Masalah Touch Screen Tablet China

Masalah touch screen 'jumping' (meloncat-loncat) pada Android Tablet sering muncul pada saat sedang mengisi baterai PC Tablet atau proses 'charging'. Baik tablet Axioo, Asus, Acer, Advan, IMO, Mito, Toshiba, Treq dll masalah touchscren 'ngaco' saat disentuh ini juga terjadi, demikian halnya pada Tablet Cyrus AtomPAD. Setiap sedang di charge, layar sentuh loncat-loncat dan praktis tidak bisa digunakan, semula saya pikir layar sentuh tablet rusakTernyata hal ini bukanlah kerusakan pada Touchscreen tablet karena banyak terjadi pada tablet dengan chip Allwinner, maka dugaan masalah pada grounding jaringan Listrik dirumah atau kualitas charger tablet china yang buruk. 
touchcreen kacau loncat charging

Solusi yang saya peroleh dari berbagai situs dan customer service vendor resmi tablet, mereka hanya menyarankan agar selama di 'charge' tablet jangan dipakai. Lalu bagaimana dengan masalah touchscreen tablet imo tab X yang ngecasnya bisa sampai 8 jam?. Coba bayangkan, masa kita beli tablet hanya untuk melihat indikator bar charging naik-turun saat dicas berjam-jam?. 
cara atasi touchscreen pc tablet
Mending sih melihat naik-turun yang lain....he he. Pasti ada solusi lain untuk mengatasi taouchscreen yang kacau ini. Nah akhirnya saya menemukan beberapa tips lain, baik dari berbagai forum maupun pengalaman pribadi, cara mengatasi masalah touch screen pada tablet China ini. Berikut ini beberapa solusinya : (Cara dibawah ini tidak untuk mengatasi masalahk LCD/ layar sentuh yang pecah, retak atau rusak IC Touchscreen)

1. Ganti Charger Tablet
Isi ulang / charge baterai Tablet dengan menggunakan jack charger port mini usb. Port mini usb juga dapat digunakan untuk men'charge' tablet, gunakan charger yang memiliki ujung port mini usb, seperti charger milik berbagai hp. Masalah touch screen tidak akan muncul saat kita menggunakan charger kualitas yang baik dengan port mini usb. Nampaknya (dugaan kami) ada masalah grounding yang buruk pada charger bawaan tablet, sehingga listrik statis mengganggu touchscreen tablet saat di cas. Hal ini kami buktikan dengan mencharge tablet dengan kabel usb ke pc (tanpa kabel ground) touchscreen tablet tetap terjadi, tetapi ketika menggunakan port usb laptop toshiba sebagai charger tablet, masalah touchscreen tidak terjadi.
masalah touchscreen tablet

Sayang kebanyakan charger HP china hanya memiliki output arus yang kecil untuk baterai Tablet, max 500mA. Sehingga proses pengisian ulang dapat berlangsung belasan jam. Ukuran charger yang baik sekitar 50% dari daya/ ampere baterai phone tablet, jika baterai 3000mah maka charger yang ideal sekitar 1500 mAH.  Solusinya lainnya kita bisa membuat sendiri charger tablet dengan adaptor bekas hp merk terkenal, atau memanfaatkan charger asli Tablet Cyrus Atom pad yang memiliki output 1800mA namun diganti ujungnya jack konektor adaptornya dengan memotong kabel dan menggantinya dengan kabel mini usb. Sambungkan kabel yang berwarna merah dengan merah, dan hitam dengan hitam. Gunakan Multitester agar yakin arus + dan - tidak terbalik. Perhatikan skema usb untuk tablet china dibawah ini.
perbaiki android tablet
skema mini usb charger tablet
Penggunaan charger hp dengan kualitas yang baik (merk patent) untuk mengisi ulang baterai Android tablet china 3.7V ini juga menjadi solusi jika charger asli bawaan tablet china rusak atau hilang. Jika mungkin belilah charger yang memiliki jack port mini usb dengan output 5v dan arusnya ideal, minimal 1000mA (1A) hingga 2000mA(2A) agar proses pengisian ulang baterai PC Tablet lebih cepat. Dengan cara modifikasi ini tablet tidak lagi mengalami masalah touchscreen yang bergerak-gerak sendiri saat disentuh.

