alamat service center

Senin, 21 September 2015

Jasa Root Android

Sebagai tempat service handphone Android hampir setiap hari kami menerima sms permintaan untuk melakukan rooting pada device hape /tablet pelanggan. Apakah Bali service computer menerima permintaan jasa untuk ngeroot Handphone Android? Ada yang mengatakan 'Bukan Android Jika tidak diroot'. Benarkah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita simak pembahasan sbb. Jangan SMS atau telpon kami sebelum membaca artikel ini sampai selesai ya..:)
Fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna seperti dalam sistem komputer laptop Windows ataupun Linux. Melakukan root pada perangkat handphone Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna dan menjadikannya super user sehingga dapat masuk ke dalam sistem untuk merubah, menambah, menghapus maupun memodifikasi file atau data-data yang terletak pada sistem Android, di mana dalam keadaan standar (belum root) kita hanya dapat menggunakan tanpa bisa merubah.

Cara Root itu mudah, semudah mendapat gelar super user, karena dengan melakukan root otomatis penggunanya sudah 'dianggap' super user oleh sistem. Terlepas dari keadaan sebenarnya apakah memang pengguna memiliki kemampuan itu atau tidak. Perhatikan analogi berikut ini. Beberapa bulan terakhir beredar kabar beberapa kampus, akademi dan universitas yang menerbitkan ijasah palsu. Menurut Kementerian Ristek sedikitnya 18 perguruan tinggi yang terlibat pelanggaran jual beli ijazah palsu. Para pemegang ijasah aspal itu tentu saja tidak memiliki kompetensi yang terkait dibidang tersebut karena untuk mendapatkannya tidak melalui proses belajar yang semestinya, hanya menggunakan 'jasa' pihak lain. Mirip seperti kita yang menggunakan jasa pembuatan SIM (Surat Ijin Mengemudi), cukup datang, bayar, foto, selesai. Pemegang SIM ini tidak terjamin memiliki kemampuan mengemudi yang cukup guna melindungi dirinya sendiri maupun pengendara lain dari resiko berkendaraan di jalan raya.

Kembali ke topik Jasa root Android, tahukah kita resiko melakukan cara root? Berikut ini kelebihan dan wajib dibaca juga kekurangan (bahayanya) rooting Android sebelum mencari jasa pembuat SIM (Surat Ijin Meroot).


