Handphone Paling Laris

Handphone Android merk apa paling laris di Indonesia? Hampir semua merk mulai Asus, Samsung, Oppo, Lenovo, Advan, Smartfren dan Xiaomi sudah memiliki fitur 4G/LTE. Sebagai negara dengan jumlah pasar terbesar ke 3 setelah Cina dan India, Indonesia menjadi target penjualan puluhan merk vendor penghasil Handphone. Ketika pasar handphone Android dibanyak negara maju mencapai titik jenuh, di Indonesia justru masih bertambah. Salah satu faktor adalah teknologi sinyal 4G masih terhitung baru di Indonesia membuat pasar handphone terbaru dengan sinyal 4G bertambah. Masih banyak pengguna belum berpindah ganti handphone dengan fitur sinyal 4G. 

5 Handphone Android Paling Laris di Indonesia
handphone paling laris
Berdasar data resmi terakhir dari IDC (International Data Corporation), tercatat ada 2 merk paling laris dan berhasil menguasai pasar smartphone di Indonesia yaitu Samsung (Korea Selatan) dan OPPO (China). Gabungan kedua merk ini menguasai 45 persen pasar penjualan handphone di Indonesia. Di peringkat 3 ada Asus (Taiwan), diikuti Advan diposisi ke 4, satu-satunya merk lokal Indonesian yang berhasil menembus posisi 5 handphone Android terbaru paling laris dan terakhir peringkat ke 5 Lenovo.

Samsung smartphone tidak hanya paling populer di Indonesia, tetapi juga pemimpin global, mengalahkan iPhone Apple. Jaringan service center dan Brand image sudah berhasil dimiliki oleh merk Samsung bahkan di skala international. Menarik disimak adalah keberhasilan OPPO melampaui Xiaomi bahkan menjadi handphone paling laris ke 2 di Indonesia sebagai hasil perjalanan panjang berbagai bentuk promosi dan iklan dengan melibatkan aktor-aktris lokal terkenal di tanah air. Pertumbuhan OPPO juga dapat dikaitkan dengan keberhasilan membaca karakter pengguna handphone di Indonesia yang hobi selfie dengan slogan 'Camera Phone'. Lihat saja handphone Oppo N3 yang hadir dengan inovasi kamera berputar otomatis hingga 206 derajat sehingga kamera belakang dapat berfungsi untuk 'selfie'. Kemudian membuat fitur kamera depan lebih besar dari biasanya seperti handphone Android F1 dan F1 Plus.

Investasi jaringan penjualan ritel offline, sarana tempat servis,kemudahan software seperti download dan cara flash ROM serta pembangunan pabrik juga menjadi kunci sukses OPPO meningkatkan penjualan ketika merk lain terganjal peraturan pemerintah mengenai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) bagi penjualan handphone terbaru Android dengan sinyal 4G di Indonesia.

Tiga handphone Android terbaru paling laris lain Asus, Advan dan Lenovo adalah merek populer di Indonesia karena mereka menawarkan harga terjangkau. Handphone sinyal 4G dengan harga murah masih menjadi daya tarik untuk konsumen Indonesia. 
Zero Sum Game
Dalam kondisi kejenuhan pasar, penambahan penjualan merk tertentu berarti mengurangi pemasaran merk lain. Sukses handphone Oppo selfie F1 berhasil menyumbang lebih dari 30% total penjualan handphonenya. Salah satu korban penurunan penjualan adalah merk Samsung meskipun masih menduduki peringkat pertama. Tidak tinggal diam Samsung mengubah spesifikasi Seri A edisi 2017 menjadi handphone Selfie juga, lihat saja perubahan spesifikasi baru kamera depan Samsung A5 dan A7+ seritifikasi IP68 anti air dan anti debu. Samsung membuat handphone selfie serie A edisi 2017 dengan memiliki.nilai plus anti debu dan air  cocok untuk kondisi Indonesia sebagai negara tropis dengan curah hujan tinggi, mengingat banyak handphone rusak kena air.

Penurunan pasar Xiaomi. Fenomena andalan Xiaomi melalui penjualan online tanpa iklan sehingga harga handphone menjadi murah nampaknya sudah mencapai titik maximum. Kita simak ke depan apakah Xiaomi setelah memenuhi aturan TKDN Kominfo dengan mendirikan pabrik di Indonesia akan mampu menyediakan layanan penjualan toko offline dan ketersediaan alamat tempat servis handphone Xiaomi seperti merk pesaingnya namun tetap mempertahankan harga murah. Atau mungkin pembuatan sendiri chip processor yang sudah diterapkan pada handphone Mi5c dengan procesor buatan sendiri 'Surge S1' dapat mendongkrak penjualan seperti terjadi pada merk Huawei dengan CPU 'Kirin'-nya.

Patut diingat bahwa data penjualan diatas adalah data resmi, sedangkan kita tahu bahwa banyak handphone Xiaomi Redmi dan MI justru lebih laris dijual melalui disributor tidak resmi. Besar kemungkinan angka riil jumlah peredarannya lebih tinggi dari data tersebut.

Bagaimana dengan handphone terbaru merk lokal Smartfren Andromax dimana sebelumnya selalu diatas merk advan, bahkan di tahun 2014 berada di posisi 2 setelah Samsung, kini harus turun tahta dari posisi 5 besar handphone terlaris di Indonesia. 
Daya tarik setiap merk handphone berbeda, ada yang mengandalkan performa, kecepatan Internet 4G, fitur camera dll hingga harga murah. Jika diperhatikan ada kesamaan dari ke 5 merk handphone Android terlaris diatas. Yaitu tersedianya tempat service center, alat flash serta link download firmware jika terjadi masalah rusak software di handphone. Hal ini tidak dimilik beberapa merk lain seperti ZTE, Hisense dll termasuk Andromax smartfren. Selain masalah sinyal 4G, masalah software yang menyulitkan pengguna menurut dugaan kami menjadi salah satu faktor menurunnya minat beli merk ini. Tidak semua pengguna tinggal dekat dengan alamat service center, kemudahan link download rom/ akses software dapat mempengaruhi minat beli. Xiaomi, Asus, Samsung, Oppo, Lenovo termasuk baik dari sisi Software dengan menyediakan link download  Firmware/ROM.

Handphone Android bisa rusak karena hardware namun lebih banyak penyebab masalah karena software. Kemudahan akses tempat servis, link download ROM dan cara flash dapat menjadi faktor ketertarikan pengguna membeli merk handphone tertentu. Keterkaitan sukses pemasaran handphone paling laris tidak hanya ditentukan spesifikasi perangkat hardware/ fitur yang baik saja tetapi juga software seperti mudahnya link download ROM+cara flash jika rusak bootloop. Semua merk Handphone Android terbaru paling laris: Samsung,Oppo,Asus, Advan dan Lenovo memilik alamat servis resmi dukungan software yang baik. 

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.