Cara Menambah Memory Android (bag.2)

Pengguna Tablet dan handphone Android yang mengalami masalah memori telepon penuh wajib terus membaca rangkaian artikel seri ini. Sebagai tukang service hp tablet android di Bali, selalu ada saja masalah yang unik muncul. Bukan hanya memperbaiki tablet sering restart (mati tak mau hidup enggan) atau bootloop (separuh nyawa), dan android yang mati total, namun kadang juga memperbaiki hp android yang masih hidup. Loh hidup kok diperbaiki? Ya karena banyak type android yang beredar dengan harga murah menggiurkan bikin mimisan dengan kecepatan super dual core, quad core dan coro-coro lainnya tapi saat digunakan baru download 3 aplikasi saja di Google Playsore sudah full karena internalnya ROM storage hanya 512 sehingga mengalami masalah 'Internal Storage Full' & 'Message Memory Full'. 

cara mengatasi hp memory full
setelah dirubah, advan t01a cdma evdo, cross andromeda a7 Internal memory 155MB dapat instal aplikasi game 3GB

Masalah ini tidak hanya dialami pengguna Hp merk lokal buatan china seperti Advan Vandroid T01A, Mito A300, Cross Andromeda A7 yang disebutkan dalam spesifikasi memiliki Internal 512 MB RAM ternyata Internal memory yang dapat dipakai 'hanya' sekitar 170 MB. Bahkan hp merk terkenal seperti Samsung Galaxy Young, Samsung Galaxy Ace dll juga memiliki internal memory yang kecil untuk dapat digunakan (158Mb). Seringnya muncul pesan peringatan internal memory penuh selain mengganggu juga membuat kita stress, darah tinggi, serangan jantung (komplikasi he he) karena tidak lagi dapat mendownload aplikasi dan game dari google play, padahal banyak apk game keren android dapat di didownload gratis disini hu-hu-hu...(nangis)...rugi pulsa saya sudah upload game. Karena setiap mau download selalu dibilang low space sampai "message rejected memory full.
Anehnya lagi ya, bahkan handphone Samsung dengan memory internal storage yang 'cukup besar', seperti HP Samsung Galaxy S2 sebesar 1.97 GB dan Galaxy Tab2 3100 (storage 16 GB) dapat mengalami masalah kehabisan ruang/storage full. Lihat gambar dibawah ini.
masalah setelah update firmware samsung
upgrade firmware tidak selalu berhasil baik, setelah update memory internal berkurang
Sebenarnya banyak tips bertebaran di internet cara untuk mengatasi masalah ini, seperti penggunaan Link2SD, Move2SD Enabler, swap memory external to internal, directory bind dll. Namun untuk hasil yang optimal agar memory internal bertambah diperlukan android yang sudah diroot. Nah karena syarat tersebut membuat beberapa pengguna berasumsi bahwa kalau sudah di root maka otomatis aplikasi game dapat dipindah ke memory external di microSD. SALAH!

Inilah alasan teknisi tempat servis kami berbagi pengalaman
 membahas cara menambah memory hp android. Karena beberapa pelanggan datang ke tempat servis kami di Denpasar meminta untuk diroot androidnya, namun setelah diroot mereka mengeluh karena memory internal tetap kecil dan tidak bertambah. Penjelasannya sbb:
  • Untuk dapat menambah kapasitas memory internal dengan memanfaatkan micro sd kemudian kita masih perlu mengedit, mengubah system baik secara manual maupun dengan aplikasi.
  • Bisa hapus aplikasi bawaan Pabrik dan paham mana boleh dihapus dan mana tidak bisa aaagar tidak bootloop.
  • Maksud arti memory dalam pembahasan ini merujuk pada penyimpanan ROM, buka RAM.
  • User biasa tidak diijinkan untuk mengakses file system, mereka hanya diijinkan menggunakannya. Diperlukan akses sebagai super user yang boleh memodifikasi system.
  • Agar mendapat akses sebagai super user maka diperlukan proses cara rooting (baca disini), kami menyebutnya SIM (surat Ijin Me-ROOT). Sama seperti seseorang dapat saja membeli SIM (Surat Ijin Mengemudi), bukan berarti mereka yang sudah punya SIM tersebut jago balapan.
Sekarang setiap ada pelanggan yang ke alamat tempat service kami mau di  root hp-nya, selalu kami tanya apa tujuannya, ga enak kan sudah berhasil tapi tetap tidak seperti harapan. Jadi cara untuk menambah memory HP-Tablet android kita, Root adalah salah satu syarat saja, bukannya satu-satunya syarat. Masih ada beberapa persyaratan lain dan kendala yang mungkin muncul. Apa persyaratan lainnya? Persyaratan selain HP- PC Tablet Android dalam kondisi ROOT adalah:

