Update ROM Android

Update ROM Android KitKat adalah sistem operasi berbasis Linux terbaru yang dirancang oleh Google untuk di install pada perangkat smartphone dan pc tablet. Tentu akan ada pengembangan dari update firmware resmi Android versi ini, mulai dari API service terbaru, animasi, fitur hingga widget untuk notifikasi yang kita ketahui pada tanggal peluncuranUntuk handphone tipe lama merk terkenal seperti Samsung dan Xiaomi Redmi Note jika tidak mendapat upgrade firmware nya, masih memiliki opsi dengan cara instal custom ROM ke Android lebih tinggi.
upgrade firmware
Bersamaan dengan dirilisnya versi Android resmi terbaru ini, Google juga akan memperkenalkan produk smartphone baru miliknya yaitu Nexus 5. Kali ini Google menggandeng LG untuk pembuatan Nexus 5 yang tentu saja akan menggunakan Firmware sistem Kitkat. Kabarnya Nexus 5 ini akan menggunakan spesifikasi CPU quad-core Snapdragon 800 processor, TouchScreen 4.9 inch, Bluetooth 4.0, LTE, NFC,dan batteray 2300mAh. Semoga kita bisa mendapatkan dengan harga yang lebih murah, kan pabrik LG terbesar ada di Indonesia. 
jasa flashing
Cukup banyak pengguna produk phone-tablet Android menantikan download update os Android terbaru ini karena kabarnya Android 4.4 KitKat akan kompatibel dengan semua jenis smartphone berbasis Android seperti Asus, Samsung HTC Sony Xiaomi keluaran terbaru. Namun melihat spesifikasi phone LG Nexus 5 sebagai gadget pertama yang menggunakan ROM Kitkat 4.4 nampak jelas diperlukan spesifikasi yang cukup tinggi untuk mampu menjalankan os Android terbaru ini.
Dengan adanya link download custom ROM tentu saja memungkinkan berbagai phone-pc tablet versi murah merk lokal buatan China yang akan dapat mendownload dan menginstal Android 4.4 Kitkat seperti halnya ketika ugrade rom Jelly Bean keluar. Namun faktanya kalau kita melakukan upgrade pada phone-pc tablet merk lokal seperti Axioo, Mito, Beyond, IMO, Advan Vandroid, Cyrus Pad, Treq dll itu lebih sekedar pada update tampilan saja, sedangkan berbagai fungsi dan fitur dari OS terbaru Android akan dipangkas karena tetap memerlukan smartphone dan pc Tablet dengan spesifikasi tertentu yang lebih tinggi agar dapat berfungsi dengan baik. 

Setelah beberapa kali kami mencoba bereksperimen dengan memaksakan download update firmware terbaru dengan custom rom via TWRP pada spesifikasi phone dan tablet yang lebih rendah, meskipun berhasil namun akhirnya kami lebih memilih kembali menggunakan versi ROM bawaan yang paling stabil seperti ketika Phone dan PC Tablet pertama kali dibeli. Satu hal lagi, update Kitkat ini belum merupakan OS Android yang benar-benar baru, karena masih dalam versi Android 4 yang pertama kali muncul lewat Ice Cream sandwich (ICS 4.0) dan dilanjutkan dengan Jelly Bean 4,1 hingga versi 4,3. Jadi Firmware OS Android 5.0 terbaru nampaknya tidak akan dirilis tahun 2013 ini, melainkan update Android 4.4 yang 'hanya' pengembangan dari Android Jelly Bean 4,1-4,3. Jika kita masih sering berurusan dengan berbagai masalah handphone-tablet yang sering restart, bootloop, sinyal lemah, internet lambat, mungkin akan mengurangi minat kepedulian kita pada versi rom yang digunakan.

rom firmware
Oh ya, ada hal menarik dari setiap update ROM Android yang dilakukan oleh Google, penamaan selalu berdasarkan urutan abjad, C untuk Cup Cake, D pada Donut, kemudian Enclair (E), lalu Froyo (F), kemudian Ginggerbread (G), dilanjutkan Honneycomb (H), serta Ice Cream Sandwich (I), sekarang J pada Jelly Bean, kemudian KitKat (K). Saat ini hingga pertengahan tahun 2016 Google terus mengembangkan system untuk tablet dan handphone hingga muncul upgrade terbaru Lolipop (L) dilanjutkan ke versi 6 Marshmallow (M) dan Naugat (N). Untuk Android (O) Oreo dan (P) Pie diperuntukkan pada handphone keluaran terbaru.

Handphone Samsung dan Xiaomi type lama yang sudah tidak bisa update resmi masih ada solusi bisa di instal dengan firmware custom rom ke versi  lebih tinggi. Hubungi konter tempat servis terdekat yang menyediakan jasa flash atau  silahkan baca link di bawah ini bagaimana cara melakukannya. 
Upgrade Hanya untuk Handphone Terbaru
Sayang hanya handphone dengan spesifikasi tinggi yang dapat di update/upgrade resmi. Jika pembaca menggunakan Android terbaru dari vendor terkenal seperti Asus, HTC, Oppo, Lenovo, Samsung, Sony, Xiaomi Redmi Note dll biasanya disediakan fitur update otomatis via OTA (Over The Air). Pembaca juga dapat melakukan sendiri secara offline manual via PC laptop. Silahkan pengguna handphone Xiaomi Redmi baca disini cara update-upgrade Marshmallow.

Artikel Terkait di Bali Service Computer