alamat service center

Kamis, 21 Februari 2013

Masalah Memory Tablet Android

Pesan: Handphone memory full atau internal storage full semakin sering terjadi. Dengan semakin besarnya ukuran aplikasi game dan data, terbatasnya kapasitas memory internal tablet Android menjadi masalah tersendiri bagi penggunanya misalnya muncul masalah tulisan pesan error 'sayangnya, sistem UI telah berhenti' atau tidak bisa update aplikasi maupun download karena muncul pesan error "Insufficient Storage Available". Salah satu cara mengatasinya adalah dengan membeli memory external micro SD untuk tambahan media penyimpanan tablet dan handphone Android. Banyaknya sd card palsu dengan kualitas buruk menyebabkan masalah seperti: data hilang, munculnya pesan error: "Unfortunately, System UI has stopped" dan 'Unfortunately, Launcher Has Stopped', sebelum membaca pembahasan cara memindahkan aplikasi game ke micro sd.

Penggunaan micro sd kualitas rendah atau palsu untuk mengatasi full memory android dapat menimbulkan masalah baru. Masalah memory external micro sd Tablet Android
  • Memory External tidak dapat dibaca (damage sd card)
  • Micro sd tidak bisa diformat
  • Kapasitas lebih kecil dibanding tulisan speknya/tidak full.
  • Data foto hilang
  • Aplikasi dan game android hilang setelah restart, force closed, hang dll.
  • Aplikasi game Android tidak dapat diinstal/ disimpan
  • Muncul tulisan pesan error: "Unfortunately, System UI has stopped" maupun 'Unfortunately, Launcher Has Stopped'
  • Android bootloop.
Penyebab masalah kartu memory external
Meskipun penyebab spesifik dari masalah kerusakan micro SD Android pada tablet maupun handphone Android beragam, namun secara umum biasanya disebabkan kualitas memory external yang buruk. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Institut Teknologi, jenis atau merek dari kartu microSD buruk bisa menurunkan performa handphone/ tablet hingga 100% sampai 300%. Penelitian tersebut menyimpulkan External Memory sebagai penyebab menurunnya kinerja handphone Android. Dalam beberapa kasus bahkan dapat menyebabkan data hilang, android mati atau tidak mau masuk ke menu (bootloop). Jadi penting memilih kualitas micro sd yang baik untuk cara mengatasi masalah memory andrid full.

Micro SD Palsu banyak di jual di toko
Banyak micro sd asli dijual namun yang palsu pun banyak beredar. Cara memilih kartu memory yang baik penting diketahui untuk menghindari masalah selama pemakaian handphone/ tab Android sehari-hari. Ada beberapa jenis memory external, seperti; SDcard, mini sd, micro sd dll. Namun jenis memory external micro sd yang paling banyak digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan data pada handphone android. Ukurannya yang kecil 15x11mm dengan ketebalan 1mm namun memiliki kapasitas yang besar, membuat micro sd menjadi standar umum sebagai media penympanan tambahan.
memory card tidak terbaca
Sandisk adalah merk terkenal dan mahal, namun merk ini banyak di palsu dan dijual dengan harga lebih murah dari yang asli. Kapasitas tertulis 32 atau 16GB padahal isinya cuma 2GB dan sangat mudah rusak membuat data penting hilang. 

Cara Test Micro SD Palsu atau asli
Cukup sulit menentulan asli atau tidaknya karena bungkus, stiker logo hologarm sangat mirip. Tipsnya yaitu jika harga terlalu murah, sebelum membeli mintalah garansi. Jika micro sd asli pasti bergaransi. Lalu segera isi micro sd dengan beberapa film ukuran besar misalnya terisi sampai 5GB. Lalu putar film tersebut apakah berjalan normal. Tidak perlu diputar normal nanti lama, loncati saja menit-menit tertentu sampai habis lalu putar video lainnya. Biasanya cara ini effektif untuk test keaslian micro SD apakah layak digunakan. Jika palsu akan ada sejumlah file yang tidak bisa dibaca. Jangan dipakai akan membuat data file penting foto-video hilang. Segera tukarkan ke toko tempat membeli.

Kami juga pernah membeli sejumlah Micro SD merk ternama rencananya untuk dijual kembali di tempat servis kami, namun setelah kami test dengan cara diatas ternyata semuanya palsu, kapasitasnya kecil jauh dari tulisan speknya. Jadi hati-hatilah. Karena data hilang di micro sd palsu tidak bisa dikembalikan atau di recovery.

Perbedaan Speed Mico SD
Masalahnya ukuran besar kecilnya kapasitas memory external micro sd bukanlah satu-satunya parameter yang menentukan baik buruknya kualitas memory tablet. Kecepatan transfer memory external sangat penting untuk mengimbangi kecepatan memory internal handphone. Tingkat kecepatan kartu memory external ditunjukkan dalam beberapa 'class' yang berbeda sbb:
  • Class 2   : Transfer speed baca dan tulis(Read/Write) minimal 2MB/detik
  • Class 4   : Transfer speed baca dan tulis(Read/Write) minimal 4MB/detik
  • Class 6   : Transfer speed baca dan tulis(Read/Write) minimal 6MB/detik
  • Class 10 : Transfer speed baca dan tulis(Read/Write) minimal 10MB/detik
Produsen kartu memory ternama dan berkualitas memberi label batas kecepatan minimal transfer data pada setiap micro SD yang dijualnya. Namun seringkali merk-merk kartu micro sd mencantumkannya sebagai kecepatan maksimal transfer data memory dalam kondisi ideal. Mirip iklan promosi paket internet provider Indonesia terkenal sinyal 4G Telkomsel; paket internet dengan kecepatan download maxstream full HD bla bla bla...Mbps, namun kualitas HD tidak pernah tercapai ha ha ha...

