Penyebab Tab Advan Mati Mendadak

Kemarin salah satu pelanggan datang ke tempat service Handphone kami di Denpasar membawa tablet Android Advan I7 dalam kondisi mati total dan tidak bisa di cas. Dari percakapan tentang kemungkinan penyebab masalahnya, rupanya pelanggan kami ini hanya membawakan tab milik temannya, jadi tidak bisa memberikan informasi kronologis kejadian sebelumnya.
Sedikit info dari pemilik, katanya tiba-tiba saja mati mendadak  di tekan tombol power tetap ga mau nyala. Karena info kronologis kejadian dari pemakai sangat terbatas, jadi kami meminta untuk di tinggal terlebih dahulu guna pengecekan lebih lanjut agar tahu apa penyebab masalahnya. 

Penyebab Tablet Advan Mati
Ada banyak faktor mengapa tab/ hp tiba-tiba mati dan berbeda cara mengatasi untuk setiap masalah tersebut, dengan cara melepas cover belakang tablet dan melakukan pemeriksaan, berikut ini beberapa penyebab yang sering kami temui selama menangani servisan milik pelanggan:
  1. Baterai kosong atau habis sama sekali. Kondisi baterai kosong maka tidak akan bisa dicas, ketika hp sedang dipakai kemudian ada peringatan mengisi itu masih 10%, (di ukur 3.5volt, jika penuh 4.2Volt), bahkan ketika menunjukkan 0% sebenarnya jika di ukur menggunakan Avometer masih di kisaran 2.5 sampai 3 volt (masih ada isinya). Jika di bawah itu maka tidak akan mau ngisi alias hape mati.
  2. Ic Cas RusakMirip masalah di atas tapi penyebabnya ic charger rusak. Fungsi ic (aisi) ini adalah untuk mendorong agar arus dari charger adaptor (ukurannya lebih kecil misalnya 2A) agar mau masuk ke dalam baterai yang ukurannya lebih besar misalnya 4A). Analogi sederhana untuk memahami fungsinya, bayangkan Ic charger bagus itu seperti orang dewasa meniup balon, cepat penuh bukan?, sedangkan jika rusak mirip seperti anak kecil di suruh tiup balon tidak penuh-penuh/ tidak kuat. Maka ic cas rusak ciri-cirinya sebelum handphone mati saat di cas tertulis mengisi tapi tidak mau penuh (tidak nambah), isi baterai tidak naik.
  3. Korslet. Apa penyebab korslet (short circuit)? bermacam-macam, misalnya hape kena air, jatuh, adaptor meledak/ terbakar saat ngecas dsb. Biasanya pada bagian ic power rusak, namun jika penyebab kena air atau kebiasaan ngecas di tinggal tidur akan berakibat beberapa komponen rusak lebih parah.
  4. Lubang casan hp yang rusak tidak berfungsi.
  5. Dan masih banyak penyebab lainnya.
Maka jika pelanggan mengalami hal serupa, misalnya tab atau hp tiba-tiba mati mendadak jangan buru-buru beli baterai dan jangan juga cepat percaya jika di bilang rusak mesin namun jangan juga milih sendiri rusaknya ya. Soalnya sering pelanggan ke tempat servis kami minta ganti baterai padahal masalahnya hp di cas tidak mau ngisi, kami sudah ingatkan namun mengabaikan. Esoknya setelah baterai habis tetap tidak mengisi...kan sudah di beri tahu? Minta garansi baterai aneh kan?

