Tablet Android Tidak Bisa di Charge

Handphone tidak mau ngecas (not charging) banyak penyebabnya. Berikut ini BSC-baliservicecomputer akan berbagi tips solusi cara mudah memperbaiki sendiri handphone-tablet Android yang tidak mau charging. Polanya sama baik merk Lenovo, Oppo, Advan, Evercoss, Xiaomi maupun Samsung, cara mengatasi masalah 'handphone not charging'/ hanya muncul gambar baterai kosong ini perlu disesuaikan dengan penyebabnya, jadi diperlukan diagnosa atau pengecekan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa penyebab:
servis hape korslet
Adaptor charger rusak atau kabelnya saja yang rusak/putus: 
Coba ganti pakai cas-casan handpohone lain yang spesifikasinya sama untuk mengetahui apakah charger asli rusak atau tidak. Cara serupa dapat digunakan untuk cek kabelnya. Beberapa type cas kan kabel usb dapat dilepas-pasang untuk ditukar menggunakan kabel yang lain. Sedangkan beberapa type Tab Android (ada yang menyebut i-pad) menggunakan charger bentuk bulat bukan USB. Saat ini umum digunakan charger baterai tanam handphone dengan ukuran 5 Volt dengan daya ampere bervariasai 1A s.d 2A. 1A = 1000maH. 
Di artikel ini secara spesifik kami menggunakan contoh tablet china Cyrus Atom PAD namun cara memperbaiki adapter charger tablet android yang tidak mau ngecas (tablet not charging) ini juga dapat diterapkan pada merk hadphone lainnya seperti Advan, Asus Zenfone, Acer, Axioo, Epad, Oppo, Lenovo, Xiaomi, Smartfren,Treq dll umumnya menggunakan type lubang colokan cas sama standar micro usb. Untuk Type Samsung bisanya menggunakaan konektor type khusus. Keluhan yang mungkin muncul jika adapter charger tablet rusak adalah sbb:
  • Android Tablet China sama sekali tidak mau ngecas (di charge tidak ada lambang mengisi)
  • Handphone ada logo mengisi tapi panas atau malah baterai berkurang
  • Tablet ngecharge/dicas tetapi tidak mau penuh 100%
  • Tablet di charge tetapi berhenti di prosentase (%) tertentu.
  • Colokan usb/ port charger tablet sering lepas/tidak mau konek, perlu digoyang-goyang dahulu.
  • Handphone boros baterai.
  • Kondisi Mati total karena kehabisan baterai. 
Perhatikan bahwa ciri diatas juga bisa terjadi kerusakan pada baterai tablet nya. Segera beli dan gantilah baterai tablet yang sudah rusak. Sedangkan charger handphone jika rusak hanya kabelnya tinggal ganti kabel mini/ micro usb sesuai type aslinya. Harganya sekitar 15 ribuan.
adapter tablet china tidak ngecas

Cara memperbaiki sendiri adapter charger Android Tablet China dengan colokan type lubang jarum dengan keluhan kerusakan seperti diatas memerlukan alat-alat sbb:
  1. Adapater Charger Tablet China yang rusak
  2. Tang (pliers)
  3. Jarum Jahit atau kawat kecil
Diagnosa penyebab kerusakan tablet china tidak mau di cas(charge):
Lubang jack adaptor tablet longgar karena sering mencolokkan 'male' jack adaptor dengan posisi miring. Apalagi jenis kualitas logam yang buruk pada jack adaptor merk china membuat kondisi kerusakan tambah parah ketika pengguna mencoba menggoyang-goyang jack output charger tablet agar dapat mengisi. Kerusakan jenis ini tidak perlu membongkar tablet android atau mengganti baterai tablet.
android tablet not charging

Cara memperbaiki Charger Adaptor Tablet Smartfren (Smartab) atau merk china lainnya seperti Cyrus Atom PAD yang rusak dengan type colokan cas bentuk jarum bulat.
  • Sebelumynya pastikan adaptor dalamposisi mati dengan mencabut cas-casan dari steker listrik. Masukkan jarum jahit atau kawat yang berukuran kecil dengan bagian yang tumpul (ada lubang benang) didalam. 
adaptor tablet android rusak
  • Tekan secukupnya bagian 'leher' male (cewek) output jack Adapter Tablet china yang rusak. Gunakan Tang/pliers untuk menekan/menjepit jack adapter tablet yang rusak tersebut.
cara tablet android mati
Harap jangan abaikan penggunaan jarum jahit ini karena penggunaan jarum jahit/kawat ini untuk menghindari jack korslet karena kita menekan tang terlalu keras ketika mencoba memperbaiki chatger tablet yang rusak tersebut. Menekan tang terlalu keras tanpa jarum dapat membuat lobang output adaptor justru menjadi buntu dan tidak bisa digunakan lagi. Lakukan dalam posisi charger mati tidak terhubung dengan listrik.
  • Test penggunaan adapator Charger Tablet China yang rusak tersebut bisa ngisi atau tidak. Jika belum dapat berfungsi dengan baik, ulangi kembali cara memperbaiki diatas.
charger tablet android china
Penyebab Android tablet china tidak dapat dicas bermacam-macam dan masing-masing kerusakan perlu penanganan yang berbeda untuk cara memperbaikinya. Tips diatas berguna untuk memperbaiki kerusakan charger android tablet china Allwinner/Androtab smartfren dengan ujung cas bulat dan diagnosa/gejala yang sudah kami sebutkan diatas. Jika tablet kita tetap tidak dapat di chas, cobalah menggunakan charger handphone lain yang baik dan memiliki spesifikasi/ rating yang sama misalnya 5Volt 2 Ampere. Untuk diagnosa kerusakannya lebih lanjut atau lihat artikel masalah charger baterai tablet disini.  

