Handphone Restart Sendiri

Apakah pembaca mengalami masalah memakai handphone Android tiba-tiba mati lalu hidup sendiri dan berulang kali terus menerus seperti itu?. Jadi ketika hp dinyalakan bisa masuk menu dan berfungsi normal, namun ketika memakai aplikasi sebentar, misalnya terima telepon atau nonton Youtube beberapa menit kemudian mati mendadak dan restart kembali. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

android mati
Test Pakai Charger

Cara cek paling mudah dan bisa dilakukan sendiri adalah dengan mencoba gunakan handphone tapi kondisi dicolok kabel charger atau sambil dicas, bagaimana? Apakah masih restart sendiri atau sudah jadi normal? Jika sama masih mati-hidup terus artinya ada masalah kerusakan di bagian komponen ic mesin, tetapi jika sudah mau normal dipakai sambil dicas maka penyebab masalahnya ada di baterai. Ketika hp membutuhkan daya besar untuk menjalankan aplikasi maka akan mati sendiri, artinya baterai tanam sudah tidak kuat lagi. Nah ketika sambil dicas kebutuhan daya ini sudah dapat dipenuhi maka handphone mau nyala berfungsi dengan normal seperti biasa. Hal ini juga cukup sering terjadi di berbagai merk Android mulai Samsung, Xiaomi Redmi, Asus, Oppo Realme maupun Vivo. Bahkan tidak hanya hape tetapi juga terjadi pada tablet Android seperti contoh gambar diatas yang baru kemarin masuk ke tempat servis kami Tab Olite Edutab dengan gejala persis serupa, penyebabnya karena baterai sudah drop. Harap dipahami arti istilah baterai drop itu ada 2 macam yaitu 1 drop tegangan Voltase dan ke 2 daya (Watt).

Penting di perhatikan bahwa cara mengatasi di sini spesifik untuk gejala restart terus seperti kami tulis diatas dan tidak berlaku untuk kondisi handphone mati total disebabkan karena jatuh atau kena air rusak bagian chip IC komponen mesin ( hardware), juga tidak bisa untuk mengatasi masalah bootloop dengan kondisi mau menyala tapi hanya mentok berhenti stuck sampai gambar tulisan logo merk tidak bisa masuk menu (rusak bagian software) karena penyebab dan cara memperbaikinya juga berbeda, perlu install ulang os nya.

Maka jika pembaca mengalami masalah sama dengan gejala persis seperti kami tuliskan diatas, jangan ragu untuk segera ganti baterai baru tentu saja yang original ya jangan KW agar awet dan tahan lama. Dari pengalaman kami ini cara paling mudah tepat dan murah unuk mengatasi handphone Android restart terus menerus tetapi mau menyala dipakai normal ketika sambil di cas saja.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.