Layar Laptop Hitam

Apakah pelanggan mengalami masalah ketika laptop dinyalakan layarnya blank tidak ada tampilan gambar apapun, gelap padahal mesin laptop menyala? Nah jenis kerusakan seperti ini cukup sering terjadi di merk Asus dan biasanya cara mengatasinya cukup diganti panel lcd atau led nya sudah normal kembali. Namun masalah kali ini di laptop Sony Vaio sedikit bebeda, ketika tombol on ditekan mesin motherboard menyala hidup karena kipas berputar tetapi layar mati.

mati
Apa Penyababnya? Secara umum ada 2  penyebab laptop rusak yaitu software dan hardware. Pada umumnya jika layar tidak mau tampil selan masalah memory ram, hal ini terjadi karena masalah hardware seperti lampu backlight atau dim tidak bekerja dengan baik, kabel flexible lvds putus atau karena jalur inverter rusak. Cara diagnosa mudah untuk cek dan memastikan bahwa penyebabnya adalah hal tersebut lakukan langkah berikut ini:

  1. Gunakan Monitor External dan hubungkan ke port HDMI atau VGA di bagian samping laptop/ notebook apakah muncul tampilan ? (lihat gambar di bawah).
  2. Pakai lampu senter sorot ke bagian layar dan coba amati bagian yang gelap tersebut, biasanya masih muncul gambar atau tulisan namun samar. Akan terlihat lebih jelas jika kita melepas layar terlebih dahulu dari case frame tetapi tanpa melepas kabel fleksible-nya, agar dapat mengarahkan lampu senter untuk menyinari dari bagian belakang lcd laptop.

Dari pengalaman di tempat servis kami, test ini cukup untuk menyimpulkan bahwa bagian panel layar lcd laptop rusak dan perlu diganti. Biayanya rerata 700rb sampai dengan 1.5 juta bergantung tipe dan ukuran inch-nya. Namun sebelum beli ke toko sparepart untuk lebih memastikan kita masuk langkah ke 3 yaitu menggunakan layar laptop lain dengan jumlah pin out lvds sama atau bekas cabutan dari laptop lain untuk melakukan test penggantian sebelum membeli layar laptop baru. Mengapa? karena kadang sudah ganti lcd tetap blank, disini kita akan membahasnya dan cara membetulkannya.

Seperti pada kasus kami kali ini, laptop merk Sony E Series model SVE141B11W (tertulis di bagian back cover belakang) dengan spesifikasi Prosesor Intel Core i3-2370M, Vga Intel Hd Graphics 3000 bukan versi VGA  ATI Radeon ya. Setelah semua langkah-langkah prosedur test diatas sudah dilakukan, 1 pakai monitor ekternal dan 2 di sorot lampu senter gambar layar mau tampil tetapi masalahnya ketika diganti lcd baru layar tetap hitam. Untuk memperbaikinya kami sudah melakukan pengecekan mulai dari voltase standby sampai tegangan kerja jalur lvds mulai LCD VCC +3 Volt hingga jalur Dispon, semua normal artinya mesin laptop menyala tidak rusak, ganti memory RAM DDR3 dan coba mengganti kabel lvds sudah dilakukan, bahkan bios juga sudah di flash firmware tetapi layar laptop tetap blank hitam. Sialnya kami tidak menemukan referensi link download skema diagram maupun boardview untuk seri Sony Vaio V170 Main Board 1P-0123200-6012 Rev 1.2 MBX-270.

Setelah melakukan pengecekan lebih lanjut kami temukan jalur ldvs vin 19 volt tidak keluar dari mesin motherboard. Setelah membandingkan dengan jalur skema laptop lain yang mirip, ternyata ada satu komponen motherboard rusak putus jalur pada F1 kami tidak tahu apa itu, terlihat sepert fuse, kemungkinan penyebab pernah terjadi korslet (short circuit). Jika tidak punya pengganti untuk komponen F1 tersebut, kita dapat melakukan jamper menggunakan kabel tembaga pada kode part 'S', sepeti kami tunjukkan dalam contoh gambar diatas. Mungkin ada teknisi tempat servis lain mengalami masalah serupa bisa dicoba, tetapi wajib tetap melakukan SOP pengukuran dengan avometer sebelum melakukan hal ini untuk mengatasi layar lcd backlight dim blank di laptop Sony Vaio SVE 141.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.