Mengatasi Android Bootloop

Android bootloop adalah masalah yang sering terjadi pada ponsel/ tablet android. Apa itu bootloop pada android? Istilah handphone gagal booting adalah sebuah masalah kerusakan system pada android dimana device gagal startup ditekan tombol power tidak mau menyala full hingga menu dan berhenti di logo merk android saja tidak mau masuk ke menu home itulah pengertian bootloop
tempat servis oppo lenovo asus xiaomi advan jl drupadi
Penyebab android bootloop ini bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya ponsel/ tablet kena virus, internal rom habis/terlalu banyak aplikasi, gagal upgrade system atau mengggunakan rom firmware yang salah, sehingga pada saat handphone di restart, maka yang terjadi adalah munculnya tulisan android atau logo merk ponsel saja (axioo, asus zenfone, cross, lenovo, oppo, movimax, imo, advan, cyrus, htc, beyond, acer, lenovo, LG, samsung, Xiaomi, samsung clone/copy iphone replika) dan berhenti disitu saja.  
handphone laptop android

Cara mengatasi android bootloop berbeda-beda, namun efektif untuk handphone rusak software,asal bukan ic emmc rusak. Banyak yang salah mengerti apa itu Android bootloop, sehingga handphone rusak hardware tapi dikira rusak software, lalu flash malah mati total atau di pencet tombol power hanya bergetar saja. 

Jadi penting juga membaca artikel kami disini secara lengkap.
android rusak

Cara Mengatasi Android Bootloop
PENTING! Bali service computer menyarankan untuk tetap tenang dan sabar. Dalam banyak kasus, cara untuk mengatasi bootloop di android yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Sangat penting untuk mengetahui penyebab android bootloop agar dapat mengatasinya dengan benar. Kadang-kadang kita terlalu gegabah dan terburu-buru dalam mengambil tindakan pada saat pc tablet android kita bermasalah. Mungkin karena dalam kondisi panik sehingga kita akan langsung mencari cara untuk mengatasi bootloop dari suatu sumber, dan tanpa berpikir panjang langsung mempraktekkan cara tersebut tanpa memperhatikan penyebab dan jenis hanphone/tab pc android yang digunakan. Belum tentu cara tersebut sesuai dengan type android kita bahkan hal ini akan sangat beresiko memperburuk masalah kerusakan pada handphone kita.
cara mengatasi android bootloop
Untuk memperbaiki hanphone android bootloop (tidak mau masuk ke menu), sebaiknya kita ingat terlebih dahulu apa penyebab bootloop pada ponsel android kita. Selain itu, kita juga harus mengetahui jenis-jenis bootloop pada android karena ini akan sangat menentukan langkah apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi bootloop android. Berikut ini adalah beberapa jenis bootloop pada android:

Macam-macam Bootloop Android:
(Cara yang kami ulas disini untuk mengatasi masalah handpohone rusak software/system-nya, bukan kerusakan ic rom,nand flash/emmc).
  1. Android Light Bootloop. Ini merupakan bootloop yang paling mudah diatasi. Light loop ini biasanya terjadi pada penggunaan ponsel tablet pc android dalam keadaan pemakaian normal, lupa password, kunci pola, kebanyakan install apk aplikasi memory handphone penuh, main game namun tiba-tiba saja saat restart dan dinyalakan android bootloop hanya berhenti di logo merk saja, dan kita yakin tidak meng-operk android apalagi sampai masuk kedalam system merubah file maupun recovery mode pada android.
  2. Android Medium bootloop. Medium bootloop terjadi karena pengguna mencoba mengutak-atik/oprek sistem android dengan cara root. Medium bootloop ini masuk kedalam kerusakan tingkat menengah karena meskipun tidak mau masuk ke menu, handphone/ tablet android  masih bisa dinyalakan dan masih bisa masuk kedalam recovery mode.
  3. Android Hard bootloop. Hard bootloop atau lebih tepatnya hardbrick (baca android bricked) adalah tingkatan bootloop yang paling berbahaya karena kita melakukan modifikasi file os android sehingga tidak bisa booting ponsel android kita dan yang muncul hanya logo android atau logo merek ponsel saja. Biasanya terjadi pada pengguna yang sudah melakukkan rooting dan melakukan modifikasi script misalnya mengubah font, edit file vold.fstab mengubah memory internal ke external/ micro sd, menghapus aplikasi bawaan yang merupakan bagian system dengan titanium backup, salah instal CWM atau salah flash update rom, kernel dll. Untuk masuk ke recovery mode tidak akan bisa pada tingkatan hard bootloop android seperti ini. Ini memerlukan usaha khusus disertai pengetahuan lebih untuk mengatasi hard bootloop android karena biasanya disertai keadaan baterai sudah tidak mau dicharge lagi (hardbrick).
tablet axioo picopad rusak
Nah, setelah mengetahui macam-macam bootloop yang terjadi pada ponsel android, maka sekarang saatnya kita untuk tahu cara mengatasi masalah bootloop pada phone/ tablet pc android kita. Berikut ini adalah cara bali service computer untuk mengatasi bootloop yang terjadi pada pasien handphone/ tablet android di tempat jasa ngeflash firmware/ROM kami di Denpasar, dibahas berdasarkan jenis bootloop:

Cara mengatasi Bootloop di Android
tablet axioo rusak
  • Android Light bootloop. Untuk mengatasi bootloop yang terjadi pada android karena penggunaan normal, biasanya kita hanya perlu factory reset/hard reset. Selain itu ada yang diseboot 'cold boot', yaitu dengan cara melepas baterai yang ada pada pc tablet-handphone android kita. Biasanya masalah light bootloop akan segera teratasi pada saat kita memasang kembali baterai ponsel dan menyalakannya kembali. Pada jenis ponsel lebih mudah melakukannya, biasanya cukup membuka case belakang, namun pada type tablet atau handphone type baterai tanam agak sulit, selain membongkar case perlu juga untuk melepas baterai yang disolder permanen pada mainboard. Lihat disini contoh cara buka casing tablet andromax smartfren.
  • Android Medium bootloop. Untuk mengatasi bootloop pada level medium ini diperlukan laptop os windows + rom backup atau download firmware yang sesuai. Jika belum pernah membuat backup rom, maka kita memerlukan file recovery/boot image dari pengguna lain yang type androidnya sama dan merestore-nya atau menggunakan cwm recovery atau fastboot (untuk type Xiao andromax yang menggunakan chipset cpu MSM qualcomm snapdragon),lihat contoh mengatasi bootloop andromax smartfrenHandphone dengan chip Mediatek (MTK) tersedia aplikasi flashtool. Cukup banyak handphone bisa mengunakan cara ini, seperti Oppo, lenovo, advan, cross/evercoss, samsung clone replika, iphone copy, contoh kasus baca disini mengatasi phone android mito yang bootloop tapi tidak ada link download firmware. 
cara instal android

