Cara Menghilangkan Iklan Xiaomi (Bag:1)

Bagaimana cara mengatasi tanpa di root agar Xiaomi tidak ada iklan? 3 tahun lalu sering mengalami masalah banyak iklan muncul di aplikasi handphone merk ini karena menggunakan ROM abal-abal distributor sehingga menjadikanya petunjuk ciri khas bahwa itu bukan rom Global resmi, maka cara mengatasinya adalah di flash ganti Upgrade Custom Rom Android dimana aplikasi bawaan pabrik dihapus. Namun kini hampir semua hp Xiaomi-Redmi Note dan Pocophone garansi resmi di Indonesia selalu menyertakan iklan dan letaknya terintegrasi dalam aplikasi bawaan handphone seperti browser, file manager dll. bahkan muncul di menu setting MIUI 14. Hal ini selain sangat mengganggu kenyamanan pengguna juga merugikan, karena menyedot kouta data Internet sehingga lebih cepat habis. 
blokir

Dalam artikel ini kita akan membahas dahulu mengapa ada banyak iklan dan bagaimana cara menghilangkannya tanpa di root ?
Handphone Xiaomi Redmi dikenal pelanggannya karena harga jual murah namun dengan spesifikasi tinggi. Hal tersebut dimungkinkan karena pihak Xiaomi hanya mengambil sedikit margin keuntungan dari penjualan perangkat dibanding pabrik merk Android lainnya. Seperti penjelasan dalam menu setelan di gambar atas, keuntungan lain pendapatan Xiaomi di peroleh dari bisnis penyediaan iklan sama seperti model bisnis perusahaan Google (IoT), ini mirip dengan pabrikan merk Infinix-iTel. Salah satu penyebab mengapa hp kehabisan memory penyimpanan karena banyak iklan juga bisa karena virus atau malware seperti masalah pada merk Coolpad, Hisense dan hp replika HDCopy Samsung dari cina itu penyebabnya  jelas karena virus.

Untuk pengguna di negara asalnya Cina mungkin masih dianggap wajar, karena Google Playsore tidak ada disana. Masalah iklan ini juga terasa bagi pengguna handphone Xiaomi Redmi dengan OS Android One seperti type Mi A1, A2 dan Mi A3 meskipun tidak memakai ROM MIUI tapi telah di modifikasi. Dalam berbagai kesempatan telah di sampaikan dalam jumpa pers resmi pihak manajemen bahwa iklan tidak akan muncul secara agresif dan sering, mereka menjelaskan sudah memblokir banyak konten yang bersifat pornografi / vulgar, namun tetap saja model bisnis Xiaomi sebagai perusahaan penyedia iklan sama seperti Google ini membuat pengguna firmware resmi Global MIUI di Indonesia kebanjiran banyak iklan dan sangat mengganggu. Bisa dibayangkan, pertama dari berbagai situs saat browsing, kedua dari Google, ketiga dari Kartu Operator SIM lalu di tambah lagi dari Xiaomi, banyak bukan? tentu saja ini sangat menyebalkan dan jadi penyebab boros baterai. 
Bagaimana Cara Menghilangkan Iklan Xiaomi?
Beruntung pihak Xiaomi masih menyediakan opsi untuk mengijinkan pengguna agar bisa mematikan iklan dari menu setting baik itu di ROM Global MIUI 10 maupun update terbaru MIUI 14 tanpa harus di root dan tidak usah unlock bootloader (UBL). Meskipun sistem Android nya jika di ganti upgrade pakai Custom ROM akan jauh lebih efektif menghilangkan bloatware dengan cara menghapus aplikasi bawaan pabrik. Mari kita memanfaatkan fitur tersebut untuk memblokirnya, karena kami yakin edukasi brainware (pemakai) yang baik akan dapat mengatasi masalah software seperti ini. Lagipula tidak susah untuk melakukannya, baca saja panduan di sini dan bisa langsung di praktekkan pada handphone seri  Mi A-Redmi Note milik masing-masing pengguna.