2. Lilitan kawat tembaga
tablet touchscreen jump fixed
Untuk melepas ground statis yang menggangu touchscreen phone tablet android, gunakan kawat tembaga sekitar 5 cm lalu lilitkan di bagian - (negative) jack adapter. Pada saat jari menyentuh layar touchscreen, gunakan sebelah jari tangan lainnya untuk menyentuh ujung kawat ini, fungsinya melepaskan statis ground lewat tubuh. Jangan kuatir arus yang digunakan tablet hanyalah 5V tidak akan nyetrum kok ;) 
touchscreen problem asus, acer, toshiba, lenovo, axioo, imo, cyrus, mito, treq, ainol, epad

3. Gunakan fitur USB OTG
USB OTG ini dapat digunakan untuk mengkoneksikan berbagai periferal dengan type port usb ke pc tablet android. Seperti modem, flash disk, bluetooth, hardisk external, keyboard dan mouse. Nah dengan mouse usb/ wireless (mouse biasa untuk laptop) sebagai pengganti sentuhan jari, dengan cara ini kita dapat tetap menggunakan tablet walau sedang dicharge namun tidak mengalami masalah touchscreen loncat-loncat sendiri atau kacau.

Itulah pengalaman bali service computer dalam mengatasi masalah layar touch screen pada Phone Tablet Android Cyrus Atom PAD dengan mengganti adaptor charger dengan kualitas yang baik. Hal serupa juga kami coba terapkan pada beberapa merk tablet china lain (milik pasien yang sedang diservice) yang mengalami touchscreen kacau saat dicharger dan berhasil. Semoga tips mengatasi problem touchscreen ini juga bermanfaat untuk tablet china dan merk lainnya baik masalah touch screen saat di charge maupun yang charger tablet nya hilang atau rusak. 

Untuk masalah LCD tablet atau handphone yang retak/ pecah tidak ada cara memperbaikinya selain beli dan ganti dengan layar yang baru dengan harga bervariasi sesuai besarnya ukuran inch LCD. Jika toucscreen lcd pecah lihat caranya mengatasinya disiniPengguna Advan vandroid, Acer, Asus, Axioo picopad, Epad, IMO Tab, Mito, Toshiba, treq, Andromax Tablet Smartfren Websong, Speedup dll yang memiliki masalah layar silahkan untuk perbaikan datang langsung ke alamat servis kami di Jalan Drupadi Renon Denpasar.


Artikel Terkait di Bali Service Computer

71 komentar:

  1. sebelumnya terimakasih gan info nya sangat membantu
    tapi tablet ainol milik saya meskipun tidak dalam posisi mengisi batrai tetap jumping2 sendiri itu terjadi setelah saya charging dalam posisi menyala
    adakah solusi untuk memperbaiki nya??
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk type tablet ainol memang ada bugs pada romnya, denger-denger sih sudah ada update software yang lebih baik, jika cara diatas tidak berhasil mengatasi masalah touchscreen tablet mungkin upgrage rom solusinya

      Hapus
  2. pertama huawei s7 ku bootloop,kubawa ke servisan sudah byr 200 sekarang touchscreennya kacau,gk tau lah kok sial amat beli produk cina ini ! Kapok seumur umur !

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal lcd touchscreen tablet huawei tidak pecah/retak masih bisa diperbaiki kok,dari pengalaman kami memperbaiki tablet huawei merk ini termasuk bagus dibanding merk lokal, tablet huawei umumya rusak software saja jarang hardwarenya

      Hapus
  3. berkat info ini aku bisa Main game saat di charger :D , thanks gan

    BalasHapus
  4. Msh blm berhasil d cyruspad sy sdh ganti ces yg baek.ces lwt laptop.upgrade rom pki goclever a73.msh tetap loncat saat ces maupun tdk ces.ada saran solosi yg laen mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika dengan solusi software tidak berhasil berarti masalah hardware, coba di cek kerusakannya ke teknisi tablet terdekat

      Hapus
  5. klo axioo pico pad8 saya masalahnya jika rada panas layarnya sering loncat sendiri di bagian tengah layar seperti ada yg mengusap. kira" kenapa ya? mohon solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. touchscreen punya batas toleransi panas agar bekerja normal, di luar tablet terasa 'rada' panas, didalam panas sekali, pasang spreader tambahan dari tembaga di bagian dalam casing untuk meredam panas seperti merk samsung atau acer.

      Hapus
  6. Sya Mengalami kasus yang sama ,
    Apakah bisa mengakibatkan bahaya pada hp sya?
    Thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. -Santai gan, kami hanya mencoba membantu solusinya dari pada ganti/beli layar touchcreen,
      -kalau ragu jangan digunakan cara disini, resiko ditangan masing-masing, kalau terjadi masalah, salahin saja luna maya ok ;)

      Hapus
  7. makasih infonya gan, ntar bakal ane coba di hp Cross a28 ane.
    moga aja bisa berhasil..