  • Android Hard bootloop. Untuk mengatasi hard bootloop, (android bricked) kita memerlukan software yang tepat pada laptop dan teknik khusus dalam mengatasinya. Dalam kasus tertentu, untuk mengatasi kerusakan system android kita perlu melakukan instal ulang os android atau yang umum di sebut cara flashing rom/firmware dikomunitas ini. Cara flasing perlu mnggunakan komputer/ laptop, toolm driver dan proses flash mod edownload android ini juga berbeda-beda, umumnya diklasifikasikan berdasarkan penggunaan chpset cpu tablet/ phone android. Pada kasus hard bootloop android penting untuk mengetahui jenis hardware yang digunakan. Misalnya:
tempat servis handphone bootloop
Cara perbaiki software error Handphone Oppo
  1. Handphone android menggunakan cpu MTK/ Mediatek seperti beberapa samsung replika, copy. iphone clone HDC, imo, oppo, lenovo, mito, advan vandroid, xiaomi, htc android dll perlu menggunakan alat bantu flashing tool (lihat gambar diatas). Contoh seperti SP flash tool untuk CPU MTK 
  2. Untuk merk android terkenal biasanya disediakan tool flashing khusus. Seperti Handphone LG dengan KDZ Tool, HTC bootloop dengan download RUU sesuai kode CID, ZTE Tab Light dengan Sales_MultiDL, Samsung Galaxy Tab, J, S, Note bisa menggunakan alternatif cara flash ODIN atau Heimdall. MiFlash tool untuk hp Xiaomi semua type, redmi, note dan MI.
  3. Sedangkan untuk mengatasi bootloop android tidak mau menyala dan tidak bisa masuk ke menu pada tablet dengan chipset cpu Allwinner A10, A13 seperti cyrus pad, treq basic, imo z 5, speedup, websong dll bisa menggunakan livesuits.
  4. Masih ada cara flashing rom Allwinner dengan micro sd menggunakan bantuan software tool Phoenix card
  5. Cara mengatasi Asus Zenfone bootloop bisa menggunakan Droidtool/ fastboot.
  6. Untuk Smartfren Androtab, tabulet Troy, cube dan hand phone/tablet android lainnya yang memakai type cpu RockChip gunakan software flashing firmware dengan  RK BatchToolSedangkan handphone Andromax chip Qualcomm biasanya dapat menggunakan TF update.
  7. Handphone Xiaomi Redmi memiliki fitur upgrade dan downgrade via recovery.
  8. Alternatif lain, beberapa teknisi tempat service phone-tablet android ada yang tahu cara membuat custom rom (porting rom) yang cocok untuk mengatasi android bootloop dengan custom recovery TWRP.
Bahaya Salah ROM
Ketika mengatasi android bootloop dan terjadi salah link download firmware dalam beberapa kasus tool flashing akan berhenti proses. Contoh pada HTC bootloop akan muncul error RUU
htc bootloop download ruu sesuai cid
Atau pada tablet android allwinner seperti beyond tab setiap flashing maka Livesuits upgrade fails dengan code Livesuit error 0x162, yang artinya firmware tidak sesuai.
allwinner bootloop wrong cwm
Jika yang terjadi seperti hal tersebut diatas, masih beruntung, karena dalam beberapa kasus flashing berjalan sukses namun saat menyala touchscreen tidak berfungsi, layar gelap dll. Bahkan bisa terjadi resiko hape mati total gara-gara salah flash.
Android bootloop + salah Firmware = Hardbrick

Berbeda dengan bootloop, Hardbrick berarti handphone android mati total, tidak bisa dicas dan tidak lagi bisa di flashing biasa. Hardbrick atau masalah ic emmc handphone rusak akan gagal diflash, perlu metode lain seperti contoh dalam artikel kami samsung galaxy mati dengan cara jtag. Disini kami sudah memperingatkan resikonya ya, berhati-hatilah jika ingin mengatasi sendiri.

Singkatnya cara mengatasi bootloop disesuaikan dengan type chipset cpu device, jangan menggunakan livesuits untuk atasi andriod bricked pada handphone Samsung, atau Andromax Smartfren yang pakai cpu Qualcomm malah pakai SP Flashtool yang hanya cocok untuk chip MTK. 

Tempat Download ROM-Firmware
Handphone merk terkenal LG, Samsung Galaxy, HTC, Lenovo, Asus Zenfone, Sony, oppo, xiaomi Redmi biasanya menyediakan situs link download rom/ firmware original (disebut stock rom) sehingga cukup mudah dicari, namun untuk hanphone tablet merk lokal buatan china dan iphone clone-copy-samsung replika link download rom-firmware sulit di cari. Belum tentu tersedia di service center. 

Solusinya adalah dengan berkunjung di forum (misal kaskus lounge atau xda-developer) untuk mencari backup rom/ firmware type yang sama untuk mengatasi bootloop android kita. Jika link download firmware tidak tersedia mungkin kita dapat menggunakan firmware atau (custom) rom merk lain dengan spesifikasi hardware mirip. Sangat dianjurkan pemilik handphone memiliki rom backup, baca disini cara membuat backup rom
android rusak
Selalu ada resiko rusak lebih parah jika kita harus melakukan flashing firmware dengan merk android lain, baca juga disini cara kami flash tablet speedup bootloop dengan firmware yang mirip. 
samsung clone bootloop hp replika iphone kena virus
Pilihan serupa dihadapi pengguna Handphone Clone Replika/Copy, baik type samsung maupun iphone, karena tidak ada link download firmware resmi. Sudah banyak handphone replika yang dibawa ke tempat servis kami sulit diperbaiki karena sudah mati akibat salah flash rom oleh pemiliknya, misalnya cuma bootloop masih muncul logo seharusnya lebih mudah. Jadi jika mau flash sendiri bersiaplah untuk menghadapi resiko tambah rusak, termasuk waktu yang terbuang bisa hitungan jam atau hari, serta uang pulsa modem data internet untuk download rom, bukan hanya dengan ukuran ratusan megabyte (MB). Rom iphone-samsung replika sering perlu download beberapa firmware hingga belasan giga sampai dapat paling cocok. Apakah ini sebanding untuk mengatasi bootloop handphone android atau lebih baik di bawa ke tempat service handphone? Semua bergantung pilihan pengguna untuk cara mengatasi android bootloop.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

233 komentar:

  1. Kita service tablet di denpasar gan, JL.Drupadi XIV gang I no 2, dari art center/ smk 4 ke selatan

    BalasHapus
  2. Gan gimana cara balikin ke settingan pabrikan soalx ane coba'' root ha vanera prime 902 sesuai tutor root/superuser agar bisa muat sedikit lebih banyak game untuk anak saya, malahan jadi ngeblank.

    hp nyala layar hitam nggak ada tampilan apa''

    please help me..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aneh, kalau proses root jarang sampai bootloop gan, kalau rubah external ke internal android bootloop banyak. yang begini kalau tidak buat backup harus diinstal ulang androidnya/ flashing rom ori/mirip

      Hapus
  3. baca artikel, sesuaikan dengan penyebab bootloop,
    jika harus flashing pakai SP flash tool, cara flashing Tablet MITO T720 prinsipnya sama dengan keterangan yang ada di dalam link download di atas
    agar bisa digunakan buat dahulu scatter file dari android pribadi agan

    BalasHapus
  4. mau tanya. galaxy pocket ane masih bisa digunain, tapi kalo baru dinyalain, menscan medianya berulang ulang & layar jangan sampe mati sampe menscannya selesai, baru bisa digunain ... gimana ya supaya normal lagi..??

    hehe.. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lepas aplikasi yang tidak diperlukan dan gunakan micro sd sesuai spesifikasi android samsung, jika masalah ini dibiakan system ui akan berhenti

      Hapus
  5. custom rom yang cocok atau mirip dengan mito t970 apa ya um .. hh saya hard bootloop nih um, mksh atas jawabanya..

    BalasHapus
  6. saya sendiri sedang tidak pegang phone mito yang bootloop jadi belum tahu custom rom mana yang benar-benar cocok untuk mito t970, agan coba ke xda developer forum

    BalasHapus
    Balasan
    1. backup stock romnya udh dapet, tp msh ada kendala nih um, sepertinya di scatternya,.. :pushing:

      Hapus
    2. sebaiknya buat scatter file mito agan sendiri, kalau salah ngambil dari internet resiko android bootloop jadi bricked. cara buat scatter file mito konek ke laptop, pakai adb ketikan perintah
      adb shell
      cat /proc/mtd
      cat /proc/mtd > /sdcard/firmware.info
      simpan scatter ke micro sd biar mudah waktu akan di loading
      kalau susah bisa juga buat scatter file pakai mtk droid tools
      terserah mana yang bagi agan lebih mudah

      Hapus
  7. gan ane mau tanya nih kalo tablet beyond b tab 1 blank ga ada layar alias hitam, bgitu ane instal cwm nya dan begitu bgitu di upgrade ke jb jdi blank...kira2 tabnya msih bisa di perbaiki ap ga gan,,,,!?? skrang matot ga nyala sma skali,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu android blank/ mati waktu instal cwm atau waktu instal jelly bean? lalu agan dapat rom jb dari mana?

