Authorized Service Center terus di bangun termasuk di Denpasar Bali sebagai bagian layanan produk global Xiaomi. Sejak resmi didirikan pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka. Saat ini 2020 Xiaomi masuk dalam daftar 5 perusahaan Handphone Android terbesar di Dunia. Keberadaan alamat tempat service center resmi Xiaomi di kota-kota besar terdekat ini sebagai tempat konsumen handphone distibutor resmi untuk mengatasi masalah, keluhan dan melakukan perbaikan produk mereka jika rusak hardware, baterai drop atau flash update software.
Karena tingginya minat beli membuat banyak distributor berusaha mengimport berbagai produk Xiaomi untuk di jual di Indonesia. Namun hanya produk resmi dari distributor yang ditunjuk oleh Xiaomi saja yaitu TAM Trikomsel dan Erajaya akan mendapatkan layananan tempat Service Center tersebut. Jadi misalnya pengguna membeli handphone Redmi Note dari distributor tidak resmi sepeti B-Cell, BLESS, PLATINUM tidak akan diterima untuk memperbaiki jika mengalami rusak hardware, mesin mati, software, bootloop, flash rom MIUI Global atau ganti layar lcd bahkan meskipun bersedia membayar biayanya.
Jadi misalnya mau beli komponen sparepart Mi Max, lupa password/ akun mi cloud, perbaiki MI laptop atau ganti baterai Redmi note 3 begaransi toko distributor seperti Bcell/ platinum/ bless tetap tidak boleh, apalagi mau minta jasa root, flash custom rom atau ganti rom abal-abal ke rom Global resmi pasti ditolak, harus cari konter toko tempat reparasi hp yang bisa melakukannya.
Bagi mereka yang pernah menggunakan produk Android Xiaomi beberapa kali dan paham secara detail kelebihan dan kekurangannya, ketika hendak membeli handphone baru lagi, kemungkinan besar akan memilih produk bergaransi resmi contohnya TAM dibanding garansi distributor lain. Namun tidak demikian untuk mereka jika baru pertama kali membeli merk ini karena tidak semua tahu perbedaannya.
Untuk menghindari masalah dikemudian hari, jika pembaca berencana membeli handphone baru merk Xiaomi, pertimbangkan beberapa tips dari kami dibawah ini, apa saja perbedaannya, pilih harga lebih murah garansi toko atau distributor resmi dengan garansi service center resmi juga?
Secara garis besar Xiaomi memiliki 3 merk line up handphone berbasis Android OS untuk pasar resmi Indonesia.
- Mi : ditujukan sebagai handphone flagship Premium (kasta tertinggi).
- Redmi : memproduksi hape Android dengan harga kelas menengah bawah
- Poco : produksi Handphone spesifikasi Premium dengan harga murah
Bagaimana dengan merk Blackshark? ini bukanlah produk Xiaomi, mereka hanya terlibat dalam hal investasi di merk tersebut. Lihat saja os Android yang digunakan bukanlah MIUI. Untuk peredaran handphone resmi Xiaomi dapat dibeli melalui toko-Mi Store dikota-kota besar terdekat dan melalui beberapa jalur distributor. Hanya 3 distributor yang membuat nota kesepakatan dengan pihak xiaomi sehingga mendapat prioritas garansi di tempat servis resmi yaitu:
- PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO)
- PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA)
- Teletama Artha Mandiri (TAM)
Selanjutnya dalam komunitas semua produk dari 3 jalur distribusi tersebut diatas dikenal sebagai Xiaomi resmi, dan akan mendapatkan layanan langsung garansi di semua jaringan Authorized service center. Namun banyak juga distributor lain namun tidak ditunjuk secara resmi oleh pihak Xiaomi seperti WII, Win, BBM, Bcell, Bless, Platinum dll turut menyuplai ketersediaan merk ini di banyak toko baik online maupun offline. Nah selanjutnya dalam komunitas dikenal sebagai Handphone Distributor atau garansi toko. Salah satu ciri nya harga lebih murah namun meski terlihat menggunakan rom MIUI global tetapi tidak asli alias sistem Fake/ abal-abal sehingga tidak bisa update dan banyak iklan.
Meskipun handphone dari berbagai distributor tersebut secara hardware device sama-sama asli/ ori dan biasanya dijual dengan harga lebih murah membuat sebagian pembeli memilih produk ini meskipun sudah paham. Artikel ini kami tulis bagi yang belum paham kelebihan dan kekurangannya yaitu tidak menggunakan Firmware Global (abal-abal) dan tidak akan mendapatkan layanan di Authorized service center Xiaomi. Umumnya pihak penjual / toko hanya menyampaikan kalau garansi resmi (misalnya TAM / Erajaya) bisa klaim di semua tempat service resmi di kota-kota terdekat. Misalnya beli di Jakarta ketika rusak boleh klaim garansi di Denpasar. Sedangkan non resmi (contoh Bless/ Platinum) jika mengalami masalah/ rusak hanya bisa klaim di toko tempat kita membeli. Nah sebaiknya pilih beli yang mana?