Speed Memory external ini menjadi penting karena Micro SD akan disandingkan untuk bekerja bersama memory internal tablet. Hasil test speed 'read and write' (baca-tulis) internal memory storage dari berbagai merk tablet Android bervariasi dalam rentang 21MB/detik hingga 132MB/detik (bandingkan dengan kecepatan external memory Micro SD terbaik yang hanya 10MB). Wajar jika kita instal terlalu banyak apk atau memakai tips cara mengubah internal memory android ke micro sd untuk mengatasi memory android yang full akhirnya muncul masalah baru spt "Unfortunately, System UI has stopped" maupun 'Unfortunately, Launcher Has Stopped'Inilah yang membuat iphone, ipad dan tablet google nexus serta beberapa type handphone Android premium tidak mengijinkan (tidak menyediakan) external memory tambahan.

Perbedaan kecepatan ini membuat micro sd lebih cocok digunakan sebagai media penyimpanan data android tablet seperti file lagu mp3, foto, ebook pdf dll, bukan sebagai media system aplikasiMembuat atau mengubah fungsi external memory micro sd sebagai internal memory android tablet (modifikasi file Vold.fstab), atau dengan cara link2sd agar aplikasi game dapat dipndah ke micro sd external akan dapat menimbulkan berbagai masalah, terutama micro sd dengan speed class yang rendah. Selain memory tidak terbaca, dan pesan error "Unfortunately, System UI has stopped" dan 'Unfortunately, Launcher Has Stopped', aplikasi game hilang, tablet sering restart atau mati saat digunakan, micro sd akhirnya rusak dan tidak dapat diformat atau tidak bisa digunakan lagi (damage sd card).

Untuk langkah awal mengatasi Phone memory full atau internal storage full, baca juga disini cara mengatasi error Insufficient Storage Available belilah memory external yang berkualitas baik untuk tablet Android kita. Jika phone-tablet android muncul pesan "Unfortunately, System UI has stopped" atau 'Unfortunately, Launcher Has Stopped' lakukan cara mengatasi masalah tersebut sbb: 
  1. Coba lepas external storage micro sd, jika setelah melepas micro sd terbukti pesan error 'Sayangnya, Sistem UI telah berhenti' tidak muncul lagi, maka ganti micro sd yang lebih berkualitas. 
  2. Jangan menginstal terlalu banyak aplikasi pada waktu yang singkat. Lepas aplikasi yang tidak berguna. 
  3. Tidak menggunakan micro sd class rendah (dibawah cass 10) untuk modifikasi file system Vold.fstab atau link2sd untuk merubah memory internal ke external handphone/ tablet android.
  4. Solusi terakhir mengatasi pesan "Unfortunately, System UI has stopped" atau 'Unfortunately, Launcher Has Stopped', lakukan factory reset.
Bagi pengguna hape yang melakukan cara rooting dan sering melakukan optimasi sistem Android misalnya dengan modifikasi file Vold.fstab untuk mengubah memory external micro SD sebagai memory internal, jangan mengabaikan penggunakan micro sd dengan kualitas baik/original kecepatan tinggi (class 10) ini, agar tidak terjadi masalah dikemudian hari. Setiap melakukkan rooting dan menggunakan aplikasi optimasi untuk mempercepat kinerja android maupun memindahkan apk game ke micro sd bacalah baik-baik cara-cara penggunaannya dan resiko kerusakan. Pembuat aplikasi Android selalu mencantumkan dalam panduan instalasi aplikasi. 

Jangan abaikan untuk membuat backup, ini penting, tidak soal handphone android merk lokal seperti IMO, Advan, Axioo, Cross, Mito, Smartfren Andromax, atau merk terkenal seperti HTC, LG, Oppo, Xiaomi maupun Samsung, buktinya hampir setiap hari selalu ada pengunjung ke blog ini dan ke tempat service handphone kami mengeluh androidnya tidak mau menyala, bootloop atau android mati setelah memodifikasi system dan biasanya....lupa backup file Vold.fstab.

Karena banyaknya SD Card palsu dengan kualitas buruk, maka semoga artikel micro SD ini bermanfaat bagi pembaca sebagai cara untuk mengatasi masalah memory phone full error "Insufficient Storage Available" tidak bisa download aplikasi dari google play, namun tetap dapat menghindari hilangnya data pentng akibat kerusakan pada memory external handphone-tablet Android dan menghindari pesan error  'Sayangnya, Sistem UI telah berhenti'.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

3 komentar:

  1. sudah factory reset malah jadi bootloop. tolong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hape di root dan modifikasi tidak bisa dipulihkan dengan factory reset

      Hapus

Silahkah tinggalkan komentar pertanyaan masalah PC Laptop Handphone Android.
1.Pertanyaan dan komentar dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel.
2.Tidak melayani diskusi via sms. No Telp: 0361 4723392 Handphone: 085238900600 SMS, Whatsapp untuk keperluan pelanggan dan info alamat tempat servis Laptop-Handphone android Jl Drupadi XIV gang 1 no 2 Renon Denpasar Bali
3.Komentar spam/ iklan, sara akan di hapus.
4.Baca artikel dan link terkait sebelum bertanya, kolom komentar sangat terbatas.
5.Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.
Terima kasih kunjungan sobat di bali service computer.