      Hapus
  8. maaf,sy mo tanya dimana tempat stock rom imo tab y7?trima kasih

    BalasHapus
  9. Gan punyaku mito t720 untuk dowmload applikasi selalu berhenti sampek loading doang,,thank

    BalasHapus
  10. bos tanya donk, imo z6ku boot loop gmna caranya biar gk ky gt lg ya boz

    BalasHapus
    Balasan
    1. tablet bootloop karena konflik apk selalu mungkin terjadi karena pembuat aplikasi itu orang banyak bukan hanya google team, namun akan semakin sering terjadi jika perilaku pengguna yang ceroboh, jika pemakain+aplikasi+game wajar dan proporsional android jarang bootloop. gunakan aplikasi dari sumber resmi sesuai spesifikasi tablet.

      Hapus
  11. Blow gimana ya cara menyambungkan tablet advan T1_E hard bootloop USB ke laptop lenovo

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya kalimat 'tablet advan T1_E hard bootloop USB' itu apa?
      koneksi semua merk tablet ke semua merk laptop pakai kable data usb

      Hapus
  12. kalo bootloop buat andromax C yang baru gimana ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. -Secara prinsip mengatasi bootloop sama untuk semua type, hanya rincian masing-masing langkah berbeda
      -misalnya perlu flashing rom maka cara flashing smartfren andromax c berbeda dengan cara flashing smartfren andro tab
      -Untuk rincian masing-masing silahkan baca artikel kami yang membahas topik tsb.

      Hapus
  13. b tab 1 ane booting terus,,, gx msuk" nie,,,, bsa ksih solusi gx?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nulis artikel susah loh, tolong dibaca, kan sudah saya tulis solusinya

      Hapus
    2. iya ni,, q kurang paham ma arikel yg dh diulis.. masalahnya campur jadi satu... buat artikel lg dunk yang khusus buat mengatasi b tab 1 yang bootlopp..

      Hapus
    3. beyond b tab 1 bootloop cara atasinya juga bisa 10 macam, masa saya harus buat 10 artikel khusus beyond? jangan ngarep ga ada yang bayar saya, beyond bootloop paling masalah dibikin sendiri karena salah cwm di beyond kan? tak ada cara instant makanya belajar, tak mau bingung bawa ke tukang service

      Hapus
  14. Brother ane ada masalah dengan advan T1E, kondisi sudah root, waktu ane install game setelah itu meminta restart dan setelah ane restar screen menjadi blank lama sekali, sampai ane tekan power juga gak ada reaksi apapun, begitu juga ane charge gak ada reaksi juga, mohon solusinya....... Thanks

    BalasHapus
  15. cara mengatasi hard brick samsung galaxy note 2 mt6575 replika

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara sama pakai cara chip mtk, tapi kalau replika samsung galaxy sulit cari romnya. harus download firmware dan coba 1 per satu sampai dapat yang cocok (siapkan pulsa modem unlimitted). saran kami bawa ke tempat service android saja agar di buat portingannya.

      Hapus
    2. Anonim05:30

      Kalo ditmpat agan bsa bnerin replika?

      Hapus
  16. Gan mau nanya kqn tablet acer a501 gue booting gak mau masuk kemenu stop di logo android trus, apa harus di recovery atau ganti motherboad ? Soalnya OS nya udqh di upgrade ke 4.3 ? Mohon solusinya.. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. tablet acer bootloop bisa di flashing, kalau rom upgrade masalah ya di downgrade. gunakan stock firmware resmi dari acer

      Hapus
  17. raswadi21:17

    Klo axioo picopad 10" aku ada mslah stiap aktifin bloetooth slalu restart sdri trs cma berhnti clock aja ga mau masuk menu.mu hard reset melalui recovery mode yg muncul malah bus china.yg AQ tanyakn apa picopad Ku ada yg rusak hardwarnya atau cma softwar nya aja.trs klo my mask recovery mode g mna ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang rusak mungkin bluetooth korslet atau baterai lemah, kami bingung dengan istilah 'berhenti clock aja' dan 'muncul bus china' maksudnya bagaimana?

      Hapus
    2. raswadi08:22

      He he..maaf slh nulis mas. Bgni mas picopad saya lg bootloop cuma berenti di logo Aja trs klo mu hardresetnya g mana mas. aku sdah tahan tmbol power + vol up to yg mncul cuma bhsa china

      Hapus
    3. tombol reset berbeda-beda untuk setiap tablet, prinsipnya itu kombinasi salah satu tombol lain+power dicoba-coba saja saya tidak ingat semua (ada ratusan merk) dan diingat bahwa tidak semua android tersedia factory reset perlu instal cwm terlebih dahulu

      Hapus
  18. Min saya punya samsung tab 3 sering macet setiap 2 hari , setelah macet langsung saya restart aja pake tombol power di tahan , masi normal gak kirakira ?Ato prlu di sevice ? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau samsung sering hang jelas tidak normal, cara mengatasi kurangi aplikasi yang selalu running atau flash ulang, jika belum pernah hubungi service center agar aman

      Hapus
  19. Mas, cara flash advan S5E gimana? Punya firmware'nya gk?
    bootloop nie.....
    mohon bantuannya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke service center tablet advan saja gan, soalnya file rom advan vandroid S5E ada 2 file total 400an MB, lagi hemat pulsa nih, mau pulkam akhir tahun, maaf ya belum bisa upload-upload firmware

      Hapus
  20. saya di mataram gan, galaxy mini 2 ane hardbrick kayaknya.. udah ke samsung center tapi di suruh ganti mesin.. mahal gan.. gmana solusinya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. -kalau salah flash rom dan android samsung bricked memang harus ganti mesin di service center karena pasti sembuh 100%, ini berlaku untuk semua merk tablet baik samsung, acer, lg, advan, aixoo dll.
      -solusi lain dengan cara unbrick android menggunakan usb jig-jtag, image flashing dll
      tapi memakan waktu dan proses yang agak rumit untuk dijelaskan disini, tingkat keberhasilannya kecil 50-50.
      -samsung galaxy mini boleh dikirim ke alamat service kami, untuk kami coba atasi

      Hapus
  21. hp advan t1e udh root,bootloop tpi msuk rec/mode bisa
    solsiny gmna nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dipilih factory reset+wipe, tapi kalau advan bootloop karena modifikasi system tidak bisa direset, harus di flash dengan rom advan yang sesuai

      Hapus
  22. Gan mohon bimbinganx donk...
    Saya penguna tablet advan t5b ics uda saya upgrde pakek sp flashtool rom resmi dari situs advan...
    Smentara stock rom ics nya berformat .zip berbeda ama yg jellybean yg berfomat .tar.gz...
    Dulu pada waktu masih pakek ics ane coba stock rom ics yg dari situs resmi advan berhasil tp pas uda d jellybean gagal tanpa keterangan apapun...
    Ane kpikiran apa flashable zip ga bisa d jadiin flashable pakek sp flastool?
    Klo bz mohon bimbinganx gan...

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara rubah firmware tar.gz, (kami) tidak bisa, kalau kami akan kepikiran bukan cara merubah, tapi cara flashing file tar.gz di advan vandroid ;)

      Hapus
    2. Klo cara flashing tar.gzx tingal pakek spflashtool cz pakek mesin mtk advanx...
      Klo gt maksih buat responx mungkin ane coba extrack tar.gzx lalu ane ganti ama yg d .zip satu per 1...
      Kayakx harus k warnet lagi nie ane...
      Thankz gan...