Kelebihan perangkat Android yang telah di root:
  • Akses tak terbatas dalam sistem operasi Android.
  • Dapat menghapus aplikasi bawaan vendor (iklan/ bloatware) yang tidak diinginkan sehingga memory internal bertambah dan tidak lemot.
  • Dapat melakukan backup aplikasi dan sistem sehingga ketika ingin melakukan instal ulang atau reset pabrik, pengguna tidak perlu repot cari link download firmware lagi. 
  • Bisa membuat backup IMEI, jika sinyal hilang IMEI hilang/null bisa direstore. 
  • Dapat mengubah tampilan/boot image melalui instalasi custom ROM atau upgrade Android ke versi baru yang belum dirilis resmi oleh vendor.
  • Dapat melakukan overclock prosesor sehingga kinerja ponsel tidak lemot atau downclock agar baterai handphone tidak boros.
  • Melakukan modifikasi untuk menambah besar kapasitas internal memory penyimpanan.
  • Bisa pasang xposed framework driver grab seperti fake gps,aplikasi tuyul, mock location dll
  • dsb
Kekurangan perangkat Android yang telah di root:
  • Garansi handphone/ tablet hilang: Semua vendor ponsel (Samsung, Lenovo, Advan, Smartfren dll) mengatakan bahwa perangkat Android yang telah di root akan hilang masa garansinya, karena dengan rooting, pengguna sudah memodifikasi berkas sistem pada sebuah perangkat Android sehingga vendor tidak mau bertanggungjawab apabila ada kerusakan perangkat Android yang telah di root. Meskipun di forum resmi Xiaomi disebutkan proses root tidak menghanguskan garansi, tapi proses modifikasi yang akan membatalkan garansi = ya itu sama saja lah, seperti ngomong "naik taksi gratis, turun bayar". Kan di root tujuannya untuk modif bukan? Jadi handphone Xiaomi Redmi/Mi di root juga akan hilang garansi.
  • Rentan terhadap virus dan perangkat perusak. Dengan terbukanya akses sebagai admin super user, maka aplikasi malware, spyware, virus yang ikut ter-download (dengan sengaja maupun tidak) akan terinstal secara otomatis karena kita sudah memberikan hak akses secara penuh. Baca disini sudah banyak hape di root kena virus Monkey Test. Contoh handphone asus zenfone sering muncul Asus demo yang sangat menggangu setelah di root, sulit cara menghilangkan asus demo ini bahkan setelah di flash.
  • Kerusakan ringan hingga permanen (Mati Total /Hardbrick:) : Segala bentuk modifikasi baik ringan maupun extrem yang kita lakukan tidak dapat di ulang prosesnya. Kesalahan kecil dapat membuat handphone tidak dapat berfungsi dengan normal bahkan mati total.
  • Akses tak terbatas selain menjadi keuntungan bagi yang mahir coding modifikasi, juga berpotensi merusak. Kita dapat secara tidak sengaja merusak handphone sehingga sama sekali tidak bisa digunakan/ hardbrick.
  • Banyak handphone jadi rusak selamanya karena tidak ada rom backup, tidak ada link resmi untuk download firmware jadi tidak bisa diflash, misalnya handphone Andromax Smartfren, ZTE, Replika Samsung, iphone Clone atau Copy. 
  • ROOT tidak menjadikan handphone seharga 1 juta memiliki kemampuan setara handphone 2 juta. 
tempat service android
Kami bisa root handphone android, tapi kami pribadi belum layak menyandang gelar 'super user /developer andoid', porting custom rom saja masih sering gagal hiks-hiks. Menurut kami, menjadi seorang 'super user' memerlukan suatu proses yang harus dijalani agar memiliki kemampuan tersebut, bukan melalui jasa root. Ibarat ilmu sekolah, cara root itu ilmu awal kelas 1 SD, sedangkan menjadi menjadi super user itu setara Sarjana. Semua cara root handphone ada di internet, tanya saja mbah google. Hp Asus, Oppo, Lenovo, Samsung, Advan, Evercoss, Smartfren, Xiaomi tidak masalah. Sekali kita menemukan dan tahu cara root ya bisa. Yang jadi masalah adalah setelah kita menjadi super user (diroot), apakah kita tahu cara modif dan siap dengan resikonya?

Jujur saja, banyak pasien handphone rusak yang dibawa ke tempat service Bali service computer jl Drupadi Denpasar untuk perbaikan. Sebagian kerusakan tersebut ternyata berawal dari ketidaktahuan pengguna terkait resiko rooting. Bulan September ini saja ada handphone Mi5 gagal pasang twrp lalu salah penanganan jadi mati hardbrick 9008, lalu Samsung dioverclock jadi mati total, ada juga handphone andromax smartfren dimodifikasi jadi hardbrick tidak mau nyala lagi, kemudian hape Lenovo tidak mau masuk menu setelah aplikasi bawaan dihapus, ada juga hp Advan dirubah tampilan seperti Samsung jadi bootloop, root xiaomi redmi mentok di logo dan lain sebagainya. Bahkan sebagian pengguna tidak tahu kesalahan apa yang telah dilakukan sehingga hp tersebut rusak, ada lagi yang menyalahkan merk tertentu gampang sekali jebol /rusak jika dimodif. Jika pakai jasa root, yang ngeroot disalahkan (sialan!) Bayangkan, pengendara naik motor lalu nabrak yang disalahkan yang jasa bikin SIM.


Yang begini membuat tempat service handphone kami malas menerima jasa root.
Beberapa pengguna bertanya, mengapa setelah diroot, memory hape tidak bertambah? Jika ingin menambah memory handphone salah satu syaratnya hp perlu di root, itu benar. Tapi kata siapa me-root dapat otomatis menambah memory? Silahkan baca disini penjelasannya cara menambah memory Android jika ingin mengetahui caranya.

