Upgrade Samsung Tab

Jika pengguna melakukan update Tablet Samsung Galaxy dan tidak tersedia artinya sudah tidak lagi mendapat dukungan dari pabrik. Banyak pelanggan kami mengalami masalah Hp atau tab nya tidak bisa download aplikasi di Google playstore karena tidak ada lagi aplikasinya di sana untuk sistem versi lama. Jika kemudian pemilik Samsung Galaxy Note Pro 901 dan Note 10.1 2014 Edition SM P601 serta Tab 2 mencari solusi upgrade sistem dengan cara ke service center resmi maka akan mendapat opsi mengatasi masalah tersebut dengan di suruh ganti beli handphone type baru, sebagian lainnya datang ke konter tempat jasa root kami agar bisa upgrade software ke sistem android lebih tinggi dengan cara di instal custom ROM.

Ya masalah tidak bisa download aplikasi di playstore ini bukanlah kerusakan hardware tapi karena aplikasi tersebut tidak mendukung software sistem typa lama, di kebanyakan Samsung Tab 2 type lama P5100, P3100, P3110 dst masih menggunakan Sistem Android Jellybean 4.2 Kitkat 4.4 atau Lolipop 5.1. Maka cara membetulkannya adalah dengan instal custom ROM update via TWRP ke sistem lebih tinggi misalnya 6 Marshmallow atau Naugat 7 dan jika mungkin upgrade Android 8 Oreo atau Pie 9.
Biasanya hanya type di mana banyak penggunanya akan di buatkan custom rom, maka tidak semua Tablet-handphone bisa di instal custom ROM. Jika pembaca ingin menggunakan jasa instal android di konter tempat kami harus memberikan informasi detail terlebih dahulu agar kami bisa persiapkan bahan-bahannya, sedangkan untuk di root tidak harus dilakukan, tergantung pilihan pemilik.

Silahkan berikan informasi merk apa dan seri nya kirim ke no WA kami 085 238 900 600.

Dalam beberapa kondisi kami juga bisa menolak mengerjakan jika pelanggan langsung datang tanpa memberitahu sebelumnya atau kondisi handphone sudah rusak: mati, restart, blank, tombol tidak bisa fungsi, baterai drop tidak mau di cas dll. Solusi Update ini untuk hp dan tablet normal tujuannya agar sistem software lebih tinggi, bukan untuk membetulkan hardware rusak. Soalnya banyak handphone ngrestart terus lalu minta di flash, ya kami tolak, ini seperti orang sakit salah beli obat.

Di bawah ini adalah contoh video Tablet Samsung yang sudah bisa update menggunakan jasa flash di tempat kami:

Apa itu arti Custom ROM

Jika Firmware adalah hasil modifikasi sistem Android murni yang di lakukan oleh pemegang merk seperti Asus, Oppo, Samsung, Xiaomi  Redmi, Vivo dll. maka pengertian Custom ROM adalah sebuah sistem operasi Android hasil oprekan pribadi atau developer independen dan tidak terikat dengan pihak vendor/pabrik merk hape tertentu, melainkan berdiri sendiri lengkap dengan kernel, service, driver, aplikasi dan sistem file pendukung lainnya sehingga dapat berjalan dalam perangkat type tertentu. Jadi custom ROM merupakan hasil dari modifikasi pihak ketiga pada sistem file firmware handphone type tertentu atau di sebut juga Android modification dan semua aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna di buang sedangkan yang di butuhkan bisa download normal dari Google playstore.

Seperti contoh di sini pelanggan memilik type Samsung Galaxy Note Pro 12 P901 dan tablet Note 10 P 601 produksi 5-6 tahun lalu. Gambar sebelah kiri masih memakai firmware resmi bawaan vendor Kitkat 4.4.2 bisa di upgrade menjadi sebelah kanan custom ROM Android Naugat 7.1.2. Maka kini pemiliknya sudah bisa download aplikasi terbaru seperti Zoom meeting dll. Untuk tipe Samsung Tab2 seperti P3100 da P5100 bisa update sampai Android 6 Marshmallow karena spek prossesor dan Memory Ram kecil meskipun internal penyimpanan memory cukup besar.