      Hapus
    3. Tablet Advan MTK:
      -yang benar SP Flash Tool (smart phone flash tool) adalah 'salah satu' cara flashing android MTK, bukan satu-satunya,
      -cara flashing lain misalnya via ota (over the air), misal untuk update versi firmware dari ics ke jb, atau dari jellybean ke kitkat
      -ada juga fastboot untuk flash boot boot.img ketika kondisi tablet advan hardbrick
      dan masih banyak yang kami sendiri belum ketahui, nanti kalau ada bahan tablet advan t5b baru kami share ok ;)

      Hapus
  23. Numpang Curhat Bos..!
    sudah 2 minggu ini samsung galaxy mini 2 ( GT-S6500D) saya Bootlop,awalnya sih saya coba2 pasang Cusrom Jellybean kreasi cyanogenmod,sebenarnya sudah berhasil,tetapi pada saat mengunci layar terjadi whitescreen otomatis saya mencabut baterai,Nah permasalahan di mulai dari sini,Pada saat saya hidupkan kembali ternyata booting mentok sampe logo samsung.
    dan pada saat ini HH saya tidak bisa masuk recovery mode dan hanya bisa masuk download mode.

    sudah saya coba beberapa kali flashing sesuai tutorial yg ada tetapi hasil nya tetap tidak bisa memulihkan HH saya.bahkan dengan beberapa pilihan stockrom sekalipun.

    jika boleh tau nama bootlop untuk HH saya ini apa serta cara pemulihan nya bagaimana?

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. -dugaan kami itu hardbootloop karena masih muncul logo samsung, tapi bisa mengarah ke hardbrick (mati total jika salah penanganan)
      -kemungkinan file image boot hilang, dugaan custom rom beda kernel/ merubah partisi.
      -coba pelajari cara menggunakan adb untuk push file boot image original samsung, jika berhasil baru flashing stock rom pakai odin
      -maaf tidak lihat langsung kondisi samsung galaxy mini 2 agan, jadi bersifat dugaan saja solusinya

      Hapus
  24. numpang tnya gan.!! HH ane kan tablet beyond b-tab1 yang bisa bwt telpon. CWM yang cocok bwt HH ane ap g.?!! udah googling sana sini g ada yang cocok.!!
    ane mau modding HH ane takut klo bootlop g ada stock romnya.!!!
    mohon pencerahan dari agan.. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cwm untuk beyond b tab 1 saya tidak tahu juga gan, tidak megang beyond untuk dioprek..
      solusi : kalau takut bootloop jangan beli tablet android yang tidak mau memberikan download rom spt beyond, axioo, mito, imo,cyruspad dll. kami anjurkan beli yang menyediakan link download firmware saja.artinya tanggung jawab mereka..;)

      Hapus
    2. Gitu y gan.?? ehm.. perlu ganti HH klo gitu..
      maksih gan.!!! sangat membantu untuk infonya.!!

      Hapus
  25. Tanya gan.... apakah proses root itu bisa menyebabkan bootloop....dan juga apakah beda os beda juga cara rootnya walaupun type hh sama... misalnya axioo 5 gew os ics dan os jb....thks sebelumnya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. -root tidak menyebabkan bootloop, tapi setalah root itu berbuat apa?, ini yang menyebabkan banyak pasien kami bootloop dibuat sendiri, misal ganti font, salah instal cwm, merubah memory internal ke micro sd dll.
      -cara root umumnya sama baik ics atau jb karena ditentukan oleh type cpu bukan os, tapi berikutnya misal tips untuk ICS spt ganti font,cwm, chainfire 3d diterapkan di jelly bean maka bisa bootloop, jadi bahayanya bukan saat rooting tapi SETELAH ROOT

      Hapus
  26. Help Gan kenapa saat flashing hh, brom error terus, apakah hh nya harus di unroot dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk flashing android tidak perlu root, agar berhasil maka tool+firmware+caranya harus sesuai panduan

      Hapus
  27. kalo android ku cuma muncul tulisan samsung galaxy young gt s5360

    bisa di perbaiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bootloop samsung karena pemakaian wajar bisa diperbaiki, tapi kalau karena salah flashing atau modifikasi (bricked) agak susah dan lama servicenya

      Hapus
  28. maaf nih sebelumnya,
    saya mau tanya,hp saya cross a66 kena bootloop abis install chainfire 3d,
    nah pas saya mau buat scatter saya mengalami kendala,hp saya tidak terbaca di laptop
    saya mau minta tanggapannya agar sukses dan hp kembali normal lagi
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. instal chainfire di jelly bean ya jelas bootloop croos nya. agar sukses jangan praktek baru baca, terbalik, baca dulu baru praktek, nah sekarang pelajari cara flashing pakai mtk flash tool

      Hapus
    2. hp saya cross a66 juga skrg bootloop, masalahnya mau d flashrom tp gak terbaca d PC, ada solusi gak?

      Hapus
  29. Anonim04:50

    adminnya baik banget bagi-bagi ilmu gratis, emang ngga kuatir jadi ngga laku? kalau semua orang bisa cervice sendiri jadi ngga ada orderan dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, baik atau bodoh tuh tukang servicenya ha ha ;D

      Hapus
  30. biasanya berapa harga service android hard bootlop ya?,tolong jawabanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biaya service android hard bootloop relatif bergantung merk dan tingkat kesulitannya, karena definisi bootloop bervariasi, yang parah kalau tidak ada tanda kehidupan (matot), baterai tidak bisa charge itu mirip biaya ganti mesin

      Hapus
  31. Anonim10:58

    saya pakai iphone 5c replika
    terus hpnya hang, dan ga mau nyala lagi
    cuma muncul gambar android dengan tanda seru merah, persis seperti gambar agan diatas
    itu kenapa ya kira2? bisa diperbaiki ga ?
    mohon inponya dong

    BalasHapus
  32. minta tolong gan..
    kalau andromax v saya pernah update software otomatis ke 2.0.3 setelah beberapa hari saya ganti kartu dan mematikan hp dengan tombol power dan sebelum hp bergetar tanda proses selesai saya lepas baterai lalu saya hidupkan kembali dan terjadilah bootloop, saya tunggu hingga 1 jam belum juga masuk ke menu...
    solusinya gimana tuh gan...
    tolong bantuannya terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smartfreen Andromax V bootloop cara mengatasinya:
      -saran kami hubungi service center smartfren klaim garansi, kalau jauh coba sbb:
      1.Cabut baterai lalu pasang, dari posisi mati masuk recovery dengan menekan tombol volume up+vol down+power.
      2. Terus tahan ketiga tombol sekitar 10 detik sampai masuk recovery (gambar robot android hijau) baru lepas semua tombol.
      3. Pilih wipe data/factory reset untuk recovery setttingan pabrik lalu reboot.
      Kalau masih bootloop di flashing dengan download rom andromax v

      Hapus
    2. download rom andromax v 2.0.3 dimana ya download nya? mohon bantuanya

      Hapus
  33. kasih saran buat nyari firmware icherry c70 dong.....susah banget nyarinya

    BalasHapus
  34. mlm mas,.sy punya nexian a5000 trouble mas,,awalnya sy cb flash sendiri karena ada error di signal 3G,..kmungkinan sy ceroboh mempergunakan rom yg sy pikir sm dgn hh nya,..alhasil hh sy blang putih saat di charge,dan gk mau di start,sy cb cr stok rom nya tp gk dpt,barangkali8 ada saran mas,...thanx sebelum nya,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau perbaiki sendiri kan sudah kami tulis, harus siap download firmware bisa bergiga giga. Di sikon spt ini, kamipun juga akan gerilya download rom terus sampai dapat yang cocok. cpu sama, internal rom dan ram sama, resolusi dan ukuran screen sama, pokoknya yang paling mirip.

