Cara Membuka Tablet

Cara membuka tablet Android berikut ini menggunakan tablet Coby Kyros. Ketika memperbaiki/ mengganti baterai tanam tablet, mengganti kaca LCD Touch screen tablet pecah atau memasang external memory micro SD yang terletak didalam handphone/ tablet, tindakan membuka tablet kadang diperlukan. Cara membuka pc phone tablet android ini dapat menjadi ide dasar untuk membuka baterai tablet merk Asus, Acer, Samsung, Xiaomi, Lenovo, Toshiba maupun tablet china/ lokal seperti Axioo, Advan, Ainol, IMO, Advan Vandroid, E pad, Evercoss ,Tabulet, Treq, Cyrus atom pad lite, Mito.

Alat untuk membuka Tablet Android
Karena casing tablet pada umumnya berbahan dasar plastik, maka untuk dapat membukanya tanpa merusak case tablet, dianjurkan untuk tidak menggunakan bahan yang keras dan tajam seperti obeng atau cutter untuk mencongkel klep casing tablet. Cara membongkar tablet beberapa merk tertentu seperti Asus, advan andromax smartfren, Samsung dan evercoss memang perlu obeng tapi hanya untuk melepas baut jika ada.
Contoh mudahnya pada merk yang sama tablet cyrus, kalau type atom pad perlu obeng, sedangkan cara membuka case tablet atom pad lite tidak perlu obeng karena tidak menggunakan baut. Type Android Handphone/ note Samsung biasanya lebih mudah, tinggal membuka slot casing belakang tempat kartu SIM+ memory micro SD berada, seperti Handphone android Xiaomi, Smartfren, Beyond, Mito dll. Berikut ini beberapa peralatan yang dapat digunakan untuk membuka Tablet Android tanpa SIM Card.
cara membuka caseing tablet china
Pilih Salah Satu Alat:
  • Plastik pengungkit/pray tool (dijual di toko elektronika)
  • Pick Gitar 
  • Kartu Kredit/ATM bekas (serut halus bagian sisinya dengan cutter terlebih dahulu)
PERINGATAN: Membongkar casing pc handphone tablet berarti membuka stiker segel yang dapat menghanguskan garansi. Cara membuka phone tablet android ini boleh dilakukan jika memang diperlukan dan kita tahu alasannya dan apa tindakan selanjutnya setelah case tablet terbuka. Jika pembaca tinggal/ dekat disekitar Bali, Nusa Dua-Kuta-Denpasar, Gianyar, Tabanan mengalami masalah baterai tanam tablet drop, dapat menghubungi alamat toko untuk membeli baterai tablet dan kami akan bantu pemasang secara gratis. 
tempat perbaiki baterai handphone

Chat Via WA no telepon tempat servis laptop dan handphone Android baliservice computer 085 238 900 600