    BalasHapus
  8. Hari B10:45

    gan saya juga nanya saya juga punya masalah touch screen 'jumping' (meloncat-loncat) pada Android Tablet cyrus, kenapa ya gan? padahal klo cas baterai saya biasa matikan

    BalasHapus
  9. met sore gan...

    ane mohon pencerahan nya..ada kasus beyound B787 touchscreen cuma bisa tombol menu untuk tombol yg lain nya ga ada respon(kembali,home),tp untuk main gam lancar2 aja.ane udah coba reset seperti trik yg di sampaikan tp belum ada hasil nya gan.

    mohon bimbingan nya.....

    BalasHapus
  10. Anonim19:44

    Saya punya masalah dg a*note cpad 901.
    Awalnya yang rusak adalah "rumah" charger orinya :/
    Saya tahu krn saya coba buka, dan terlihat ancur colokan buat chargernya, dan saya benain perekat2 yang terlihat copot seperti pada batre dan speaker biar rapi pikir saya.
    Drpd servis saya pilih charger pakek usb dg adaptor 2A.
    Awalnya oke2 saja,, tapi setelah saya bongkar itu perassan kok touchscreenya suka jumping2 ga jelas disisi atas, kadang saat tidak kambuh, malah bagian atasnya ga mau responsif :(
    Pertanyaan saya, trus ini salahnya np yaa,, apa touchscreen perlu ganti, atau butuh perbaikan colokan charger aja, ataukah ada kabel2 penting yang mungkin telah tak sengaja saya rubbah dan bikin touchscreenya eror :(
    Mohon penjelasannya yaa :(
    Soalnya kalo langsung saya bawa ke servisnya takut kalo saya dibohongi :D
    Pengalaman buruk kemaren tab diservis aja diilangin :/
    Note : bagian yang jumping selalu sisi atas layar.

    Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting: memang tidak semua service center jujur, tapi juga tidak semua nakal.
      Kalau bongkar sendiri sudah konsekwensi membuka tablet, logika kita malah bisa merusaknya,
      Itu kemungkinan kable flexible touchscreen terlipat/ putus, masalahnya kable ini tidak bisa diperbaiki dan harus beli bersama touchscreennya

      Hapus
  11. Anonim03:46

    bos hh saya samsung galaxy s1 touchscreenya suka bergerak sendiri apalagi klo ngetik tambah parah juga ketika jaringan 3g aktif aktif,
    gmana solusinya gan thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau panas berlebih touchscreen samsung bisa kacau juga

      Hapus
  12. tablet beyond bpad saya juga suka loncat2 menunya padahal tdk di cas.biasanya saya cas dlm keadaan mati n tdk di mainkan.sdh saya reset factory berxx tpi tetap sering loncat2 trs.knp ya ?.dl saya root tp saya unroot lg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tablet terlalu panas atau baterai lemah(drop) sehingga arus daya listrik tidak stabil dapat mempengaruhi tochscreen, bisa juga driver touchscreen yang bermasalah, perlu dicek fisik agar tahu penyebabnya dan solusinya

      Hapus
  13. punya ane xperi j juga begitu,..gk dchargerpun tetp begitu,..pernah tk bawa ke sony service untuk kalibrasi,..tp balik begitu lagi,...kira2 apanya ya,..apakah port usb nya ya,..mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ic controller touchscreen rusak, di cek detail ke teknisi dulu sioalnya Sony Experia biasanya kalau ganti touchscreen harus +LCD 1 paket, biaya jadi muaaaahal bos

      Hapus
  14. Hp advan saya touchsreenya tidak respon sama sekali,,,apakah touchsreenya yg rusak,,,apakh d sni jual,,trus brp harganya,mks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami jual touchscreen tablet advan vandroid, tapi sebaiknya dicek dahulu, untuk info harga silahkan sms dengan menyebutkan seri typenya, harga taouchscreen 7 inch beda dengan 10 inch

      Hapus
  15. Anonim16:12

    Gan mau Tanya kalo label fleksibel LCD merk advan t5a terlipat bisa di ganti kabelnya aja apa harus sama lcdnya, soalnya tampilan layarnya blank tp klo do telp APA SMS masih bunyi...makasih gan....trus solusinya apa gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabel lcd terlipat patah/putus tidak ada cara untuk diperbaiki, harus beli lcd advan yang baru

