bertanya, samsung note 4 saya terkena air laut bagian bawahnya. sempet di matikan terus dinyalain ternyata back nya tidak berfungsi namun homenya bisa berfungsi. setelah terkena air laut tidak saya bilas dengan air tawar atau semacamnya, hanya saya keringin. bila tidak saya service apa akan ada efek samping yang lebih membahayakan? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika masih ada air di dalam handphone akan menyebabkan korosi/ spare part berkarat dan rusak dikemudian hari

      Hapus
  22. Mau tanya hp zenfone 2 saya tidak bisa hidup, soalnya kena air.. Apakah hp saya masih bisa diperbaiki?

    BalasHapus
  23. permisi min . kalau handphone hanya tercelup air merk handphone xiaomi dan tidak mati hanya saja layar sentuh tidak mau merespon , kira kira biaya servise berapa ya ?

    BalasHapus
  24. gan hp oppo neo 3 saya pas di hidupkan cuman geter layar hitam yang rusak apannya ya gan ?? di bawah ke service center katannya harus ganti mesin tapi pas di bawah ke konter biasa katannya lcd nya yang rusak jadi yang bener yang mana ? btw klau ganti ic emmc habis berapa ya gan ?

    BalasHapus
  25. Maaf, mau tanya, kemarin teman saya menyiram saya sedangkan hp saya masih dikantung. Habis itu saya cek, semua oke. Tapi mesin bergetar dan mengeluarkan bunyi. Buru buru saya buka dan langsung saya keringin. Habis dinyalain, akhirnya bener lagi. Dan sampai 6 jam kemudian lalu matot. Udah saya bongkar semua, sampai sparepart dalam, semuanya oke bahkan kering tanpa air sedikitpun. Terus kenapa masih matot gan? Mau service tapi tempetnya jauh nih, mohon jawabannya ya, makasih...

    BalasHapus
  26. Bos hp saya xiaomi.kecemplung di air. Kata tukang servis di daerah saya kerusakanya ada di ic lampu sama lcd.. Klo di ditempat bos bisa benerin gak? Soalnya kata tukang servis nya di denpasar lebih lengkap sparepart nya

    BalasHapus
  27. Zenphone 2 sy, kena air (dldm tas) waktu sy keujanan di jalan. pertama hp ke lock spt kalo pake Flip cart, kemudian didiamkan trus bisa dipake sekitar 1 jam. kemudian terjadi black screen..vol dinaikan ada suara. Tapi anehnya WA bs aktif(terkoneksi dgn PC) kira2 kena apanya ya? apakah parah?
    Tq

    BalasHapus
  28. mau bertanya, hape oppo kena air pas bagian kamera belakang, sekarang kamera belakang nggak bisa digunakan, ke service center latanya harus diganti bagian hardware camera, harganya lumayan 2jtan, solusinya gimana ? saya pake hape oppo r7sf

    BalasHapus
  29. Saya mau bertanya, hp samsung j2 punya teman saya tercebur di laut, tapi pas penanganan pertama dia tidak mencabut baterai, dan tidak di bongkar, apakah masih bisa menyala ? Atau adakah komponen yg di ganti ?

    BalasHapus
  30. hallo bli, mau nanya nih kemaren2 hp xiaomi redmi note 3 saya di simpen di saku jas hujan eh pas di ambil lumayan ada air pada nangkring di dlm case hp itu. kemudian pas mau saya cek hp tersebut nyala seperti biasa cmn masalahnya ga bisa di usap, pun speaker jd ga bener suaranya. kira2 seberapa parah kerusakan yg menyebabkan lcd ga bisa di usap? terima kasih bli

    BalasHapus
  31. gan mau nanya hp saya kena cipratan air ga terlalu parah sudah dikeringkan. tapi setelah beberapa hari kok hpnya panas bener, dicas dalam keadaan mati pun panas mesinnya. kira2 kerusakannya dimana ya gan. hp masih hidup tapi lama kelamaan mati sendiri dan baterainya boros banget karena panas padahal posisi stand by aja. mohon solusinya gan, terima kasih.

    BalasHapus
  32. Masukkan komentar Anda...mas sy hp samsung j5 mati kena air tdk bs nyala lg kira kira biaya plg mahal smp brp ya klo msal kerusakannya sgat parah

    BalasHapus
    Balasan
    1. -biaya servis handphone kena air hanya bisa ditentukan setelah pengecekan, tanpa cek tidak tahu bos, teknisi bukan paranormal he he piiisss
      -jika terlalu mahal lebih baik beli handphone baru

      Hapus
  33. Gan, jika hp sony m4 saya terendam air saat klep belum menutup. Dan saat diperiksa semua komponen baik2 saja kecuali baterai. Kira2 bisa nyala kembali seperti dlu atau tidak dan berapa biayanya ? Dan tempat beli baterainya karena sparepartnya susah. Thanks gan. Tytyty

    BalasHapus
    Balasan
    1. -maaf kami tidak servis handphone dengan diagnosa sendiri/diagnosa dari tempat servis lain
      -agar nyaman silahkan beli/pesan baterai di tempat tersebut(yang mengatakan hanya baterai saja rusak)
      -jika benar hanya baterai rusak sangat mudah cara mengatasai masalah tersebut

      Hapus
  34. ka mau tnya HP Asus ku tercebur air awalnya masih nyala aku pikir Gk knp2 tp waktu aku ambil HP lagi tiba2 udh mati, hp nya bergetar trs,ak cabut baterai nya udh gk brgetar lgi trs ak pasang baterai nya bergetar lgi, itu knp ya ka? kira2 cra memperbaiki nya gmna..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara perbaiki bawa ketempat servis handphone, dan berdoa tidak parah

      Hapus
  35. Kak,hp xiaomiyi redmi 3s saya kmrn hbs kena air trs matot. Habis d cek ternyata resistornya konslet. Resistornya kata abang saya udah d bnerin,tp cuma d bersihin ga d ganti. Itu paling ga hpnya tahan brp lama ya kak trs buat selanjutnya mndg ganti resistornya atau gmn? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf tidak tahu,bahkan hp beli baru tidak ada yang bisa meramal berapa lama tahan

      Hapus
  36. Mau nanya hp saya lenovo a6010 itu kecebur di air laut tapi kondisi masih hidup sampai tampilan recovery mode tapi layarnya gak bisa digerakan .itu kira kira kalau diservice biayanya berapa ya ?