      Hapus
  35. Sham Puh00:07

    ane di malang gan, LG Optimus Black ane hardbrick kayaknya.. udah ke LG center tapi di suruh ganti mesin.. mahal gan.. gmana solusinya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kirm ke alamat bali service computer, kami usahakan tidak perlu ganti mesin LG

      Hapus
  36. misi gan, ane mau tanya adroid advan s5e ane, udah di root, tp pas instal aplikasi 3D yg buat game ko mlh mati ?? ga kluar layar menu sama sekali, itu kira kira rusaknya parah ga. klo misalkan bisa di perbaiki, tolong dong gan rinciin caranya sama bhan materi yg hrs ane dwonload..... trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika maksudnya chainfire 3 D, ya jelas hp advan akan mati kan itu bukan untuk jelly bean, hanya untuk ICS. Sudah root = sudah jadi super user, seorang super user pasti tahu jalan keluarnya atasi bootloop, brick dll.

      Hapus
  37. Anonim10:09

    gan, kalo buat cpu qualcom snapdragon ada general tool flashingnya ga? kyk cpu lain diatas? hp ane andromax gan.. buat jaga2.. lagi pengen coba buat cwm sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. flashing belum ada, hanya tersedia update, samrtfren andromax sudah bagus tanpa perlu di root. tapi kalau nekad (paham) harus siap hardbrick/ mati total, lihat konetar dibawah contohnya.

      Hapus
  38. mav bli, numpang curhat ane pake LG L1 II pas ganti font hape minta restart ulang tapi cuma sampe logo "LG" turs mati lagi begitu seterusnya, ane coba flash ulang pake file V10C.kdz tapi masih gak bisa juga, tolong solusinya bli
    thx b4.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu kami kalau tool flash hp LG ya pakai KDZ updater, caranya banyak di internet panduannya. kalau susah daripada hanphonenya hardbrick/ mati total sebaiknya ke service center LG saja deh.
      kita bahas juga tidak cukup satu halaman

      Hapus
    2. saya udah pk KDZ apdater tapi ttp kag bisa.
      ok bli thx atas saran dan masukanya, moga tambah sukses yah...

      Hapus
  39. Anonim07:36

    Gan ane punya iphone 5s replika android jelly bean tampilan ios7 , bootlop gara-gara instal chainfire 3d dan sebelum instal chainfire 3d hp uda root. uda saya coba flash ulang tp gak nemu rom yang cocok dan tukang service juga ga bisa, katanya harus cari hp yang sama dan minta backup datanya, apa bener gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. -bukan gara-gara instal chainfire3d, itu gara-gara agan malas membaca, sudah dijeleaskan oleh pihak pembuat chainfire3d itu hanya cocok untuk ics
      -flash dengan download rom firmware yang mirip iphone repilka, sebanyak-banyaknya sampai dapat yang cocok, atau agan hubungi penjualnya mita firmware

      Hapus
  40. stock rom evercoss a7s hello kitty ada gan, py kakak ane matot.. mau diflash sendiri tak bisa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mito tidak pernah merilis stock rom, flash ke service center

      Hapus
  41. Gan ane dapat masalah di cyruspad atom selalu dapat pesan sistem peluncuran di hentikan sampe ga bisa di apa2 in tolong gan bantuanya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusi tinggal instal launcher apk yang lain banyak kok

      Hapus
  42. gan cara flashing SpeedUp pad pro s3 bagaimana y ???,terus bisa tidak diupgrade ke versi jelly bean . tq b4

    BalasHapus
  43. master, tolongin saya, android saya bootloop, spesifikasinya sbb:
    - brand SPC, Seri SPC S3 Revo+
    - Android Jelly bean 4.2.2
    - Procesor ARM cortex dual core 1,2 ghz mt6572
    - Kernel 3.4.5
    - RAM 256
    saya kesulitan menemukan CWM, stock ROM, dan Csutom Rom yang sesuai dengan HH ini, stelah saya browsing browsing, saya rasa blog master ini yang bisa menolong HH saya.
    mohon bantuannya master, terima kasih sebelumnya. kalo punya link downloadnya, tolong dikirim ke email saya aidilasabila@gmail.com, ato di komen disini saja. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca paragraf terakhir, kami bukan vendor SPC, kalau service di tempat kami akan kami carikan link download firmware sampai dapat

      Hapus
  44. pak saya memakai smartfen andromax tab gen 1,,saya punya bootloop dengan gambar android terbedah tidur seperti diatas, udah nyoba masuk recovery mode juga tapi nggk bisa pak,masih stag di situ terus begitu pak.
    mau tanya pak untuk cara ngatasinnya gimana ya pak? kalau samsung saya pakai odin kalau smartfren dengan kasus kya gini saya pakai software apa ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. flashing tablet andromax bootloop chip rk ya pakai rk tool untuk flashingnya, bisa juga metode update via micro sd, cari link download firmware andromax smartfren yang sesuai di internet

      Hapus
  45. Bli, Mito A90 saya bootlop setelah saya instal font changer dan hanya stuck pada logo Mito. Bisa dibantu Bli???

    BalasHapus
    Balasan
    1. di flash dengan firmware mito a90, jika tidak tahu cara flash mito bawa ke tempat service android

      Hapus
  46. Terima-kasih Bli, akan saya coba... :)

    BalasHapus
  47. Nyoba nyoba dulu aja siapa tau berhasil hhe

    BalasHapus
  48. Gan, sya sdah flashing hp tp gagal "error" dn stelah dhidupkan lgi trnyata hp sya tdak mau nyala dn di ces pun tdak bsa. Gmana ya gan..tlong pncerahannya gan?? thax

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah flash jadi bricked=mati total, minta bantuan tukang service android untuk melakukan unbricked/ cara jtag

      Hapus
  49. bang, ane pakai acer z120
    kemaren mindahin aplikasi2 pakai link2sd ke memory
    ane restart tp malah bootloop, tp dicharge bisa
    itu termasuk bootloop yang mana?
    gmn cara ngatasinya
    mohon pencerahannya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu masih android light booloop, cukup flashing dengan stock rom acer nanti normal asal jangan salah flash seperti komentar diatas, berakibat brick mati total. kalau paham silahkan flash sendiri, kalau tidak minta bantuan teknisi, jangan hemat rupiah malah jadi parah

      Hapus
  50. Gan cara mengatasi smartfren andromax v 2 yang bootlopp ringan????

    mohon infonyaa gan

    thanksss sblumnyaaa....... hpq skarang mati total

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau hp smartfren andromax v bootloop ringan cukup factory reset bisa kok

      Hapus
  51. Tanda Robot ijo kebuka dadanya apa itu? Muncul di hp gwe mito a90. Apa itu bootloop? Gwe copotin langsung batre hp gwe. Langsung berfungsi lgi hp gwe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, berikutnya charger baterai mito sebelum ada perintah (jangan tunggu habis) agar tidak terulang bootloop

      Hapus
  52. kalau hp dinyalain cuma muncul gmbar mito t970 ,,,itu gimana gan ,,?

