Android Tablet Terbaik

Android Tablet apa yang terbaik dan termurah untuk dibeli?. Mungkin kita akan bingung dengan berbagai merk Tablet PC Android murah merk lokal/ china yang beredar di Indonesia saat ini? Artikel berikut ini dapat menjadi panduan sebelum membeli Handphone dan Tablet PC terbaik dengan mengintip spesifikasi jenis prosesor (otak) yang disematkan dalam Android tersebut bukan dari besar kecilnya memory RAM.

Kami akan mulai dengan perbandingan Android Tablet terbaik bukan dari merknya tetapi dari jenis prosesor yang digunakan. Processor Tablet AllWinner, Amlogic dan Rockchip berbasis arsitektur ARM cukup banyak digunakan berbagai merk tablet murah merk lokal/ china bahkan dibawah harga 1jutaan rupiah. Silahkan kesini untuk mengetahui pilihan handphone berdasar os androidnya.
tablet android termurah
Tablet PC Android harga murah

Tablet Android terbaik Allwinner A10/A13/A15
Processor Allwinner A10 (55nm), ARM A8 arsitektur, 1.2GHz real speed, (beberapa vendor mengoverclock singgel core Allwinner hingga 1.5Ghz untuk performa terbaik), 512K L2 cache, Mali 400 GPU dari 300MHz. Kecepatan processor Allwinner ini cukup baik sehingga unggul di aplikasi browsing web dan menjalankan berbagai aplikasi umum setiap hari. Processor ini mendukung kartu grafis yang tertanam di dalamnya bernama MALI 400 sehingga sanggup untuk aplikasi game HD/3D. GPU tablet Mali 400 allwinner memiliki frekuensi lebih rendah dibanding processor Rockchip, namun lebih kompatibel dengan aplikasi game, sehingga lebih mudah untuk menemukan paket yang kompatibel pada Mali 400 (Samsung Galaxy SII mengadopsi Mali 400, juga). Procesor ini juga lebih kuat dalam aplikasi android multimedia-video decoding yang di support sehingga dengan aplikasi yang tepat akan lebih banyak jenis pemutar film video yang dapat ditonton dan sudah mendukung format penuh 2160P decoding.

Processor Allwinner ini fokus untuk aplikasi dan tidak memiliki fitur telephony voice dan modem internet data. Jika dalam spesifikasi disebutkan bahwa tablet menggunakan Allwinner tersebut mendukung GSM/3G/LTE, ini artinya GSM/3G/LTE didukung menggunakan external usb modem dongel tambahan yang dipasangkan tablet. Daya tahan battery tablet yang mengunakan processor jenis ini cukup baik dibandingkan processor merk China/lokal lainnya.
Contoh Tablet Android yang menggunakan: IMO TabZ series, Axioo, Cyrus Atom Pad, Smartfren Andromax, Tabulet, Treq A10/turbo series dll.

Tablet Android Processor Rockchip 
Rockchip RK2918 ARM A8 arsitektur, 1GHz real speed, (beberapa vendor tablet china mengoverclock hingga 1.2 GHz untuk performa terbaik), dengan 512K L2 cache, GC800 GPU hingga speed 600MHz. Tablet dengan processor Rockchip bervariasi dan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan Allwinner. Namun RockChip cukup baik untuk menjalankan aplikasi dan games. RK2918 dapat menjalankan game dengan halus karena memiliki frekuensi GPU yang lebih tinggi dibanding Allwinner. Namun untuk browsing internet dan Video tidak sebaik Tablet Allwinner. Performa Tablet dengan proc Rockchip ini juga cukup memuaskan dan mendukung 1080P decoding. RK2918 tablet tidak bisa memutar format TS atau M2TS video HD tapi Allwinner A10 tablet bisa melakukannya dengan cukup baik. 
Contoh Tablet android yang menggunakan: Advan Vandroid T2, Epad tablet, Pipo Max dll

Tablet Android Amlogic 
Processor Amlogic AML8726 (65nm) ARM A9 arsitektur, 800MHz real speed, 128K L2 cache, Mali 400 GPU 250MHz, mendukung 1080P decoding. Walaupun didasarkan pada arsitektur yang lebih maju (A9), Amlogic AML8726 secara performa tertinggal jika dibandingkan dengan Allwinner A10 dalam segi speed CPU, GPU dan cache.
Contoh tablet android yang menggunakan: Advan T2i Amlogic, Ainol Novo Elf, Ainol Novo 7 Crystal, Axioo dll.

