Root Realme 3Pro

Semua handphone Android jika dipelajari bagaimana cara root hampir sama polanya, tetapi pembedanya adalah bahan filenya. Realme 3Pro jadi contoh kali ini, kami menggunakan hp milik pelanggan pengguna jasa root di tempat servis kamiMari kita ulas agar pembaca memiliki pengertian baik dan benar jadi ketika ingin melakukan sendiri dapat berhasil dan terhindar dari masalah bootloop atau rusak softwarenya.

realme 3

Pola Root Semua Hape Android 2023Syarat ini berlaku untuk semua handphone merk apapun, untuk melakukannya harus punya laptop atau komputer personal (PC), ini tidak hanya untuk merk Realme tetapi juga merk lain seperti Asus, Samsung, Xiaomi Redmi Poco dan semua Android lain, jadi jika mau root saja dan/ atau ganti custom rom handphone tersebut harus bisa di:

  1. Unlock Bootloader (UBL)
  2. Instal TWRP / Recovery Moded

Bagaimana melakukan 2 hal diatas, ingat bahwa kedua syarat diatas ini wajib ya. Jadi jika ada pertanyaan, saya mau root tanpa ubl apakah bisa? jawabanya jelas tidak akan bisa. Nah selanjutnya mari kita bahas rincian penjelasan kedua syarat diatas.  

jasa

Kita mulai dari syarat pertama cara unlock bootloader (UBL): karena pembahasan di sini pakai hp tipe Realme 3 pro RMX 1851 maka kita perlu install aplikasi in depth Test. Semua merk Realme perlu aplikasi ini agar bisa masuk mode Fastboot untuk melakukan unlock bootloader. Jalankan aplikasi tersebut pilih menu review sampai sukses lalu masuk download mode atau fastboot.

Lalu sambungkan kabel data usb ke laptop atau pc, periksa device manager laptop aapakah sudah tersambung dengan benar (lihat contoh gambar di bawah) kemudian ketikan perintah melalui comand prompt windows sbb: fastboot flashing unlock 

ubl

Maka Handphone akan melakukan restart dan reset sendiri, perhatikan disini data dihapus jadi sebelum melakukannya buatlah backup jika memiliki foto dan file data penting lainnya karena akan hilang dalam proses ini. Agar proses ini dapat berjalan pastikan juga baterai handphone terisi penuh, ingat akun dan password email, aktifkan opsi developer, enable unlock booloader, jika belum paham cara masuk mode fastboot dan seluruh proses diatas silahkan baca rinciannya dalam artikel dibawah ini. 

Selanjutnya rincian langkah ke 2 : Bagaimana cara pasang TWRP

Silahkan masuk kembali ke mode fastboot dari posisi handphone mati, caranya tekan bersamaan 2 tombol volume - dan power, lalu ketikkan kembali comand prompt windows: 

  • fastboot flash recovery twrp.img
  • fastboot --disable-verity --disable-verification flash vbmeta vbmeta.img
root

Setelah berhasil silahkan download file magisk 23 zip lalu salin ke internal hp atau micro sd, lalu kembali kemenu fastboot hape, pilih mode recovery dengan menggunakan tombol volume, lalu masuk mode recovery dengan menekan tombol power untuk perintah ya atau ok. Setelah bisa masuk dari menu twrp: 

  1. Pilih menu Instal, pilih file magisk23.zip
  2. Reboot ke sistem
  3. Instal File Manager magisk 23 apk
  4. Handphone sudah berhasil di root
  • Catatan: File magisk23.zip = file magisk23.apk = uninstall.zip, adalah 1 file sama hanya di 'rename' saja sesuai keperluan penggunaannya.
  • Penting: setelah berhasil wajib me-nonaktifkan fitur otomatis update sistem OTA, jadi jangan di upgrade software Androidnya agar root tidak hilang.
  • Saran: buat backup via TWRP sebelum melakukan moded, pasang cheat game, buang aplikasi bawaan pabrik maupun pasang custom rom, sangat bermanfaat jika terjadi kesalahan atau bootloop mudah di restore tanpa perlu flash firmware dan melakukan lagi semua dari awal.

Bahan Root Realme 3 Pro Android 10 RUI 1

  1. Download twrp.img (agar mudah mengikuti panduan di sini jika nama file hasil download recovery.img, rename ke twrp.img)
  2. vbmeta realme 3pro
  3. Link official magisk https://magiskmanager.com/

Keterangan: Untuk 2 bahan pertama kami biasa langsung salin ke folder user dan file ,magisk ke micro sd. Mengapa file recovery (rename twrp.img) dan vendor img disalin ke folder user laptop, agar mudah menjalan perintah CMD Windows dari laptop, cukup klik run, ketik: cmd, sedangkan file magisk zip disalin ke micro sd untuk effesiensi waktu ketika internal hape tidak terbaca di komputer. Kami ingatkan kembali ya, bahwa bahan parktek ini hanya untuk versi sesuai contoh handphone dalam artikel ini yaitu Realme 3 Pro RUI dengan spesifikasi soc Qualcomm SDM710 Snapdragon 710, tidak akan cocok untuk realme 3 RMX1821 beda soc Mediatek MT6771 Helio P60 maupun Realme X3 RMX2086 dengan soc Qualcomm SM8150 Snapdragon 855. Jangan ada pertanyaan : apakah file ini bisa untuk root Xiaomi Redmi Poco X3? jawabannya jelas tidak akan bisa, salah parah ini. 

Bagaimana jika handphone pembaca tipe sama tapi sistem lebih tinggi misalnya versi RUI 2 Android 11? Pilihannya adalah dengan lakukan downgrade terlebih dahulu ke os Android 10 Realme User Interface 1 dengan nomor kompilasi c15-c18 atau silahkan cari link download bahan file twrp dan vbmeta yang cocok, peruntukannya sesuai dengan software sistem terbaru tersebut. Banyak user beranggapan bahwa jika punya laptop pasti bisa sendiri karena cara root hp sama. Silahkan jika mental siap belajar dengan resiko pasang twrp hilang lagi atau handphone jadi bootloop alias rusak software dan bisa melakukan cara flash sistem firmware mandiri. Jika tidak berani menanggung resiko sebaiknya mengubungi konter tempat jasa root terdekat di kota di mana pembaca tinggal. Mengabaikan peringatan dan tidak detail dalam membaca bukanlah proses belajar dengan benar, itu ngawur mau sendiri. Kami meskipun teknisi tempat servis sudah 9 tahun dan berhasil melakukan root ribuan tipe handphone Android juga masih menghadapi resiko sama, bisa gagal jika kami mengabaikan detail panduan, karena setap tipe hape beda bahan filenya.

Demikian pembahasan cara root Realme 3 Pro, silahkan melakukan diskusi tanya jawab akan kami coba bantu sebisanya dalam komentar dibawah ini.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.