alamat service center

Jumat, 06 Maret 2015

Android One Indonesia

Mengapa Android One? Banyak pengguna handphone Android merk lokal yang rusak software (bootloop) sulit untuk melakukan perbaikan karena pihak vendor tidak menyediakan dukungan untuk download firmware stock rom. Dari pengalaman kami sebagai teknisi, kerusakan jenis software ini termasuk paling banyak melebihi kerusakan hardware. Dengan berbagai kelebihannya, Hp android merk lokal dengan harga murah memiliki masalah kekurangan yaitu ketiadaan dukungan software stock rom firmware menjadikannya nilai minus. Sangat disayangkan jika hp tidak dapat dipakai hanya gara-gara masalah tersebut. Terkait masalah system, jika yang rusak merk terkenal seperti Asus, Samsung, LG, Lenovo, Oppo tentu lebih mudah cara mengatasi-nya, tapi bagi pengguna merk lokal seperti advan vandroid, axioo, beyond, cyrus, evercoss, imo, mito apakah vendor menyediakan link download firmware-nya? Inilah salah satu alasan mengapa kami menulis artikel Android One Indonesia.  
evercross, mito, nexian

Berawal dari konferensi Google di San Francisco, Amerika Serikat pada Juni 2014, google telah mengumumkan satu Proyek yang disebut “Android One”. Ini adalah program penyediaan platform smartphone android dengan kualitas yang baik namun dengan harga jual murah untuk target pasar negara-negara berkembang. Google ingin seluruh penduduk dunia terhubung ke Internet. Jadi untuk mendukung visi Google meraup 1 milyar pengguna baru, maka dengan Android One diharapkan semakin banyak orang bisa mendapatkan informasi melalui akses internet.

Setelah proyek ini sukses diberbagai negara, Android One Indonesia sudah mulai hadir awal tahun 2015 ini melalui 3 vendor Evercross One X, Nexian Journey 1 dan Mito Impact. Pihak Google sebagai penjamin kualitas sudah menentukan berbagai persayaratan mulai dari refererensi penggunaan spesifikasi hardware, dukungan OS bahkan harga jual handphone tersebut. Jadi walaupun menggunakan desain (casing) yang berbeda, ketiga vendor ini merilis device 'identik' baik secara spesifikasi hardware maupun OS yang digunakan, yaitu menggunakan Android Lollipop 5.1 terbaru. 