Secara singkat Processor tablet Android terbaik diurutkan dari sisi kinerja sbb: 
  • Tablet Android terbaik untuk Video decoding dan browsing: Allwinner A10, AML, Rockchip RK2918
  • Tablet Android terbaik untuk Gaming: Rockchip RK2918,Allwinner A10,AML
  • Tablet Android terbaik segi kompatible Game: Allwinner A10, AML,Rockchip RK2918.
Selain Tablet Android Terbaik dengan jenis processor diatas masih ada beberapa jenis processor ARM yang disematkan pada beberapa handphone merk china dengan harga murah lainnya.

Android Tablet Processor Qualcomm (Amerika) 
Dikenal dengan processor Snapdragon merupakan processor dengan fitur paling tinggi dibanding semua processor yang tertera di atas. Sudah bulid in modem membuat processor tablet atau hanphone pengguna qualcomm ini tidak diragukan dalam kecepatan data 3G dan LTE 4G karena memiliki kecepatan download dan upload yang sudah diperhitungkan dengan matang untuk mendapatkan performa yang baik. 

Real SOC: Untuk grafik, bekerja sama dengan ATI produsen chip untuk laptop, Qualcomm selalu menggunakan chip grafik Adreno yang telah dirancang menjadi satu dalam processor tersebut. Berbeda dibandingkan jenis processor di atas yang rata-rata menggunakan chip grafik berbeda-beda. Adreno (anagram dari nama RADEON grafis milik ATI) ini terintegrasi dengan cpu dan memiliki berbagai tingkatan (variasi kekuatan) tergantung dari seri processor yang digunakan. Walaupun dari segi performa android dengan processor ini tidak diragukan lagi merupakan yang terbaik, namun untuk harga tergolong lebih mahal dibandingkan processor tablet jenis lainnya. Xiaomi adalah salah satu merk yang mendapatkan kerjasama khusus dengan Qualcomm sehingga dapat menjual Handphone dengan harga lebih murah. 

Tidak ada Tablet android murah merk china/lokal dibawah harga 1 juta menggunakan jenis ini. Merek murah biasanya hanya menyebut bahwa soc cpu menggunakan dualcore/ quadcore/ octa core tanpa menyebutkan merk cpu nya.

Tablet Android based MTK Mediatek (Taiwan)
Kecepatan aplikasi MTK 1G single/dual core tidak mengecewakan, cukup banyak games 3D dapat dijalankan dengan lancar. Processor Mediatek ini berbeda dengan pesaingnnya di atas dengan adanya RF (antena radio) yang dapat mengakses internet data dengan kecepatan 3G. Sayangnya untuk 4G MTK belum begitu maksimal dibandingkan dengan processor seperti Qualcomm. Perbedaannya adalah fitur grafis dan modem 4G LTE di MTK tidak 'built in' tetapi buatan pihak ke 3. Itulah sebabnya pasangan pengolah grafis chip MTK ini kadang bisa menggunakan Power VR atau Mali.
Contoh Tablet dan handphone Android yang sering menggunakannya : Lenovo, Oppo, Vivo, Tablet Mito T, Advan, Treq, beberapa seri Samsung J dll. Meskipun untuk seri flasgship atau seri termahal biasanya memakai Qualcomm juga. Baca saja di dalam keterangan spesifikasinya.
Kesimpulannya Processor Qualcomm dan MTK adalah pilihan paling baik untuk pengguna handphone yang mencari performa dan kecepatan Internet data. Tetapi untuk tablet processor dengan harga lebih terjangkau/ termurah tanpa adanya fitur internet data (wifi only-USB modem dongle), tablet Allwinner A10/13 adalah pilihan yang terbaik tidak soal merk tablet Android yang menggunakannya.
tablet android harga 1 jutaan
merk tablet murah android harga 1 jutaan
Masih ada banyak processor soc Android lainnya seperti NVIDIA, Texas Instrumen, Samsung-Exynos, Intel, Huawei-Kirin, Xiaomi-Surge dll. Namun hanya merk terbatas penggunaannya. Dengan pembahasan singkat ini, semoga dapat membantu pengguna untuk menentukan handphone dan tablet android terbaik dan termurah dengan processor yang tepat. Jadi ketika ditanya "android apa terbaik bagi saya, mana tablet/ handphone termurah yang harus saya beli", saran kami adalah: bacalah rincian spesifikasi dengan spek terbaik sesuai budget. Bukan handphone android termahal untuk gaya atau sekedar  memory ram besar. Pilihan di tangan pembaca.

Artikel Terkait di Bali Service Computer