Pada Tablet Coby Kyros ini cara membuka tablet sama dengan cara membongkar tablet cyrus atompad lite, pertama kita perlu melepas kartu SIM dan micro sd external memori terlebih dahulu. Jika lupa tempat SIM tray bisa rusak dan micro SD bisa patah. Mulai membuka tablet dengan pengungkit memanfaatkan celah lubang slot Micro SD atau lubang caharger usb otg yang berongga. 
cara membongkar tablet android
Kemudian tarik/geser pengungkit mengelilingi tablet untuk melanjutkan membuka klep casing tablet Android. Setelah case mulai sedikit terbuka selanjutnya lebih mudah, namun jangan buru-buru membuka semuanya, lepas  tombol power beserta volume dan simpan baik-baik. Cek dahulu, jangan paksa buka jika terasa masih ada yang nyangkut karena beberapa type tablet ada kemungkinan kita perlu melepas kabel konektor baterai dan kable flexible LCD touch screen tersebut terlebih dahulu sebelum membuka tablet Android secara keseluruhan. Jika sudah aman silahkan lanjutkan cara membuka tablet berikut ini. Lihat juga cara buka case tablet beyond Bpad rusak disini.
cara mengganti baterai tablet
Ketika membongkar tablet harap perhatikan bahwa beberapa motherboard tablet menempel pada case depan sementara seri tablet type lain motherboard tablet menempel pada case belakang. Biasanya Tablet yang boardnya menempel pada bagian belakang ada kabel flexible yang menghubungkan beberapa komponen seperti, fitur sidik jari, baterai tanam dan LCD touch screen. Jadi setelah handphone/ tab android mulai terbuka/menganga, telitilah terlebih dahulu apakah ada kabel-flexible yang terhubung antara case tablet bagian depan/LCD Touch screen dengan case tablet bagian belakang. 
cara membuka tablet
Untuk memperbaiki/ mengganti baterai tablet rusak caranya adalah melepas terlebih dahulu baterai dari board tablet. Sisipkan kartu kredit/ATM/SIM ke antara baterai dan layar LCD untuk melepas lem. Beberapa type Tab/ Handphone baterai tanam biasanya ada kabel flexible yang melintas dibawah baterai, jadi hati-hati jangan sampai rusak kabel tersebut, masalahnya komponen tersebut jarang yang jual soanya he he...;)
cara membuka tablet android
Beberapa type konektor baterai ada yang menggunakan soket, cukup buka klem lalu mencabutnya dari board untuk melepas, ada yang cuma menempel (tablet imo tab x series dan android phone), namun ada yang disolder langsung seperti baterai tablet 7 inch merk advan vandroid, beyond tab, imo seri Z dan Y, axioo picopad, Cyrus pad, mito dan tablet evercoss.
cara membuka baterai tablet
Baterai tablet rusak karena kembung/drop satu-satunya cara untuk memperbaiki baterai tablet tersebut dengan cara membongkar/ membuka baterai tablet dan melepasnya dari casing kemudian di ganti dengan membeli baterai tablet yang baru. Sedangkan untuk masalah baterai handphone dan tablet yang tidak bisa dicharge ada beberapa kemungkinan kerusakan:
  1. Kerusakan pada lubang cas/ socket usb tablet
  2. Kerusakan pada jack konektor/IC charger lihat cara memperbaikinya disini.
  3. Kerusakan pada baterai tablet karena terlalu kosong 
  4. Ada komponen short/ korslet halus sehingga di cas malah berkurang
Diperlukan pemeriksaan kondisi fisik tablet atau mengganti baterai tablet terlebih dahulu  dan memeriksa charger dengan teliti untuk mengetahui bagian mana yang rusak. Untuk baterai tablet yang tidak dapat dicharge kadang masih bisa diatasi dengan melepas baterai tablet kemudian mengisi ulang/charger menggunakan charger desktop terlebih dahulu sekitar 30 menit (istilahnya 'dipancing/ tembak' dulu), kemudian memasang baterai kembali pada tablet.
Tips:
  • Beli baterai dan charger handphone tablet Android sesuai dengan spesifikasi vendor.
  • Jangan terlalu sering menggunakan powerbank baterai tablet.
  • Saat menggunakan phone tablet android, ketika muncul peringatan baterai tablet sudah kosong dan perlu di isi/ charge JANGAN ABAIKAN peringatan untuk segera mengisi baterai handphone tablet tersebut, segeralah charge tablet. Baterai lithium polymer jika terlalu kosong (dibawah 3 Volt) akan sulit dicharge kembali.
  • Jika sudah berbau kimia artinya baterai bocor dan berbahaya untuk digunakan, segera ganti.
Cara membuka/ membongkar baterai tablet Samsung Galaxy Tab sangat mirip dengan cara disini, namun banyak pc tablet dan handphone android walaupun sama merknya seperti Axioo, Advan, Beyond Bpad, Cyrus Pad, IMO,Mito Treq,dll. jika berbeda seri maka berbeda juga cara membukanya. Setidaknya contoh cara membuka tablet China/lokal Coby Kyros ini dapat menjadi ide dasar. 

Lakukan prosedur diatas hanya jika kita yakin hal ini diperlukan, misalnya Tab-Handphone mau ganti baterai tanam. Sebenarnya dari beberapa pengalaman kami di tempat servis android, banyak kerusakan phone tablet Android mati, hang atau brick tidak selalu membutuhkan tips cara membuka/ membongkar case tablet secara total. Maksudnya, jangan rusak software malah hardware di "obok-obok" tidak jelas tujuannya. Sering kami kedatangan Handphone atau Tablet Android rusak untuk diperbaiki, awal masalah hanya karena salah flash dan Handphone/Tab tidak bisa di cas, karena tidak mengerti lalu di bongkar total sendiri oleh pemiliknya malah jadi rusak parah sparepart lainnya. 