      Hapus
  16. Misi gan ane mau tanya nih.. Hp ane advan s4d suka gitu jga gan mencet" gitu layarnya padahal kondisinya lgi ga di charger.. Apalgi kalo udah kambuh gan parah bgt loncat" nya tuh layar.. Ane bingung nih gan kira" knp ya hp ane?
    Tolong kasih solusi dan penjelasan ya gan.. Thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. panas berlebih dapat membuat touchscreen tidak berfungsi dengan baik

      Hapus
  17. saya punya evercoss AT1G, touchscreenya normal tapi layarnya tidak keluar gambar apapun, blank item gelap, alias tidak nyala,
    apa mungkin yang harus diganti atau diperbaiki, dan berapa kira" biayanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. layar lcd evercross rusak, info langsung ke tempat service terdekat

      Hapus
  18. Gan kalau saya HH smartfren C3
    Kadang layar gak bisa di sentuh dua jari
    Misalnya mau nekan A+B bersamaan itu gak bisa. Kadang harus di restar hhnya bru bisa lagi iti kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. panas dapat menggangu layar sentuh, dan kualitas layar TFT LCD andromax c dan g tidak sebaik LCD maxI,T,U,Z yang pakai IPS, cpu bisa sama beda layar jadi lebih murah

      Hapus
  19. saya punya advance S5D walaupun tidak di CAS atau isi baterai..touchcreen sering bergerak sendiri... mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. advance?yang ada merk s5d advan vandroid, ganti karena layar sentuhnya memang sudah rusak

      Hapus
  20. Gan hp android saya merk asiafone af 9888
    Nah gk d cas aja tetep loncat" ini terjadi hbs layar nya kena air pas hujan" pdahal udh pake pelindung layar . tolong pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. layar sentuh hp rusak perlu diganti, fungsi screenguard untuk melindungi permukaan layar dari goresan, tidak menjadikan tablet anti air

      Hapus
  21. Om mau nanya ni,, saya pakai tablet Acer iconia walau tidak lagi di carger jumping2 sendiri. Tapi bisa berhenti setelah saya matiin dan tapi setelah di nyalain lagi beberapa lama juga jumping2 sendiri lagi. ITU sudah rusak atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ic touchscreen tablet rusak, ganti layar sentuh

      Hapus
  22. om mau tanya nih ,tablet cyrus saya touch screen'y gak merspon sama sekali,setelah sya buka soket touch screen'y sehabis nyolder conektor saya pasang lgi.trus sya nyalakan lgi. malah gak merespon,kenapa tuh om,terima kasih!

    BalasHapus
  23. Mau nanya nih gan...hp ane andromax u3 aka innos i7c...touch screeny gk merespon d bagian tengahnya doank...tuh knpa ya gan...udh d factory reset ttp aj kyak gtu...

    BalasHapus
  24. Gan saya mau tanya, hp saya samsung s4 sc ..
    Awalnya touchscreen hanya tidak berfungsi sbagian ..
    Kemudian saya bawa ke tukang service, katanya touchscreennrya hrus di ganti ..
    Dan saya gantrtilah, stelah slesai ganti layar nya kurang sensitihf dan gerak2 sendiriftt ..
    Udah factory reset, ganti batre ma charger, udah uji kalibrasinya jga tpi, tetap aja sperti itu ..
    Tpi, ada satu gan yg saya bingung, kalau bagian blakang hp d tekan dikit mkin parah lari2nya dan paling bingung klu lgi mainin posisi hp layar menghadap ke atas atau rebah pnyakitnya ga kmbuh tpi klu posisinya hp nya berdiri kmbuh lgi tu pnyakit ..
    Dah saya blikin lgi k tukang servicenya, ktanya sruh matiin trus hdupin lgi, mpe kpan hrus gtu mulu ..
    Mohon dengan sangat solusi dari agan
    Trima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon dengan sangat minta solusi ke tempat bos ganti layar tersebut

      Hapus
  25. Misi min,mau nanya ni kalau sambil di cas kok touchscreennya sama sekali gak bisa di gunakan,harus di matikan dulu hpnya baru di hidupkan,baru touchscreennya bisa di gunakan,itu kerusakannya di bagian mana yang min
    Mohon infonya sangat saya butuhkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa tab/handphone sering masalah begitu saat dicas terutama type chip allwinner

      Hapus
  26. Min mau bertanya, hp saya xiaomi redmi note 3, tombol fisik home dan sebelahnya(yg utk recent apps) mencet2 sendiri padahal gak diapa2in. Gmn cara mengatasinya ya? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  27. Permisis bli, mau tanya2.. Hp saya ada masalah yaitu setengah layar dari atas ga bisa berfungsi, cuman bagian bawah touch untuk kembali aja yg bisa.. Mohon solusinya, kl itu yg harus diganti LCD+Touchscreen atau cuman Touchscreennya aja? Hp saya Xperia Z3 Compact