Kembali ke topik pembahasan. Setelah pendapat persetujuan untuk di tinggal, kami mulai membuka casing belakang tablet dan bongkar total untuk melepas seluruh komponen mesin agar dapat melakukan pengecekan pada setiap bagian komponen untuk menemukan sumber masalah penyebab kerusakan. 
ganti baterai tablet
Jika masalahnya baterai drop saja semestinya tab tidak mati dan masih bisa di cas tapi cepat terisi dan cepat habis, solusinya cukup ganti baterai baru. Sedangkan kondisi tab ini sudah di charge semalaman tetap ga mau nyala. Jadi perlu dibuka casenya terlebih dahulu agar tahu kondisi mesinnya. Cara membongkar cover tablet Advan Vandroid I7 bermasalah ini perlu hati-hati terutama pada konektor kabel seperti flexible layar lcd dan touchscreen, kabel power on-off dan volume agar tidak sampai putus atau sobek. Jangan lupa kartu sim dan memory micro sd dikeluarkan dahulu agar tidak patah/ rusak.
perbaiki handphone mati
Lalu biasakan untuk menyimpan semua komponen dalam satu kotak terpisah seperti speaker, mic, buzzer, tombol, camera termasuk bautnya di satu tempat khusus. Sudah cukup sering terjadi pada pengguna ketika mencoba bongkar sendiri, lalai menyimpan sehingga kehilangan komponen tersebut. Kecil tapi bikin repot jadinya. Perhatikan posisi jalur kabel /socket baterai + vbat dan - jangan sampai terbalik.
temapt servis handphone rusak
Sudah cukup sering terjadi pada pengguna ketika mencoba bongkar hp sendiri, lalai menyimpan sehingga kehilangan komponen tersebut. Kecil tapi bikin repot jadinya. Perhatikan posisi jalur kabel /socket baterai + vbat dan - jangan sampai terbalik. 
Dari hasil pengecekan kami mendapati baterai memang sudah habis 0%, bila baterai sampai kosong memang dapat membuat handphone/ tablet mati dan sulit untuk di cas kembali.  Solusi tepat untuk hal ini, kami berinisiatif untuk menggunakan metode pancing/ tembak baterai agar mau terisi kembali. Banyak sudah pengalaman meskipun di cas semalaman tetap tidak mau nambah, justru malah berakibat ic cas rusak, mesin saja terasa panas tapi baterai tidak ngisi.

Baca juga artikel
Selanjutnya kami melanjutkan pemeriksaan kondisi pada mesin pcb motherboard, melalu jalur konektor baterai menggunakan multitester hasilnya normal karena tidak ada korselt mesin (short circuit) dari jalur -(ground) dan + Vbat, namun pada jalur charger dari lubang usb ke mesin putus. Dari hasil pemeriksaan singkat ini dan berdasar pengalaman, dapat di simpulkan bahwa penyebab tablet Advan mati bermasalah di lubang cas usb putus maka ketika kehabisan baterai tidak bisa di isi.
ganti baterai tablet ipad
Sambil menunggu baterai diisi dengan metode 'pancing', kami mulai mengerjakan kerusakan dengan melepas konponen port socket lubang usb charger menggunakan blower, solder dan stut/ solder wick untuk penyedot timah. Karena perlu proses pemanasan, kami menambahkan cover pendingin (heatsink/ spreader) selama proses pengerjaan agar bagian komponen lain tidak sampai rusak. 
cara memperbaiki handphone advan
Lalu memilih komponen sparepart yang sesuai untuk penggantinya. Meskipun nama sparepart-nya sama yaitu socket female micro usb ada sebagian menyebut lubang charger, komponen ini ada bermacam-macam type misalanya kode Mk5P BA155G harus di ganti/ beli dengan sparepart kode sama. Jadi lubang colokan cas usb punya tablet merk Advan ini beda dengan Asus, Lenovo, Oppo, Samsung ataupun hp Xiaomi, tidak bisa di pertukarkan. 
tidak mau ngisi
Sebelum memasang part pengganti kami pastikan jalur charger benar-benar bersih dari sisa timah menggunakan solder wick agar tidak terjadi korslet. Jalur mesin korslet juga dapat menjadi penyebab ic (aisi) handphone dan tablet mati total. Bandingkan gambar atas dan bawah. Meskipun contoh disini menggunakan advan I7 namun secara prinsip cara memperbaiki masalah ini dapat di terapkan untuk type lainnya seperti Advan X 7, seri E, T dan G-Tab.
penyebab handphone mati
Selain di butuhkan peralatan servis memadai, agar bisa membetulkan handphone tablet mati juga benar-benar di perlukan kesabaran ketika membuka cover belakang dan ketelitian agar proses perbaikan ini berjalan lancar dan tidak sampai menimbulkan masalah kerusakan yang dapat menimbulkan biaya tambahan. Setelah bersih dilanjutkan proses pemasangan kembali komponen socket port usb dengan blower, pastikan terpasang dengan baik jalur charger -(ground) data + data - dan Vbat+ sesuai skema jangan terbalik apalagi sampai short (konslet). 
cara perbaiki jalur cas handphone
Ukur cek ulang kembali dengan menggunakan mutlitester, setelah yakin semua jalur aman baru di rangkai kembali semua komponen mesin, layar, speaker, camera termasuk baterai yang sudah terisi. Hasilnya Tablet Advan I7 di tekan power sudah dapat menyala kembali dengan normal dan test colok kabel charger ke lubang usb baterai mau tambah alias ngisi. 

