alamat service center

Minggu, 04 Mei 2014

Service Samsung Galaxy

Handphone Android Samsung Galaxy Tab bisa saja tiba-tiba mati rusak dan tidak mau menyala. Bricked (mati total) itu biasa dan sudah resiko bagi pengguna yang melakukan rooting kemudian memodifikasi system atau flashing custom rom dan melakukan kesalahan dan mengalami bootloop/ bricked, itu resiko root. Namun bagaimana jika HP Samsung tersebut tidak pernah di root tiba-tiba saja mati?. Padahal dipakai biasa saja atau sekedar melakukan update software resmi via Wifi lalu restart dan.....tidak bisa menyala lagi. Apakah satu-satunya jalan adalah dengan mencari alamat service center Samsung galaxy untuk perbaikan hanphone yang rusak tersebut?

Berikut ini kami Bali Service Computer berbagi cara memperbaiki sendiri Handphone Samsung Galaxy Tab rusak yang tidak mau menyala atau mati. Sebelum mencari di mana alamat service center samsung ada baiknya mengikuti tips berikut untuk mengatasinya. Cara berikut ini bisa digunakan untuk semua tipe HP Samsung Galaxy S, note (Tablet) dengan OS Android.

Cara Perbaikan Samsung I
  1. Buka case belakang lalu cabut dan lepas baterai Samsung Galaxy, (untuk type Samsung Galaxy tab lebih sulit cara membuka casingnya, mintalah bantuan teknisi).
  2. Biarkan selama lebih-kurang 15 menit Handphone Samsung tanpa baterai.
  3. Tekan tombol power 5 detik masih tanpa baterai
  4. Pasang kembali baterai ke dalam HP Samsung.
  5. Coba nyalakan
alamat tempat servis hp samsung

Teori: Melakukan cara ini akan membuat handhone kehilangan energi yang tersimpan pada semiconductor dan capacitor. Tujuannya untuk mereset temporary memory history, cache, cookies yang mungkin menjadi penyebab masalah kerusakan. Cara ini juga dapat diterapkan untuk tablet handphone Samsung Galaxy yang sering restart sendiri. Jika cara ini tidak berhasil maka kita beralih kecara kedua berikut ini.

Cara perbaikan Samsung II
  1. Download tool software: one-click Unbrick tool disini. Software ini buatan Adam Outler dan merupakan bagian dari Heimdall One-Click project yang tool-tool nya banyak membantu untuk memperbaiki Samsung yang bermasalah secara software.
  2. Agar software 'one-click Unbrick tool' dapat di install di komputer/laptop diperlukan Java Runtime terbaru, kunjungi situs ini untuk download dan Install JRE  tersebut.
  3. Extract file "OneClick.jar" sehingga menghasilkan folder baru bernama "OneClick"
  4. Copy file Onclick.jar dan paste ke dalam folder "OneClick\heimdalloneclick\resources\HeimdallPackage"
  5. Klik kanan pada file "oneclickloader.exe" yg berada di folder "OneClick\heimdalloneclick\resources\HeimdallPackage" lalu pilih "Run as Administrator"
  6. Tunggulah proses instalasi sampai selesai.
  7. Hubungkan handphone android Samsung yang mati via USB ke komputer laptop.
  8. Klik tombol “unsoft brick” untuk memulihkan hand phone Samsung Galaxy dari keadaan brick (mati total).
software unbricked samsung galaxy

Kedua cara memperbaiki sendiri diatas hanya dapat digunakan untuk HP atau Tablet Samsung Galaxy yang mati pada pemakaian biasa dan bukan karena dead boot salah flashing, atau yang melakukan rooting dan melakukan modifikasi perubahan system android (oprek). Setidaknya 2 cara diatas bisa di coba pada hp mati total atau hanya sebagai pertolongan pertama, meskipun tidak selalu 100% berhasil. Karena penyebab kerusakan handphone android itu perbacam-macam bisa keruskana software maupun hardware yang perlu penggantian sparepart. Tetapi setidaknya jika cara-cara perbaikan ini membuat hp android kembali normal dan menyala kembali tentu dapat menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu repot ke Samsung Galaxy service center.

Samsung Galaxy Unbricked

Harap perhatikan dan dibedakan, bahwa kasus Samsung mati yang kami bahas diatas bukan karena bootloop/deadboot, yang diakibatkan karena proses oprek dengan akses root. Meskipun kasus bootloop dan bricked kadang masih bisa diperbaiki sendiri dengan flashing pada bagian boot, namun diperlukan prosedur langkah flashing area boot yang tepat dan (atau) repartion PIT menggunakan Odin. Kesalahan saat mengatasi bootloop pada hp samsung Galaxy (tab), S, Note yang diroot dapat memperburuk keadaan menjadi hardbrick atau mati total, semua tombol tidak berfungsi bahkan tidak bisa dicharge. Hal ini sering terjadi pada pengguna yang tidak memiliki kesabaran, malas membaca panduan, (sering alasan) lupa backup, sehingga kesalahan pertama terus berlanjut pada kesalahan berikutnya dan akhirnya Samsung Galaxy mati total sulit atau bahkan tidak bisa diperbaiki lagi, kalaupun bisa biasanya menjadi lebih mahal ongkosnya servicenya.

jtag samsung unbric mati total
Kami juga sudah membahas disini bagaimana cara mengatasi Samsung Galaxy tidak mau menyala karena bootloop yang lebih mudah caranya, namun kondisi Handphone Samsung Android hardbrick dimana terjadi kerusakan area boot (dead boot), menyebabkan proses flashing Odin selalu gagal atau bahkan sama sekali tidak bisa masuk odin menu download mode. Meskipun kerusakan seperti ini kadang masih bisa diatasi menggunakan usb jig atau metode jtag ( Riff, medusa, gpgjtag dll). 
service handphone denpasar bali
Namun cara memperbaiki menggunakan jtag seperti ini tidak dapat dilakukan sendiri karena memerlukan peralatan, file flash dan tool recovery khusus, jadi cara penggunaan jtag samsung tidak kami bahas disini, sebaiknya kunjungi alamat tempat service handphone Samsung yang lengkap peralatannya.

Semoga artikel cara perbaikan ini bermanfaat untuk membantu sebelum ke service center Samsung untuk memperbaiki sendiri masalah kerusakan handphone atau Samsung Galaxy Tab yang bootloop, mati atau sering restart bagi pengguna dengan pemakaian biasa yang tidak pernah melakukan proses root dan memodifikasi systemnya.

Artikel Terkait di Bali Service Computer