Artikel Terkait di Bali Service Computer

63 komentar:

  1. mas kalo cara ngelepas kabel flexible gimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara melepas tergantung type konektor kabel flexible tablet, kalau pakai klep tinggal dibuka, yang disolder di rehot/ blower. minta tolong teman/teknisi saja untuk bongkar tablet kalau kurang paham daripada tablet rusak gan, banyak tuh yang tambah parah. kami cuma kasih saran

      Hapus
  2. Siang..
    mohon bantuan Gan,ane punya smartfren tab klo ga sambil di charge itu tab ga mw idup kecuali sambil di charge.udh gitu lampu powernya kedap kedip.kira2 baterainya yg rusak atau chargernya ya?
    mohon bantuannya ya Gan.
    thx n warm regard's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan agan bilang sendiri, tablet andromax smartfren mau hidup kalau dicharger, jadi bukan charger yang rusak, tapi baterai tablet andromax drop

      Hapus
  3. mw tanya nih klo pas lgi main zenonia 5 awal nya gk ada kendala apa2 trus tiba2 hang layar gk bisa di sentuh dan gk ngerespon trus saya pencet 1x gk ditahan tombol power tablet dan trus saya pencet lgi, perkiraan saya masuk ke halaman utama tapi malah gk bsa hidup malah layar blank dan suar game nya masih ada dan saya coba lagi klik tombol power muncul lagi gambar di layar tpi dalam keadaan hang juga trus suara game nya mati dan saya pencet tombol power nya malah mati blank kosog bukan blank bercahaya. Tolog kasih penjelasan nya ... Saya pakai vandroid t5-b

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan pas saat mati blank tapa bercahaya itu saya terus menekan tombol power berkali2 tapi tetap tidak bsa menyala ...

      Hapus
    2. admin klo mw lebih detail spec tab vandroid t5-b saya. Cari di google aja saya gk begitu tw..

      Hapus
    3. Cari di google aja saya gk begitu tw...jawabannya ;D
      just kidding
      jangan dipencet-pencet lagi tablet bisa harbicked,
      biarkan sampai baterai advan habis atau tekan selama 10 detik untuk mematikan dan coba nyalakan tablet vandroidnya.
      jika gagal bongkar case tablet advan lalu lepas baterai selama 10 menit, tekan tombol power 10 detik untuk membebaskan sisa daya (reset ram), pasang baterai+case kembali nyalakan tablet.

      Hapus
    4. Klo gnti toch gm crany gan axio picopacd 7 3g mdel ggd

      Hapus
  4. Anonim23:04

    gan tau harga lcd advan vandroid t berapa ya gan

    BalasHapus
  5. Anonim14:27

    gan cara cabut eksternal Sd card gi mn ?
    Mksudna cabut memorina bukan unmount Sd card
    tablet

    BalasHapus
    Balasan
    1. dorong saja memory micro sd nanti keluar kok, pakai kuku atau pakai obeng minus

      Hapus
  6. Anonim16:21

    permisi gan,
    Numpang nanya ni
    Kok memori eksternal sd card android saya kok gx kedetect ya
    Tolong berikan solusinya gan ..

    BalasHapus
  7. Permisi gan numpang tanya, kalo cara buka teb advan vandroid T1J sama aja atau gimana gan?
    Mohon pencerahannya, terimakasih~

    BalasHapus
  8. Numpang tanya lagi gan, kalo masalah layar yg awalnya warna hitam berubah menjadi warna merah mengerikan gara-gara jatuh itu yg kena LCD nya atau apanya gan?
    terus solusinya gimana gan? punya saya teb advan vandroid t1j .
    terimakasih~

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lcd rusak ganti lcd advan, beli lcd advan vandroid T1J jangan advan yang lain walaupun sama-sama 7 inch, karena resolusi dan kabel flexibelnya beda

      Hapus
  9. Gan mau tanya tab saya samsung gtab4 10inc tadi saya instal aplikasi dari plystore terus tiba2 tabnya mati total ga bisa nyala , trus di coba di charger tidak ada indikator kalo baterainyanya keiisi, itu kenapa ya ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. samsung tablet mati total bawa ke service center bos. ada kerusakan hardware yang perlu penggantian sparepart