    BalasHapus
  53. gan minta bantuannya dong hp saya LG Optimus P705 , dan kendala saya ada pada nomer 2 saya gagal custom room :(
    minta bantuannya dong gimana cara nya, saya msh newbie soalnya :(
    please help me :( :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesalahan selanjutnya mengakibatkan hp lg optimus bricked/mati total, jadi kalau memang mengaku newbie, mintalah bantuan teknisi, STOP coba-coba, disini agan Aris sudah kami peringatkan demi kebaikan agan sendiri

      Hapus
  54. sony tipo ku sering banget ya gan bottlop sampai loogo aja.. pas waktu buka aplikasi berat/ banyak/ tiba2 aja pasti gitu bottlop ,, q coba flash romm asli tetep aja,, customm romm tetep aja,.. apa penyebabnya karena procesoor/ram/memory nya udah lemah ya.. mohon pencerahanya,, trima kasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami tidak paham masalah yang dimaksud, kalau bootloop itu dari posisi tablet mati mau dinyalakan tidak bisa, jadi tidak bisa buka aplikasi, sony agan bisa buka aplikasi artinya tidak bootloop

      Hapus
    2. itu restart sendiri bukan bootloop, penyebabnya mungkin:
      1.karena beban kerja memory ram terlalu berat, misalnya terlalu banyak apk social media spt bbm android, facebook wechat, kakao talk dll, harus dikurangi
      2.masalah hardware karena panas berlebih, kerusakan hardware sebaiknya periksa ke tempat service sony xperia

      Hapus
  55. Makasih ilmunya.

    BalasHapus
  56. gan android galaxy y sya rsak karna muncul peringatan "paksa tutup"dah di flash pke odin mlah pas di restart ga msuk k mnu bolak balik muncul di logo samsung doank, gmna solusinya gan?apa di bnkar case nya, atw restore boot image, atw instal custom rom?? tolong pnjlsannya gan??? :) please gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bongkar case mau apa? kalau samsung galaxy rusak software tidak perlu oprek hardware nanti tambah parah, di flash dengan firmware samsung yang tepat dan cara yang benar pasti beres

      Hapus
  57. Assalamu'alaikum....
    Mau nanya mas bro....
    1. Tablet axioo picopad saya,aplikasinya ga bisa di pindah ke kartu memori kenapa ya....??
    2. Dan kenapa ya selalu muncul kotak dialog yg bunyinya "mobile log servis start, modem log service will start, network log service start....??
    3. Mohon pencerahannya makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dibahas cara memindah aplikasi ke micro sd, dibaca saja, tolong bertanya sesuai topik artikel

      Hapus
  58. pagi gan ...
    saya mau nanya ...
    hp saya jenisnya evercoss a7t saya mengalami bootloop ...
    pada saat instal ulang gak bisa ...

    sebabnya waktu sebelum bootloop hpnya jatuh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jatuh dan bootloop cenderung android rusak hardware, jadi tidak bisa diatasi dengan cara software/ flashing, cek hardware ke tempat service center handphone evercross terdekat

      Hapus
  59. siang gan....
    ane mw tanya...
    ane sempet flash untuk cross a22, tp pas flash kek nya salah firemware
    sekarang malah mati total, tidak bisa di cas dan driver usb nya tidak terdekteksi di kompi...
    tolong solusinya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau flashing jika sudah tidak terdeteksi lebih baik ke tempat service, itupun tidak semua tempat service tablet bisa

      Hapus
  60. Masuk sini saja ya,T5A karena install apk gak dari google sehingga bootloop,waktu mo recovery baru sebentar batere abis, sekarang kalo lanjut mo recovery yang keluar tulisan "Fast Boot", gak bergerak sampe batere abis lagi, tolong Gan mohon petunjuknya mo diapakan lagi langkah2 baikinya, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan pelajari cara menggunakan exsekusi perintah adb+fastboot

      Hapus
  61. mlm gan numpang nanya neh, ane punya iphone i5s 2g ram replika,, tdny ga mslh cm krn sya utak atik mlah skrg mati total....klo ane sambung ke komputer driverny ny msh ke detect cm tiap di flash pke sp flashtool selalu eror "BROM ERROR DRAM ENABLE FAILED"mhon bantuany apa krn ga cocok firmwareny ato yg kena hardware IC FLASH,,thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. firmware iphone replika tidak sesuai, download rom sesuai type mtk

      Hapus
    2. ane udah download sebanyak mungkin tp msh ga da yg cocok,,udah stres neh gan da solusi mgkin link firmware ny slny pnya ane ram ny 2gg dan udah search di mbah google cm yg kluar mlah s4 ny dan bt ihone ny kbnyakan 512mg ato 1gg.

      Hapus
  62. gan, bisa perbaiki mito prime ane gak gan? kmren tu aplikasi bawaanx kena hapus, lw bisa email/ sms ane gan, ntar ane ketmpatx agan deh.. dreamblack.fryzt@gmail.com/ 087860737356

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan bawa ke tempat service tablet kami, nanti kami coba di flashing dengan download rom mito yang mirip

      Hapus
    2. gan, gw punya android samsung galaxy young, awalnya gw kira ngebootloop terus uda di root sampe ganti software juga udah sampe sekarang tetep sering restart. tombol power on/off ga fungsi, jadi kalo pas lagi mati trus mau nyalain lagi harus copot - pasang baterai,, kenapa ya?

      Hapus
    3. cek memory, cek baterai dll atau mungkin hp samsung masalah rusak di hardware, coba periksa dulu ke teknisi

      Hapus
  63. Anonim13:03

    gan .. bearti firmware hh china tu ga ter sebar sembarangan yaahh..... saya kira mudah di carii

    hh ane evercoss a5a* lagy bootloop

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda dengan samsung, sony, lg, kekurangan android merk lokal tidak disediakan firmware, jadi kalau bootloop repot

      Hapus
  64. Gan biasanya biaya utk Bootloop ini berapaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. biaya flashing bootloop bergantung type androidnya, misalnya samsung kan gampang cari firmwarenya, kalau tablet/ handphone android cina/lokal kadang malah susah cari link download rom nya

      Hapus
  65. saya mau tanya hp samsung fame saya mati total setelah di root ..awalnya tidak apa-apa ..pas saya shout down .saya nyalain lagi ..tidak bisa ..
    habis itu saya bawa ke service center katanya ac powernya yang kena ..besoknya saya hambil pertamanya nyala tapi pas di matikan di cabut batrainya di kasih simcard.mati lagi gak bisa di nyalain .. service centernya udah angkat tangan..
    saya bawa pulang beberapa hari saya nyalain nyala tapi cuma di logonya saja ..hbis itu ngeblek hitam .. saya bawa ke service centernya samsung katanya ganti mesin ..kalau tips dari agan kecuali ganti mesin gimana gan .. mahal kalau ganti sama saja beli yang baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. root saja tidak akan membuat android bootloop atau mati, setelah root itu bos ngapain?

      Hapus
    2. saya coba hapus aplikasi bawaan terus saya hapus ,tapi di daftar aplikasinya gak hilang .terus saya coba instal supersunya di system gan.

      Hapus
    3. coba hp samsung diflashing via odin

      Hapus
    4. itu hpnya kalau mati bisa terdeteksi di pc ya gan .?

      Hapus
    5. bootloop bisa masuk download mode/odin dan terdeteksi pc, jika hardbrick tidak terdeteksi

      Hapus
    6. kalau hardbrick masih bisa di perbaiki atau tidak gan .

