Senin, 17 Desember 2012

Masalah Charger Baterai Tablet

Tidak soal merk tablet pembaca Acer, Asus, Axioo, Advan, Ainol, Andromax Tab Smartfren, Beyond, Cyrus PAD, IMO, Lenovo, Samsung Galaxy Tab,Toshiba, Treq dll, jika adaptor charger baterai tablet android bermasalah, rusak atau hilang, tips kali mungkin cocok bagi pembaca sebagai salah satu solusi selain membeli charger baterai tablet yang baru. Cara ini juga berhasil mengatasi masalah touch screen tablet yang menjadi 'ngawur' ketika menggunakan tablet android saat di charge.

Seminggu yang lalu charger tablet cyrus pad saya keselip hilang entah kemana. Daripada kebingungan untuk beli charger baru, saya membongkar stok adapter charger yang sudah tidak dipakai lagi. Karena ukuran baterai tablet 3000mAh (3.0A) dan 3.7V berarti diperlukan charger baterai yang outputnya lebih besar dari itu. Saya mendapat charger seperti gambar dibawah ini, walaupun bisa dipakai untuk cas baterai tablet tetapi kurang pas, karena ampere yang terlalu kecil, hanya 500mAH. Ngecasnya baterai tabletnya bisa lama sekali. Adaptor yang ideal ukuran ampere sekitar 1/2 dari total baterai, jadi perlu sekitar 1500mAH. Itulah mengapa charger handphone tidak bisa atau tepatnya tidak cocok untuk tablet karena ampernya yang terlalu kecil.
cara baterai tablet android
Jangan gunakan charger yang ukurannya dayanya lebih kecil dari spek baterai tablet, misalnya dibawah 3.7V dan arusnya dibawah 500mA. Ini justru akan menyedot arus dari baterai tablet, dan bahkan bisa merusak charger/tablet. Lihat contoh kasus disini mengapa tablet IMO Tab X series sering tidak bisa dicas/ mati karena masalah charger yang buruk. Charger seperti gambar dibawah ini tidak bisa digunakan, justru akan merusak baterai tablet. Adaptor charger untuk baterai jenis nikel tidak cocok untuk baterai lithium polymer tablet. 
masalah charger baterai tablet android

Kemudian pilihan saya jatuh pada charger toshiba bekas cd rom external, karena ukuran ampernya 2A atau 2000mAh dan  volt nya 5V (ket 1). Charge ini cocok untuk tablet saya bahkan lebih baik, karena memiliki perata arus (ket 2) sehingga arus yang keluar dari charger tersebut aman untuk tablet android saya. Keterangan kabel cukup jelas antara arus + dan - (ket 3), memudahkan penggantian kabel. 
cara memgatasi charger tablet android
Karena berbeda connector jack asli adaptor saya potong ujungnya untuk di ganti dengan mini usb agar cocok sebagai charger baterai tablet. Saya memilih menggunakan input usb mini untuk mengurangi masalah kacaunya touch screen display android tablet saat sedang charging. Mini USB charger dapat digunakan pada semua android dengan chip Allwinner, MTK dan Qualcomm atau exynos pada Samsung Tab. Sedangkan yang menggunakan chip Rock Chip seperti pada Tabulet troy dan androtab Smartfren, mini usb tidak bisa untuk charging.

Sebelum melakukan modfikasi charger baterai tablet ini, harap periksa juga kondisi baterai tablet, mungkin sudah rusak dan perlu beli baterai tablet baru.

Cara Modifikasi Charger Baterai Tablet Android: 
Berikutnya siapkan kabel mini usb, saya pakai bekas kabel data/charger handphone cina, dan dipotong sekitar 15 cm.
Kemudian kable mini usb disambung ke adaptor charger, warna merah dengan + dan warna hitam dengan -. (lihat keterangan gambar no 2 datas ket 3.). Sebaiknya gunakan multitester agar tahu persis arus + dan - pada kabel adapter charger yang dipotong.
cara adapter charger baterai tablet
Hasilnya cukup memuaskan, charger baterai tablet modifikasi ini dapat mengisi baterai tablet android saya dari keadaan kosong hingga penuh (full charge) sekitar 2,5 jam-an. Karena semakin besar amper/arus adapter charger semakin baik dan semakin cepat proses pengisisan baterai tablet. Sudah saya gunakan selama 6 hari dan aman.
mengatasai charger baterai tablet android

Keuntungan lainnya adalah menghilangkan masalah touchscreen android tablet yang sebelumnya setiap ngecas, tablet sulit/tidak bisa digunakan karena tauchscreennya 'kacau'. Dengan charger baterai ini tablet android saya tetap bisa digunakan selama charging, dan tidak ada masalah touch screen. Analisa kami, masalah grounding yang buruk dari PLN atau kualitas charger yang buruk adalah penyebab masalah touch screen jadi kacau saat di charge. Kesimpulan penyebab touch screen tablet kacau ini juga didasari pengalaman saat menggunakan usb data ke pc. Setiap tablet dihubungkan ke PC komputer, LCD touchscreen jadi kacau. Setelah PC saya beri kabel ground ke selokan air samping rumah, lcd touch screen tablet menjadi normal kembali.  


