Cara Menghilangkan Iklan di Aplikasi Xiaomi MIUI 11 (Bag:2)

Kembali sesuai janji kami disini akan melanjutkan pembahasan cara mengatasi masalah handphone Xiaomi Redmi kebanyakan iklan, karena keluar dan muncul terus menerus membuat banyak penggunanya merasa tidak nyaman dan terganggu. Bagaimana cara menghapus aplikasi ini? Pembahasan disini adalah lanjutan dari rangkaian artikel kami sebelumnya, jadi agar dapat lebih efektif kami merekomedasikan untuk membaca juga terlebih dahulu artikel bagian pertama tersebut di bawah ini:
Harap diperhatikan bahwa penempatan iklan ada di dalam aplikasi bawaan handphone Xiaomi dan cara blokir bisa saja sedikit berbeda sesuai type varian hape dan versi MIUI serta sistem Android yang digunakan, contoh di sini kami menggunakan contoh Handphone Redmi Note 5 sudah update ke ROM Resmi Global MIUI 11. 
Berikut ini adalah daftar 7 aplikasi dimana iklan tersebut muncul terus.
  1. MI Musik 
  2. Mi Video 
  3. File Manager
  4. Keamanan
  5. Unduhan
  6. Mi Browser
  7. Folder.
  8. Menu Setting
Seperti kami sudah jelaskan sebelumnya bahwa munculnya iklan ini berasal dari aplikasi Xiaomi, penyebabnya bukan karena handphone redmi note rusak software karena kena virus Android atau memakai rom abal-abal distributor tidak resmi. Beberapa pengguna datang ke konter tempat servis kami minta jasa flash ganti upgrade ke custom rom untuk membetulkan masalah ini, mereka sudah paham konsekuensi menggunakan firmware MIUI Global resmi. 
Jika tidak mau cara diatas dengan instal ulang sistem Android atau flash ganti custom rom resmi, kami berikan solusi manual bagaimana cara mengatasinya. Sudah di jelaskan dalam artikel kami sebelumnya bahwa Xiaomi adalah perusahaan penyedia iklan juga, sama seperti Google. Jika pemakai merk handphone lain seperti Asus, Samsung, Oppo, vivo, lenovo 'hanya' mendapat iklan dari Google, halaman situs web dan operator SIM, pengguna hp Redmi Xioami mendapat iklan tambahan lebih banyak muncul di layar justru dari aplikasi bawaan pabrik. Selain sangat menggangu, performa handphone menurun karena lebih banyak resourche memory dan cpu digunakan, lemot, baterai lebih boros dan tentu saja kuota data internet lebih cepat habis. Meskipun sebagian pengguna tidak merasakannya namun demikianlah faktanya. Mari langsung saja kita bahas cara menghilangkan iklan dari daftar aplikasi di atas tanpa root, silahkan pembaca mengikuti panduan di bawah ini dan mempraktekkan langsung di hp masing-masing:
  • Mi Musik: Buka aplikasi Musik lalu sentuh menu pada bagian kiri atas layar (garis 3) > pilih 'Setelan' > pilih 'Setelan Lanjutan' > bagian paling bawah untuk mematikan 'rekomendasi'. Matikan juga bagian bawahnya 'Layanan konten online'.
  • Mi Video: Buka aplikasi Mi Video, kemudian sentuh bagian 'Profil' letaknya di sebelah kanan bawah layar > pilih 'Setelan' > lalu matikan opsi 'Rekomendasi Online'. Selanjutnya jangan lupa matikan juga 'Saluran favorit'.
  • Aplikasi Keamanan (Security): buka aplikasi Keamanan > Pilih menu 'Setelan' letaknya di kanan atas bergambar roda gigi > bagian 'Terima  Rekomendasi' di non aktifkan.
  • File Manager Xiaomi : buka File Manager > sentuh menu yang letaknya berada di kiri atas layar (garis 3) >pilih 'Setelan' > 'Tentang' >lalu 'Rekomendasi' di matikan . 
bagaimana cara 
  • Aplikasi Unduhan letaknya berada di dalam folder 'Alat', buka aplikasi tersebut, lalu sentuh bagian titik 3 di kanan atas layar (lihat contoh gambar di atas)> pilih 'setelan'> dan opsi 'Tampilkan konten rekomendasi' di nonaktifkan saja.
  • Browser bawaan : buka aplikasi browser > lalu klik menu letaknya di bagian kanan bawah layar > pilih 'Setelan' > Privasi dan Keamanan > pada bagian bawah “Rekomendasi untuk Anda” di matikan. Kembali lagi ke 'Setelan'> Lanjutan >aktifkan bagian 'blokir pop-up'.
  • Folder. Pengertian  Folder adalah kumpulan beberapa ikon aplikasi, nah di dalamya juga ada iklan, untuk  menghilangkannya buka salah satu folder (contoh di bawah adalah kumpulan aplikasi folder google), lalu ketuk nama folder tersebut, maka selanjutnya akan muncul sub menu ‘Rekomendasi apl’ non aktifkan seperti contoh gambar ini.
bagaimana menghapus