      Hapus
    7. beberapa hape samsung yang mati bisa dijitag jika emmc/internal rom nya masih bagus, jika emmc rusak ganti mesin=beli baru

      Hapus
  66. assalaamu'alaikum.
    pak sya mau tanya,
    sya pakai tablet TORI TK-7GH,
    sekarang kalo dihidupin cuma sampe logo TORI, ga mau lanjut,
    kemungkinan besar penyebabnya adalah, sya menginstall font dead angel (ukuran 1 mb lebih), menggunakan ifont. font sebelumnya yg ukuran kecil baik2 saja, belum diinstall cwm,,,
    gimana cara ngatasinya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesalahan bos berani root tidak buat backup, bootloop ganti font tidak bisa di factory reset, harus dari backupan atau flashing dengan rom ori, silahkan cari stock rom nya

      Hapus
    2. mt siang master," minta tolong, evercoss a5a punya saya botlop karna salah mnghapus app bawaan, cara atasinya gimana? CpU spedtrum thx

      Hapus
    3. ini lagi korban root tanpa backup, panjang bos kalau jelaskan cara flash chip spreadtrum, saran saya beli hp android baru

      Hapus
  67. kalo menggunakan backupan dari tablet lain yang sejenis bisa nggak ya pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa harus sama-sama tablet TORI TK-7GH, bukan tori seri lain

      Hapus
  68. Selamat siang....
    pak sya mau tanya,
    sya pakai advan S5E,
    sekarang kalo dihidupin cuma sampe logo ADVAN, ga mau lanjut,
    gimana cara ngatasinya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bootloop cuma sampai logo merk sudah ditulis lengkap kap kap caranya bos, ada cara lain yang mudah ke service center

      Hapus
  69. maaf gan, ane mo nanya..
    hp LG L1 II E420 Ane tiba" mati..
    awal nya adek ane maenin hp Pas keadaan hp lgi charge, abs tu hp g bs nyala (mati total).
    Kira" pnyebabnya apa y gan? apa hp ane msh bs dperbaiki lgi?
    trs kl ane mo flasing ulang, kira" firmware atw flashing tool yg cocok buat hp ane (LG L1 II E420) apa ya gan?
    sl nya ane cari kbnyakan untuk LG L1 E410..
    Mohon pencerahan nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mati total beda dengan bootloop, hape matot biasanya terkait hardware bukan dengan cara flashing, kan mati total, mau diflash lewat mana?

      Hapus
  70. bli, hp xperia c saya bootloop padahal belum pernah saya root , upgrade OS, dsb. dugaan awal saya karena basah karena pas cover belakang dibuka, ada air di bagian dalam. apa mungkin sebabnya karena basah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika mau aman sbb: buka casing lepas baterai dan semua bagian yang agan bisa lepas, keringkan 24 jam, rangkai kembali, jika perlu hape di sony di flashing, jika tidak bisa silahkan bawa ke tempat service

      Hapus
  71. gan hp ane tidak mau masuk ke menu awal, di logo terus, padahal saya sudah lepas batre selama 1 hari, dan tetep aja masih di logo tidak masuk ke menu awal , tolong pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pencerahan android bootloop sudah ada di artikel

      Hapus
  72. kl kena hardware nya gtu gmn gan?
    ane bingung nech..

    BalasHapus
    Balasan
    1. android rusak hardware bawa ke tempat service, ga usah bingung bos, biar nanti teknisinya saja yang bingung, enak kan?

      Hapus
  73. sbnernya garansi msih ada gan, cm ane rada sanksi ja, tkut g dpt garansi..
    masalah nya hp mati pas keadaan hp dimaenin adek wktu di charge..
    kira" pihat LG bkal nerima pa ngga y gan?
    mksih sblum nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah aneh jika tanya ke kami, kami bukan service center lg

      Hapus
  74. gan mau tanya
    barusan ane ngeflash samsung galaxy ace gt-s5830i
    tapi ane salah firmware terus skrang android ae ga mau nyala
    mohon pencerahan gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. konsekwensi salah flash=hardbrick, harus ke teknisi yang punya alat jtag atau beli hp samsung baru

      Hapus
  75. klo untuk hp lenovo s920 yg bootloop karena salah instal font brp biayanya? hari ini buka sampai jam brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat base os lenovo nya dahulu, cukup flash font ori atau harus flashing stock rom, bali service buka 14:00 sd 20:00, minggu libur bos

      Hapus
  76. maag bos mau tnya nih
    hp saya samsung note 4 replika tapi ketika hbis saya factory reset malah logo samsung note 4 Nya ga keluar ketika di hidupkan atau di matikan telponnya
    tahu cara ngembalikan lagi ga bos
    maksih sblumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. logo samsung itu tambahan sesuai permintaan pemesan, dari vendor asli tidak berani karena menyangkut masalah hak 'paten', cara kembalikan instal boot image, syaratnya samsung clone/replika sudah diroot, kami tidak sharing karena berpotensi bootloop dan rusak, kami kan tempat service jadi tidak akan share artikel yang beresiko begitu bos

      Hapus
  77. Saya mau tanya tablet acer iconia b1-a71 bootloop karena kesalahan instal aplikasi dan sudah di coba wipe data tapi tetap bootloop bagaimana cara mengatasinya? Mohon pencerahannya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. di flashing/ instal ulang androidnya bos, bisa pakai rom backupan atau download stock firmware acer, itu biasanya karena sudah modifikasi root jadi di reset tetap tidak bisa

      Hapus
  78. Gan,ane pny hp taiwan mobile a3s,nah it hp d nyalain cm mentok mpe logo merek hp...
    It knp y???
    Dah ane cb wipe data + wipe cache tetep g bisa...

    Tolong gan kasih saran ny...
    Kalo harus d flash agan pny stok rom ny g???
    Mksh sblm ny...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang mau flashing merk lokal saja susah cari link download rom nya bos, apalagi taiwan, ilmu saya tidak sampai negeri cina

      Hapus
    2. Hehe....
      Gt y gan...

      Brarti emang susah y gan....

      Kalo cari rom yg mirip gt dgn acuan pprocessor bs g gan???

      Misal tuh hp processor ny MTK 6572,bs cr yg rom ny mirip g gan??

      Hapus
    3. banyak juga bos selain cpu, jika driver ic touchscreen tidak sesuai maka nyala tapi tidak fungsi layar sentuhnya, jika type lcd beda nanti gelap dst
      jika sering salah rom bisa mati total (hardbrick=hp jadi ganjel pintu)
      selamat berjuang deh...

      Hapus
  79. gan saya flash advan s4e ,proses selesai tapi hape tetep berhenti di logo advan.kira2 langkah mana saya yang kurang.pernah juga mengalami flash selesai tp rom tidak ganti dengan yang baru,masih tetep yang lama.kesalahan saya dmn ya'...,mohon bimbingannya.terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika prosedur cara flash advan sudah benar baik penggunaan flash tool maupun download firmware/rom advan tetapi tetap gagal kemungkinan ic emmc yang sudah rusak

      Hapus
  80. Bos tolong bantu ane mengatasi evercoos a5k yg bootlop ane bingung ko ga bisa victori riset dengan tombol power dan vol padahal android ane yg laen bisa tolong pencerahanya bos buat ngeboom itu android heeeeee.....
    Terimakasih salam sejahtera

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara reset handphone tombolnya beda-beda, sudah kami bahas soal factory reset silahkan dibaca artikelnya

      Hapus
  81. Mas mau tanya,
    Tablet saya ainol aurora, ga pernah di oprek2 cuma buat main game anak n nonton video. Tapi tiba2 mati, nah pas di nyalakan lagi cuma mentok sampe logo ainol nya aja trus mati lagi.
    - Apa ini termasuk problem bootloop ?
    - Bagaimana cara memperbaikinya ?
    Mohon bantuannya. Thanks ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika masih menyala muncul tulisan/ logo android atau merk itu bootloop, coba factory reset atau flashing dengan download firmware yang sesuai, hati hati salah firmware dapat menyebabkan hardbrick atau mati total, minta bantuan tempat service tablet jika ingin aman

      Hapus
  82. Aslmkm slmt siang boss, sy mau tanya gimn cara ngatasi bootloop pd s note2 replika dan gimn cara ngatasin, sy sdh masuk kereset yg di pencet tombol, tp yg muncul cm tes yg jumlahnya ada 3 sm reboot aja tidak ada logo robot androidnya, tolong bos gimn cara ngatasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. -tidak semua android bisa masuk factory reset, contoh lainnya tablet lavios, cyrus atom pad dll, opsinya diflash
      -untuk samsung copy/clone replika cara flash paling susah download rom firmware jika tidak tahu spesifikasinya, karena pabrik pembuatnya beda-beda
      -banyak samsung replika yang salah flash jadi hardbrick (mati total), sebaiknya minta bantuan teknisi