Jadi selain berbiaya murah, penggunaan modif charger bekas untuk tablet ini sekaligus menjadi cara mengatasi masalah touch screen tablet android. Berbeda kasusnya jika lcd touchscreen tablet pecah atau retak.

Jika charger tablet rusak atau hilang, tidak soal apakah akan membeli charger baru atau memodifikasi charger bekas untuk baterai tablet, untuk menghindari kerusakan tablet selalu PENTING di ingat: 

  1. Pilihlah adapter charger tablet android yang kualitasnya baik agar LCD touch screen tablet tidak kacau saat di cas.
  2. Gunakan charger tablet yang volt nya sedikit lebih besar dari spek baterai tablet (jika baterai tablet 3.7V maka gunakan charger sekitar 4V-5V) dan arusnya 1-2A agar proses chargingnya cepat. 
  3. Jangan sembarangan menggunakan charger lain walaupun connector jack charger sama, lihat dulu speknya (harus adaptor AC to DC 5V, bukan AC to AC). Beberapa tablet bentuk fisiknya sama menggunakan voltase yang berbeda.
Kami membuat modifikasi charger ini agar bisa digunakan untuk segala merk tablet pc android sehingga menjadi universal charger untuk semua pc tablet dengan baterai 3.7Volt.
charger imo, advan, cyrus, andromax smartfren, bpad beyond, axioo
Jack konektor female/ cewek dibuat khusus, beda tablet tinggal colok sehingga berbagai macam tablet bisa menggunakan charger ini. Berguna untuk kami sebagai teknisi yang sering menerima berbagai tablet rusak merk branded maupun lokal buatan china.
tablet samsunng tidak bisa di cas
masalah charger samsung galaxy tab rusak
Kini walaupun pasien tablet lupa membawa charger saat tablet android yang rusak di service di BSC, kami dapat menggunakan adaptor charger universal "made in bali" ini untuk semua  merk tablet dengan baterai 3.7V...made pasti dari bali he he..;D. 

Walaupun tips charger rusak disini menggunakan contoh kasus charger untuk tablet atom pad, prinsip yang sama berguna untuk pemilik tablet china/ lokal lainnya seperti Axioo picopad, Advan, Ainol, Andromax smartfren, Alcatel flexi, Beyond Bpad, Epad, IMO Tab, Mito, Treq maupun merk terkenal spt Samsung Tab, Asus, Acer, Lenovo, Toshiba dll. yang menggunakan baterai lithium polymer 3.7V daripada sulit membeli charger tablet yang cocok. Apalagi Charger Samsung Galaxy Tab original tergolong mahal, dengan modifikasi charger ini selain murah namun tetap berkualitas, juga bermanfaat bagi pemiliki yang membeli beberapa tablet, dan charger universal ini juga dapat digunakan untuk mencharge handphone dan tablet android karena sekarang hampir semua baterai lithium polymer tablet sama yaitu 3.7V. 

Untuk info harga dan alamat toko tempat jual adaptor/ baterai tablet android silahkan hubungi 03613333350 (denpasar-kuta-nusa dua-gianyar-tabanan dan sekitarnya). Semoga tips cara mengatasi masalah charger baterai android tablet ini dan tips cara mengatasi tablet china tidak mau ngecas disini bermanfaat.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

89 komentar:

  1. Gan,bagaimana caranya memperbaiki tabled OlivePad VT100 yang baterinya suka ngedrop besarnya 3200 mAh,mau beli sudah beberapa tempat dan kota tidak ada yang jual.di cas langsung penuh baru 5 menit dipakai harus sambil dicas itupun untuk internet ngak kuat lama paling cuma 15 menit minta shutdown karena daya habis,begitu pula untuk telepon,ke3cuali musik sampai 30 menit tdk apa sambil di cas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Agan Heri: coba baterai tablet diperbaiki secara software, istilahnya dikalibrasi menggunakan aplikasi spt 'Battery Calibration', download dr google play yang versi free ada kok gan. Kalaupun agan mau beli baterai tablet, tidak harus merk yang sama kok,tapi yang penting volt nya harus sama, sedangkan amper/arus bisa sama atau lebih misalnya 4000mAH gpp. solusi lain agan beli power bank.Thanks sudah berkunjung gan

