Apa itu Bootloader Xiaomi

Karena banyak pelanggan datang ke tempat servis kami untuk minta jasa unlock bootloader handphone Xiaomi untuk ganti rom Global resmi Android, ngeroot atau pasang TWRP, padahal untuk UBL harus dilakukan sendiri oleh pemilik. Meskipun terdengar merepotkan namun wajib dibaca dan perlu diketahui dari pengalaman di tempat jasa root sudah ratusan handphone kami kerjakan. Faktanya di tahun 2019 ini hanya merk Xiaomi bisa melakukannya secara resmi, artinya semua model produknya bisa di root, merk lain belum tentu bisa. Maka di artikel ini kami akan membahas apa itu Bootloader. 
cara ubl Xiaomi
Cara UBL beserta masalah terkait didalamnya.
Komponen Handphone itu terdiri dari hardware dan software, agar bisa menyala normal ke dua aspek ini harus dalam kondisi baik dan selaras. Nah bootloader adalah sebuah komponen program (bagian dari Software) dengan peranan penting untuk melakukan cek verifikasi keselarasan tersebut dalam proses booting, yaitu saat handphone mulai dinyalakan ketika tombol power on ditekan. Didalamnya berisi konfigurasi perangkat yang ditulis oleh vendor merk pembuat handphone sesuai typenya masing-masing untuk memeriksa kecocokan antara hardware dan firmware atau ROM yang digunakan. Jika cocok akan terverifikasi maka handphone menyala normal, jika tidak maka handphone tidak bisa menyala normal disebut bootloop .
Demi keamanan pihak Vendor/pemilik merk (tidak hanya Xiaomi tapi hampir semua merk hp produksi tahun 2018) mengunci (locked) bootloader untuk memastikan bahwa handphone hanya di install menggunakan system resmi dan tepat yang telah dibuat agar dapat berjalan di handphone sesuai dengan komposisi hardware yang tersemat di dalamnya. 

Untuk lebih memahami fungsinya kita perlu tahu bahwa pihak Google membuat 1 dasar Sistem Android, namun sistem ini tidak bisa langsung dipakai, tetapi kemudian setiap vendor akan memodifikasi/mengubah/menambah agar sesuai dengan handphone masing-masing. Misalnya Samsung akan membuat sistem (Firmware/ROM) Android khusus untuk Handphone Samsung Note 7, buat beda lagi untuk S7, A7, J7 dst. Demikian juga Oppo, Asus, Xiaomi dst akan membuat 1 sistem untuk 1 type/seri. Jadi sebenarnya ada ribuan atau bahkan jutaan rom / firmware Android dan semuanya berbeda-beda.
cara root hape android
Jadi fungsi kunci bootloader ini agar pengguna tidak bisa mengganti/modifikasi/root firmware jika bukan peruntukannya entah dengan sengaja atau tidak. Misalkan kita punya hape Oppo A3s tidak akan bisa di flash menggunakan sistem dari Oppo F7. Juga Firmware Xiaomi Mi 6x tidak bisa diflash untuk handphone Redmi note 6 pro. Apalagi download ROM CollorOS Oppo untuk di flash ke handphone Realme. Singkatnya melindungi pengguna agar tidak salah flash. Jika tidak di kunci maka potensi salah flash akan membuat handphone android bisa rusak atau hardbrick alias mati total (matot).

Cara periksa Sudah UBL atau Belum
  • masuk mode fastboot, dari posisi handphone mati tekan kombinasi tombol power+volume minus, hubungkan ke laptop/komputer akan terdeteksi asal driver adb debugging fastboot sudah di install.
  • untuk cek status ketikkan command : fastboot oem device-info
  • untuk unlock bootloader ketikkan : fastboot oem unlock-go 
  • beberapa handphone Xiaomi redmi 5 plus, redmi note 5 dan Mi6x dijual tidak resmi menggunakan rom distributor/ abal-abal kami dapati menunjukkan seolah-olah sudah unlocked, gambar gembok terbuka, jangan percaya begitu saja, gunakan cara cek seperti disini untuk kepastiannya. (lihat gambar dibawah)
jasa flash ganti rom global
Cara Root
Meskipun tujuannya untuk melindungi pemilik dari kesalahan, persoalan juga muncul jika handphone dalam kondisi Locked Bootloader bagi sebagian pengguna. Terutama yang hobi ngoprek Android, maka pasang Magisk, TWRP, Xposed tidak bisa tidak akan berhasil, karena UBL syarat untuk diroot, tanpa ini tidak bisa pasang custom recovery TWRP atau Install ganti custum ROM dll. Handphone terbaru Xiaomi Redmi (Note) 5 Plus versi cina harus UBL dulu agar dapat ganti ke rom Global menggunakan MiFlash. Redmi Note 7 terbaru juga perlu ini agar bisa di modif. Cara satu-satunya mengatasi masalah ini adalah harus melakukan Unlock Bootloader.