      Hapus
  10. mas, tabletku advan t1f klo d cas lama banget...awalnya malah gak bisa sm sekali,trus sy cb buka casingnya dan sy cas pake casan kodok tanpa melepas batre, tapi dngn memutus kedua kabel konektornya saja dan saya hubungkan dengan casan kodok, setelah 1/2 jam saya nyalakan table ternyata terisi 4% ,kemudian saya cas secara normal tapi kok lama banget...cas selama 2 jam,cm naik jadi 11% dari 4%...
    apa mngkin batre udah drop?
    dan gmn caranya nglepas batrenya,krn menempel seperti di kasih perekat ke lcd nya...
    mksh sebelumnya,n sukses selalu y..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah pernah kami tulis artikel cara lepas baterai tablet advan, pakai ktp,sim,credit card, atm, bingkai sim card dll, salah satu sisinya di pipihkan dahulu

      Hapus
  11. Mas kalo di bali service bisa bantu cariin spare part ga? Saya punya Samsung galaxy Tab 7.7 ic memorynya harus di ganti tapi katanya udah ga diproduksi lagi. Mohon dibalas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah selesai ya bos, semoga samsung tab nya awet ;)

      Hapus
  12. Misi gan mau tanya..klo lcd tab advan e1b samanya dgn tab advan yang tipe brp??

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli saja langsung lcd untuk tablet advan e1b, ada kok

      Hapus
  13. Maaf gan mau tanya saya kan punya samsung galaxy tab 2 tapi tabnya sering ngecash sendiri...karena masuk air...kalau di cash bisa sich...kalau baterainya berkurang dya pasti ngecash sendiri..punya solusi ta gan untuk itu...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika handphone kena air langsung HARUS di clean sejak awal agar aman, jika dibiarkan nanti bisa rusak ringan atau parah (mati total), berdoa saja bos

      Hapus
  14. Tablet saya gimana ya gan?saat saya pakai tiba-tiba layarnya gk bisa disentuh terus saya tekan tombol on/off saat itu tablet saya mati terus saya tekan lagi gk bisa nyala.Gimana ya gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. layar tidak bisa disentuh baik sebagian maupun seluruhnya perlu ganti touchscreen, untuk kondisi mati total perbaiki ke tempat service handphone android

      Hapus
  15. Gan mau nanya saya pakai sam. Tab 2 pas dipakai itu lalu tab saya mati dan ngerestart sendiri... Dan itu berulang kali, solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu cek dahulu samsung rusak hadware atau software, solusinya disesuaikan dengan penyebab masalahnya atau paling mudah sebelum membuka tablet untuk cek hardware bisa di install/flash system dahulu

      Hapus
  16. Mau nanya gan, saya punya tablet mito t330. Saya pakai utk browsing gambar, setelah itu tdk saya pakai. Nah, wktu saya mau pake lagi (beberapa menit kemudian) tablet itu gak mau nyala. Saya tekan volume tabletnya msh respon. Tp utk diaktifkan dianya gak mau respon. Itu knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek konektor tombol power atau lcd, masalahnya biasanya diantara ke2 hal itu

      Hapus
  17. sy mw nnya gan, sy punya advan T1D, pdhl g ad yg retak dn sy udh coba reset.. g ad gambarnya tp ps sy pencet2 bergetr.. itu yg rusak LCDny ap bukan ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gelap kan? itu lcd advan rusak di bagian ic, jika mujur punya sparepartnya bisa diperbaiki atau ganti layar lcd, terpisah dengan touchscreen

      Hapus
  18. mohon bantuanny gan...ane pny tablet advan vandroid T, untuk harga baterainy kira2 brapa yach gan..mohon bantuanny..

    BalasHapus
    Balasan
    1. advan seri t banyak, bahkan ada yang pakai 2 baterai seperti advan t3i, per baterai harga 150 sd 200rb tergantung besarnya daya, ada yang isi 2600mah,3000mah, 4000mah dll

      Hapus
  19. permisi gan ane mw tnya sesuatu tentang lyar, bisa ga tablet ane lyarnya di gnti dengn layar tablet lain yang udah ips sukur2 dpet yg amoled?
    tab ane speedup pad genius, ane ga betah sama layar tftnya gan

    BalasHapus
  20. Hai salam kenalan anak sy punya tablet tapi tabletnya boleh buka tapi enggak ada gmbar masalahnya apaya?