      Hapus
  2. slm siang Gan, tablet saya movimax p3, baru 2 bulan bateray bengkak sampai casing terbuka, ternyata bateraynya jenis polymer (cairan). bagaimana cara menggantinya / diganti dengan bateray apa Gan ... ? trm kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Hendrijanto: sama dengan masalah baterai tablet diatas, yg penting ukuran volt baterainya sama: 3.7v, dan ampere sama 3200mAH atau lebih ga apa (malah lebih baik). soal jenis Li atau Po-Li terserah agan, tp harga lithium polymer lebih murah drpd baterai lithium. beli baterai di toko spare part handhone.

      Hapus
    2. Baik Gan,sekali lagi trm kasih penjelasannya.

      Hapus
  3. punya saya Advan T21 baru sebulan dibeli, sewaktu keluar kota chargex saya lupa, kmudian saya coba gunakan charge laptop Asus, kebetulan colokannya sama, namun pas dicolok ke listrik, Tablet saya tidak mau nge-charge lagi dan lampu indikator charge di tablet saya juga gak mau nyala.. setelah balik dari luar kota, kembali tablet saya charge dengan charge tablet itu sendiri, hasilnya tetap gak mau nyala... saya yakin pasti koslet, gimana cara memperbaikinya GAn, terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan cocok tidaknya charger tablet bukan dari colokannya, charger laptop tuh kan 19V, tablet max 5V. Jadinya overvoltage gan. Coba agan cek ke service center advan

      Hapus
  4. Gan,tablet ane klo mau ngecas dc-in nya gak mau nyala.. kadang2 klo d teken keras colokannya baru mau nyala,itu juga klo d dieumin kadang gk nyala lagi...apa nya yg rusak ya gan??? Kira2 bisa d perbaiki gak ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Gilang Aditya: sama gan dengan masalah ane, tablet cyrus pad charger jacknya tidak mau 'gigit', kalau dibiarkan 5 menit terlepas sendiri jadi tidak mau nge-charge, ane ganti ujungnya dengan mini usb seperti cara diatas, charger tablet lancar sampai sekarang

      Hapus
  5. Gan, tablet ane klo ngecas dc-in nya gak nyala..apa bisa d perbaiki.???

    BalasHapus
  6. Gan atom pad lite ane gak bisa di charge. Kalo d colok chargernya gak mau nyala indikator baterainya. Kalo d tekan keras baru mau masuk tp jika d lepas gak mau lagi ...
    Help me .....

    BalasHapus
  7. Gan hati2 kalau charge jangan terlalu jauh beda voltagenya (terlalu besar) bisa kebakar batere hp/tabletnya malah bisa merusak hp/tablet itu sendiri. Biar aman pakai yang sama tegangannya. Kalau beda ampere gak masalah asalkan output charger harus lebih besar ampere-nya dibandingkan batere hp/smartphone. Misalkan charger agan 2A untuk mencharge batere hp/tablet yang 1A itu gpp asalkan voltagenya (tegangan) nya sama misalkan 3.7V atau yang dah umum sekarang sama-sama 5V (micro/mini USB).

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju gan, dalam konteks artikel spesifik ditujukan untuk tablet bukan hp/smartphone secara umum. Karena banyak parameter sifat dan jenis baterai yang berbeda. Karena konektor tablet atom pad original sering bermasalah (mini jack charger yang sering lepas sendiri), disini saya menggunakan konektor charger mini USB untuk mengatasi masalah tersebut dan touchscreen tablet yang kacau saat tablet diisi ulang. Seperti yang agan sampaikan tegangan micro/mini USB menggunakan 5Volt.

      Hapus
  8. selamat pagi gan .saya memiliki tablet smartfreen ,kendalanya pada kabel charger saya yang agak eror nggk atau apa sebabnya,jika kabelnya saja di gant seperti tips diatas apakah bisa ?kan kalo beli lagi mahal kekuatan batere saya 6000 mAh pula
    mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan boleh ganti charger lain asal volt sama, ampere boleh beda, ampere charger tablet semakin tinggi semakin cepat proses chargingnya. Jika jack ujungnya beda, pakai yang lama saja, hati-hati nyambung arus + dan - harus sama ya