Masalah lainnya adalah semua handphone terbaru cara root perlu UBL (Unlock Bootloader) dan memerlukan ijin dahulu dari pihak vendor, sedangkan tidak semua pemegang merk menyediakan ruang/situs resmi untuk meminta ijin UBL. Untunglah vendor Xiaomi adalah 1 dari sedikit vendor yang menyediakan tempat minta ijin tersebut. Setahu kami merk HTC dan Sony juga menyediakan. Untuk merk Oppo, Vivo, Realame, Smartfren tidak ada, merk lainnya tidak tahu. Bahkan beberapa type harus cari jasa UBL online disitus diluar negeri contoh Huawei Honor 8x akan dikenai biaya minimal USD  $55, belum pasang twrp belum root. Banyak situs menuliskan cara sukses pakai kingoroot tanpa laptop kenyataannya artikel palsu hanya cari pengunjung untuk pendapatan iklan.

Cara Minta Ijin Unlock Bootloader Handphone Xiaomi
Untuk prosesnya hanya pemilik sendiri yang dapat melakukannya tidak bisa di wakilkan ke tempat jasa Root Handphone, mengapa? Perhatikan beberapa persyaratan penting dibawah ini:
jasa root flash rom xiaomi
  • Harus punya Mi Account (hanya pemilik yang boleh tahu akun beserta password)
  • Posisi Firmware harus ROM Resmi tidak bisa dari rom abal-abal.
  • Minta ijin langsung dari Handphone Xiaomi masing-masing tanpa PC Laptop.
  • Kartu SIM untuk akun Mi cloud harus terpasang dan ada pulsa/ kuota Data.
  • Aktifkan USB Debugging. Caranya : masuk menu Settings > Tentang :Ponsel, lalu di bagian “MIUI Version" di tekan 7 X. 
  • Kembali ke menu awal Setting> sekarang pilih "Setelan Tambahan"> Opsi Developer>Status Mi Unlock > Sentuh Tambah akun dan perangkat di bagian bawah (lihat gambar petunjuk diatas).
  • Setelah muncul notifikasi “Berhasil ditambahkan. Akun Mi tertaut dengan perangkat ini sekarang”. Selesai.
  • Sekarang tinggal menunggu saja. Pengalaman kami untuk akun baru lamanya perijinan diproses biasanya untuk Xiaomi Redmi Note 7 sekitar 7 hari, Redmi 5 plus sekitar 15 hari. Untuk mengetahui perlu berapa lama bisa dilihat dengan menjalankan Software Mi Unlock dari laptop (Lihat Gambar contoh di bawah ini, baru 10 hari jika dipaksa dicoba tidak akan berhasil).
custom rom

  • Jangan terburu nafsu ya, sabar sampai batas waktu yang sudah ditentukan. Tidak ada cara singkat....tunggu saja sesuai lamanya informasi waktu tunggu proses tersebut, nanti akan berhasil kok. 
Setelah Mendapat ijin 15 Hari Baru bisa Unlock
  • Tidak bisa tanpa PC Komputer Laptop harus punya, entah pinjam atau sewa ke warnet.
  • Handphone dihubungkan dalam mode Fastboot. Biasanya memerlukan waktu 360 jam sampai dengan 720 jam atau 15 s.d 30 hari tergantung typenya. Jika sebelumnya akun Mi tersebut sudah pernah digunakan untuk minta ijin UBL, maka prosesnya bisa lebih cepat. Update 2019 : untuk type Xiaomi Redmi Note perlu 7 hari/ 168 jam.
tempat servis handphone di denpasar
Jadi tidak bisa dipercepat dengan cara minta jasa unlock bootloader di tempat service atau diwakilkan pihak lain. Sebenarnya nanti jika untuk mengerjakan root saja sih cepat, paling lama 1 atau 2 jam asal sudah unlock dan bahan-bahannya sudah siap, tapi masa nunggu minta UBL sekalian kemudian handphone ditinggal di tempat servis 15 hari? gak banget kan?  

