Cara Root Poco X3 NFC

Sama seperti varian Redmi Note, semua produk handphone Android Xiaomi Pocophone series juga bisa diroot, mulai dari seri awal F1(berylium) hingga terbaru X5 Pro(redwood) 2023. Nah dalam artikel ini kami akan membahas cara melakukan root di hp Poco F3 NFC (surya) via TWRP termasuk cara upgrade dengan install custom rom.

berhasil

Jika pembaca ingin berhasil melakukan sendiri panduan disini wajib membaca artikel ini sampai selesai beserta link referensinya untuk menghindari kerusakan software handphone tidak mau masuk menu alias bootloop mentok/ stuck di logo tulisan Poco. Masalah bisa terjadi penyebabnya karena mengabaikan hal ini menjadi tanggung-jawab masing-masing. Panduan ini sudah di uji oleh teknisi jasa root di konter tempat servis kami.

Persyaratan dan bahan File Root:

  1. Wajib punya Komputer atau laptop, tidak hanya Xiaomi tapi semua hp Android tidak akan bisa di root tanpa komputer, apapun merknya. Kami menggunakan OS Windows 10 dan sudah terinstal driver ADB Fastboot.
  2. Memiliki Handphone F3 NFC surya, bukan seri F3 Pro Vayu maupun M3 citrus apalagi seri Xiaomi Poco lainnya.
  3. Baterai terisi min 50%.
  4. Lakukan backup data file foto penting, proses ini akan format ke settingan pabrik dan menghapus semua aplikasi dan file.
  5. Sudah melakukan Unlock Boot Loader (UBL), ingat dan baca disini agar Handphone Android wajib UBL agar bisa diroot, persyaratan ini berlaku juga untuk merk lain seperti Samsung, Asus, Realme dsb.
  6. Link download bahan dan file aplikasi disini hanya berlaku untuk tipe hp Xiaomi Poco F3 tidak bisa untuk seri Redmi Note juga hape tipe lain apalagi beda merk.
  7. Kami tidak bertanggung jawab atas segala resiko dan masalah yang mungkin terjadi selama proses root.
  8. Link Download TWRP pilih versi twrp-3.7.0_12-3-surya, untuk memudahkan file recovery image hasil download di letakkan di folder user windows dan ganti namanya menjadi : twrp.img
  9. Download aplikasi Magisk terbaru versi 25.2, lalu di salin ke memory internal handphone atau sd card.

Cara Instal Custom Recovery TWRP:

  1. Masuk ke mode Fastboot dengan menekan tombol Volume Bawah + Tombol Power bersamaan dari possisi awal hp mati.
  2. Hubungkan handphone ke PC/Laptop dengan kabel data USB tipe C.
  3. Cek di device manager windows apakah hp sudah terkonek dan terdeteksi dengan benar.
  4. Ketikan perintah melalui Command prompt
  5. -fastboot flash recovery twrp.img
  6. -fastboot oem reboot-recovery

PENTING  wajib langsung booting ke twrp agar custom recovery tidak hilang atau kembali ke MIUI original recovery.

Setelah berhasil masuk Custom Recovery TWRP cara rootnya sbb:

  • Flash Magisk 25.2.zip 
  • Reboot System

Setelah booting masuk ke menu handphone, buka file manager, rename file Magisk 25.2.zip menjadi "magisk.apk" tanpa tanda petik ya, lalu instal aplikasi root "magisk.apk" tersebut. Lalu buka aplikasi magisk manager. Untuk mengetahui apakah berhasil atau tidak silahkan cek menggunakan root checker, dapat di download di Google Playstore, hasilnya akan seperti contoh gambar pertama di atas.

Cara Instal Custom ROM Handphone Android Poco F3

  • Lakukan semua proses di atas sampai langkah no 6 
  • Download Custom ROM di sini pilih sesuai keinginan, contoh mau ringan untuk main game pakai Rom Nusantara.
  • Salin ROM hasil download ke memory internal handphone atau micro sd card.
  • Langkah selanjutnya instal Custom Rom via TWRP 
  • Jika ingin di root juga lanjutkan langkah flash magisk.zip nya seperti panduan diatas.

Tips cara mengatasi jika TWRP hilang atau bootloop: 

  1. Instal ulang custom recovery via fastboot dan lakukan format data via TWRP, bukan sekedar wipe data.
  2. Untuk pemilik Handphone Poco X3 NFC dengan Firmware terbaru MIUI 14 OS Android 12 silahkan download Disable_Dm-Verity_ForceEncrypt_20210320.zip dan di flash via custom recovery (lihat contoh gambar di bawah ini).

flash

Keterangan: instal Disable_Dm-Verity_ForceEncrypt.zip tersebut via TWRP dan dilakukan sebelum melakukan reboot sistem, artinya tepat setelah memasang magisk.zip atau custom ROM.zip. Sebagai referensi untuk lebih jelasnya baca juga: 

Perhatikan setelah langkah no 6 diatas kami melakukan pembagian 2 tahapan I Instal Magisk untuk root dan ke  II Instal Custom Rom. Ini untuk memperjelas dan menunjukkan 2 hal berbeda. Pertama root dengan cara install magisk, tujuannya agar pemilik bisa melakukan modifikasi sistem Android. Kedua upgrade dengan instal custom ROM, artinya ganti OS Androidnya. Hal ini berarti juga setiap kita upgrade firmaware/ instal ganti sistem maka harus melakukan root ulang. 

Silahkan ajukan pertanyaan di kolom tanya-jawab di bawah terkait topik sesuai artikel di sini. Jika pembaca takut mengalami resiko rusak software jadi penyebab masalah bootloop atau tidak punya laptop dapat menghubungi jasa konter tempat service terdekat yang tahu dan paham cara root Xiaomi Poco F3 NFC ini.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.