Masalah Handphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro Flash Sinyal Hilang

Dua bulan terakhir banyak handphone Xiaomi Redmi dan Redmi Note 3 Pro di bawa ke tempat service handphone kami di Jl Drupadi Denpasar. Kebanyakan pengguna jasa flash di tempat kami masalahnya hampir sama yaitu sinyal 4G hilang. Beberapa diantaranya datang dalam kondisi bootloop dan mati karena di flash sendiri terlanjur downgrade ke rom Global MIUI 7 gagal flash. Masalah Sinyal 4G Lte hilang nampaknya masih menjadi persoalan utama di handphone Xiaomi di Indonesia. Halaman ini adalah artikel bagian 2 dari rangkaian 3 artikel dengan topik Servis Handphone Xiaomi.
redmi 3 Mi flash gagal, bootloop, restart, hardbick, sinyal hilang
Agar boleh memasarkan handphone 4g, semua merk handphone harus memenuhi aturan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Karena belum mampu memenuhi persyaratan tiga kementerian Perindustrian,Perdagangan dan Kominfo terkait TKDN atau bentuk investasi/software setara 30% di tahun 2017, di 2016 syaratnya masih sebesar 20%, maka untuk mengatasi masalah tersebut, agar bisa masuk resmi di Indonesia maka Xiaomi memakai cara mematikan fungsi jaringan 4G di rom resmi global seperti yang terjadi pada versi handphone Redmi 3, Note 3 Pro hingga Mi5. Singkatnya dijual sebagai handphone 3G jadi tidak tersandung aturan TKDN. Itulah sebabnya jika handphone di flash upgarde rom versi Global MIUI 8 sinyal 4G akan hilang. Sedangkan rom asli versi Cina akan tetap mendapat sinyal LTE karena tidak ada kaitannya dengan regulasi di Indonesia. Beberapa distributor mengunakan trik memodifikasi rom asli Cina agar tetap dapat sinyal 4G, rom bawaan distributor ini kemudian dikenal sebagai rom abal-abal karena tidak nyaman digunakan terlalu banyak iklan.

Kabar baik bahwa mulai 2017 mitra Xiaomi di Indonesia PT Erajaya Swasembada Tbk sudah mulai merakit ponsel dari Xiaomi di pabrik milik PT Sat Nusapersada Tbk di Batam untuk memenuhi aturan TKDN. Kami belum tahu pasti handphone Xiaomi 4G versi apa saja dirakit di batam, namun kemungkinan hanya handphone type baru. Jadi handphone type lama Redmi3, Note 3 Pro, Mi5 akan akan terus mendapat masalah sinyal 4G hilang. Bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Cara Mengatasi Masalah Sinyal 4G  Hilang di Handphone Xiaomi Redmi 3, Note 3 Pro, Mi5. 
  1. Jika sekarang pakai rom global MIUI 7 jangan update OTA ke MIUI 8 Global, terlanjur upgrade maka sinyal 4G hilang.
  2. Jika ingin tetap merasakan fitur MIUI 8 silahkan Flash software di Upgrade ke Firmware asli Cina agar selalu dapat OTA update tetap sinyal 4G aman.
  3. Jika masih pakai rom distributor tidak ada masalah dengan sinyal karena base rom tersebut menggunakan rom asli Cina, tapi resiko banyak iklan, kuota data internet cepat habis dan tidak mendapat update selalu muncul "Couldn't verify the package".
  4. Jika terlanjur update MIUI 8 dan sinyal 4G hilang, silahkan diflash downgrade firmware ROM lama MIUI 7. Khusus handphone redmi note 3 pro ganti rom Miui 7.1-Miui 7.2 masih bisa pilih 4G karena rom lama ini belum ada aturan TKDN jadi sinyal masih normal.
  5. Update/downgrade ke ROM EU International/Multilanguage karena base rom asli cina sinyal normal, tapi harus unlock bootloader + root + pasang twrp.
  6. Ganti flash custom rom (contoh: lineage os, android one, pie pixel) cara instal lewat TWRP
Jasa Flash Handphone Xiaomi
Banyak pelanggan menggunakan jasa flash untuk handphone Xiaomi mereka, dari jaman redmi 2,Mipad sampai Mi 5. Namun beberapa Handphone Xiaomi mau flash downgrade di tempat service kami terpaksa kami tolak jika penginnya ditunggu langsung jadi. Sudah MIUI 9 downgrade langsung ke rom versi 7, handphone harus ditinggal besok diambil, karena  akan error pak.
Beberapa mengatakan sbb:
  • 'Kan flash mudah tidak sampai sejam, jika langsung jadi saya mau', 
  • 'Jika sudah pernah flash kan harusnya bisa, tidak mungkin gagal ya'.
  • 'sudah punya rom nya belum?, saya punya, di copy saja biar cepat bisa langsung flash'
Masalahnya adalah:
  • Downgrade terlalu jauh (loncat beda versi os) resiko sinyal hp hilang.
  • Tidak ada siapapun berani menjamin proses flash update-downgrade 100% aman. 
  • Banyak forum resmi dan situs tips cara flash handphone selalu menyertakan "Do It With Your Own Risk". 
  • Bahkan cara update OTA dikatakan paling aman, itu pun masih beresiko, gambar 'screenshoot bootloop gagal update' dibawah kami kutip dari situs resmi Xiaomi Indonesia.
agar sinyal 4 g tidak hilang
Handphone redmi 4 tersebut jelas versi resmi, jika pakai rom abal-abal tidak akan dapat update, selalu error "Couldn't verify the package". Secara teori update ota seharusnya akan berhasil dengan aman bukan? Nah dari tanggal 12 januari 2017 sampai artikel ini ditulis 8 Februari 2017 tidak ada tanggapan-solusi-jawaban baik admin resmi xiaomi maupun member lain. Hal serupa kami tahu bisa terjadi pada merk handphone Android lain mulai Asus sd Samsung, bisa gagal update via ota. Pointnya adalah: flash selalu beresiko, sekalipun sudah pernah flash manual ribuan handphone, termasuk bagi kami. Mau downgrade sendiri? silahkan baca dulu dibawah ini apa yg akan terjadi setelah flash downgrade MIUI.