    BalasHapus
  37. mau tanya, hp xiaomi redmi 2 sy gagal flash dan udah dicek ternyata ic powernya yang mau diganti,,,,kira2 berapa biaya perbaikannya
    ini kira2
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. -yang bilang ic power rusak siapa bos? ganti saja di situ.
      -alasan flash rom apa? jika sebelumnya normal, proses flash handphone xiaomi tidak akan merusak ic power.

      Hapus
    2. flash room upgrade ke mui8,,,sebelumnya hpnya normal pak tapi pas upgrade melalui pc kabel datanya kesentuh dan langsung gagal,,,,hp.a langsung mati total

      Hapus
    3. gagal flash/ terputus menyebabkan booloader rusak jadi matot=hardbrick, bos cari di daerah situ tempat servis handphone yang punya jtag

      Hapus
  38. Saya mau servis sony xperia m4 aqua saya layar redup
    Kira" kena berapa ?
    Sms ke nomer ini saja 089601689557

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyebab layar hp gelap ada beberapa kemungkinan antara lain rusak panel lcd, bisa juga ic backlight rusak dll, diperiksa dahulu karena biaya servis beda sesuai kerusakan

      Hapus
  39. Hp saya samsung s6 edge kecebur dikolam. Kira kkra harga betulinnya brp ya? Karena mati total.makasih

    BalasHapus
  40. Gan mau tanya hp xiaomi redmi note2 saya terendam air dr malam smpe pagi.. Lalu mati total saya bawa ke konter service tp gak ada yg bisa nanganin.. Gmn di bali cell bisa tdk? Soalnya hp saya udah mati total..

    BalasHapus
  41. gan mau tanya samsung A5 2016 pernah kejebur bak mandi. sy bawa ke servis resmi nya ktanya kna mesin dan lcd nya waktu di buka, trus sya bwa pulng, esok sorenya saya hidupkan bisa tetapi wifi ga bisa on/off di coba restart ttep ga bisa sama lcd tepat di tengah itu scren nya eror, kira kira perlu servis apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempat sevis handphone yang bos kunjungi sudah bilang mesin+lcd rusak, ya mestinya itu diperbaiki,saran kami jangan dinyalakan tanpa diservis, bisa rusak bagian lainnya

      Hapus
  42. mas kalau hp dinyalain muncul tulisan sony terus mati lagi itu gimana y mas?apakah masih bisa di tolong ? kira" kisaran biaya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika muncul gambar tulisan sony dan diam itu bootloop hanya rusak software lebih mudah cara mengatasi dengan flash/instal ulang, tetapi handphone muncul di logo lalu restart/mati lagi biasanya rusak hardware, perlu dicek penyebabnya baru bisa tentukan biaya

      Hapus
  43. Lenovo a1000 kecebur air.setelah kering pencet tombol power hanya getar.bisa di perbaiki apa GA om

    BalasHapus
    Balasan
    1. prosedur cara perbaiki handphone kena air
      1.cuci
      2.cek
      3.tentukan biaya
      4.setuju diservis, tidak setuju diambil
      tidak terima handphone lebih dari seminggu kena air

      Hapus
  44. mas mau nanya.. Jadikan waktu itu hp saya zenfone 3 jatuh ke kolam. Dangkal sih dan langsung saya angkat dan coba dikeringin.. Pas udah dirasa kering, lalu saya coba nyalain dan cek berjalan normal semuanya.. Hingga kemudian saya coba update ota... Kan restart dulu tuh pas udah instal tahapan terakhir.. Saya diemin aja.. Pas saya mau buka hp karena ada notif.. Eh ternyata gak bisa unlock hp... Touchscreennya gak jalan.. Sudah coba restart, hard reset, sampe downgrade lagi tetep gak jalan touchscreenya... Apakah ini masalahnya dari kena air itu ya??? Kalo misalnya harus diganti kira2 kena biaya berapa tuh? Tolong ditanggapi ya, makasih

    BalasHapus
  45. Min waktu itu hp saya jatuh di wastafel tapi yang terkena air nya hanya bagian atas hp seperti Kamera depan..
    Saya nyalakan sbntr trnyata masih nyala lalu saya matikan..
    Saya cas hp dan saya tinggal hp saya mandi dan ketika saya cek hp saya sudah mati total di cas maupun di power on sudah tidak bisa nyala kira² knp min?merk hp saya polytron R2457 Dan apa kerusakannya mohon di bantu min balas secepatnya terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kena air mestinya langsung cuci+cek,jangan di cas bos malah bikin 'korslet/short circuit' bawa ke tempat servis handphone terdekat

      Hapus
  46. Gan kalau hp basah kena air hujan bagaimana,apakah perlu di service(cuci+cek),posisi hp ada didalam tas ketika kehujanan,kodisinya basah dan stiker indikator berbentuk bulat yg menempel pd bodi batery sudah berubah warna dari putih ke warna pink.itu hp yg basah saya keringkan sediri dan saat ini kondisinya masih normal,belum ada tanda kerusakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah bos, jika nanti normal bos beruntung, jika nanti rusak berarti ada air masuk bikin karat