Sementara ini di ROM Global MIUI 11 kami baru bisa menemukan letak iklan dalam 7 daftar aplikasi bawaan handphone diatas, karena baru saja upgrade belum sempat di pakai sehari-hari, bisa saja daftar tersebut bertambah dalam update Rom berikutnya atau penempatan iklan berubah oleh pihak Xiaomi dalam aplikasi lain. Kuncinya secara prinsip adalah masuk ke menu setelan setiap aplikasi bawaan dimana iklan xiaomi redmi sering muncul, kemudian di dalam menu setelan cari bagian 'rekomendasi', lalu mematikannya, maka kita tidak akan bingung lagi cara menghilangkannya jika tahu prinsip ini.

Belajar dari pengalaman di tempat servis, kami selalu menyarankan kepada pengguna Handphone Android merk apapun: selama sistem normal tidak bermasalah atau tidak rusak sebaiknya jangan melakukan upgrade Firmware, semakin tinggi versi OS ROM resminya maka semakin berat karena lebih banyak tambahan aplikasi bawaan/ fitur kurang penting akan berdampak pada penggunaan baterai jadi lebih cepat habis alias boros, banyak pengguna menyesal  setelah upgrade dengan harapan lebih baik ternyata jadi penyebab berbagai masalah, terutama terkait masalah iklan Xiaomi ini, bisa saja di update MIUI berikutnya fitur menghilangkan iklan seperti tertulis dalam artikel ini tidak bisa dilakukan lagi. Kami sendiri memilih cara mengatasinya dengan menghapus atau buang aplikasi bawaan pabrik karena buat kami tidak penting dan tidak pernah digunakan.

Cara Blokir Iklan Google
Untuk berinternet tanpa muncul iklan kami pribadi tidak pernah menggunakan browser bawaan pabrik handphone atau chrome. Apapun merk hapenya Asus, Oppo, Vivo, Samsung, Xiaomi dll silahkan ganti menggunakan browser yang sudah 'built in adblocker' seperti aplikasi 'Brave browser' atau 'CM browser', keduanya bisa di download di Google playstore. Menarik untuk diketahui bahwa sebenarnya cm browser ini adalah aplikasi buatan Cheetah Mobile anak perusahaan software Kingsoft milik bos pendiri Xiaomi Lei Jun. Browser alternatif ini lebih baik dari pada bawaan handphone karena dapat memblokir banyak iklan dari Google juga. Dari kedua aplikasi diatas, pilihan utama kami adalah brave untuk ber-internet karena kami juga sering menonton video youtube tanpa muncul iklan sedikitpun.
terdekat
Silahkan praktekkan secara langsung tips di atas, jika mengalami kesulitan atau memiliki saran dan pengalaman berbeda bisa di disikusikan dalam kolom komentar di bawah. Demikian artikel ini kami tulis semoga bermanfaat untuk dapat memblokir iklan atau setidaknya mengurangi, karena bagaimanapun juga selama kita masih memakai merk hp sistem Android dengan rom asli bawaan pabrik maka masih akan terus menerima iklan dari google youtube, browsing situs dll.  Banyak hasil riset memperlihatkan hasil bahwa tanpa iklan muncul di layar handphone kita akan lebih hemat pemakaian CPU, memory, baterai, biaya bandwith data internet dan waktu membuka situs "loading page" antara 15% hingga 60%. Kini kita setidaknya tahu apa yang perlu di lakukan agar handphone Android awet dan tidak mudah rusak.
Banyaknya iklan selain mengganggu akan membuat kuota data cepat habis, hal ini juga berarti handphone redmi lebih rentan keamanan karena semua aktifitas terus di pantau, apa yang kita tulis, siapa yang di telpon, foto, email, sampai lokasi gps kemana kita bepergian terus dilacak. Dalam tulisan lain (linknya ada diatas) kami juga membahas cara effektif menghapus total semua iklan dan aplikasi bawaan handphone Xiaomi dan blokir iklan youtube dengan cara pasang modul magisk di root kemudian membuang bloatware pabrik satu persatu atau dengan solusi flash/ instal custom rom pakai TWRP.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.