      Hapus
  9. gan ane mau nanya...tablet ane imo z-one kelupaan kemaren tidak sempat ke cass sampai baterei habis. nah sekarang saya mau cass kok kagag bisa ya gan. udah gitu muncul peringatan terus gitu. kira kira apanya ya gan. kalau ane bongkar sendiri ada tips nya ga gan?? terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Toni Wijonarko: iya gan baterai tablet jenis li-polymer tidak boleh kosong, kalau kosong susah/tidak bisa dicharge, agan Toni coba sbb:
      1.Dicharge tapi jangan coba nyalakan tabletnya dulu sampai 4 jam, kalau gagal,
      2.Agan lepas baterai dari tablet lalu dicharge langsung dengan charger desktop (ada yang nyebut charger catok) selama 30 menit untuk mancing, lalu kembalikan ke tablet. Bisanya baterai tablet kembali normal. coba dulu ya gan

      Hapus
  10. sebelumnya luar biasa artikelnya, kebetulan saya sedang mencari artikel ini. Andromax tab kalo dicas memang touchscreenya kacau, dan mini usb port tidak bisa untuk ngecas.
    1. Mohon maaf apabila pertanyaan saya sudah tersirat di comment2 di atas, apakah memungkinkan jika jack cas original sy ganti dengan usb mini.?
    2. Mengenai usb sec umum, apakah memang tidak diperbolehkan untuk melakukan charging, atau semua gadget yg ada usb mini portnya "seharusnya" dapat dicas dengan usb charger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @taofan taofan:
      1.Sayang waktu usb charger di test di tablet andromax smartfren tidak bisa gan.
      2.Sebenarnya sih vendor besar spt Apple, Nokia, Samsung, Sony dll, sudah sepakat dalam mobile world kongress th 2009 untuk membuat usb charger(micro-USB), mereka sepakat paling lambat 2012 seluruh charger akan berbentuk sama dan dapat dipakai di semua merek. Nampaknya ada sebagaian vendor yang tidak sepakat demi kepentingan bisnis.

      Hapus
    2. Terima kasih banyak, luar biasa responnya. Berarti tidak ada solusi lain agar touchscreen kacau saat dicas ya? :)

      Hapus
    3. @taofan: di link paragraf I:'mengatasi masalah touch screen tablet' layak dicoba gan. Soalnya ane heran kalau pas charger via usb laptop touchscreen tablet ok, kalau via usb pc touchscreen kacau, pc ane agak 'nyetrum'. mungkinkah ini masalah kualitas grounding charger mempengaruhi juga? ane lihat charger branded emang ada ground didalamnya untuk protector. ane coba-coba saja sih, agak mending kok

      Hapus
  11. Mo tanya dong....vandroid t1c ane batt y udh sering drop....baiky ganti baterai or beli power bank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @google user: sepengetahuan kami power bank dirancang untuk emergency/darurat saja gan, bukan untuk penggunaan sehari-hari(dapat merusak baterai asli). Sebaiknya beli baterai tablet baru. Maaf gan ini saran saja ya.

      Hapus
  12. Mohon bantuannya gan ... :)
    Saya punya tablet Advan T2V, ni tablet udah saya modif sendiri baterainya. Karna dah gak bisa dicas lg (ngedrop trus) akhirnya saya buang rangkaian pengaman di dalam baterai. Jadi proses pengisiannya saya buat model infus (kabel baterai ditarik langsung keluar casing untuk colokan chargernya / solderan ke rangkaian tablet dilepas). Alhamdulillah semuanya makin mantap (dari cuman tahan 1 jam, jadi bisa tahan 2 hari). Tapi masalahnya skrg dah lain, gara2 kabel baterai sering dilepas, solderan kabel baterai jd sering lepas jg. Pas saya mau solder ulang terjadi korsleting pd baterai yg mengakibatkan kebakaran dan baterainya ludes / habis terbakar menjadi abu....hiks....howaa......pasrah.....sedih bgt rasanya gan....hiks lagi ah..... untung aja pas nyolder baterainya dilepas dari tablet, jd tabletnya aman :).
    Nah, yg jadi pertanyaan saya....
    Berapakah arus dan tegangan baterai yang terbakar tadi..??? Padahal label adaptor dan casing bagian belakang tablet adalah sama yaitu 5V, 1000mAH. Tapi spesifikasi dan brosur dari mbah Google adalah 4000mAH, besar voltasenya tidak diketahui !
    Saya bermaksud tidak lagi menggunakan baterai (mahal amir), jd langsung nyala ketika connect to charger. Ketika saya hubungkan langsung antara charger ke rangkaian tablet, tablet cuman bisa kedip flash seperti gk ngangkat gitu.... Apakah tablet saya memang membutuhkan 5V, 4000mAH atau 3,7V 4000mAH? Kira2 pake charger atau adaptor merk apa ? (Saya jd ngeri buat coba2 lg). Bisa gak saya memanfaatkan Power Supply dari Komputer? karna port USB nya cuman bisa ngeluarin arus 500mAH dan tegangan 5Volt. Saya mohon penjelasannya gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane pernah korden terbakar ha ha...Spesifikasi tersebut benar semua gan, standar voltase baterai lithium polymer yang digunakan tablet 3.7 V gan, ampernya bervariasi bisa 2000,3000 atau 4000maH terserah yang bikin, mau tablet nyala pakai baterai tsb berapa jam. Sementara adaptor pakai 5V (harus sedikit lebih besar drpd baterai, istilah ane prinsip air mengalir, kalau sama-sama 3.7V kan gak ngalir/gak ngecas gan). Jadi gampangnya dengan adaptor 5V 1000mAH akan mencas baterai tablet 3.7V 4000mAH selama 4 jam agar full.
      Power supply ampernya terlalu kecil buat boot tablet dan agak ribet. Solusi mending agan pakai baterai handphone sekalian yang ampernya gede, hp phablet 5inch itu ada yang 3.7 volt 1200mAH, lumayan kan walau cepet habis. tapi aman gan daripada langsung. atau agan beli 2 baterai HP, belinya ditempat service handphone dan minta dirangkai sekalian, bilang saja terus terang ini untuk tablet. Paling mahal 100 ribuan. Maaf bahasanya sederhana, ane bukan ahli teknik elektronika gan.