      Hapus
  47. Mas saya mau tanya hp saya merk xiaomi redmi note 3 pro.. Kejadiannya itu kecebur di air.. Tapi setelah itu udah saya tuskan airnya setelah itu saya buat main game layarnya agak" redup terus saya matikan bukan sampe mati ples,setelah itu saya nyalakan lagi layar kembali normal tapi dipojok kanan bawah ada sedikit warna putih.. Lalu saya pake hingga batrenya sampe 21% pada saat itu posisinya masih 32% lalu saya ingin mengeces dalam keadaan mati ples lah pas dicas kok cuman muncul lampu led merah doang terus saya cabut tak nyalain ga nyala" terus saya coba nyalain lalu ces tetep ga bisa akhirnya saya panaskan hp saya lalu tak biarkan beberapa waktu tapi tetep ga nyala mas :(( kira itu kenapa yaa??terus paling mahal untuk ganti sperpatnya xiaomi berapa??terus hp saya masih dalam keadaan garansi.. Tapi kalo pake garansi katanya nunggu 2 bulan karna sperpat xiaomi belom ada di indonesia.. Enaknya gimana mas??mohon pencerahan. TERIMA KASIH MAS SEBELUMNYA, MAAF KALO JELASINNYA KEPANJANGAN

    BalasHapus
  48. Malam hp sya asus zenfone 2 ze551ml abis jatuh, trs lampu indikator ga nyala, kadang hank, kamera ga hidup semua, senter ga nyala
    Kemungkinan kerusakan apa? Kalau perbaikan kira2 berapa
    Terima kasih

    BalasHapus
  49. Assalamu'alaikum
    Permisi mau tanya bang hp saya advan dan masalahnya hpnya kena banjir posisi di charger tapi itu waktu malam hari dan paginya hp saya mati kemudian saya nyalakan tapi tetap saja gak nyala dan sudah seminggu ini belum saya nyalakan lagi, apakah ada kemungkinan bisa di perbaiki atau tidak ? Mohon solusinya om
    Dan kalau di perbaiki sekitar kena berapa rupiah iya om ?

    BalasHapus
  50. Gan hape saya j5 prime belum ada seminggu udah kejebur dikolam renang. Abis itu dijemur sebentar, tp pas dinyalan tombol powernya gak bisa dipake, dan tombol backnya sempet ngambek juga. Mau saya off daya in gak bisa (batre tanem). Besoknya. Layarnya kotak kotak dan touchscreen nya gak bisa. Saya bawa ke service center samsung, ganti lcd. Kira kira tombol powernya bisa kembali lagi gak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya konfirmasi ke service center samsung tersebut apakah cukup ganti layar atau ada servis lainnya

      Hapus
    2. Katanya hanya ganti lcd yg biayanya sampe 500 ribu, dan itu blm membayar teknisinya. Lalu gan, jika sudah betul apakah harus dijual? Banyak yg bilang jika sudah diservice hp yg bekas kemasukan air mending dijual. Apakah betul? Ada jg yg bilang jika sudah betul tidak ada masalah dan bisa digunakan seperti biasa. Apakah awet gan? Sayang hape saya blm seminggu

      Hapus
    3. prinsipnya jika air sudah kering dan bersih handphone akan normal, air manis teh kemasan+air laut bisa kering tapi akan meninggalkan ion elektrolit penyebab karat, pastikan minta tolong sekalian dibersihkan agar layak pakai

      Hapus
    4. Ternyata service center nya telepon dan bilang lcd dimasukin garansi, TAPI ganti mesin yang harganya makin membengkak 630 rb. Lalu apa kalau sudah ganti mesin sisa sisa airnya masih ada di hape saya ? Dan bisa menyebab kan korosi dikemudian hari? Atau karena ganti mesin, jadi hape saya kaya baru lg?

      Hapus
    5. Bagus jika dapat ganti lcd, padahal garansi biasanya hangus jika akibat 'kesalahan pemakai/human error'. Singkatnya nanti spt dapat hp baru dan aman dipakai. Cek saja no imei baru jika ganti mesin, caranya ketik *#06# lalu call.

      Hapus
  51. Gan, hp saya evercoss tipe a66a beberapa hari lalu mati total. penyebabnya apa ya? Kalo diperbaiki kira-kira biayanya brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyebab handphone mati banyak sekali, misal baterai terlalu habis, salah flash, benturan/jatuh, kena air, ic emmc rusak dst. biaya servis tergantung jenis kerusakan

      Hapus
  52. Siang mas maaf mautanya..hp j1ace kena air hjan..tpi masih bisa hidup cma 2 hari aja setelah itu bisa hidup tpu layar gak ada gambar...kira2 bsa di servis apa gak ya mksih...maaf pnjang tulisanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending beli hp baru bos,itu layar jenis super amoled harga lcd samsung j1 ace setara harga bekas handphone tsb

      Hapus
  53. Maaf mas ini saya punya hp lenovo a6000 kendala mati karna tercemplung di ember saat nyuci motor, sudah dua tempat service saya datangi tapi hasilnya nihil, pertama cek lcd, kedua ganti ic, tetap saja tidak nyala, mohon pencerahannya, kalo boleh tau berapa ya? Dan kenanya di bagian apa? Saya lokasi jakarta, terimakasih.