    BalasHapus
  21. assalamualaikum, mohon bantuannya gan
    ane py tab advan t1j, kalo di cas cepat penuh 5 menit indikator sdh penuh 100%
    tp dipakai sebentar cepat habis, kira" 15 menit
    batre ngedrop atau charger yg rusak
    pemakaian sdh 1thn an, tab ny sering jatuh buat mainan anak
    thx gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ciri ciri baterai drop, ganti baterai tablet baru pasti ok, sering jatuh ga apa asal tidak pecah layarnya he he

      Hapus
  22. Assalamualaikum. Mau tanya. Kalo tablet gak bisa fungsi touchscreennya kenapa ya?

    BalasHapus
  23. Numpang tanya om..hp saya advan t1x pro.kmaren pecah touch screen.setelah di ganti touch screen nya berfungsi setengah2 om.mksd nya:klu layar bawak kita sentuh, yang kena si bagian atas om.jd nya gk beraturan gt om.sudah di reset ama pake sofware kalibrasi jg sama aja.kira2 itu kenapa ya om? Mohon bantuan nya ya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. layar pengganti juga rusak bos, jadi ganti lagi/minta garansi

      Hapus
  24. numpang tanya gan,kalo baterai android terlalu panas solusi nya apa biar gak panas lagi ?

    BalasHapus
  25. slmt mlm om,
    om, sya ada tabulet, lama ga kepake, iseng kmrin mw hidupin tp kok layarnya hidup mati hidup mati (ngeblink gtu kaya lampu disko) dan gak mw masuk ke menu, di posisi boot screen aja om...
    kira2 bisa di benerin gak om?

    BalasHapus
  26. Cara membuka baterai... mito t81 fantasi tablet gimana?koq solasinan gitu yah?soalnya layar nya disentuh gak Bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. layar sentuh rusak diganti baru, beli layarnya sekalian minta pasang,jika tidak bisa bongkar tablet ya sudah, jangan ada masalah ditambah masalah baru bos

      Hapus
  27. Gan, tabletku advan t1s kondisi mati tp kok mengeluarkan suara logo advan kenapa ya?

    BalasHapus
  28. gan numpang nanya cara bongkar casing tablet advan t1j gimana terutama yg bagian bawah yg ada slot simkartnya ..trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. lepas micro sd dan sim card lalu sisipkan pick gitar/sim/kartu atm kesisi casing untuk membuka

      Hapus
  29. Gan cara buka casing tab treq mini 3g gimana? Mohon infonya gan thx b4...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara bongkar tablet hampir sama untuk merk lain, ikuti saja cara diatas

      Hapus
  30. Ijin tanya gan, ad solusi gk ya,, tab 4 saya kyknya abis batre,, pas d cas gk ngangkat,, (mati idup mati idup)
    Ad solusi gk yah?
    Trims....

    BalasHapus
  31. pnya anak sy advan vandroid t2 kaca depan pecah(retak) bisa nyala, klo ganti toucscreen yg tipe apa ya? maksod na apa semua tipe advan t2 bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ganti layar lcd sesuai type, tidak bisa pakai type lain. saran kami sekalian minta pasang ditempat beli layar kaca tablet, agar langsung ditukar jika tidak cocok

      Hapus
  32. gan saya mau tanya..ini samsung galaxy tab saya di chas kok ga nambah malah berkurang... sudah coba buat ganti charger tapi ttp sama saja... apa mungkin ada masalah di usb portnya ato batrenya mungkin?? klo boleh tau tempat agan ada di bagian mana kalo bisa nanti hari senin saya kesana

    BalasHapus
  33. tip 7 trik nya bagus bermanfaat. kalo reset biar seperti baru vandroid t1f gimana caranya bos ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara reset advan:
      -masuk menu setelan/setting
      -pilih Buat cadangan & setel ulang
      -pilih Kembalikan ke setelan pabrik
      -pilih Hapus semua dan tunggu sampai proses selesai -restart sendiri
      -setelah menyala seperti hape baru masukkan email dll

      Hapus
  34. Permisi Gan, kalau cara buka tablet evercoss at8 bagaimana caranya? Tidak ada lubang baut di belakang bodynya. Layarnya pecah karena jatuh apa bisa diservis di konter android? Trmksh

    BalasHapus
  35. Permisi gan saya mau tanya,kalo mau buka casing belakang tab evercoss at8 caranya sama ato beda mohom pencerahannya soalnya saya dh nyoba buka susah.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara bongkar tablet secara umum hampir sama caranya

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.