Jadi singkatnya tahapan cara sbb:
  1. Minta ijin saja tanpa pc/laptop, dilakukan langsung dari Handphone Xiaomi
  2. Permintaan ijin hanya perlu 1 X dilakukan, proses unlock relock selanjutnya tidak perlu ijin lagi.
  3. Proses UBL dan pasang: TWRP  perlu menggunakan Laptop atau Komputer, jadi harus punya ya.
  4. Pasang Magisk, Custom ROM, Xposed, cheat game, ngeroot bisa tanpa pc laptop.
Pertanyaan pelanggan:
Bisa bantu Unlock Bootloader disini, saya mau ganti ROM? atau Saya mau UBL dan ngeroot di baliservice tapi sehari jadi bisa gak? Kok lama nunggunya? Bisa lebih cepat Aturan itu bukan kami yang buat. Jika merk lain akan kami jawab langsung tidak bisa, mengapa? ya seperti sudah dibahas diatas, handphone harus di unlock bootloadernya baru bisa diroot. Karena itulah penyebabnya merk seperti Oppo, Nubia dan Vivo ini tidak ada tempat ijin UBL maka tidak bisa.
tempat servis handphone
Keinginan anda hak anda, tapi prosedur adalah aturan, siapapun harus mengikutinya sama di semua tempat. Maka jika ada permintaan pasang custom ROM atau root di handphone Xiaomi, kami minta pemilik agar melakukan UBL sendiri dahulu, tidak bisa di wakil kan ke jasa root, kami tidak pegang handphonenya nya, kemudian perlu waktu tunggu hingga 15 hari. Seperti contoh permintaan jasa handphone Redmi 6 dibawah ini? Beberapa pelanggan sudah dijelaskan terus saja maksa pengin cepet. Padahal kami selalu memandu caranya. Terlepas dari lamanya proses, setidaknya pihak Xiaomi sudah menyediakan tempat ijin, ini point penting. Ingat tidak semua merk hape menyediakan lho, Realme, oppo vivo tidak bisa unlock bootloder. Jika disuruh menunggu 360 jam, ya tunggu saja, sabar, jika di paksa unlock akan tetap gagal seperti contoh di atas tetap tidak bisa unlock bootloaderSeperti pelanggan dalam contoh dibawah ini enak, mau mendengarkan saran kami.
flash rom resmi
Tata cara disini sama dan wajib dilakukan terlebih dahulu, terlepas dari tujuan setiap user ngeroot hape bisa berbeda-beda, ada driver ojol ingin pasang si montok tuyul, ada gamers yang mau install magisk untuk pasang Game Guardian cheat mods game PUBG , aplikasi GL tools atau cheat Free Fire, lucky patcher, ada pengguna lain ingin menambah memory internal atau mengembalikan data hilang lainnya, pasang TWRP untuk ganti Custom Rom dan ratusan tujuan lain terserah suka-suka pemilik.
Disini kita tidak berbicara masalah Handphone Android jadul, jaman OS Lolipop kebawah. Jika pembaca memiliki kenangan manis mudahnya cara root pakai aplikasi Kingoroot , itu dulu jadi jangan diperbandingkan ya. Dulu hampir semua merk handphone tidak perlu Unlock Bootloader untuk ngeroot bisa pakai aplikasi framaroot atau Kingoroot tanpa pc laptop atau ganti ROM Global terlebih dahulu, tetapi mulai sekarang dan kedepannya semua merk akan menerapkannya sebagai bagian dari sistem keamanan. Kami sendiri berharap pihak Xiaomi bisa lebih mempercepat lamanya waktu tunggu proses UBL ini.
Semoga artikel mengenai apa itu boootloader, fungsi dan cara unlock diartikel ini bemanfaat. Meskipun pembahasan arti disini sangat sederhana, namun setidaknya pembaca memiliki gambaran tentang masalah ini. Semoga tidak ada lagi pertanyaan apakah handphone vivo oppo bisa diroot? atau mengapa kami mau menerima jasa root dan instal custom rom hp Xiaomi. Silahkan berkomentar di bawah ini jika memiliki masalah terkait atau datang langsung ke tempat service kami untuk konsultasi cara Unlock Booloader Xiaomi jika tidak punya laptop, konsultasi gratis kok.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.