    BalasHapus
  54. Hp xiaomi redmi 4a ku tidak sengaja ke jatuh di bak mandi terus layar nya kelihatan masuk air terus besoknya udah warna ungu layarnya,sekarang layarnya hidup tapi udah gelap cuma sedikit kelihatan,di hp situ ada banyak file file penting dll tolong pak gimana yah caranya agar bisa kembali semula harus bikin dimana yah

    BalasHapus
  55. Hp saya kemasukan air 1hari saya diamkan dalam keadaan mati, pas besok nya saya coba cek hidupkan nyala tapi gak bakalan ada apa" dengan hp saya

    BalasHapus
  56. Gan ini saya punya hp asus zenfone 3 dan habis kena air bagian bawah doang ga semua itu rusak cuman touchscreen gak kedetect atau gabisa disentuh sama sekali dan hpnya itu masih normal jadi itu diganti lcd sama bagian dalam nya yg korosi, lah skrg touchscreen nya main2 kadang bisa kadang nggak, saya takut kalo asus service center nya salah karena saya habis 890.000 jadi mohon bantuannya gan biar saya ngerti permasalahannya

    BalasHapus
  57. Halo mas, maaf numpang nanya, jadi ada 2 masalah ini :
    1. HP andromax saya, model G36C1H ini saya taruh di saku lalu kena siram air banayk dai kran, nah saat itu kondisi masih menyala, lalu saya pas nyadar saya klik tombol home nya itu layarnya malah blink hitam-putih. Lalu, sy cabut batere dan sim + micro sd. Lalu saya lap, hairdryer, dan rendam beras sehari full. Masih tdk bisa, layar hitam, tapi saat dinyalakan bisa, ada getar (tanda kalo nyala). Ini sudah sy biarkan +- 1 minggu an krn kata ortu gpp.

    2. Baru hari ini tadi, hp saya ( jenis persis kaya andromax diatas (kembarannya) ) sy lupa saya taruh saku celana renang, lalu sudah sampai terendam cukup lama (5 menitan). Kondisi saat itu masih nyala. Lalu, tadi langsung saya cabut seisinya, saya keringkan di handuk dan sy kasih silica gel. Ini sementara tdk berani saya nyalakan karena masih ada watermark di camera, lcd dan kalo diteken tengahnya keluar air tapi ada kyk kemerah2 an (sy tdk tau).

    Besok mau saya serviskan keduanya.
    Apakah masih ada kemungkinan keduanya kembali seperti normal? Kenanya di bagian apa saja ? Kira2 keluar berapa ongkos untuk full servis nya ? Saya saat ini sedang bingung sekali. Saya lokasi malang, terimakasih banyak sekali.

    BalasHapus
  58. mau tanya . hp saya (s4 mini gt-i9195) tiba tiba mati (bukan terkena air) kronologinya cuma saya charge saat malam (23:00 wita) lalu saya lihat besok pagi mati ga bisa di hidupkan lalu saya coba sambung ke laptop . kebaca QHSUSB_dLoad itu bagaimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hardibrisk, ic emmc rusak/ibaratnya jika laptop itu hardisknya rusak

      Hapus
  59. Gan hp sya terjatoh dan skrg lcd nya rusak parah .sebelah layar hitam dan sebelah layar lain nya ada garis gitu runyem gmbar nya.hp sya xiaomi redmi note 3 pro ,brp harga lcd nya kira"?speaker internal jg suaranya jd kecil gitu dan ga jernih lagi .tlg bgt ya gan kerusakan nya di 2 hardware itu kayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lcd original xiaomi redmi note 3 pro 500rb, sound rusak bisa ganti speaker atau masalah ic chip, belum tahu

      Hapus
  60. min saya mau nanya, kan hape adek saya A5 2017 gasengaja kecemplung air, tapi ko jadi error terus mati ya, padahal water resist, kira kira kenapa ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samsung a5 punya sertiikasi iIP68 tahan air selama 30 menit kedalaman hingga 1,5 meter,jika kondisinya seperti diatas,asal bukan air laut coba klaim garansi

      Hapus
  61. Gan numpang tanya.hp saya oppo neo9 gk sengaja masuk dalam air.pas saya coba hidupkan cuman ada getarnya aja.tapi lcd nya gelap?
    Makasihh

    BalasHapus
  62. Gan, hape saya j5 prime pernah masuk ke air lalu dibetulin di service center. Nah setelah diambil ganti mesin dan lcd. Tp nya pas diambil tombol backnya gak bisa dipake, kalaupun bisa harus diteken banget. Saya mau tanya, apa hp saya bisa dibetulin kalo seperti itu ya? Rusak dimananya ya? Krna sudah ganti lcd dan mesin

    BalasHapus
  63. gan numpang tanya, klo hape android kerendem air. trus udah terlanjur di cash jadinya terlanjur koslet (ngga ngeh klo hape baru kerendem).. kira2 sefatal apa kerusakannya dan berapa perkiraan biayanya penanganannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung 'short' dimana bos, ringan mungkin ic power,paling fatal ic cpu rusak tidak bisa diperbaiki ganti mesin handphone

      Hapus
  64. Permisi kak mau tanya, handphone xiaomi redmi note 4 ku abis kerendem tuh di kloset, trus aku nyalakan tiba2 mati, abis gitu langsunglah aku ke tukang service handphone(bukan resmi) nah katanya kerusakan di ic powernya.. Uda diganti kan ic powernya tapi LCDnya masih seperti ada air di dalamnya yg katanya gak perlu ganti alasannya aku lupa kenapa.. Nah yg ingin aku tanyakan, kira2 guratan2 horizontal di LCD ini nantinya apa akan bisa bikin handphone ini mati lagi? Meskipun tidak kena air lagi? Atau lebih baik dijual ajaa?

    BalasHapus
  65. Kak kl HP nya sering restart sendiri itu kenapa kak kondisi LCD oke, tuh HP cuma kena air sedikit terus restart sendiri HP nya lenovo

    BalasHapus
  66. kaka punya facebook engga

    hp saya kecebur di air , hp masih nyala , tochscreen bisa , tapi pas di hommescreen layar kaya jatuh gitu , tapi pas di aplikasi pengaturan , musik , lagi ngatur volume layar engga jatuh gitu
    kaka ada akun media social atau tidak biar saya bisa kirim fotonya

    terima kasih

    BalasHapus
  67. Bang hp xiaomi redmi 2 kecemplung air(di bak),,,pas kecemplung masih nyala begitupun pas saya angkat,lalu saya lepas baterai dan saya lap ,trus saya tunggu beberapa saat lalu saya nyalakan,tp malah layar gak mau nyala tp ada notof hidup itu kenapa bang?apa lcd udah rusak? Thanks