Penyebab handphone mati mendadak dalam artikel ini hanyalah satu contoh dari sekian banyak penyebab lainnya dan masih termasuk contoh rusak ringan. Prosedur cara memperbaiki diatas dapat dipersingkat jika pelanggan dapat membantu dengan menceritakan kronologis kejadian. Karena sebelum lubang usb charger benar-benar rusak/putus biasanya sudah diketahui gejalanya sebelumnya. Misalnya saat di cas harus ditekan /goyang ke arah tertentu baru mau ngisi, tetapi jika di lepas tidak mau karena longgar. Gejala awal ini berlaku untuk semua tipe baik Handphone Advan maupun tablet / ipad Android merk lain.
penyebab kerusakan handphone
Demikian cara memperbaiki lubang cas usb hp. Namun perlu di ketahui bahwa tab bermasalah layar blank di cas tidak mau menyala penyebabnya bukan hanya hal tersebut datas, perlu dicek terlebih dahulu agar bisa dibetulkan dengan benar. Banyak pelanggan menghubungi melalui pesan WA kami dengan berbagai pertanyaan seperti lagu kenangan : 
  • Tanya : Bisa service Handphone Mati?
Jawab: Kami tidak tahu jawabannya sebelum melakukan cek fisik secara langsung, kan belum tahu rusaknya apa? bawa dahulu handphonenya ke tempat servis kami, dengan cara melepas case belakang akan kami periksa penyebab handphone mati, jika ketemu masalahnya masih harus cek apakah ada penjual sparepartnya, jika ada sparepart pengganti apakah pemilik setuju harganya? kadang kami bisa membetulkan tetapi jika pelanggan tidak setuju harga dan biaya maka tetap tidak bisa kan?
  • Tanya : Berapa biaya servisnya?
Jawab: Pernahkah pembaca misalnya mengalami kecelakaan kendaraan, mobil atau motor, lalu telpon ke tempat servis bertanya: mobil saya tabrakan, berapa biaya servisnya? Sama kan masalahnya?, setelah di ketahui kerusakannya baru tahu biaya perbaikannya. Jasa servis berbeda dengan toko jual beli sparepart seperti baterai atau layar, di mana pelanggan sudah tahu apa yang mau di beli dan semua sudah ada daftar label harganya tersendiri. Ada pulihan penyebab handphone mati total dan biaya handphone mati total karena rusak mesin hanya akan bisa di ketahui jika teknisi sudah melakukan pengecekan secara langsung.
  • Tanya : Untuk Cek Bayar Berapa?
Jawab: Cek gratis asal setuju perangkatnya di tinggal terlebih dahulu untuk melakukan pengecekan.
  • Tanya: Hape saya mati katanya teman atau tempat servis lain rusak aisi-nya, apa punya?
Jawab: Ic di dalam handphone Android ada banyak, belasan macam, yang mana? Contoh ic cas, power, baterai, backlight, ic signal, PMA, CPU dan Emmc juga disebut ic dan masih buanyaaak lainnya. 
  • Tanya : Bisa cepat selesai?
Jawab: Jika penyebabnya seperti dalam artikel datas cukup sehari selesai, namun perlu cek langsung, karena pekerjaan teknisi harus sesuai prosedur tidak boleh asal-asalan. Kami sebagai tempat service tidak pernah menunda-nunda pekerjaan ringan yang bisa selesai dengan cepat. Tetapi jika ternyata masalahnya rusak parah/ berat (misalnya mati total atau karena terendam air) sementara pemilik maunya harus di tunggu dan langsung jadi dengan alasan tidak punya handphone lain, silahkan beli hape baru saja pasti cepat. kan...:)

Lubang cas usb patah jadi penyebab Handphone Mati Total seperti contoh cara mengatasi masalah tab Advan I7 tiba-tiba mati mendadak di atas, sebenarnya kerusakan ringan dan cukup mudah membetulkannya, dapat langsung dikerjakan untuk kasus serupa. Tanda-tanda umum jika handphone/ tab mati karena kehabisan baterai saja, ciri-cirinya ketika dihubungkan ke laptop menggunakan kabel data usb, masih terdeteksi merk Android MTP di device manager, namun jika terbaca type soc CPU nya saja kemungkinan ic emmc rusak atau bisa juga bootloader rusak/ hardbrick karena sebelumnya salah flash. Akan berbeda jika tidak terdeteksi sama sekali di laptop ada 2 kemungkinan penyebabnya yaitu antara lubang usb patah seperti contoh kasus dalam artikel ini dan termasuk jenis kerusakan ringan dengan biaya servis murah namun bisa juga karena cpu mati total/ mesin konslet biayanya akan lebih mahal karena masalah yang terakhir ini termasuk jenis kerusakan parah. 