      Hapus
    2. Makasih banyak atas pencerahannya gan..... kl gitu ane mo cari baterai HP dulu... thanks gan !!

      Hapus
  13. Mlm gan ..
    Mnta solisinya donk..
    Tablet sy cyrus pad.
    Sya lpa ngcap smpe btray ny ksong .
    Trs gk mau d cas lg gan .
    Mhn bantunnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. baterai tablet china tidak mau ngecas sudah kami bahas di link terkait, silahkan agan baca dulu

      Hapus
  14. Saya ada imo orion tipe port u charging bulat kecil mirip nokia tp tdk sama. Dicharger asli tertulis 5.4 v out 1.5 A. Ada port micro usb yng tulisnya u data tp jk dicolok k laptop imo ikut charging juga. Jika sy lupa bawa charger aslu bisakah sy pakai yng lain yng ujungnya microusb dng spek misal spt ini 5 V 2A. Beda tegangan dikit n arus lbh besar apakah aman?....tks y bila dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. micro usb bisa buat charger tablet, bahkan dengan 5 V 2A lebih cepat(lebih baik) drpd charger tablet pakai usb pc laptop yang cuma 500maH atau 1/2 ampere.

      Hapus
  15. seneng ketemu sama blog ini sangat bermanfaat. mas..tab saya huawei s7 chargernya rusak, colokannya patah. gmana solusinya mas? udah keliling nyari charger yang pas tapi gk ada...:( tolongin donk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan lebih bermanfaat kalau dipraktekkan, jadi solusinya ya praktekkan cara memperbaiki baterai charger tablet huawei s7 yang rusak seperti artikel disini. Solusi ke 2 beli charger hp china yg ujungnya micro usb, itu bisa dipakai untuk charger baterai tablet huawei, tapi ngecas full akan lebih lama. Solusi ke 3 beli universal charger yang penting volt dan colokan sama, abaikan merk (tidak harus charger merk huawei), banyak kan solusinya

      Hapus
  16. makasih ya mas...udah nyari yg colokannya sama dg huawei tp gk ada yg pas,,, coba solusi yg kedua dulu... makasih ya,,

    BalasHapus
  17. gan saya mo nanya, kira2 merk apa ya tablet yang murah tapi enak makainya ya? (bisa sms, nelpon, office, dan internetan...pokoknya lumayanlah RAM 1 GB)

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan Yus terimakasih kunjungannya: Soal bisa ini dan itu tablet murah (merk lokal) rata-rata memiliki kemampuan yg sama bahkan dengan merk branded LG, samsung dll, karena os android fiturnya sama, yang membedakan adalah:
      1.bahan material hardware awet/tidak.(axioo-andromax tergolong cukup baik)
      2.layanan service dan dukungan firmware/ rom, pengamatan kami merk lokal treq paling baik menyediakan link downloadnya.
      Hal diatas yg membedakan antara tablet murah lokal dengan branded yang jelas baik dikeduanya. Pilihan ditangan agan.

