alamat service center

Sabtu, 24 November 2012

Masalah Touch Screen Tablet China

Masalah touch screen 'jumping' (meloncat-loncat) pada Android Tablet sering muncul pada saat sedang mengisi baterai PC Tablet atau proses 'charging'. Baik tablet Axioo, Asus, Acer, Advan, IMO, Mito, Toshiba, Treq dll masalah touchscren 'ngaco' saat disentuh ini juga terjadi, demikian halnya pada Tablet Cyrus AtomPAD. Setiap sedang di charge, layar sentuh loncat-loncat dan praktis tidak bisa digunakan, semula saya pikir layar sentuh tablet rusakTernyata hal ini bukanlah kerusakan pada Touchscreen tablet karena banyak terjadi pada tablet dengan chip Allwinner, maka dugaan masalah pada grounding jaringan Listrik dirumah atau kualitas charger tablet china yang buruk. 
touchcreen kacau loncat charging

Solusi yang saya peroleh dari berbagai situs dan customer service vendor resmi tablet, mereka hanya menyarankan agar selama di 'charge' tablet jangan dipakai. Lalu bagaimana dengan masalah touchscreen tablet imo tab X yang ngecasnya bisa sampai 8 jam?. Coba bayangkan, masa kita beli tablet hanya untuk melihat indikator bar charging naik-turun saat dicas berjam-jam?. 
cara atasi touchscreen pc tablet
Mending sih melihat naik-turun yang lain....he he. Pasti ada solusi lain untuk mengatasi taouchscreen yang kacau ini. Nah akhirnya saya menemukan beberapa tips lain, baik dari berbagai forum maupun pengalaman pribadi, cara mengatasi masalah touch screen pada tablet China ini. Berikut ini beberapa solusinya : (Cara dibawah ini tidak untuk mengatasi masalahk LCD/ layar sentuh yang pecah, retak atau rusak IC Touchscreen)

1. Ganti Charger Tablet
Isi ulang / charge baterai Tablet dengan menggunakan jack charger port mini usb. Port mini usb juga dapat digunakan untuk men'charge' tablet, gunakan charger yang memiliki ujung port mini usb, seperti charger milik berbagai hp. Masalah touch screen tidak akan muncul saat kita menggunakan charger kualitas yang baik dengan port mini usb. Nampaknya (dugaan kami) ada masalah grounding yang buruk pada charger bawaan tablet, sehingga listrik statis mengganggu touchscreen tablet saat di cas. Hal ini kami buktikan dengan mencharge tablet dengan kabel usb ke pc (tanpa kabel ground) touchscreen tablet tetap terjadi, tetapi ketika menggunakan port usb laptop toshiba sebagai charger tablet, masalah touchscreen tidak terjadi.
masalah touchscreen tablet

Sayang kebanyakan charger HP china hanya memiliki output arus yang kecil untuk baterai Tablet, max 500mA. Sehingga proses pengisian ulang dapat berlangsung belasan jam. Ukuran charger yang baik sekitar 50% dari daya/ ampere baterai phone tablet, jika baterai 3000mah maka charger yang ideal sekitar 1500 mAH.  Solusinya lainnya kita bisa membuat sendiri charger tablet dengan adaptor bekas hp merk terkenal, atau memanfaatkan charger asli Tablet Cyrus Atom pad yang memiliki output 1800mA namun diganti ujungnya jack konektor adaptornya dengan memotong kabel dan menggantinya dengan kabel mini usb. Sambungkan kabel yang berwarna merah dengan merah, dan hitam dengan hitam. Gunakan Multitester agar yakin arus + dan - tidak terbalik. Perhatikan skema usb untuk tablet china dibawah ini.
perbaiki android tablet
skema mini usb charger tablet
Penggunaan charger hp dengan kualitas yang baik (merk patent) untuk mengisi ulang baterai Android tablet china 3.7V ini juga menjadi solusi jika charger asli bawaan tablet china rusak atau hilang. Jika mungkin belilah charger yang memiliki jack port mini usb dengan output 5v dan arusnya ideal, minimal 1000mA (1A) hingga 2000mA(2A) agar proses pengisian ulang baterai PC Tablet lebih cepat. Dengan cara modifikasi ini tablet tidak lagi mengalami masalah touchscreen yang bergerak-gerak sendiri saat disentuh.

2. Lilitan kawat tembaga
tablet touchscreen jump fixed
Untuk melepas ground statis yang menggangu touchscreen phone tablet android, gunakan kawat tembaga sekitar 5 cm lalu lilitkan di bagian - (negative) jack adapter. Pada saat jari menyentuh layar touchscreen, gunakan sebelah jari tangan lainnya untuk menyentuh ujung kawat ini, fungsinya melepaskan statis ground lewat tubuh. Jangan kuatir arus yang digunakan tablet hanyalah 5V tidak akan nyetrum kok ;) 
touchscreen problem asus, acer, toshiba, lenovo, axioo, imo, cyrus, mito, treq, ainol, epad

3. Gunakan fitur USB OTG
USB OTG ini dapat digunakan untuk mengkoneksikan berbagai periferal dengan type port usb ke pc tablet android. Seperti modem, flash disk, bluetooth, hardisk external, keyboard dan mouse. Nah dengan mouse usb/ wireless (mouse biasa untuk laptop) sebagai pengganti sentuhan jari, dengan cara ini kita dapat tetap menggunakan tablet walau sedang dicharge namun tidak mengalami masalah touchscreen loncat-loncat sendiri atau kacau.

Itulah pengalaman bali service computer dalam mengatasi masalah layar touch screen pada Phone Tablet Android Cyrus Atom PAD dengan mengganti adaptor charger dengan kualitas yang baik. Hal serupa juga kami coba terapkan pada beberapa merk tablet china lain (milik pasien yang sedang diservice) yang mengalami touchscreen kacau saat dicharger dan berhasil. Semoga tips mengatasi problem touchscreen ini juga bermanfaat untuk tablet china dan merk lainnya baik masalah touch screen saat di charge maupun yang charger tablet nya hilang atau rusak. 

Untuk masalah LCD tablet atau handphone yang retak/ pecah tidak ada cara memperbaikinya selain beli dan ganti dengan layar yang baru dengan harga bervariasi sesuai besarnya ukuran inch LCD. Jika toucscreen lcd pecah lihat caranya mengatasinya disiniPengguna Advan vandroid, Acer, Asus, Axioo picopad, Epad, IMO Tab, Mito, Toshiba, treq, Andromax Tablet Smartfren Websong, Speedup dll yang memiliki masalah layar silahkan untuk perbaikan datang langsung ke alamat servis kami di Jalan Drupadi Renon Denpasar.


Artikel Terkait di Bali Service Computer