Tips Resiko Downgrade MIUI 8.1 ke MIUI 7.
Proses Flash selalu ada resiko, bahkan setelah mengikuti prosedur cara-cara penggunaan MiFlash Tool dengan benar. Beda handphone bisa beda cara, beda masalahnya. Secara umum software MiFlash Tool bisa untuk update dan downgrade, namun jika terlanjur upgrade OTA MIUI 8.1 akan error jika di downgrade ke MIUI 7. Tidak hanya sinyal 4G hilang, bahkan semua sinyal 2G 3G juga hilang karena IMEI Null/hilang ,jadi tidak bisa nelpon tidak bisa sms  Mengapa flash gagal?
alamat tempat service handphone xiaomi di denpasar
Contoh gambar diatas adalah folder koleksi firmware Redmi Note 3 Pro milik kami. Jika pembaca menggunakan handphone type lain silahkan cek rom resmi klik disini . Perhatikan kode Firmware MIUI V8.0.6.0 LHOMIDG, kode huruf didepan L = Lollipop masih sama dengan ROM MIUI V7.2.3.0 LHOMIDA, sama-sama Lollipop. Sedangkan MIUI V8.1.1.0 MHOMIDI. M = Marshmallow. Semua merk handphone Android tidak hanya Xiaomi, juga Samsung, Sony, Oppo, Lenovo, Asus jika downgrade beda OS resiko gagal dan IMEI hilang semakin besar. Letak partisi EFS/NVRam tempat IMEI di OS Marshmallow dan dan Lolipop berbeda. 

Partisi EFS ini berisi info no IMEI, GPS, Wifi Mac address, Bluetooth. Ingat nomor IMEI hilang maka sinyal handphone juga hilang. Agar mudah dipahami, analoginya EFS/NVRAM ini kami ibaratkan 'piring' yang didalamnya ada nasi, lauk, sayur, sambal dll. Kita masih bisa ganti lauk (baca : rewrite IMEI) dengan syarat jika piringnya masih ada. Nah jika piring/ tempatnya rusak mau nulis (rewrite) dimana? Itulah mengapa rewrite imei bisa gagal jika 'tempatnya' tidak ada. Bahkan jika piring itu ada, isinya bukan cuma lauk, ganti lauk saja seperti Fix IMEI saja, sinyal telpon ada tapi wifi hilang atau sebaliknya.

Ada yang bertanya: Bos saya tahu cara restore IMEI, boleh minta backupannya? Tidak. Kode etik kami sebagai tempat service tidak mengijinkan penggunaan IMEI ganda milik pelanggan. Masing-masing handphone memiliki IMEI,ID dan Serial number berbeda, menggunakan Imei handphone lain memang bisa, namun itu ilegal. Meskipun bisa buat nelpon, akun Mi akan menolak no imei tersebut dan jelas merugikan pemilik imei asli, banyak aplikasi seperti whatsapp menggunakan Imei.
Jika ingin downgrade MIUI 8.1 ke MIUI 7 Lolipop harus membuat sendiri backup EFS, agar dapat di restore ketika terjadi masalah IMEI hilang. Prosedur ini wajib kami lakukan pada handphone xiaomi pelanggan yang dibawa ke tempat service handphone kami baliservicecomputer jl Drupadi XIV gang 1 no 2 Denpasar. Untuk handphone Redmi3 dan Redmi note 3 pro cara backup IMEI bisa menggunakan recovery TWRP v3.2. Singkatnya sebelum downgrade perlu unlock bootloader agar bisa root+pasang TWRP.  Perbedaan partisi Lolipop dan marshmallow ini membuat handphone xiaomi restart terus setelah di flash, beberapa handphone redmi 3 batteray error hanya tampil -(minus) 2 setelah di flash dan tidak bisa flash lagi karena dianggap baterai tidak cukup untuk download/flashing rom. Bahkan beberapa datang ke tempat servis kami dengan kondisi handphone sudah mati total hanya lampu led merah berkedip layar blank atau disebut hardbrick karena salah/ gagal waktu di flash sendiri.
handphone gagal downgrade pakai miflash
agar handphone xiaomi redmi IMEI tidak hilang
Handphone mati karena salah flash meskipun akhirnya bisa diperbaiki dan hidup lagi, IMEI sinyal telpon,wifi dll akan hilang, nah jika punya backup akan mudah cara restore IMEI. Tanpa memiliki backup, imei akan sulit untuk di kembalikan, kecuali memiliki alat dongle/ box flasher seperti BST. Jika ada yang sudah terlanjur flash downgrade dan IMEI hilang tidak punya backup dan ingin belajar silahkan baca tentang cara mengembalikan no IMEI handphone Xiaomi Redmi 3 disini.

