Sistem Android

Pasar Android os sebagai mobile sistem smartphone sesuai dengan prediksi berbagai pihak terus semakin kuat. Secara International diprediksi tahun 2013 android os akan menguasai pasar hingga 70%, berdasar perkiraan lembaga riset international DigiTimes. Sementara Apple dengan sistem iOS nya kemungkinan akan menguasai pasar 20% dan 10% sisanya akan dibagi oleh os software windows mobile, blackberry dan symbian. Pergeseran penguasaan pasar nampak jelas di pasar lokal Indonesia, menuntut banyak konter tempat servis handphone harus update pengetahuan cara flashing Firmware untuk memperbaiki ROM rusak software/ Android Bootloop.
sistem android os tablet
Era Symbian Nokia telah berlalu, kini banyak handphone menggunakan kecanggihan Android sistem, dengaan cara dan alat flash software  berbeda.. Terbukti Samsung Galaxy Tab saja dengan os Android kini menjadi penguasa pasar dan banyak pendatang baru di pasar handphone yang meraih kisah sukses seperti Xiaomi, Asus Zenfone, Lenovo, Oppo karena system ROM-Firmware yang terus berkembang, hingga saat ini sudah mecapai versi Android 8.0 : Oreo (2017).
Bahkan vendor handphone-tablet android merk lokal seperti Advan, Axioo, Beyond, Evercoss (cross), IMO, Mito, Treq dll rajin meluncurkan produk berbasis android sistem turut memperkuat posisi dengan menyediakan jaringan servis center resmi bersama brand terkenal seperti Oppo, Samsung, acer, asus zenfone, lenovo serta xiaomi yang juga mengeluarkan hp berbasis os Android. Walaupun dari segi merk, Samsung sudah memastikan posisi perolehan pasar international hingga 31% dan Apple 21%. Blackberry yang terkenal disini dengan penguasaan pasar 37% di Indonesia kini hanya tinggal 3% pasar international.

Aawalnya pembuat ROM Android didirikan pada bulan Oktober 2003 dan di akuisisi oleh Google pada tanggal 17 Agustus 2005 menjadi anak perusahaan Google. Hingga pada tanggal 5 November 2007, Open Handset Alliance, sebuah konsorsium dari perusahaan teknologi global seperti produsen smartphone HTC dan Samsung, operator telepon dan internet sperti Sprint Nextel dan T-Mobile, dan pembuat chipset seperti Qualcom, Mediatek dan Texas Instruments, termasuk Google sendiri, sepakat mengembangkan sistem standar terbuka untuk perangkat mobile. Hari itu diresmikan produk pertama, sebuah platform perangkat mobile yang dibangun di Linux kernel versi 2.6. Telepon komersial pertama yang tersedia untuk menjalankan software Android yaitu HTC Dream, dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008. 

Dalam perkembangannya semenjak tahun 2008, Sistem Android telah melalui banyak pembaruan, menambahkan berbagai fitur baru dan perbaikan. Setiap rilis firmware Android os diberi nama dalam urutan abjad, misalnya, android versi 1.5 Cupcake (C) diikuti oleh 1,6 Donut (D). Kemudian Android versi 2 Enclair (E), versi 2.2 Froyo (F), Versi 2.3 Ginggerbread (G) lalu android versi 3 Honneycomb(H) hingga versi 4 Ice Cream Sandwich (I). Rilis terbaru adalah android 4.1 Jelly Bean (J). Apakah nama versi android sistem berikurtnya K? Yuup namanya Kitkat, Lolipop (L), Marshmallow (M) Nougat (N) dan terbaru adalah upgrade Firmware Oreo .

Bersamaan dengan launching hp premium Nexus 5 akhirnya Google merilis update os Android terbaru di bulan Oktober 2013 dengan Firmware Kitkat 4.4. Tentu saja Nexus 5 ini sudah menggunakan ROM Android 4.4 Kitkat di dalamnya dan akan menjadi smartphone android pertama yang menggunakan update OS terbaru tersebut.

Android One Indonesia : Evercross One X, Nexian Journey 1 dan Mito Impact menyertakan os terbaru Lollipop untuk segmen value dilanjutkan oleh Xiaomi. Sementara handphone merk Infinix mengembangkan ROM Android One untuk segmen menengahMirip dengan Nexus yang didukung Google untuk level premium, semua produk Android One akan mendapat prioritas dukungan  upgrade ke os terbaru. 

Kesuksesan Android sistem tidak terlepas dari dukungan berbagai vendor karena sistem Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan dan disesuaikan pada bermacam perangkat mobile. Google sendiri juga meluncurkan tablet android yaitu seri Google Nexus. HTC bekerja sama dengan Google untuk merilis smartphone Nexus pertama, nexus One. Serial ini terus diperbarui dengan perangkat yang lebih baru yang dibuat oleh LG dan Samsung. Selain merilis ponsel Nexus Google juga merilis tablet Nexus yang pertama kali bekerjasama dengan Asus sebagai tablet 7 pertama yang menggunakan sistem Android 4.1 Jelly Bean pada bulan juni 2012. Selanjutnya bersama Samsung meluncurkan Google Nexus Tablet 10 inchi pada bulan October 2012. 
sistem android
Pada 2017 Google bersama Xiaomi melanjutkan proyek Android One dengan merilis MI A1,  menjadikan handphone ini sebagai yang pertama mendapatkan updateOS terbaru Oreo. Dengan semakin banyaknya peluncuran produk handphone berbasis Android sistem baik dari vendor luar seperti Acer, Samsung, htc, Asus, Oppo, Lenovo, Xiaomi ditambah produk Android dari vendor lokal buatan china spt Advan, Ainol, Axioo, Beyond, Evercoos, (cross), Mito, IMO, Movimax, Treq dll tentu saja akan membuat pemain lama seperti Microsoft dengan Windows OS nya tidak akan tinggal diam.
Hasil positifnya akan banyak tersedia tempat servis di berbagai kota sebaraan pasar merk--merk diatas dan persaingan sistem operasi antara Android OS Google, windows dan iOS, dengan kemudahan update tentu saja pelangganlah yang akan diuntungkan. Buktinya system terbaru untuk laptop milik Microsoft yaitu Windows 10, kini boleh didownload gratis untuk install di laptop dengan masa pemakaian 1 tahun. Jadi pelanggan akan mendapat keuntungan dari persaingan ini termasuk berbagai fitur canggih yang biasanya hanya terdapat pada merk mahal kini bisa ditemui di handphone  dan tablet android dengan harga murah.

Kedepannya selain di pasar perangkat handphone, kemungkinan besar sistem android os juga akan bersaing ketat di pasar Personal Computer// Laptop. Karena Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux (terbuka) tidak hanya sempurna untuk disematkan pada smartphone tetapi akan terus dikembangkan pada tablet laptop dan PC. Maka sangat penting bagi konter tempat servis handphone untuk belajar software dan cara Flashing ROM Android ini.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.