Baterai boros biasanya di pakai cepat habis atau jika tablet maupun handphone Advan di colok charger mau menyala sedangkan jika di cabut mati, solusinya perlu ganti baterai. Masih banyak masalah lainnya dengan cara mengatasi kerusakan bisa berbeda jika penyebabnya handphone android mati karena kemasukan air, jatuh terbentur atau jalur ic mesin konslet karena kebiasaan buruk sering di cas semalaman kemudian di tinggal tidur. Jadi sekecil apapun informasi dari pengguna kepada teknisi dapat sangat membantu proses perbaikan handphone Android tidak mau menyala, agar tidak salah penanganan, mempersingkat waktu pengecekan untuk mencari-cari dahulu penyebab masalahnya dan dapat menghemat biaya servis Tablet Advan mati maupun merk lain. 

Jika ingin tahu berapa biaya servis kerusakan lubang cas hp Android seperti dalam pembahasan di sini, silahkan hub no WA di atas namun jika masalahnya handphone mati total silahkan bawa dulu ke alamat tempat service kami untuk di lakukan pengecekan. Semoga artikel Penyebab Tab Advan Mati Mendadak ini bermanfaat dan dapat di aplikasikan dengan baik untuk membetulkannya.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

18 komentar:

  1. tablet advan i7 saya, waktu di restart gak mau nyala kembali. Apa penyebabnya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa alasan melakukan restart? mungkin dari situ ada petunjuk untuk tahu penyebabnya, karena pengguna jarang melakukan restart tab/handphone jika tidak ada masalah

      Hapus
  2. Tab i7 saya udh gnti batrei ttep gk mau hidup normal kalau gk smbil dicas...kira2 apanya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika sambil di cas normal maka masalah masih seputar baterai, baterai baru belum tentu bagus kualitasnya, silahkan ganti dengan baterai kualitas original

      Hapus
  3. Pak maaf ingin bertanya.. saya punya tablet 2 in 1 bisa notrboook juga tapi kalau ngceharger di bagian layar bukan di keyboard. Saya coba charger tapi saya salah charger pak saya masukin ke port micro usb bukan ke port yg seharusnya temoat charger.. nah tiba2 kek bau gosong gitu pak. Pas dicoba di charger di tempat yang benar sudah tidak bisa smdicharger lagi... itu kenapa ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bau hangus menunjukkan ada bagian mesin yang terbakar, jadi motherboard rusak, hubungi alamat tempat servis resmi terdekat

      Hapus
  4. Maaf gan,mau tanya.sy punya tab advan yg belakangan ini tiba2 mati sendiri dan habis baterai padahal baterai msih banyak.solusinya gmn gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukur menggunakan avo/multitester apakah baterai drop, jika yakin baterai aman artinya masalah di motherboard mesin ada part rusak, bisa ic power, emmc, cpu dll

      Hapus
  5. Maaf om numpang tanya.. saya punya tab i7a kalau dikasih tegangan 5v baru mau hidup tapi gk lama mati lagi.. dengan tegangan standar 3.7v gk mau hidup sama sekali.. kira kira apa ya bermasalah

    BalasHapus
  6. Saya punya tab advan tombol yang digunakan untuk menyalakan tab tidak berfungsi jadi kalo mau menyalakan tab harus mencolok kan tab pada carger .....kerusakan tersebut itu di sebabkan apa ya ??

    BalasHapus
  7. Mau tanya gan. Advan i7 sy kan lumayan masih baru tp tiba2 matot. Sore masih nyala. Terus batre tinggal dikit dicas ditinggal tidur. Bangun tidur2 tiba2 udah gak bisa dinyalain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba periksa baterai mungkin kosong, kebiasaan cas di tinggal tidur juga dapat merusak ic tab android, sudah banyak korbannya harus servis hape mati gara-gara kebiasaan tersebut

      Hapus
  8. om bos saya punya tablet advan x7 plus saya bongkar karna mau di bersihin eh pas di nyalain lupa soket lcd nya belum di pasang pas di pasang posisi tablet nyala malah jadi blank itu apanya yang rusak om mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kena short/konslet, bisa di mesin atau lcd, untuk tahu yang mana coba ganti layar baru tapi di test dulu sebelum dipasang lem

      Hapus
  9. Tablet Advan sketsa saya tidak bisa di charge. Di daerah saya tidak ada yang punya ic charger yang cocok. Kalau beli online, bagaimana caranya? Seri apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika tidak tahu sebaiknya minta tolong ke tempat servis handphone terdekat

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.