Cara pertama agar hp Xiaomi tidak ada iklan adalah mengidentifikasi letak aplikasi bawaan pabrik mana saja yang selalu keluar iklan terus menerus di tampilan layar handphone supaya dapat di blokir. Berikut ini daftar lokasinya yang kami sudah ketahui, pengguna dapat menambahkan dikolom komentar jika menemukan daftar tambahan lain.
  1. Menu Setelan / Setting
  2. Aplikasi bawaan: File Manager, Keamanan, Mi Music,  Mi Browser, Download,  Mi app store, Video
  3. Folder   
Kita akan membahas cara menghilangkan iklan pada xiaomi ini dalam 3 bagian artikel
Pembahasan bagian pertama disini adalah cara mematikan iklan dari menu Setelan, di sini kami menggunakan contoh screenshoot dari handphone Redmi Note 5 Pro (whyred) update ROM Global MIUI 11, mungkin tampilan menu bisa sedikit berbeda tergantung versi MIUI  sistem lain. Untuk memudahkan perhatikan saja polanya yaitu: cari dan matikan fitur rekomendasi.
aplikasi tidak peting
  • Silahkan buka menu: Setelan > Apl > Kelola aplikasi: sentuh titik 3 di kanan atas (lihat gambar atas), 
mengatasi
  • kemudian pilih setelan, 
  • Rekomendasi : pilih centang kiri/ non aktifkan.
Selanjutnya penting juga untuk menghindari pengumpulan data pribadi, lokasi dan berbagai kebiasaan kita, karena ini penyebab baterai handphone boros serta menghabiskan kuota paket data internet, silahkan melakukan cara dibawah ini :
  • Kembali ke menu utama : Setelan > Pilih: Sandi & keamanan > Privasi >Layanan iklan> centang kiri/ non aktifkan, lihat contoh gambar bawah ini. 
melepas aplikasi bawaan
Nah berikutnya adalah point terpenting yaitu mematikan fungsi fitur aplikasi msa, kependekan dari 'Miui System Ads', letaknya tersembunyi di dalam sistem tanpa ikon. Inilah yang bertanggung-jawab sebagai penyedia layanan iklan di seluruh handphone Xiaomi.
  • Buka : Setelan > Sandi & keamanan > Otorisasi & pencabutan > msa di non aktifkan seperti gambar bawah. 
aplikasi bawaan
  • Agar kita berhasil mencabut otorisasi aplikasi 'msa' ini, diiperlukan sambungan koneksi Internet ya. Jika gagal mematikan ulangi lagi terus cara diatas beberapa kali sampai berhasil karena msa ini penghubung handphone ke server iklan.
Selanjutnya bagi mereka yang menggunakan dan mengaktifkan fitur 'Kunci aplikasi', perlu mematikan juga bagian 'Terima rekomendasi', letaknya di :
blokir aplikasi
  • Setelan > Apl > Kunci aplikasi: sentuh gambar roda gear di sebelah atas kanan atas ( lihat contoh gambar atas di rom MIUI 11), setelah masuk pada bagian menu 'Terima Rekomendasi', pilih centang kiri/ non aktifkan.
aplikasi bawaan pabrik
Mudah bukan? Dengan melakukan modifikasi setting sseperti diatas, langkah awal cara mengatasi iklan sering muncul di layar handphone Xiaomi bagian pertama sudah selesai. Sebelum melangkah ke bagian kedua silahkan di praktekkan langsung karena tips diatas dapat diterapkan untuk semua type Mi Pcophone, Note 7 hingga Redmi Note 12 terbaru rom resmi Global MIUI 14 karena cukup effektif untuk mengurangi iklan yang sering muncul tanpa harus di root. Jadi sekarang kita sudah bisa mengatasi masalah di atas, ada dampak positif lain yaitu handphone lebih ringan tidak lemot, baterai tidak boros, lebih aman tanpa pengumpulan data pribadi serta akan lebih awet dan tentu saja hemat paket data kuota internet tanpa harus ganti beli lagi merk Android lain. Jika pembaca mengalami kesulitan menghilangkannya dapat berdiskusi dalam kolom komentar di bawah atau menggunakan jasa tempat servis hp terdekat. 
Perhatikan apa Penyebab Masalah
Banyak pelanggan kami di tempat servis adalah pengguna merk ini semoga dapat memanfaatkan tips disini. Mungkin bisa juga bisa untuk membetulkan merk lain selain Xiaomi seperti hape Infinix agar tidak ada iklanya, Coba cari saja di bagian setting sistem dan aplikasi. Tetapi untuk  merk lain khusus Coolpad dan hp Hisense dari pengalaman kami di tembat servis penyebabnya adalah malware atau virus, jadi harus di root atau ganti instal custom ROM. Untuk menghilangkan script aplikasi malware bawaan tidak bisa dengan di flash ulang karena sumbernya justru dari sistem ROM firmware resmi bawaan pabrik. Jadi cara mengatasinya harus disesuaikan dengan apa penyebabnya.

Kami secara pribadi juga cukup sering merekomendasikan merk murah seperti Xiaomi redmi ini, karena harganya berbanding terbalik dengan performa. Namun pendapat kami pribadi, jika handphone Android di beli dengan uang bukan gratis, maka tidak sepantasnya di jejali dengan banyak iklan. Ibarat nonton film di bioskop pas adegan lagi seru lalu ditengah-tengah terhenti lalu muncul iklan seperti youtube dan acara stasiun tv Indonesia gratisan, wah penonton bisa emosi kan bioskop bayar, he he. Bagaimana pendapat pembaca? blokir atau biarkan?
Mengapa hal ini patut kita perhatikan? Disinyalir setidaknya ada 50 proses aplikasi bawaan pabrik ini mengumpulan data pengguna berjalan secara background hanya untuk menampilkan iklan di hp Xiaomi Redmi, selain merugikan ini sangat menggangu. Artinya memory cepat habis + cpu handphone Android bekerja lebih banyak sehingga jadi lambat, daya pakai baterai lebih cepat habis, hingga kuota paket data internet kita boros digunakan untuk kepentingan pihak lain. Kami sudah melanjutkan tulisan terkait topik ini dalam pembahasan bagian ke dua dengan cara hapus aplikasi bawaan tidak penting dan tiga dengan diroot atau pasang custom rom agar lebih efektif sesuai pengalaman di tempat servis, silahkan lanjutkan baca link bagian 2 diatas, cara menghilangkan iklan di aplikasi bawaan handphone Xiaomi Redmi Bag 1 ini.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.