Port Charging USB Handphone Rusak
Beberapa kerusakan handphone yang tidak dapat dicharge disertai layar blank bisa disebabkan baterai terlalu kosong, ic charger rusak atau lubang cas micro USB di hape patah. Untuk jenis kerusakan karena baterai drop/ menggembung silahkan lihat info harga dan toko tempat jual baterai tablet disini, atau menghubungi service center handphone sesuai merk masing-masing. 

Untuk masalah lubang cas/usb yang patah akan memerlukan penanganan teknis khusus, karena perlu membongkar handphone secara total dan diperlukan peralatan khusus seperti solder/blower dan multitester. Segera hubungi tempat servis terdekat dan ceritakan kronologisnya. Jika dibiarkan lama baterai tanam tidak bisa diisi maka handphone akan mati total, sehingga dapat membingungkan proses diagnosa kerusakan.
Pada handphone android seperti Asus, Advan, Evercoss, Lenovo, Oppo Xiaomi dll biasanya memiliki bentuk cas menggunakan type micro usb. Pada hape jenis ini biasanya lubang cas patah sehingga perlu diganti. Untuk handphone yang tidak bisa ngecas karena kerusakan lubang USB, sebaiknya hubungi tempat service yang memiliki peralatan memadai karena diperlukan penggantian lubang colokan micro usb dan untuk pemasangan handphone perlu dibongkar total seperti cara perbaikan di gambar bawah ini. Dalam beberapa kasus diperlukan 'jumper' jalur cas handphone.

Cara memperbaiki lubang cas (female micro usb) connector memerlukan alat-alat sbb:
  • Alat bongkar case handphone (pry tool. spudger)
  • Solder dan timah
  • Blower (bukan hairdryer ya, ini bahaya jika digunakan untuk mesin hp karena panasnya tidak fokus)
  • Stut/ solderwick
  • Sparepart pengganti female micro usb
  • Avometer
IC Charger Rusak
Ciri-ciri handphone/ Tab rusak ic cas biasanya ketika dicas ada tulisan dan tanda charging/mengisi di sudut atas Handphone dengan icon gambar petir. Kami amati di kebanyakan merk Android Handphone spt Lenovo, Oppo, Vivo, Xiaomi, Advan, Evercoss tetap muncul tulisan mengisi tapi handphone tidak mau penuh malah berkurang. Sedangkan pada handphone Samsung jika ic rusak/bocor muncul peringatan notifikasi "charging paused battery temperature too low atau too hot". Namun pada beberapa kasus tidak ada peringatan apa-apa, hanya muncul gambar baterai kosong, sehingga sering disangka charger atau kabelnya rusak atau bahkan diduga lubang cas yang rusak, seperti kami tunjukkan pada pembahasan diatas padahal bukan itu penyebabnya. Masalah ic short/ bocor dimana handphone 'nyedot baterai' cukup sulit dicari bagian mana yang korslet, karena harus lepas pasang komponen satu persatu. Sumber penyebabnya biasanya kena air, harus sabar cek skema dan jalur cas nya, rusak seperti ini perlu waktu dan cukup sulit cara membetulkannya.
ganti colokab usb
Masih banyak penyebab handphopne tidak mau ngecas, mulai masalah ic cas rusak karena kena air, jatuh, dicas semalaman atau ic bocor membuat hape dicas malah berkurang. Bahkan kadang penggunaan custom rom juga bisa jadi penyebab. Ada lagi setelah update system/ flashing firmware handphone malah jadi tidak mau ngecas. Yup tanpa informasi spesifik dari pengguna...masalah ini bisa cukup membingungkan karena tidak tahu pasti penyebabnya, namun kadang bisa mudah solusinya, cukup sekedar ganti lubang cas-casan atau ganti baterai hp agar mau charging lagi. 
baterai handphone rusak
Singkatnya jika kami sebagai tempat servis handphone dapat pertanyaan via sms "berapa biaya servis handphone tidak mau ngecas ?", sulit menjawabnya tanpa tahu kronologis kejadian atau belum cek langsung penyebabnya apalagi jika kondisinya sudah mati total. Maka saran kami jika terpaksa harus ke service center ya bersikap terbuka dengan menceritakan kronologis sebelum kerusakan, mungkin sebelumnya perlu digoyang agar baterai mau ngisi maka kemungkinan lubang cas usb patah. Tapi jika penyebab masalah karena chargernya korslet / adaptor terbakar, short karena dicolok ke speaker aktif atau habis kena air lain masalahnya, bisa saja mesin mati. Ada baiknya cek sendiri dulu, apa yang bisa dilakukan seperti kami tulis diatas, misalnya ganti charger atau coba pakai kabel usb lain. Siapa tahu bisa mengisi lagi dan tidak perlu ketempat servis...he he....semoga artikel tips "Tablet Handphone Android Tidak Bisa di Charge" ini berguna. 

Artikel Terkait di Bali Service Computer