    BalasHapus
    Balasan
    1. handphone tersebut type lcd+touchscreen jadi satu, jadi ganti semuanya

      Hapus
  28. Gan mau nanya,saya punya tablet mito T75,tapi touchscreen bagian tengah layar tidak respon..ada solusi gan?mksh

    BalasHapus
  29. Gan hp asus zefone5 habis saya instal,karna program y eror,habis di instal tocthscreen y loncat2 gan,ngiman a cara ngatasinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara flash asus zenfone harus pakai rom yang setara atau 1 tingkat diatasnya(upgrade berurut), tidak seperti samsung yang bisa sembarang versi firmware diflash (bisa upgrade dan downgrade), jadi flash pakai versi yang sama atau upgrade

      Hapus
  30. permisi gan, aq punya handphone Advan S7 touchscreen ga bisa merespon bagian atas dan bagian paling bawahnya. mohon solusix...

    BalasHapus
  31. bli mau tanya hp bb z10 meskipun gk dicharger tpi sering loncat2 tlong pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ic touchscreen rusak, coba ganti layar bos

      Hapus
  32. Gan sorry mau nanya nih soket touchsreen asus fonepad 7 k012 sya hrus d ganti... kira-kira dijual gak yah..? kisaran harga berapaan yah..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada yang jual socket touchscreen

      Hapus
  33. Misi gan htc one x ane kadang2 sering ghost touch, klu pas kumat liar ane padam kadang2 sembuh tp kebanyakan kumat mulu udah setting calibration gak sembuh2, mencetnya pas pinggir bagian tengah,
    Lcd gak da yg retak, da solusi selain ganti hardwear???
    sulit kali bongkar htc one x.

    BalasHapus
    Balasan
    1. layar sentuh tidak fungsi karena ic (hardware) bisa terjadi meskipun layar kaca tidak retak, jika software coba di reset atau flash rom

      Hapus
    2. sekarang ane ngerti gan klu pencet ditahan lama langsung eror, tp klu cuma pencet atau geser gak pengaruh, klu seandainya htc one xl ganti hardware hanya touchsceen nya atau sekalian lcd???
      terimakasih infonya

      Hapus
    3. handphone htc beli layar lcd gabung dengan touchscreen, tidak bisa pisah, agak sulit cari sperpartnya, coba reset dulu bos

      Hapus
  34. Misi gan klw soket tc lenovo a316i bisa ganti soketnya ato tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli layar sentuh sesuai type handphone lenovo tsb, socket tidak bisa diganti

      Hapus
  35. misi mau nanya, hape aku sony xperia c4, layarnya loncat - loncat gitu kalo lagi panas. udah 2 x di reset ulang, tetap aja begitu. untuk layar gak ada retak/pecah. apa yang salah ya? gimana cara memperbaikinya? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerusakan layar tidak selalu kacanya pecah,ada ic yang mengatur kerja layar sentuh hp, jika rusak perlu diganti juga

      Hapus
  36. Misi gan mau nanya HP saya tab advan S7 punya masalah sebagian layar paling bawah kira2 1cm ga mau respon touchscreen nya gimana gan

    BalasHapus
  37. Mas mau numpang tanya ,tablet saya huawei t1 07, saya baru 2 bulan beli .. dia juga sering mencet2 sndiri , lagi gak di cas pun kadang mencet sendiri .. kdang saya biar kan beberapa menit , trus nanti bisa sendiri .. T pi nanti gerak lagi .. tlog respon nya mas , terima kasih

    BalasHapus
  38. kemungkinan ic touchscreen rusak, tab baru beli silahkan bawa ke service center resmi

    BalasHapus
  39. misi gan numpang tanya hp saya xperia...
    pertama layar gak bisa di mainin kadang mencet sendiri...
    sekarang udah ganti lcd 2 hari normal tapi sekarang mulai kumat lagi..... gmn solusinya...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru 2 hari ganti layar, coba klaim garansi ke tempat servis dimana bos pasang lcd

      Hapus
  40. Gan hp saya touchscreen nya tidak berfungsi setelah ganti socket casan . Lgsg nyoba diganti touchscreen masih gak berfungsi tp pas socket casan nya di lepas lg touchscreen nya berfungsi. Minta solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada jalur data di pcb handphone konslet

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.