      Hapus
  18. mas udah di coba solusinya...gk ada yg bisa keknya colokan usb tab huawei itu gk bisa dpake buat ngecas batre..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sendiri sudah pernah mencoba dan bisa kok, kemungkinan masalahnya baterai huawei tsb sudah kosong, sifat baterai li polymer tidak boleh kosong 0%, jadi tidak bisa dicharge lagi harus di 'pancing' dulu.

      Hapus
    2. baterai tablet dilepas lalu dicas langsung menggunakan desktop charger atau baterai dihubungkan langsung ke kutub+ dan - charger, lalu...
      Sebaiknya minta tolong tukang service handphone ya, kalau salah baterai tablet bisa meledak

      Hapus
  19. wah makasih Agan... kebetulan sekali mang saya lagi lirik Treq Turbo yang memnya 16 GB, sepertinya lengkap banget tuh... hehehe makasih sob...

    BalasHapus
  20. Senangnya ketemu blog ini.
    jadi pengen ikut nanya tentang masalah charger gan.
    soalnya sampe skrg tablet cina saya blom bisa sehat, waktu itu pernah tanya katanya IC Chargernya yang rusak.
    nah, untuk penggatian IC Charger apakah bisa pakai punya tablet lain? atau malah bisa pakai punya Handphone?

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal ic charger pengganti itu normal dan spek sama dengan ic charger tablet, ga ada yang larang agan untuk 'kanibal' :D

      Hapus
    2. berhubung awam gan, yang menjadi patokan spek ic chargernya apa ya? apa tablet dgn voltase n ampere batre sama berarti ic chargernya sama?

      Hapus
  21. selamat siang gan,
    saya punya tablet My pad 703b awal nya touchsnreen nya error, g lama g bisa sama sekali ( rusak ) kemudian setelah itu kira2 beberapa hari tabletnya terjatuh 2 kali. lcd nya langsung g mau nyala.
    kira2 bisa diperbaiki g...? dan estimasi biaya brp ? thanks sebelumnya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak tahu gan, tanpa di cek kerusakan tablet lalu bisa estimasi biaya service, itu keren ya. Sayang kami teknisi tablet bukan peramal ha ha

      Hapus
  22. Permisi...mo nanya dong gan

    Saya baru beli tablet Ainol Novo 7 Advanced II seken, tpi waktu beli ga sempet cek kondisi batre, nah baru sekarang baru tahu kalo kayaknya batrenya drop yaitu waktu pake cepet sekali habisnya ga sampe hitungan jam dan chargingnya juga sangat lama sekali bisa 24 jam, apakah itu normal?
    Saya sdh ganti Chargernya dgn Charger voltase 5V 2A sebab yg lama ga jelas voltase/amperenya, tapi hasilnya sama charging tetap lama. Juga saya coba aplikasi Battery Calibration tapi tidak pernah bisa mencapai 100%
    Mohon bantuannya gan dan thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. baterai tablet agan dengan adaptor 2A proses charging full normal perlu sekitar 3jam. Mengenai lamanya pemakaian memang tergantung penggunaan dan ukuran layar lcd, namun setidaknya untuk agan bisa 2-3 jam setel film/ game. Agan baca saja link terkait atau artikel masalah baterai tablet, semua sudah kami ulas solusinya.

      Hapus
  23. Gan Tablet ane Merk Advan Vandroid T2ci lagi di cas tiba-tiba ada suara seperti ledakan, nah pas saya liat ternyata Tablet nya udah engga bisa nge-cas lagi, Lampu utk tanda cas nya pun engga nyala gan. Mohon Solusi nya :D

    BalasHapus
  24. gan kalau tablet cina tidak mau dishutdown bagaimana cara memperbaikinya?
    sampai sampai baterai habis dengan sendirinya karena baterainya karena tablet tidak bisa dimatikan, jadi kalau mau di install ulang androidnya tidak bisa terdeteksi tabletnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau begitu matikan dengan cara baterai tablet dilepas, kalau dibiarkan kuatir melewati batas nootifikasi android (reserved) jadi terlalu kosong baterai malah tidak bisa di charge lagi

      Hapus
  25. gan . . .connector yg di TABLET Beyond saya lepas. . .jadi saya tidak bisa men charger tablet saya. . .apakah masih bisa di perbaiki???