Itulah mengapa jika menggunakan jasa flash Android di tempat servis kami beberapa handphone harus ditinggal karena memerlukan waktu pengerjaan untuk unlock bootloader, ngeroot, pasang TWRP+backup IMEI/EFS-Nvram. Sedangkan sebagian handphone type lain bisa langsung di flash, ditunggu langsung jadi jika kami tahu aman+tidak beresiko. Ada gagal flash tidak bisa masuk download mode baca disini. Jadi waktu pengerjaan servis flashing berbeda-beda bergantung pada type handphone, versi os MIUI, tingkat kesulitannya serta resiko.
jasa root flash ganti rom distributor resmi Xiaomi

Saran kami bagi handphone terlanjur update MIUI 8.1 agar sinyal handphone xiaomi redmi 3 dan note 3 tidak hilang jangan downgrade jika tidak punya backup IMEI.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

13 komentar:

  1. Mantap boss!!!!!!!

    BalasHapus
  2. Bos brp hrg untuk ganti kaca xiaomi redmi note 3 yg retak?? Xiaomy saya kacanya retak karena jatuh, tlg infoin ya bos, biar bisa saya bisa bawa ketempat service nya bos yg di drupadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. info detail xioami redmi note 3 ada 3 varian, mediatek,pro dan special edition layar lcd berbeda

      Hapus
  3. Gan kalo abis downgrade dari MM ke LP tapi cuma restart berkali-kali itu kenapa yah.?? Udah banyak ROM miui LP yang saya coba hasilnya tetap sama.
    Kalo diflash lagi ke ROM MM aman gak ada masalah.

    Tolong bantuannya gan..

    BalasHapus
  4. admin, saya mau tanya, brp ya biaya untuk update ke ROM EU International/Multilanguage untuk hp redmi note 3 pro, dengan kondisi, rom global stabil, os lolipop, belum unlock bootloder dan belum root

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya bos minta 'permission' untuk unlock bootloader dahulu sampai dapat sms baru kita kerjakan, sms ijin tsb bisa 1 hari sd 10 hari baru dikirim, nanti kami yang unlock,root xiaomi dan instal rom nya, silahkan ke alamat tempat service kami untuk panduannya

      Hapus
  5. Redmi note 3 lcd pecah sy gnti baru dan berhasil tp muncul masalah baru yaitu tidak ada layanan pdhal sim ada gnti sim jg sama tidak ada layanan maslahnya dimana ya mohon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. periksa cable antena mungkin waktu bongkar handphone lepas/putus

      Hapus
  6. min, redmi note3pro saya habis di flash ulang tapi sepertinya gagal, tadinya hp normal cuman ke lock icloud entah kenapa saya bawa ke conter di flsh malah hp sering restar ulang, imei hilang sinyal hilang, hang, wifi gabisa kamera gabisa, suara pun hilang entah di oplos atau emang pengaruh flash gagal mohon penjelasan nya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. akun micloud maksudnya?icloud untuk hanphone apple bukan xiaomi, unlock akun tidak dengan cara flash, tapi gejala tsb seperti salah flash, alangkah lebih baik ditanyakan solusinya ke tempat servis tersebut

      Hapus
  7. bos sinyal redmi note 3 sy hilang bisa bantu untuk NON-HLOS.bin nya? tks

    BalasHapus
  8. Bos.. Redmi note 3 pro saya misi awalnya miui 7.3.7.0, trus update otomatis ke miui9 Sinyal 4g hilang.. Trus bawa ke tempat servis untuk downgrade.. Berhasil downgrade sinyal 4g ada.. Tapi koq imei nya tidak ada.. Mohon pencerahan.
    Soalnya malem datang ke tempat servis itu lagi.. Karna waktu downgrade sudah bolak balik saya kesana karna slalu saja ada masalahnya.. Tuhan sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah kami jelaskan prosedurnya imei di backup agar bisa di restore jika hilang

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.