Mengapa membeli Hape Android One (versi Baliservicecomputer)
Spesifikasi Hardware: harga 1 Jutaan.
Layar
IPS capacitive touch screen 4,5 inci
Resolusi layar
854 x 480 piksel  
Prosesor
Cortex A7 MediaTek MT6582 quad-core 1,3 GHz
GPU
Mali 400 MP2 GPU
Memory RAM
1 GB
Kamera Belakang
5 megapiksel
Kamera Depan
2 megapiksel
Memory Internal storage
8 GB
Micro SD
Upgrade to 32 GB
Baterai
1.700 mAh
SIM Card
Dual Micro SIM GPRS Class 12, EDGE, HSDPA Uplink 5.76Mbps, Downlink 21 Mbps
Sistem operasi
Android 5.1 Lollipop
  • Di sini Google yang menentukan semua spesifikasi dan standar kualitas produk smartphone Android One. Jadi semua produk Android One yang beredar di pasaran memiliki hardware yang sama. Hal ini akan memungkinkan untuk penggunaan System ROM Firmware yang sama juga. Jadi seluruh smartphone Android One dijamin akan mendapatkan prioritas update OS Android. Artinya, seluruh pengguna perangkat Android One bisa lebih dulu menikmati kecanggihan dari OS terbaru yang dikeluarkan Google. Bahkan sebagai bukti, seluruh produk Android One yang hadir di Indonesia sudah menjalankan OS Android Lollipop 5.1 yang belum ditemukan di perangkat smartphone atau tablet Android yang lebih mahal sekalipun.  Dengan keseragaman spesifikasi, jika terjadi kerusakan system, salah cara oprek karena root, hingga bootloop akan lebih mudah cara untuk perbaikannya.
hape android murah 1 jutaan
  • Simple. Keberagaman spek hardware membuat Firmware system juga berbeda-beda dan tidak bisa hape merk A di install/ flashing menggunakan rom merk B. Jika dibandingkan, karena perbedaan hardware maka cara flashing hape Android tidak semudah Blackberry, iPhone maupun laptop Windows. Bahkan pernah pelanggan kami punya Samsung Note II versi T Mobile (Amerika) di flash kernel Samsung Note II Indonesia, dan hasilnya? Mati Total. Keseragaman spesifikasi memudahkan upgrade OS, pemeliharaan dan biaya service. Jika ingin update os tentu akan lebih mudah. Hal ini juga akan memudahkan cara flashing, modifikasi, cara root, pembuatan custom rom dll. Kesamaan ini juga memungkinkan terbentuknya komunitas yang cukup besar untuk share tips dan berbagai cara mengatasi masalah yang mungkin terjadi.
  • Support Manual dan update OS Android terbaru: Tiga produk yang telah beredar di Indonesia ini bisa disebut sebagai smartphone barisan awal handphone yang menggunakan Lollipop. Ini seperti bersaing dengan brand-brand global kelas highend. Lolipop di klaim dapat berjalan 2x lebih cepat dan lebih hemat baterai. Google juga menjamin ketersedian update Firmware di Android One ini selama 2 tahun. Dalam situs resminya, perusahaan AS itu mensyaratkan penggunaan kartu SIM Telkomsel untuk bisa memperoleh update Android terbaru gratis. Dukungan penggunaaan juga lebih baik di banding merk lokal type lainnya. Misalnya ingin tahu cara menjadikan handphone sebagai hotspot atau wifi portable/ tethering, kita bisa melihat caranya di situs support manual Google Android-one disini.
  • Harga Murah: Berapa harga HP murah lain dengan spesifikasi serupa + OS Android terbaru Lolipop?. Smartphone Android One memang menarik dilirik karena memiliki harga kisaran 1 juta-an rupiah dengan OS terbaru Android Lollipop 5.1, Prosesor Quad Core, GPU Mali, Dual SIM, Layar IPS. Bandingkan saat ini saja banyak Hp baru merk ternama masih memakai system update rom KitKat. Sayang saat kami cek di toko handphone banyak yang mematok harga di kisaran 1.2 hingga 1.3 juta, padahal di toko online lazada, blanja harga Evercoss, Mito dan NexiaN Android One dibandrol Rp.999 ribu. Meskipun Google mensyaratkan Android One harganya tidak boleh lebih dari 100 dolar
  • Hemat Biaya Penggunaan: Google telah memastikan bahwa pemilik perangkat nantinya akan memperoleh penawaran paket data yang menarik guna memangkas biaya data saat mereka mengunduh aplikasi dari Google Play atau melakukan update firmware via OTA, di Indonesia Android One bekerjasama dengan Telkomsel. Meskipun dengan fitur dual sim bisa menggunakan kartu SIM operator lain, Telkomsel sebagai operator rekanan Google Android One menyediakan paket bundling SIM card untuk Android One dengan keuntungan download gratis update Firmware dan 200MB/bulan dari Google Play Store.
  • Hemat Baterai: Walaupun hanya menyematkan baterai standar ukuran 1.700maH, dengan Os terbaru dan fitur menghemat baterai yang tersemat didalamnya dapat memperpanjang penggunaan sampai 90 menit. 
Seperti biasanya banyak proyek Google yang selalu mendapat dukungan vendor internasional. Lihat proyek Open Handset Alliance yang melahirkan OS Android dan mengubah peta pasar handphone dunia, project Ara, Nexus dll. Proyek Google Android One juga melibatkan banyak vendor dari berbagai negara. Menarik disimak bahwa sejak proyek ini digagas, konsorsium yang dibentuk untuk menyukseskan program ini melibatkan juga banyak vendor International seperti Asus,HTC, Mediatek dan Qualcomm. Jadi tidak menutup kemungkinan munculnya versi vendor lainnya atau Android One dengan Prosessor Qualcomm. Jadi Evercoss One X, Mito Impact dan Nexian Journey 1 baru produk awal Android One Indonesia. Namun hingga saat tulisan ini diturunkan belum kami dapatkan info rilis Android One ASUS maupun HTC, kita tunggu saja. 

Artikel Terkait di Bali Service Computer

1 komentar:

  1. kartu sim card tidak bisa masuk bagaimana caranya....?

    BalasHapus

Silahkah tinggalkan komentar pertanyaan masalah PC Laptop Handphone Android.
1.Pertanyaan dan komentar dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel.
2.Tidak melayani diskusi via sms. No HP 085238900600 untuk keperluan pelanggan dan info alamat tempat servis Laptop-Handphone android Jl Drupadi XIV gang 1 no 2 Renon Denpasar Bali
3.Komentar spam/ iklan, sara akan di hapus.
4.Baca artikel dan link terkait sebelum bertanya.
5.Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.
Terima kasih kunjungan sobat di bali service computer.