    BalasHapus
    Balasan
    1. segera perbaiki connector charger tablet, kami sering dapat pasien dibiarkan terlalu lama akhirnya baterai juga perlu di servis (biaya jadi lebih mahal)

      Hapus
  26. tolong,, tablet saya mito 710 sudah habis 250 rb ganti pcb charger karena awalnya konektor usb mini rusak lalu saya odel2 jadi hancur. sekarang lepas lagi dan sy odel2 lagi dan mau hancur lagi. maunya saya modifikasi pake model nokia saja, tapisaya bingung cari +- nya soalnya disitu ada 14 pin di kabel flexibelnya.... tolong yg bisa bantu balas ke tionese@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tidak punya skema phone mito 710, kalau teknisi paham jalurnya charger gan, kalau tidak paham ya jangan perbaiki sendiri, malah tambah rusak. ya gitu ganti port male charge cuma 75ribu jadi 250.

      Hapus
  27. Mau nanya gan, saya beli vandroid T1C maret 2012. Sekarang baterainya bermasalah, kalau pun sudah dicas sampai penuh tahan baterai paling lama cm 30 menit. Bisa diganti nggak baterainya? Sptnya casingnya nggak bisa di buka . Makasih gan

    BalasHapus
  28. Mas tablet huawei S7 105 saya gak bs di chas,kata tukang service nya harus ganti konektor tp cari konektornya yg susah. Saya mau nanya apakah kabel yg dijalur konektor charger bisa di sambung ke konektor USB? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. konektor charger dan usb berbeda fungsi dan tujuan, kami tidak menganjurkan merubahnya karena fungsi usb juga untuk transfer data. kami pernah memperbaiki konektor charger tablet huawei, kalau tidak dapat sparepart-nya bisa menggunkan port male bekas handphone yang sama typenya

      Hapus
  29. Hallo...
    Apakah ngecas Tablet sambil dipakai main game bisa merusak batre???
    Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. main game=panas, proses charging=panas, nah kalau baterai tablet panas (diatas 60 derajat) dia akan melepas daya secara otomatis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan (meledak/terbakar)selain daya normal.
      baterai tablet tidak langsung rusak, tapi usia akan lebih pendek

      Hapus
  30. maaf gan mau tanya,
    tablet advan t1d ane prtma gg bsa d cas trus ane lpas btre'a ane pncing pke dekstop,udah gitu ane psang d tblet ane solder,sukses gan nyala,tpi aneh gan d cas gg penuh2 mlah mnurun ampe abis gan,trus mlah gg bsa d cas lgi.!
    Tlong solusinya gan. ?

    BalasHapus
  31. Gan mau tanya baterei imo tab Z6 saya seminggu ini ngedrop terus, yg anehnya satu hari ini batereinya mengembang sampai casingnya terbuka..yg jd pertanyaan apakah bisa meledak gan, sy mau copot batereinya takut meledak..sy denger2 ada kejadian sampai melukai segala..mhn pencerahannya Gan..thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. baterai tablet yang sudah kembung dilepas saja karena bisa merusak lcd (retak), kalau bocor cairannya bisa membuat mesin tablet korslet sehingga tablet akan mati total. beli baterai tablet baru

      Hapus
  32. Gan saya punya tablet merk tabulet. baru 4 bulan pemakaian sekarang tablet bermasalah. udah di charge full tapi dipakai langsung drop baterenya. juga sekarang suka restart sendiri. apakah baterenya rusak.harga batere tablet merk tabulet berapa ya. ini yang 3200mAH. apakah ngecharge tablet sambil main games on line itu bisa merusak batere ? terima kasih gan sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tablet dicharge=panas, main game=panas, baterai tablet lokal ditempel pada belakang LCD yang panas, sinyal menyala perlu daya baterai yang tinggi, jadi kalu dicharge +online+ main game. maka panas+panas+panas= baterai akan panas 3x lipat.
      Panas musuh utama baterai lithium polymer ;) harga baterai tablet antara 200-300ribuan tergantung merk, kapasitas dan kualitasnya

      Hapus
  33. kira" adaptor charger toshiba seri apa gan yang bisa di gunakan untuk jadi charger seperti dlm pembahasan diatas, bisa di gunakan untuk new smartfren andromax tab 7 gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahaya kalau agan hanya lihat gambar toshiba nanti asosiasinya ke laptop, di jamin mesin tablet rusak terbakar kalau pakai charger laptop, saya menulis spesifikasi teknis charger tablet, baca-baca-baca lagi!
      sudah kami tulis dengan jelas

      Hapus
  34. Gan Kenapa ya axioo picopad ane ga bisa di charge mini usb, Klo dalam keadaan mati bisa. Jadi initinya dalam keadaan hp nyala ga ada indikator pengisian batre

    BalasHapus
  35. Gan Kenapa tablet Movimax pad P3 terus ngedop baterainya. Saat di cas harus dipegang pad dan kabelnya nyala deh. Ketika di lepas jadi tdk bisa cas. Apakah harus ganti konektor atau baterai. Harga konektornya brp ya? Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang beberapa type usb/ colokan charger tablet mudah rusak, mungkin cukup ganti konektor charger tablet saja dulu, lalu charger sampai penuh, lalu cek kondisi baterai pakah perlu diganti atau tidak

      Hapus
  36. Trimakasih yah atas bantuannya, jadi nambah ilmu mengikuti blog ini gan. Sy akan coba hari sabtu untuk menganti konektor tablet. Sukses selalu!

