Ganti Baterai Handphone Xiaomi

Handphone Xiaomi memiliki keunggulan dengan ukuran baterai besar jika di banding merk Android lain. Namun sama seperti masalah umum yang menimpa semua hape Android, sejalan dengan usia pemakaian maka depresiasi kinerja mesin dan baterai selalu akan terjadi. Baterai drop dan cepat habis ketika di gunakan atau kembung adalah masalah hardware jadi kita tidak akan bisa mengatasi dengan aplikasi software penghemat baterai tetapi hanya bisa diatasi dengan mengganti beli baterai baru original.
Sebelum terlanjur membeli baterai handphone dengan iming-iming harga murah tapi bagus atau mau cari ukuran double power baca artikel ini sampai selesai ya. Masing-masing type handphone Android Xiaomi memiliki ukuran berbeda dan tidak bisa di pertukarkan. Biasanya antara 3000mah (Mi 4)- Mi A1, 4000 mah (Redmi Note 3) s.d 5500 mah (Mi Max). Berikut ini cara cek baterai dengan beberapa pertanda ciri-ciri yang dapat menjadi acuan/ patokan kapan saatnya handphone Xiaomi perlu ganti baterai baru.
  • Handphone masih menyala tidak mati total
  • Masih bisa di 'charge' dan mau mengisi tetapi cepat penuh dan ketika dipakai cepat habis.
  • Hp terasa lebih panas dari biasanya terutama saat sedang di cas. Baterai normal hanya akan terasa hangat, tidak wajar jika hanya di cas terasa panas.
  • Baterai kembung.
  • Handphone masih mau menyala ketika adaptor charger dicolok, tetapi ketika kabel usb charger di cabut hape mati.
    baterai ori redmi note 5
Nah jika ciri-ciri di atas terjadi maka penyebabnya adalah masalah di baterai sudah rusak dan waktunya diganti. Gunakan baterai original sesuai seri typenya masing-masing. Jangan percaya dengan istilah populer baterai double power. Tidak mungkin misalnya handphone Mi4c aslinya 3080mah di ganti dengan baterai baru 6000mah. Banyak baterai kw di jual dengan tulisan double power itu bohong tidak mungkin ukuran fisiknya dan berat akan sama. Dalam hukum fisika massa dan berat sudah pasti semakin banyak isinya maka semakin besar juga ukuran dimensi volume dan bobotnya. Sedangkan baterai bawaan handphone type tanam asli tempatnya sangat presisi tidak ada ruang lebih tersisa, jika menggunakan ukuran lebih besar tidak akan bisa dipasang. Gampangnya lihat analogi sederhana gambar dibawah ini untuk memahaminya:
toko tempat jual baterai xiaomi
Jika beli aqua ukuran gelas dengan harga lebih mahal karena tertera keterangan meskipun ukuran gelas 240 ml tapi isinya tertulis 1 galon (19.0000ml) apakah pembaca percaya? Namun ada saja beberapa pengguna datang ke tempat servis handphone Android kami di Denpasar minta seperti itu, ya tidak mungkin lah. Banyak baterai kw termasuk power bank dengan ukuran fisik sama tapi menuliskan isi super besar. Padahal isi kapasitas berbanding lurus dengan berat dan ukuran volume (p x l x t). Kami tahu ada baterai dengan fitur double ic tapi double power isinya 2x lipat sedangkan ukuran fisiknya sama?  Tidak mungkin.

Bahkan ketika di tes dengan menggunakan alat ukur, sering kapasitas baterai kw harga murah ini kenyataannya justru lebih rendah tidak sesuai dengan kapasitas tertera di cover (lihat gambar bawah). Tertulis 2350mah kenyataanya hasil cek menunjukkan cuma 1524mah, sedangkan spesifikasi handphone ori meminta 2000mah. Maka jika pelanggan cari baterai handphone harga murah tapi bagus, ini benar-benar pemikiran aneh. 
tempat jual baterai
Meskipun akan memberikan keuntungan (karena harga jual baterai kw lebih murah dari yang asli/original), jika pelanggan maunya ganti pakai double power kami tidak akan bersedia karena itu bohong. Karena banyak pelanggan sudah menggunakan jasa tempat servis kami selama bertahun-tahun, kami berkewajiban untuk memberikan informasi secara terbuka, maka kami akan menjelaskan masalahnya seperti di atas. Karena menggunakan original kami bersedia memberikan garansi hingga 1 bulan, silahkan bandingkan di toko-toko tempat jual baterai umumnya membeli hanya diberi waktu max 3 hari untuk di ganti, bahkan beberapa tidak bergaransi.

Kemudian ada juga masalah di mana pengguna mengeluhkan handphone tidak bisa dicas dan meminta beli baterai. Ini persoalan berbeda dan bukan cara tepat untuk membetulkan masalah tersebut. Berikut ini beberapa ciri-ciri yang bukan (tidak selalu) karena di sebabkan baterai rusak atau drop:
  • Handphone Xiaomi tidak mau masuk menu STUCK berhenti di logo animasi MI (rusak software disebut BOOTLOOP solusinya di FLASH) 
  • Baca disini apa itu arti bootloop
  • Kondisi Handphone mati total 
  • Hape menyala tetapi saat membuka aplikasi berat/ game langsung mati atau restart terus.
  • Di cas tidak mau mengisi atau mau di charge tetapi lama penuh bahkan beberapa mengalami baterai malah berkurang saat dicas.
  • Restart terus (Di tekan tombol power mau menyala kemudian mati lagi, demikian seterusnya)
Jika masalah di atas terjadi maka solusinya jangan beli baterai, karena bukan itu penyebabnya. Masih perlu di periksa lebih lanjut unnttuk membetulkan karena ada banyak jenis kerusakan komponen hardware. Bisa juga penyebabnya adaptor rusak, lubang konektor usb jalurnya patah, ic charge mati, kabel usb putus perlu di ganti atau penyebab lainnya. Pemilik bisa berinisiatif sendiri terlebih dahulu untuk memastikan, misalnya handphone tidak mau mengisi bisa dengan mencoba ganti charger atau kabel usb lain terlebih dahulu. 
murah
ROM fake atau sering disebut rom abal-abal/ distributor tidak resmi juga sering menjadi penyebab baterai lebih cepat rusak karena banyak fitur software aplikasi yang merugikan pengguna, segera ganti rom abal-abal dengan cara full flash Firmware Global resmi. Fakta bahwa pelanggan kami dengan rom Xiaomi bawaan toko distributor/ tidak resmi biasanya lebih dulu mengalami baterai drop.

Untuk kerusakan lain perlu di cek lebih lanjut. Tidak semua type handphone Android tersedia, harap info via WA terlebih dahulu ketersedian stoknya sebelum datang ke alamat tempat servis kami. Handphone Android Xiaomi dengan usia pemakaian lebih dari 2 tahun sudah wajar jika baterai tanam rusak atau dipakai cepat habis, seperti MI 4i/c, Redmi Note 3 (buatan tahun 2015) hingga Mi A1 (global) atau Mi 5X (versi cina) buatan tahun 2017. Konter kami hanya menjual dan memberikan jasa pemasangan ganti baterai baru original dengan garansi jika ciri-ciri masalah yang terjadi memang menunjukkan keadaan baterai handphone Xiaomi sudah drop. 

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.