    BalasHapus
  68. mau tanya gan...hp saya kena air...di bersihin dan d bongkar.lalu tanpa di pasang lcd hp nyala dan bs di telepon masuk...tapi kalo lcd nya di pasang hp malah mati dan tdk bs hidup...kalo lcd nya di lepas lg hidup...permasalahan nya dmn y gan...mohon bantuannya..samsung J1Ace SMJ111F

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan male conektor lcd atau layar lcd short,coba bersihkan male conektor,jika tetap tidak bisa ganti layar

      Hapus
  69. Gan,HP saya sdh 2 minggu gak saya benerin kena air hujan gan..jadi ane hujan2x an bawa motor gan....dinyalain cuma muncul garis2x hitam putih...itu termasuk rusak parah ya....sdh di kirim ke ASus Center nya...kira2x kena berapa ya gan?
    Atas jawabannya terimakasih gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos tunggu saja kabar dari pihak asus centre, kan mereka yang periksa lebih tahu rusak apa saja

      Hapus
  70. Terimakasih gan,kayaknya agan jujur,professional dan transparan.Lokasi service agan cuma di Bali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama bos,karena kendala SDM sementara hanya buka alamat servis handphone di Bali

      Hapus
  71. Kak hp ku samsung A5 kan aku abis main ke pantai trs beli wadah plastik tak utuk foto2 gitu. Nah pas dh selese aku buka ternyata dalemnya merembesss dan lembab gitu. Trs pas aku cas itu tulisannya daya baterai trll tinggi. Aku bw ke servis center itu ternyata tmp casnya berjamur tp udh diganti. Nah ini baru ngeh aku mau dengerin lagu pake headset. Tp kok gak masuk ya, aku coba pake headset lain jg gak fungsi. Tlg dijwab ya kak makasih banget lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. akibat handphone kena air sering menyebakan rusak di beberapa bagian,nah bagian baterai/cas sudah diservis karena keluhan awal hanya itu, jadi berikutnya bagian port audio perlu di servis juga

      Hapus
    2. Kak kalo tablet terkena air datanya terhapus atau tidak ya?mohon di jawab

      Hapus
    3. ini seperti pertanyaan: jika motor tabrakan pengendara mati nga?
      air penyebab rusak/korslet, tapi rusaknya bisa dibagian apapun, contoh jika handphone kena air rusak lcd saja maka data tetap,tapi rusak emmc data hilang, karena emmc tempat simpan data

      Hapus
  72. Gan minta info donk hp semalam kena hujan di kantong celana trus pas sekitar 5 menit ane cabut batrai pas di di rumah ane pengering rambut 15 menit pas saya pastin hp sudah kering saya nyalakan normal pas 10 menit mati saya cabut batrai trus saya nyalakan kembali muncul di logo ajja mohon INFO om harus di keringkan lagi / service

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sudah korslet bawa ke tempat servis handphone

      Hapus
  73. Gan HP ane Asus zenfone Max 3 yg kemasukan air cuma ganti LCD aja mother board dan iC nya aman.Alhamdulillah masih garansi lagi,mantap dah ASus produk dan pelayanannya.

    BalasHapus
  74. bleh tnya...hp sya telah rusak d sebab kan terendam dlm air...skrg klu dksi on dia cuma blink2 wrna putih saja....tlng bgitau sya msalahnya dan penyelesaian ny...tq

    BalasHapus
  75. maaf saya mau tanya soal hape saya yang terendam di air, hapenya terlanjur karatan, apakah benar-benar tidak bisa diperbaiki sama sekali?atau masih ada sedikit harapan hapenya bisa diperbaiki dengan perbaikan tertentu? karena ada data penting saya yang disimpan di device hape tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sudah berkarat kecil harapan untuk bisa diperbaiki

      Hapus
  76. Gan hp saya Sony Xperia Z5 terkena air trus mati.di pencet tombol power awalnya gak nyala cuma getar dan LED nyala, trus di coba lg LED gak nyala hanya getar aja . Kira2 menurut pengalaman klo kyk gitu apa nya yg rusak ya? Trus perkiraan biaya termahalnya berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah terlanjur dinyalakan dengan kondisi kena air = korslet, sulit diperbaiki

      Hapus
  77. kak tablet saya kena air, awalnya saya kira ga kenapa2 karena dr dlu pengalaman tiap kena air gapapa, tp skrg kena air malah jadi mati gitu,saya kira karena lowbat, bodohnya malah saya coba buat charger n nyalain saya ga ngira klo trnyt ada kerusakan, trnyata layar jd hitam garis2 putih gitu, kira2 bakal susah ga ya kak perbaikinya? TT

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih perlu cek mesin koslet karena sempat di cas, biaya perbaikan akan cukup tinggi karena kondisi layar tidak normal sudah jelas perlu diganti + servis mesin

      Hapus
  78. bos, lenovo ku kena air sdh penanganan sesuai prosedur. sdh bisa di pakai tetapi setelah kurang lebih satu bulan layar jadi redup... kira2 apanya yang rusak dan berapa biayanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada 2 kemungkinan
      1. lcd handphone perlu di ganti atau
      2. servis ic backlight

      Hapus
  79. Bang mau nanya, hp saya redmi 4 prime pernah saya sengajain celupin ke air 😅, waktu saya mainkan masih normal, cuma soundnya aja ilang, didiemin semalaman bagus lagi, tapi durasi chargernya yg jadi lama, bisa sampe 8 jam an untuk full, kalo itu apanya yg salah ya bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. handphone tidak punya sertifikasi anti air tapi dengan sengaja dicelup ke air, nah itu salahnya bos

      Hapus
    2. Ane tau kalo itu Bg. Yg ane tanyain kalo mau di service, yg salah nya apaan ya ? Ko charger nya bisa 2 kali lipat dari waktu charger normal