    BalasHapus
  37. suhu mohon bantuannya ane pnya andromax tab 7....klo charger harus diganjel dan baterai 50% mati total alias lobet mohon pencerahannya...terimakasih sebelumnyA

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.beli baterai tablet smartfren andromax yang baru bos,
      2 untuk konektor charger ke tukang service soalnya perlu blower tidak bisa pakai solder nyambungnya

      Hapus
  38. gan berapa jam ngecas tablet yang benar, trus pas brpa indikator baterainya
    tablet ane advan E1-B....

    BalasHapus
  39. Balasan
    1. toko kami jual baterai tablet advan vandroid untuk wilayah denpasar bali

      Hapus
  40. Gan, tablet saya advan t1d, baru ganti baterei baru, tp skrg batereu baru saya charge smpe full cm kuat 2-3 jam, itu normal gk ya? Dulu waktu beli baru, kuat 4 jam btere nya, soalnya skrg saya pake kabel usb yg punya hp polytron soalnya, kabel usb yg asli advan nya rusak gk mau ngecharge.. itu pengaruh gk yah kalo kabel usb yg buat nge charge nya saya pake merk lain( bukan asli nya) trims gan, mohon penjelasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti kabel usb charger tidak pengaruh selama bisa charging, kalau daya ampere baterai tablet lebih rendah dari yang lama maka lebih cepat habis

      Hapus
  41. selamat sore gan....
    mohon pencerahan nya...tab mito t720 kalo jalud led(lcd)di pasang tab nyala cuma sampe logo android dan langsung mati,tp klo dilepas tab mau hidup cuma gelap...
    mohon arahan nya gan....
    sebelum nya terimakasih dan salam kenal...

    BalasHapus
  42. kalo tablet advan 10in saat di cas gak konek,kalo batunya di lepas casnya konek dan kluar indikatar cas/keluar gambar petirnya,itu apanya gan yg bermasalah,padahal batrenya normal,tapi casnya gak ori gan,tolong beri pencerahan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. di artikel ini juga tidak pakai adaptor charger ori, asal sesuai spesifikasi tidak masalah 5volt 2A, mungkin ic charger tablet yang rusak, coba periksa ke teknisi tablet

      Hapus
  43. gan saya coba beli charger 5v 1.5A tapi buat ngecas mito tab sampai berjam-jam tidak mau penuh.gmana solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika adaptor baik namun tidak mau ngecas, cek volt baterainya harus diatas 3.5 volt, ada sih di forum-forum seperti kaskus lounge yang menyarankan dibiarkan cas 24 jam, tapi itu malah bisa membuat ic charger tablet rusak

      Hapus
  44. Gan. Saya ada masalah dengan charger smartfren tab 7. Chargernya hilang. Saya munta recomendasi chargernya donk. Soalnya saya beli di counter belum di pake 2 ja chargernya mati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. charger androtab sama dengan charger cyrus pad/ tabulet troy2, atau bisa beli charger tablet di tempat kami, silahkan kunjungi tempat service kami di renon-denpasar

      Hapus
  45. tablet beyond tab 7" sdh ganti baterei baru, tapi gk bisa di charger pake chargernya BB....kalo mau beli chargernya saja di mana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah kami tulis kan, jika charger tablet vs charger handphone beda jauh ampernya, jika di Denpasar-Bali beli charger baterai tablet bisa di tempat kami

      Hapus
  46. tablet andromaxtab 7" sy touchscreen-nya ngawur alias kacau kalau selesai dilepas charger-nya, kenapa dan bagaimana mengatasinya? tks.

    BalasHapus

Silahkah tinggalkan komentar pertanyaan masalah PC Laptop Phone Tablet Android.
1.Pertanyaan dan komentar dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel.
2.Tidak melayani diskusi via sms. Hanphone kami untuk keperluan layanan pelanggan di tempat servis tablet android laptop kami di Bali dan alamat sekitarnya.
3.Komentar spam/ iklan, sara akan di hapus.
4.Baca artikel dan link terkait sebelum bertanya.
5.Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.
Terima kasih kunjungan sobat di bali service computer.