Sebagian pengguna berpikir bahwa setelah di root berarti sudah segalanya. Misalnya driver grab mau pasang aplikasi fake gps (mereka menyebutnya aplikasi tuyul),cukup di root saja ?tidak demikian. Masih harus pasang xposed, lalu pasang frameworknya. sudah? belum bos, perlu pasang modulnya. Semua itu harus tepat sesuai type handphone dan os nya. Misal semua aplikasi root diatas sudah cocok untuk Samsung grand duos os 4.2.2 belum tentu cocok untuk hape sama type grand duos tapi beda os 4.4.4. Pusing? sama saya juga pusing jelasinnya.

Ada lagi yang pernah kami bantu root, seminggu kemudian setelah modif sana-sini sinyal handphone hilang lalu bertanya, bos dulu ngerootnya salah ya? kok hape saya sinyal jadi hilang? Kok Install Xposed gagal terus? Kok main game tetap macet? Bahkan pernah setelah berhasil di root, 3 bulan kemudan kamera handphone mati katanya karena kami salah root, preeeet. Mendapat pertanyaan tersebut kami jadi bertanya "Apa hubungannya?". Yang sudah 'super user' pasti senyum mendengar pertanyaan seperti ini.

Kebanyakan dari mereka yang gagal melakukan modifikasi pada awalnya bahkan melakukan cara root sendiri. Meskipun berhasil meroot handphone sendiri, namun masih juga bisa mengalami kegagalan saat modifikasi yang mengakibatkan handphone rusak dan memerlukan jasa service seperti kami untuk perbaikian. Lalu bagaimana dengan pemegang hp yang memakai jasa root? Jika banyak hape rusak gara-gara diroot, masa kami sebagai tempat service handphone android malah membuat handphone palanggan jadi mudah rusak? Tempat service nakal namanya he he...;)

Tidak ada larangan root, Belajar disini Beda Hape Beda Cara, Beda OS beda Cara Root
  • Harus tahu cara flash handphone karena setelah handphone di root resiko bootloop semakin tinggi 
  • Jangan root jika tidak ada link download Firmware resmi, karena jika terjadi masalah rusak software atau bootloop tidak bisa diperbaiki.
  • Link cara root Lenovo, Advan vandroid, Samsung clone replika download disini
  • Cara root tanpa laptop? silahkan cek baca disini caranya 
  • Banyak handphone terbaru harus unlock bootloader dulu agar bisa diroot contoh Xiaomi, HTC, Sony Asus, tanpa unlock bootloader tidak akan bisa di root, apalagi pakai cara root tanpa komputer.
  • Link cara rooting Samsung Galaxy Note download disini
  • Yang punya handphone Asus baca saja cara root Zenfone 5 disini
  • Cara Ngeroot handphone Oppo baca disini
Jadi sebaiknya carilah sendiri cara root sesuai dengan hape kita. Proses mencari, menemukan, membaca dan melakukan sendiri adalah pembelajaran ke arah menjadi seorang 'super user'. Proses ini membuat kita peka terhadap setiap resiko yang kita lakukan selama melakukan modifikasi. Memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Banyak pengguna yang percaya slogan 'Bukan Android Jika tidak diroot', hobinya hanya memodifikasi handphone, setelah berhasil satu lalu mencoba yang lain sampai rusak. Lalu menghabiskan beberapa malam kurang tidur, mata berkunang-kunang, bibir pecah-pecah untuk memperbaiki handphone tsb. Begitu seterusnya berulang. Apalagi jika yang rusak handphone milik teman, mau pamer bisa ngeroot malah rusak. Bahaya juga untuk hape Smasrtfren karna tidak ada link download firmware, dmikian juga HDC Replika iphone atau Samsung Clone Copy buatan cina, jika sampai bootloop dimana mau flash cari link download ROM/Firmware?

Jika gara-gara diroot membuat in-efesiensi waktu apa keuntungan punya handphone? Waktu yang terbuang tidak pernah bisa dibeli kembali. Padahal Android adalah salah satu sistem handphone yang fenomenal dan fungsinya untuk meningkatkan efesiensi kualitas kehidupan kita meskipun tanpa diroot. Jika ingin menjadi super user, belajar dan berproseslah dengan benar, tidak ada cara instan untuk itu. Satu handphone android berbeda dengan lainnya. Berhasil memodifikasi 1 hape android tidak berarti kita mampu melakukan di handphone lain.  Nah setelah membaca artikel ini, masih mau mencari dimana jasa root Android?

Artikel Terkait di Bali Service Computer