Bahan bahan:
  • Ini cara menambah memory android, jadi wajib punya handphone atau tablet dengan OS android, bukan Blackberry atau strawberry, bukan Nokia Windows atau Nokia kolopaking, juga bukan Apple iOS atau apel malang. 
  • Menggunakan memory external (Micro SD) Class 10. Jika 'ngeyel' pakai sdcard yang tidak berkualitas harga murah atau micro sd yang lambat (bukan class 10), maka bisa menyebabkan aplikasi game force close, lag, tablet sering restar bahkan tidak mau masuk ke menu/ bootloop.
  • Paham cara membuat partisi micro sd dengan format Fat32 (Primary) dan Ext2 atau Ext3 atau Ext4 (Second Partition).
  • Tahu cara download aplikasi yang diperlukan seperti script, Link2SD dan Root Explorer dll. Kami hanya user biasa yang ingin berbagi tips dan 'terpaksa' menitipkan link download di server lain seperti mediafire atau 4share dengan tata cara download sesuai aturan server tersebut.
  • Punya Laptop Komputer.
Sikap Mental:
  • Sebagai 'super user' adalah seorang problem solver dan sudah layak berbagi ilmu, karena super user setara dengan developer android. Jadi lucu jika seorang super user justru berteriak-teriak minta tolong diberbagai forum komentar, karena bootloop salah edit file vold.stab. Dengan alasan umum, maklum saya masih newbie, tidak sengaja, lupa backup.
  • Sebagai super user siap menanggung segala resiko, jangan berlaku lagi seperti user biasa. Jangan pernah me-ROOT android jika masih saja mengaku sebagai newbie (pemula). Mending jadi superman berani pakai celana dalam diluar..;D
  • Sebagai super user sadar bahwa sebuah tips modifikasi system yang baik di android A belum tentu baik di android B (misal tips untuk tablet axioo belum tentu cocok untuk advan vandroid. Bahkan cara menambah memory Internal yang sukses di Samsung Galaxy Tab2 dengan os ICS bisa saja tidak dapat/gagal diterapkan pada Galaxy Tab2 dengan OS Jelly Bean (lihat gambar bawah). Jadi buatlah Backup-backup dan backup.
  • Memiliki minat baca yang baik, jika terjadi masalah, baca-baca-dan membaca lagi, tanya mbah Google di Internet, jangan tanya mbah surip di infotainment.
Melihat komentar diberbagai situs, forum Xda, kaskus lounge tablet, termasuk di blog Bali ServiceComputer ini, kebanyakan dari mereka (mengaku) 'Super User' tidak membaca tutorial cara-caranya dengan teliti terlebih dahulu. Sehingga tidak bisa mengkonfigurasi berbagai tool aplikasi/ script dengan benar, tidak bisa memindah aplikasi Android ke SD Card karena partisi yang keliru, salah mengedit file vold. fstab, mengabaikan type class memory yang digunakan atau tidak membuat backup seperti disarankan dan lain-lain, sehingga muncul masalah error, sering restart bahkan menyebabkan android bootloop/ restart terus tidak mau masuk ke menu.

Berikut ini contoh hasil penambahan kapasitas Internal Memory pada handphone/ tablet Samsung galaxy tab2 os Jelly Bean 4.1.2 dengan metode swap, karena menggunakan cara link2sd hanya cocok untuk os ICS. Walaupun tabletnya sama, beda os, beda cara:
galaxy tab 2 jelly bean
memory Samsung Galaxy Tab jelly bean sebelum modif
cara swap galaxy jelly bean 4.1.2
memory Samsung Galaxy Tab jelly bean setelah modif
Tidak masalah apakah kita memakai android lokal merk: IMO, MITO, Advan Vandroid, Andromax smartfren, Axioo PicoPad, Evercoss atau merk ternama seperti Asus, HTC, Lenovo, LG, Oppo, acer, Samsung, Xiaomi atau ZTE Light Tab. Asal bisa di root maka ada banyak tips cara menambah memory android baik dengan Link2SD, Move2SD Enabler, swap memory external to internal storage, directory bind dll. Tidak perlu membandingkan mana yang lebih baik. Cara terbaik untuk satu gadget belum tentu baik untuk android lainnya. Beda HP, beda OS, beda pengguna maka beda caranya, Android itu unik.
konter perbaikan handphone terdekat
Artikel ini untuk menggugah para 'super user' berlaku sebagaimana seharusnya, kami sedih jika Android dikenal sebagai os yang gampang rusak karena kesalahan dipihak penggunanya. Jika hal-hal dalam artikel ini sudah dipahami, maka kita siap untuk lanjut membaca disini > cara menambah memory Internal HP-Tablet Android yang full dengan menggunakan Micro SD dan kami ulas sebagai bagian akhir rangkaian artikel kami di topik ini.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.