      Hapus
  83. mas saya mau nanya,
    saya pake tab advan vandroid T1-E. tab nya bisa nyala, tapi cuma sampe tulisan android saja. ga bisa masuk ke homescreen. saya udah coba factory reset/ cache tetap ga bisa. saya mau flashing tapi pas tab nya dicolokin ke pc, tab nya ga kedetect. dia cuma ngecharge. itu masalahnya apa ya ? mohon bantuannya mas. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara untuk flash rom tablet/handphone android harus masuk download mode baru colok kabel data, jika langsung colok usb ya cuma ngecas saja

      Hapus
  84. Gan saya mau minta tolong nih..
    Andromax V saya bootloop. Mau nge flash tapi belum nemu link download stock rom yang tepat.. udah masuk forum sana sini nyari2 gak nemu juga..
    Nah.. sudikah kiranya Agan yang baik hati ini menolong saya yang hampir putus asa untuk bagi link download Andromax v stockrom 2.0.3, Pliss gan. kasih bocoranya dikit laahh. Ntar saya doain semoga servisanya tambah laris dan maju
    Thx b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari di kaskus lounge andromax kan banyak bos

      Hapus
    2. iya udah ngubek2 kitab andromax v di kaskus. adanya stock rom 1.5 sama 2.0.2
      kalo yang 2.0.3 nggak komplit datanya . gak ada scater file nya

      Hapus
    3. download firmware andromax dari v1.5 sd 2.04 ada semua di forum

      Hapus
  85. hp saya mito fantasy 260 gan ya memory bawaaan hp nya 2gb masi sisa banyak tuh 1 gb lebih lah gan ane download game plant zombi ea tiba tiba ngak bisa di apa apain gan ane ambil solusi buka batere nya soal di reset gak mau pass di nyalahin lagi tuh sekitar 3 menit kurang lebih tuh hp bisa di kutak kati pass muncul tulisan nocafatin is aktive kalau ngak salah tuh hp ngak bisa di apa apaijn lagi

    ane mintak solusi nya gan buat tuh android

    BalasHapus
    Balasan
    1. uninstall game yang bikin hape hang atau factory reset

      Hapus
  86. Gan hp saya andromax c ad686g hardbrick gmna cara benerinnya ya gan
    Terima kasih

    BalasHapus
  87. Bang, saya mo nanya, samsung Gal Tab 10.1 P5100 saya tiba-tiba mati sendiri. Ngga bisa direcharge, ngga bisa diapa-apain pokoknya. Saya bawa ke counter, bisa hidup tabnya, suara normal tapi lcd ngga bisa nyala. Dan tab saya jadi panas bgt ngga sampe 1 menit. Katanya ic power kena. Saya bawa ke SSC, katanya harus ganti mesin. Karena mahal bgt, saya bawa balik deh. Ini tab pemakaian standar banget pdhl dan ngga pernah jatuh/kena air. Kira-kira kenapa tab saya ini ya Bang? Mohon penjelasannya. Makasih sebelumnya.

    Regards,
    Jie

    BalasHapus
    Balasan
    1. samsung tab rusak tidak perlu penjelasan lagi bos, opsinya jelas
      1.diperbaiki
      2.biarkan saja
      3.beli Galaxy tab baru
      jangan dibuat pusing ok ;)

      Hapus
  88. gan saya mau nanya nih.. tab 2 sy klo d pake 15/20 mnit tiba2 jaringan selulerx terputus( masukn kartu sim) begitu sy restart batre sisa 1%. padahal seblum restar masih banyak batrex.. kadang mati tiba2. begitu sy changer malah ga bisa. biasax saya biarkan 1hari baru bisa d changer lgi... masalahx batre atau yang lain gan. mohon pencerahanx gan.. makasih

    BalasHapus
  89. Gan tlg treq 3g basic 3 brick kayaknya
    Slah firmware

    BalasHapus
  90. Gan saya pake tab 3 V trs saya coba root pake software odin nah terus fail alias gk berhasil padahal saya sdh ngikutin step by step di blog ini http://mumulala.blogspot.in/2014/09/cara-root-galaxy-note-2-442-kitkat.html
    kn saya klik tombol power tp bukannya nge restart malah muncul tulisan upgrade frimware fail recovery kies and try again, saya gk tulis semuanya krena hp saya lg di bawa temen saya, mohon pencerahannya gan...

    BalasHapus
  91. bos, kalo saya salah rom, maksudnya hp saya evercoss a7s bintang salah rom a7s biasa, terus hp saya mati total, gimana caranya, mohon infonya bos

    BalasHapus
  92. gan. klw saya menyalakan handphone saya kenapa cma terhenti di tulisan "samsung". bgaimana cara memperbaiki it, aku heran?!?!?!?

    BalasHapus
  93. Halo, hp saya samsung galaxy star pro gt-7262 ,
    Masalahnya pas saya hidupkan kok malah mentok sampe gambar robot android dengan dada terbuka ?
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  94. om solusi untuk hp advan vandroid s5h yg terkena hard bootloop gmn ya? trus hp advan saya ini ga mau tersambung ke pc. solusi nya om :)

    BalasHapus
  95. sudah masuk ke recvey mode sudah muncul gambar robot ijo berdiri tp malah mati masuk ke logo samsung dan mati terus. begitu seterusnya

    BalasHapus
  96. Gan , lg butuh informasi banget nih .. saya punya hp oppo Neo 5 R1201 ,, awalnya dlam keadaan rooted .. begitu update firmware pas pilih firmware terbaru yg sdh d download tulisannya “operation failed” mulu .. apa dalam keadaan bootloop android masih bisa di unroot .. tolong pencerahannya gan .. terimakasih

    BalasHapus
  97. gan,hp saya acer z4....kemaren hp saya menggunakan stock rom tapi yg udah di modif dari odex menjadi stockrom deodex,nah.....kemarin itu file systemnya pada update semua pas ane konekin ke wifi.....trus muncul notif....sayangnya aplikasixx .apk telah berhenti....
    disamping itu ane jg lagi memperbaiki xmod,ane instal dan bisa work.....trus ane reboot....xmodnya nggak berfungsi lagi.....ane coba unroot hh ane....trus root lg.....alhasil....tetep xmodnya tdk bisa di pakai...

    "jadi masalah ane disini aplikasi system update sendiri dan rooting buat aplikasi xmod."
    yang jadi pertanyaan ane,saat mau reset atau wipe data menggunaknan twrp atau team win recovery project,tulisannya sukses,trus ane instal stockrom tersebut lg,dan sukses jg,pas saya reboot .....tidak ada pengaruh dari wipe data atau reset yg saya lakukan tadi/wipe datanya tidak ngeffect.....

    saya cari di grup hp saya,katanya harus di flashing......saya pun mengikuti tutorialnya....langkah pertam tulisannya gagal....
    yang kedua kalinya berhasil...
    ketika saya reboot......tetep jg gak ada pengaruh nya gan.....

    kemudian saya menunda flashing saya sampai esok hari.....pas sya flashing hp syayg biasanya bergetar....sekarang sudah tidak bergetar lg ditambah hh saya tdk bisa hidup lgi/mati total.....mohon pencerahannya gan buat hh saya....
    maaf kalo kepanjangan gan

    BalasHapus
  98. gan saya pake htc desire 620g dengan chipset mediatek mt6592, hp ana bootloop gan, ga bisa masuk recovery atopun bootloader, kalo di konek ke pc, layarnya hidup mati/ hidup mati terus..
    ada solusi ga gan..
    makasih..

    BalasHapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.