      Hapus
    3. makanya kami tulis disini untuk dibaca,kemungkinan ic charger rusak tapi prosedur di artikel ini wajib tetap dilakukan
      1 cuci,
      2 cek apa yang rusak
      3 di service
      kenapa wajib, ada resiko tetap berkarat di dalam mesin, hp bisa mati dikemudian hari

      Hapus
  80. Gan,hp saya rusak 2 bulan yang lalu karena masuk ke dalam air. Hpnya sempat saya peram dalam beras. Ke esok kan harinya saya hidupin masih bisa. Hari keduanya saya pakai layarnya malah putih. Kira kira itu apanya ya yg rusak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan layar lcd rusak dan = jawabn diatas bongkar cuci+cek dulu

      Hapus
  81. Gan ,hp saya terkena air saat berenang .semua speaker tadinya tidak berfungsi lalu saya rendam dalam beras beberapa jam ,setelah itu speaker untuk suara musik nya tidak nyala

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesimpulan sementara speaker sudah rusak perlu diganti, jika masih ada air didalamnya akan menyebabkan berkarat dan kemudian hari bisa merusak bagian lain, kena air wajib di bongkar dulu+keringkan, menggunakan beras tidak dapat melihat kondisi sebenarnya di dalam hape, masih ada air atau tidak hanya perkiraan

      Hapus
  82. Permisi mau tanya, HP sya A7 2017 udh pasti Tahan Air, nmun kami sangat lah Lalai, kami bawa cemplungin HP ini, tapi blum kami pasang slot SIM nya, dan ternyata HP saya Mati TOTaL, gmna solusinya dan kira2 brapa biaya nya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman kami jika handphone mati total kena air sudah lama kadang lebih baik ganti hp baru, jika ingin mengetahui kondisi kerusakan+biaya servis hp kena air silahkan dicek ke tempat service center resmi samsung

      Hapus
  83. Selamat malam mas...
    HP saya Redmi note 4x terendam air, 2 hari saya keringkan dengan membuka seluruh isinya, setelah itu saya pasang kembali, Saya hidupkan hpnya, menyalah namun lama kelamaan panas dibagian sidik jari dengan pencahayaan normal dan saya redupkan pencahayaan s/d 1% lama kelamaan Panas tadi turun/hilang, Apakah penyebabnya gan? Lcd set kah atau Bagian hardware, saya cek kembali ada bagian fleksible LCD yang meleleh dan Socket Penutup fleksible lcd sedikit meleleh..
    Mohon petunjuknya gan??..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengeringan tidak sempurna masih ada air, bongkar handphone biarkan 1-2 hari jangan dipakai, jika tidak punya oven handphone bisa kasih kipas angin, bos tidak cek sirkuitnya hanya mengandalkan mata sulit bos,kelihatan kering padahal dibalik ic dll belum tentu

      Hapus
  84. hp xiaomi kena air matot konslet mungkin parah karena gak saya matiin
    awal hp nyala mati nyala mati trus
    habis itu mati
    trus q bawa keservis gak ada yang bisa
    gak ketemu mana yang konslet
    skrang q coba ces cuma nyala led sekali aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. servis handphone konslet kena air memang kadang mudah namun bisa juga sulit, tindakan awal pengguna sangat berpengaruh, tempat servis hanya bisa mencoba, misalnya kami sanggup perbaiki tapi karena biaya terlalu mahal, pelanggan yang tidak bisa

      Hapus
  85. Gan, kan hp sy hbs kecemplung air tuh ,trus klo ga dicas tuh mati, kcuali klo dipake terus, jadi intinya klo ga dipake tp ga dicas itu mati, trus skrg wifi, hotspot sm blootothnya gabisa dinyalain, itu knp ya kira2 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hp kena air tidak boleh di cas, bagian lain jadi rusak/konslet

      Hapus
  86. Selamat malam pak. Hp saya redmi 3,kehujanan dan tidak bisa dicas dalam keadaan menyala,tetapi casan masuk dalam keadaan mati tp sperti restart trs. Hp masih bisa dihidupkan. Nah sudah saya jemur,pakai kipas angin tp ttp tidak ngaruh. Saya bawa ke tukang service kmrn dan saya tlfon tadi mrka bilang masih dipancing dan memang tidak bisa dicas. Harus ganti konektor,apa kira2 itu blm di cek ya oleh tukang servisnya?. Lalu bila ternyata itu terjadi konsleting kira2 memakan biaya brp ya ?? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak tahu bos, sebaiknya tanyakan langsung ke temat service tersebut

      Hapus
  87. gan permisi saya mau bertanya, hp saya samsung note 4 barusan terkena air waktu mandi. lalu waktu saya lihat di layar hanya ada lampu notifikasi warna hijau menyala, namun lcd mati. apakah masih bisa diperbaiki ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika prosedur diatas dilakukan kemungkinan bisa diperbaiki asal jangan coba menyalakan/ dicas sebelum dikeringkan total

      Hapus
  88. Smartphone saya kecemplung bak kira2 durasinya 5 detik merk LG.. Saat dinyalakan getar saja tapi layar tidak menyala.. Saaran bos nih lebih baik beli baru atau diservice saja ya? Krna kalau biayanya sampai 500 rb keatas sprtinya lebih baik beli baru.. Tolong sarannya ya gan.. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biaya servis handphone kena air bisa diketahui setelah dilakukan pengecekan

      Hapus
  89. cara ngatasinya gimana y gan?
    hp xiamoi note4X tercebur air trs q nyalain ada gambarnya lalu mati trs q cas q pencet tombol power ,hny tampil logo mi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah korslet jangan coba menyalakan lagi bisa tambah parah, lakukan seperti artikel diatas atau hubungi tempat servis hape xiomi terdekat

