alamat service center

Sabtu, 14 April 2018

Cara Melepas Baterai Tanam Handphone

Tidak hanya laptop kini handphone Android juga ikut-ikutan menggunakan type baterai tanam atau dalam bahasa sansekerta-nya disebut not removable battery. Berkaitan dengan hal ini kami tidak akan membahas masalah mengapa type baterai tanam tersebut banyak digunakan, apa saja kelebihannya bla bla bla dst. Yang pasti menurut kami adalah lebih merepotkan pengguna. Bahkan terindikasi pihak vendor katanya sengaja membuat sulit cara bongkar case handphone agar pengguna memilih beli handphone baru.
tempat servis handphone
Kami maklum jika handphone itu anti air ya pasti sulit cara bongkarnya karena rancangan sertifkasi menuntut untuk kedap air. Dulu untuk cek handphone rusak tempat service kami tidak meminta ongkos, sekarang meskipun ditawari biaya tambahan kadang kami menolak. Misalnya cek mesin Samsung S6 edge atau A5, lah buka mesinnya harus congkel layar yang harganya jutaan, gaak banget deh. 

Ketika kaca lcd handphone pecah, karena posisi kabel flexible layar itu berada dibalik baterai, maka kita harus bisa melepas baterai dulu dengan aman kan? Nah loh? Trus jika misalnya baterai sudah rusak atau drop harus bagaimana? Apa handphone-nya di buang? 

Di artikel ini kami akan membahas bagaimana cara melepas baterai handphone dengan aman. Ingat tidak semua handphone dirancang untuk dibuka. Serta resiko di tanggung penumpang ya.

Misalnya kita menghadapi masalah dimana kita dituntut untuk membongkar casing handphone. Contoh layar kaca lcd pecah, mau ganti baterai drop atau memperbaiki kerusakan mesin. Kini kita juga direpotkan dengan harus memikirkan cara melepas baterai tanam ini. Karena di lem cara membukanya jadi lebih sulit. Bahkan beberapa merk handphone menuliskan peringatan : Baterai ini tidak bisa dilepas. 

tempat service android denpasar

Kami ingat pernah merasakan sulitnya membuka baterai tanam beberapa type handphone Android, contohnya diatas gambar HTC One. Bukan hanya masalah lemnya lengket minta amplop sulit dilepas, bonus masalah yaitu di balik baterai ada 3 kabel flexibel bersliweran mirip jalan tol, hedeeeh...mau ganti baterai saja kok ya dapat bonus resiko nombok ganti flexible jika sobek.  Eh waktu itu memang sobek kabelnya ha ha ha....

Nah mungkin ada pembaca disini lokasinya jauh dari tenpat servis handphone dan sudah terlanjur beli layar atau baterai namun bingung cara gantinya. Di artikel ini kami akan berbagi pengalaman cara melepas baterai tanam handphone, tips sederhana ini dari pengalaman kami membongkar berbagai merk handphone dan melihat fakta bahwa banyak pelanggan membawa hp ke tempat servis kami di Denpasar namun sudah dalam kondisi pernah dibuka sendiri malah rusak parah.

Kami anggap pembaca sudah tahu cara membongkar casing handphone, jika belum tahu baca  dulu  artikel terkait masalah  tersebut dibawah ini:
alamat tempat servis
Pertama: Coba perhatikan di setiap sisi baterai biasanya ada bagian seperti ujung selotip (maaf kami tidak tahu namanya), itu gunanya untuk melepas lem baterai dengan cara menariknya. Lihat beberapa gambar contoh diatas dan dibawah ini yang kami beri tanda.
baterai asus
Letaknya itu bisa diatas, bawah atau samping, cari saja. Kemudian tarik perlahan-lahan sampai terlepas semua, panjangnya bisa melar 20 cm, nah jika berhasil maka lem akan  terkelupas sendiri.  Nariknya pelan  saja  ya agar tidak putus.
perbaiki handphone
Bagaimana jika putus atau  tidak dapat menemukan lem yang bisa ditarik tersebut ?. Silahkan gunakan cara  kedua dibawah ini.

Kedua: Gunakan cairan tinner untuk melumerkan lem dengan cara diteteskan keantara baterai dengan casing. Ingat sebelum melakukannya lepas dulu konektor baterai dari mesin mainboard. Hati-hati ya, jangan sampai kena sirkuit baterai nanti bisa korslet.
tablet tidak bisa di cas
Kemudian gunakan bekas kartu SIM /ATM disisipkan ke balik baterai perlahan sampai baterai terlepas. Teteskan ulang cairan tinner selama proses tersebut jika diperlukan. Contoh dalami gambar ini cairan tinner sudah kami kemas ulang dalam botol untuk lebih memudahkan pengerjaan.
masalah handphone android
Hasilnya baterai dapat terlepas tanpa merusaknya. Hal ini sangat diperlukan ketika kita masih membutuhkan baterai tersebut untuk dipasang kembali, misalnya mau ganti layar lcd handphone yang retak atau pecah.
cara melepas baterai tanam
Pertimbangkan Keamanan (Safety First)
Sebaiknya jangan mencongkel dengan paksa, soalnya jika sampai bengkok atau melengkung maka baterai tanam tersebut akan rusak, jika dipakai akan drop. Beberapa kasus kami menjumpai ketika ada pelanggan mencoba bongkar sendiri tanpa dibantu cairan tinner membuat pembungkus baterai terkelupas dan bocor. Kemudian hindari menggunakan benda tajam seperti obeng, pisau atau cutter, karena baterai tertusuk akan rusak bahkan bisa terbakar.

Mungkin ada pembaca pernah menemukan anjuran untuk menggunakan blower, sebaiknya dihindari. Metode pemanasan ini lebih cocok untuk membuka layar handphone Android. Tujuannya untuk mencairkkan lem, namun panas berlebihan justru dapat merusak baterai. Lagipula jenis lem nya beda dengan lem layar touchscreen dan lcd. 

ganti baterai
Harap diperhatikan bahwa penulisan artikel ini bertujuan sebagai pengetahuan tambahan, kami tidak menganjurkan pengguna untuk membuka baterai sendiri, apalagi jika belum pernah membongkar handphone. Segala resiko yang terjadi diluar tanggung jawab kami. Jika mau ganti baterai tanam atau layar pecah kami lebih merekomendasikan untuk menghubungi tempat servis handphone terdekat yang terpercaya. 

Demikian tips sederhana dari kami, semoga bermanfaat. Soalnya hampir semua type handphone baik Asus, Lenovo, Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi banyak menggunakan  type  baterai tanam sehingga sulit cara melepasnya.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkah tinggalkan komentar pertanyaan masalah PC Laptop Handphone Android.
1.Pertanyaan dan komentar dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel.
2.Tidak melayani diskusi via sms. No Telp: 0361 4723392 Handphone: 085238900600 SMS, Whatsapp untuk keperluan pelanggan dan info alamat tempat servis Laptop-Handphone android Jl Drupadi XIV gang 1 no 2 Renon Denpasar Bali
3.Komentar spam/ iklan, sara akan di hapus.
4.Baca artikel dan link terkait sebelum bertanya, kolom komentar sangat terbatas.
5.Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.
Terima kasih kunjungan sobat di bali service computer.