Ya kedua seri ini bisa di instal custom ROM Android 7.1 tapi berbeda bahan dan caranya. Karena type lama kami tidak menggunakan Pixel ROM tapi LineageOS. Untuk menggunakan jasa root tidak wajib bersifat opsional selama proses pengerjaaan saja dan bisa melakukan unroot ketika mau di ambil. Jika pembaca ingin melakukan sendiri tentu saja syarat minimal harus punya dan bisa menggunakan komputer-laptop, lalu silahkan berkunjung ke link rujukan kami di bawah ini panduan cara upgrade beserta link tempat download bahan termasuk troubleshooting dari forum XDA. 

Agar berhasil syaratnya mudah kok yaitu: baca-baca dan sekali lagi baca prosedur caranya di atas. Bahan download ROM LineageOS TWRP dan root semua ada di sana. Kami minta pelanggan untuk membaca tentang detail prosedur caranya langsung dari sumbernya karena tindakan ini beresiko gagal jadi bootloop atau rusak software jika tidak biasa melakukaan modifikasi oprek handphone Android. Ada perbedaaan jelas antara istilah 'bisa' dan 'biasa' oprek. Ingat ada ratusan seri dan type handphone Samsung Galaxy dan semua berbeda bahan dan proses pengerjaannya. Ini bukan sekedar soal punya laptop atau tidak.

Kami sebagai tempat servis meskipun 'biasa' oprek dan tahu betul prosedur beserta resikonya, mengerti bahan apa yang perlu di download, versi TWRP, persiapan, backup dan sebagainya. Semua hal yang wajib di lakukan untuk keamanan handphone pelanggan yang di percayakan di servis di tempat kami. Jadi ketika terjadi masalah saat ganti custom RoM Samsung Galaxy tab P601 seperti pengalaman kami di sini meskipun sukses instal custom ROM di tablet pelanggan namun dalam prosesnya sempat mengalami masalah tidak muncul sinyal, SIM card jadi tidak terdeteksi karena No IMEI hilang. Namun kami dapat membetulkannya, bersyukur kami disiplin dengan tidak melanggar prosedur karena sudah membuat backup EFS dan modem terlebih dahulu dengan TWRP seperti penggalaman yang kami tunjukkan di gambar bawah ini. 

Jadi meskipun pada akhirnya berhasil instal custom ROM dan tablet menyala normal, dalam prosesnya kami harus menghadapi resiko terjadi masalah dan kerusakan software (bootloop). Nah jika pelanggan ingin langsung jadi dan tidak mau di tinggal untuk di kerjakan dengan dalih tidak ada handphone lain, kami memilih menolaknya, karena pekerjaan instal custom ROM ini beresiko apalagi jika di lakukan terburu-buru, perlu ketelitan dan hati-hati selama prosesnya. Kunci keberhasilannya adalah baca baca dan baca lagi prosedurnya.

Jangan pernah menyederhanakan masalah, tapi jangan juga membuat sulit karena dalih lupa backup atau salah download bahan. Disiplin ikuti sesuai prosedur maka ketika terjadi masalah tab jadi bootloop akan mudah cara mengatasi dan membetulkannya.

Keuntungan Instal Custom ROM

  1. Bisa upgrade ke sistem Android lebih tinggi sementara update dari vendor resmi sudah tidak ada lagi
  2. Sistem lebih ringan karena aplikasi bawaan pabrik di tablet-handphone Samsung Galaxy Note yang tidak berguna sudah di buang, korelasinya baterai akan lebih hemat serta handphone tidak lemot di banding menggunakan firmware resmi.
  3. Bisa download aplikasi terbaru di Google Playstore.
  4. Resiko jadi rusak software atau di sebut bootloop dan sebagainya hanya terjadi selama proses pengerjaan dan garansi jadi tanggungjawab kami, setelah berhasil handphone aman dan nyaman di pakai sehari-hari seperti biasa, bisa putar aplikasi youtube dll daripada tidak bisa dipakai tersimpan di laci.
  5. Instal TWRP bisa membuat backup fiile data jadi lebih mudah.
  6. Bisa di root meskipun custom rom tidak harus diroot, hanya bersifat opsional sesuai kebutuhan pemiliknya.

Jika pelanggan pemilik Tablet Samsung Tab 2 10.1 P5100, P3100, Galaxy Note Pro P901 atau Note 10 seri P601 mengalami masalah serupa tidak bisa download aplikasi di Google Playstore dan tidak ada solusi agar bisa upgrade dari servis center resmi bisa menghubungi jasa root di tempat kami untuk di instal custom ROM, untuk type lain silahkan info seri dengan cara kirim screenshoot versi sistem terlebih dahulu ke no WA konter kami 085238900600, karena tidak semua type handphone Samsung bisa update software ganti custom ROM.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.