      Hapus
  90. samsung A7 saya masuk ke air, dan hasilnya handphone masih nyala sampai sekarang, semua fungsi. tapi touch ga berfungsi sama sekali, itu kira2 kenapa ya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan air sudah terlajur masuk ke dalam handphone dan merusak ic touchscreen, lakukan prosedur sesuai artikel diatas atau hubungi tempat servis samsung terdekat

      Hapus
  91. Bos saya mau nanya bos kalau kuningan fleksibel hp xiaomi redmi 4a yang terkena air bos habis itu saya servis hidup kembali bos tapi itu bisa ngulah lagi gak bos?mohon kasi jawabannya yah bos

    BalasHapus
  92. Bos, vivo y35 setelah jatuh ke sungai masih hidup, setelah saya cas suhu hp panas banget, lalu saya matikan dan setelah di hidupkan sinyalnya hilang / tidak stabil, itu kira kira yang rusak apanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca keselurahan artikel ikuti prosedur cara mengatasi hanpdhone air seuai yg kami tulis

      Hapus
  93. Hp kena air, sempet dicas lalu dipakai setelah itu ,layar seperti kesemutan, lalu burek total hanya terlihat sama logo samsung.
    Lebih baik di buang atau coba di servis udh capek mikir gan. Tolong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ke tempat service terdekat minta dicek, jika biaya servis terjangkau silahkan diperbaiki namun jika biaya mendekati harga jual handphone mending beli hp samsung baru

      Hapus
  94. HP saya kena air, Redmi Note 3 pro. Karena posisi HP masih hidup pas kena air. gk langsung saya matiin. saya taruh depan kipas sampe kering air nya, pas masih setengah basah tombol fingerprint sama tombol lainnya masih fungsi. nah pas hp nya sudah kering, semua tombol jadi ga berfungsi termasuk finger print. lalu saya rendam di beras dan sampai sekarang blum saya ambil, tapi tadi hp saya sempat getar, mungkin alarm. jadi saya simpulkan HP nya masih kondisi nyalam, tapi black screen LCD nya. Solusinya gmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengeringan tidak untuk memperbaiki hp kena air,hanya mencegah agar tidak lebih parah, dari petunjuk bos setidaknya lcd sudah korslet/rusak, entah lainnya

      Hapus
  95. Mau tanya gan..
    Hp sy samsung galaxi A5 dipakai berenang foto & video dlm air tiba2 mati.. Pas dicharger n dihidupin cm ada suaranya tp layarnya mati..
    Adakah solusinya? Pdhl kelebihan A5 adalah water resistant..
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. samsung a5 buatan tahun 2017 tahan air, type a5 sebelumnya/2016 belum

      Hapus
  96. Gan hp saya xiaomi redmi 3s kemaren sempet jatoh dari saku celana akibatnya ada touchscreen yg gabisa saya pencet+touchscreen saya retak. Nah pertanyaan saya apakah bisa kalo hanya mengganti touchscreen nya aja? Atau harus ganti sepaket dengan lcd nya? Tolong dijawab gan makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa karena menggunakan layar type IPS, sepaket dengan LCD

      Hapus
  97. Mau nanya gan hp saya kerendam 6jam tapi di cas nyala lampu led kamera nya aja . Itu apa ya gan .

    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesin handphone sudah konslet,cek ke tempat service terdekat, jangan dicas lagi, akan menambah parah kerusakan

      Hapus
  98. Suhu saya mau Tanya , hape evercoss saya ajak berenang pake waterproof ternyata Ada air masuk, hape kondisi mati tapi bergetar terus sampai dia benar benar mati total, itu kirakira gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 jangan dicas
      2 jangan coba menyalakan
      3 lakukan prosedur seperti dalam artikel ini
      jika tidak bisa cek ke tempat servis handpone Android terdekat

      Hapus
  99. Kalo Samsung j7 prime kecebur kolam langsung diangkat tapi hp masih bisa aktif, apakah harus dimatikan dulu atau biarkan saja sampai batre habis? Tapi enggak dipergunakan dulu? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada jaminan bos, prosedur ini dibuat agar tidak menyesal rusak dikemudan hari

      Hapus
  100. maaf juragan saya mau tanya.
    samsung s2 saya matot setelah batrenya nempel pada body hp ( bagian yg plat ).
    saya cek pake multimeter pada konektor batrenya normal.
    kira2 kerusakan ada pada bagian apanya ya?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi teknisi juga hal sulit mencari sparepart mana yg rusak,butuh pengalaman dan berbagai alat pendukung tidak bisa pakai kira kira, silahkan hubungi tempat servis handphone Samsung yg bos percaya

      Hapus
  101. Assalamualaikum...
    Mas Aku mau tanya, Aku punya Xiaomi Redmi note 4, saat perjalanan di mobil travel hapeku sempat tersiram air di bagian atas pas di lubang jackJaudio 3,5 mm. Saat itu cuma aku kibas2in dan aku lap aja Mas, setelah 1 hari 1 malam, hapeku gak mau bunyi eh Mas, kirain speakernya rusak, ternyata setelah ku check sepertinya ada short di bagian jack audio nya, cz di layar HP ada logo headset seperti kalo kita pasang headset gitu Mas, jd speaker hpnya gak mau bunyi kecuali kalo dipake telfon dan di loudspeaker. Untuk mp 3 dan video hanya bisa pake headset doank buat denger suaranya, kira2 rusaknya parah gak Mas ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika segera ditangan umumnya tidak parah, seusai artikel ini, kena air jika dibiarkan bisa menyebabkan rusak lebih parah (mesin berkarat/lcd rusak dll)

      Hapus
  102. Tanya master,samsung J7prime jtuh diair sdh bersihkan kasi arus yg ada getar panjang lcd hitam.mksih klo dijawab master.