Alamat Service Center Resmi Xiaomi Bali
Untuk wilayah kota Denpasar dan kota terdekat sekitarnya ada 2 tempat service center resmi yaitu:
Xiaomi Exclusive Service Centre :
Alamat: Jl. Teuku Umar No.74XX/121, Dauh Puri Klod, Kota Denpasar Bali 80114
Xiaomi Authorized Service Center
Alamatnya di Jl. Diponegoro 135-137 Kavling No.3, Dauh Puri Klod, Kota Denpasar, Bali
Kebijakan Service Center Resmi
- Tidak melayani Handphone Xiaomi klaim garansi distributor selain TAM Erajaya dan Trikomsel.
- Dilarang melakukan transaksi apapun baik itu menjual sparepart service, accessories bahkan komponen baterai untuk handphone Xiaomi tidak resmi.
- Tidak melayani perbaikan handphone rusak/ flash ROM Software/ Bootloop dari produk distributor tidak resmi seperti Win, BBM, Bcell, Bless, Platinum.
Jadi jika pembaca memiliki Handphone Xiaomi garansi distributor tersebut, kemudian mengalami masalah baterai drop tidak akan boleh beli komponen sparepart baterai di servis center resmi. Demikian halnya jika layar handphone retak atau rusak hardware seperti aisi kena air mati, restart, touchscreen error termasuk masalah kerusakan software/ bootloop terpaksa harus memperbaiki di tempat jasa service konter handphone lain sebagai alternatif untuk membetulkan dengan cara di instal ulang sistem atau flash ROM.
Satu hal lagi perlu diperhatikan berdasarkan pengalaman kami ngeflash handphone, bahwa cara ganti rom abal-abal ke global resmi tidak lagi semudah dahulu. Pertama harus Unlock Bootloader terlebih dahulu, kemudian diperlukan pembongkaran casing untuk melakukan test point agar bisa masuk ke download mode EDL. Soalnya sudah banyak pemilik dari jaman awal dulu namanya masih hape Hongmi, kemudian redmi 2, Mi4c, Redmi Note 5 (Plus) hingga Mi 8SE rusak software/ bootloop di bawa ke tempat servis kami untuk menggunakan jasa flash ganti ROM resmi Global.
Satu hal lagi perlu diperhatikan berdasarkan pengalaman kami ngeflash handphone, bahwa cara ganti rom abal-abal ke global resmi tidak lagi semudah dahulu. Pertama harus Unlock Bootloader terlebih dahulu, kemudian diperlukan pembongkaran casing untuk melakukan test point agar bisa masuk ke download mode EDL. Soalnya sudah banyak pemilik dari jaman awal dulu namanya masih hape Hongmi, kemudian redmi 2, Mi4c, Redmi Note 5 (Plus) hingga Mi 8SE rusak software/ bootloop di bawa ke tempat servis kami untuk menggunakan jasa flash ganti ROM resmi Global.
Baca juga:
Kelebihan lainnya adalah semua pengguna HP distributor resmi dapat menikmati layanan purna jual baru yaitu jaminan garansi servis dalam 7 hari selesai. Untuk handphone Android seri tertentu akan mendapatkan tambahan periode garansi lebih lama menjadi 15 bulan berlaku di seluruh di Indonesia. Secara umum produk Handphone Xiaomi terbaru memiliki garansi kerusakkan selama 12 bulan (1 Tahun) sama seperti merk lain, tetapi akan mendapatkan bonus garansi tambahan selama 3 bulan lagi. Tadinya hanya 12 bulan menjadi 15 bulan. Caranya adalah dengan mendaftarkan perangkat tersebut pada halaman situs di link ini http://buy.mi.com/id/registration
Dimana Beli Produk Xiaomi Ori Garansi Resmi?
- Xiaomi telah menunjuk 2 toko penjualan resmi secara on-line yaitu Shopee dan Lazada sebagai Official Store.
- Untuk pembelian Off-line dapat melalui Authorized Mi Store maupun konter/Toko penjualan Handphone ternama yag tersebar di setiap kota terdekat di mana pelanggan berdomisili.
Alamat Mi Store Denpasar Bali Jl. Teuku Umar No.99, Dauh Puri Klod, Kota Denpasar, Bali 80113
Berbagai produk xiaomi original terbaru dapat di beli di Mi Store Denpasar Bali, selama produk tersebut memang secara resmi beredar dipasarkan di Indonesia. Mulai dari Handphone Android 2019 dari Redmi Note 5 Plus, Redmi Note 7 hingga Mi8, Power Bank, Mi Band, Speaker, Televisi, aksesoris dan lain-lain. Asal jangan mencari seri handphone tidak resmi kesini seperti Mi Max, Redmi 6 pro, Mi8SE, Blackshark atau Laptop Mi Notebook Air, ya tentu saja tidak akan jual dan tidak bakal ada di toko resminya.
Meskipun harga handphone distributor tidak resmi lebih murah, ada banyak keuntungan jika membeli handphone resmi bukan? Tentu pilihan di tangan pembeli, namun posisi kami tidak bisa melarang namun lebih sebagai saran saja: agar tidak repot mesti cari konter yang bisa ganti baterai, perbaiki layar pecah, flash rom bawaan toko ganti ke Firmware Android resmi versi MIUI Global dan bisa mendapatkan layanan garansi di tempat service center Xiaomi jika handphone rusak, jadi pastikan bahwa pembelian handphone dari distributor TAM, Erajaya atau Trikomsel, bukan lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.