    BalasHapus
    Balasan
    1. handphone korslet bos,sebelum diberi arus di cek dahulu jalur pcb nya

      Hapus
  103. Mas aku mau tanya, hp saya xiaomi redmi 4a kecemplung, udah tak keringin udah tak kipasin juga, sampe hpnya panas gitu, coba tak cas hpnya pqlah bunyi gitu mas, setelah jeda 2 hari batunya mplendung mas, kira² masih bisa di benerin ngak ya? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah tidak tahu sebelum cek langsung TKP (Tempat Kerusakan Ponsel)

      Hapus
  104. Mas mau tanya, 2 hari lalu hp saya xiaomi note 4x kecemplung air, masih nyala dan berfungsi normal. Tapi kemarin dicek kamera belakangnya gak bisa dipakai. Mohon sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya handphone kena air bisa merusak bagian manapaun termasuk kamera, perlu dicek lebih lanjut jalur pcb atau kamera perlu diganti

      Hapus
  105. Bang, saya punya Andromax L. Pemakaian bagus, dan kondisi HP masih mulus bgt. Waktu itu kecemplung bak mandi air tawar ya. Beberapa detik doang lah ya. Nah, udh di bongkar, dilepas btre dan krtu, di coba nyalain g bisa. Akhirnya di servis. Diservise teh katanya kena LCD nya gt. Sama apalagi lupa. Udh di ganti LCD abis 350 an. Udh bisa idup, tp dipake 2-3 mingguan mati lg bang. Mati total. Gimana ya ini. Sbnrnya. Terus gini bang, kasih tips dong untuk menentukan tempar servicenya handphone yg baik itu gmna. Bls ya bang. Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya bos tanyakankan langsung kondisi hp ke tempat servis tersebut, tempat service yang baik:
      1.jujur dan informatif baik itu terkait masalah kerusakan dan biaya serta menjaga barang milik pelanggan tetap utuh
      2.tepat waktu dan ketelitian dalam proses pengecekan dan pengerjaan
      3.jaminan garansi

      Hapus
  106. Misi..kalo kalo handphone kena air dari lubang speaker di bagian bawah,bisa ngaruh ke jalur on/off button gak ya?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kena air jika dibiarkan bisa ngaruh/merusak kemana saja mesin,layar, kamera, termasuk tombol on off

      Hapus
  107. Bang mau tanya. hp saya j7 pro tercebur air di kamar mandi. lcdnya normal tetapi touchscreenya tidak bisa. kata service center samsung ganti lcd. kira-kira selain ganti lcd ada solusi lain? terima kasih bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. type layar samsung j7 Super AMOLED ya ganti semua meskipun layar sentuh saja yang rusak

      Hapus
  108. Om mau tanya,hp asus lubang chas nya kemasukan kecap,terkahir masih bisa dipakai tapi gk bisa dichas,ini saya bawa ke tempat service (2x)..kata yg pertama rusak ic chas (ganti ic chas tapi barang gk ada) yg ke 2 katanya emmc nya yg rusak...kok aneh ya om,beda tempat service beda kerusakan??jadi menurut om yg bener yg mana om??

    BalasHapus
    Balasan
    1. agak sulit menjawab masalah ini karena kami tidak cek langsung, karena bos bilang masih bisa dipakai tapi tidak bisa ngecas kemungkinan lebih ke kerusakan ic charge, enaknya sih agar nyaman bos cari tempat servis yang bos percaya saja

      Hapus
  109. Hp j7 prime yang masuk ke dalam mesin cuci apakah bisa di perbaiki
    Apakah kmungkinan rusak total

    BalasHapus
  110. Gan ane mau nanya hp xiaomi ane kecemplung bentar trs ane angkat dikeringin awalnya nyala tp galama gambar macet trs mati deh tp bisa dinyalain namun blank hitam tp di touch layar ada getar seperti buka pattern dan fingerprint jg bisa cuma layar hitam itu konslet kah?brp kira kira kakau disservice mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyala tapi tidak ada gambar tampilan kemungkinan sudah rusak layar nya, belum mesinnya. Bakal banyak biayanya bos

      Hapus
  111. Mau tx hp samsung a57 kan anti air kok bisa sy pke dalam air tiba2 mati gak nyala2

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bilang anti air kan pihak samsung, tanyanya ke dia bos silahkan ke service center resmi samsung

      Hapus
  112. Anonim16:55

    mau tanya,HP saya merk oppo F7 kena air laut sekitar 5 menit dan saya mulai keringin hpnya 3 jam kemudian,udh saya diamin di beras 2 hari,apa masih bisa diperbaiki hpnya???

    BalasHapus
  113. Mau tanya hp vivo y91 saya kan tercelup air 5mnt an lah terus saya matikan setelah 3 jam saya nyalakan bisa tapi sinyalnya gk keluar bagaimana

    BalasHapus
  114. Gan kalau hp ss a7 terendam air Masih nyala tapi TC nggk respon biasanya ganti TC doang apa Harus Sama lcdnya Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  115. gan ane mau tanya, hp ane kecemplung air, setelah itu saya bawa ke konter, udah di cuci mesin dan kembali hidup, tapi keesokan harinya setelah saya gunakan hp mati lagi, saya bawa ke konter yg sebelumnya menangani hp saya, kata dia ga ada masalah sama mesin nya dan ga ada yg konslet, mesin normal, lalu orang itu bilang ganti baterai, karna dia ga ada baterainya, saya cari ke konter lain, saat saya bawa ke konter lain, katanya ini hp mati total rusak emmc nya dan harus diganti beserta mainboardnya, kira kira diantara 2 konter itu yang mana yg bener ya?

    BalasHapus
  116. Kalo hp kemasukan air tetapi terlajur dinyalakan dan dicharger bagaimana cara mengatasinya, lcdnya juga error', apakah masih bisa tidak mengganti lcdnya?

    BalasHapus
  117. Mau nanya bos...ane punya sony m4aqua dual...tp karet penutup kartu hilang... apakah aman kalo kena air?

    BalasHapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.