Tablet PC Android Murah

Tablet PC Android banyak dijual dengan harga murah, berbagai merk Phone Tablet Android baru bermunculan menyusul 'brand' ternama Samsung, Acer, Asus, Oppo, HTC, Motorola, iPad, Toshiba, Xiaomi, kini handphone lokal seperti Advan, Axioo, Ainol, Beyond, IMO, Mito, Cyrus, Ainol, Treq meramaikan persaingan. Tetapi harga tablet Android murah tersebut bukan berarti murahan mengapa? Berikut ini tulisan mengenai alasan berdasar pengalaman di tempat servis kami mengapa Handphone dan Tablet dengan sistem Firmware Android bisa dibeli dengan harga murah namun dengan fitur dan fungsi yang bagus.
Tablet andoid murah
Setidaknya ada 3 hal yang menentukan Harga HP Tablet PC Android murah:
  • Hardware PC Tablet
  • Software Operasi Android/ Firmware/ ROM
  • Brand atau merk PC Tablet
Mari kita membahas ketiga hal tersebut diatas satu persatu secara singkat. Pada saat kita akan membeli computer/ laptop atau handphone Tablet Android. 3 hal tersebut diataslah yang menentukan mahal atau murahnya harga produk. Hardware dan software system yang patentnya dimilik satu perusahaan, misalnya laptop dengan instal Microsoft Windows atau Apple iOS tentu membuat produk tersebut exclusive dan mahal harganya. Oh ya, kami sendiri masih perlu menggunakan laptop karena bisa untuk memperbaiki software handphone rusak sistem dan membetulkan Android bootloop.
samsung rusak
Lahirnya Handphone dan PC tablet dengan os Android murah diawali bergabungnya dari 34 perusahaan hardware, software, dan telekomunikasi membentuk konsorsium 'Open Handset Alliance', termasuk Google, HTC, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, Nvidia, ARM Holdings (Apple inc), Atheros Communications, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone dll. Belakangan semakin banyak perusahaan seperti Huawei Xiaomi ZTE turut berbagung. Dari penggabungan inilah lahir teknologi hardware dengan Firmware system patent terbuka yang memungkinkan harga menjadi murah.

1. Hardware PC Tablet Android
Dalam dunia 'personal computer'/laptop ada variable penting yang menentukan harga, salah satunya adalah Processor(CPU). Jika dalam di laptop kita lebih mengenal Intel yang menjadi brand ternama dibanding jenis processor lainnya. Walaupun secara umum Handphone Tablet PC menggunakan piranti keras yang sama seperti PC/ laptop biasa, Android menggunakan  CPU ARM Cortex dari produser yang juga bergabung dalam konsorsium 'Open Handset Alliance'. Tapi jangan salah persepsi, lisensi arsitektur CPU ARM ini juga banyak digunakan berbagai merk terkenal seperti AMD, Alcatel-Lucent, Apple Inc, Broadcom, Cirrus Logic, LG, Marvell, NEC, Nintendo, Nuvoton, Philips, Qualcomm, Research In Motion(RIM Blackberry), Samsung, Sharp, Yamaha dll. Maka jangan kaget kalau dalam dos kemasan PC Phone Tablet Android tertulis CPU ARM Cortex tetapi di dalam terinstal system ROM Android dengan spek hardware berbeda-beda.

2. System Operasi Android
Menggunakan OS MS Windows,Apple IOS atau RIM Blacberry kita perlu membayar biaya lisensi sedangkan untuk system Android pada handphone gratis. Jadi jika kita membeli PC/laptop/Gadget dengan harga tinggi karena sebagian untuk membayar licensi penggunaan system yang di instal. Sedangkan sistem Android berbasis linux yang merupakan sistem operasi terbuka. Hal ini jugalah yang membuat Apple iPhone/iPad dengan system IOS dan RIM dengan Blackbaerry OS Nokia windows pasti lebih mahal di banding handphone menggunakan Firmware Android karena biaya instal patent Operation Sistem (OS) nya.

3. Brand atau merk PC Tablet
Bagaimanapun merk ternama seperti Samsung, Asus, OPPO, HTC, Motorola, Xiaomi dll memiliki kelebihan dalam hal layanan tempat service, alamatnya tersedia di banyak kota-kota besar. Sedangkan merek PC Tablet lokal yang merupakan buatan pabrik china (Advan, Ainol, Axioo ,EVERCOSS, Mito, Cyrus, Treq dll) biasanya kurang dalam hal layanan tempat service, tanpa biaya pembangunan jaringan layanan customer servis resmi ini membuatnya lebih murah.

Pengalaman di konter tempat servis kami selama memperbaiki berbagai merk handphone rusak, membongkar mesin case, flashing firmware, install ROM, ada hal lain yang membuat Handhone merk lokal buatan china lebih murah adalah penggunaan material sparepart hardware, kualitas mesin motherboard tebal, termasuk case, chipset, ic WiFi, Bluetooth, memory dll yang harus diakui bahwa merk terkenal biasanya lebih baik dan berkualitas. Ada sistem pendinginan dari overheat menggunakan tembaga/alluminium tapi ada hanya pakai seng tipis mudah berkarat. Hal ini mempengaruhi awet tidaknya handphone tersebut dibandingkan merk terkenal diatas.

Fungsi dan Fitur PC Tablet Android Murah
Dengan penggunaan firrmware system operasi Android yang gratis, apakah Handphone /Tablet menjadi kekurangan fitur dan Fungsi? System Android yang terbuka justru membuat banyak pihak dapat memodifikasi dan mengembangkan custom ROM dengan berbagai fitur yang luar biasa. Berikut ini berbagai fitur dan fungsi dalam Android yang tidak hanya sama baiknya dengan software patent (berbayar), tetapi kadang bahkan jauh lebih baik.

Dengan dukungan WiFi dan jaringan 3G - 4G LTE pada CPU ARM, PC tablet Android mampu berselancar di Internet. Kita bisa langsung berselancar di Internet di PC Tablet Android dengan browser yang menyatu dengan sistem operasinya. Jika tidak puas dengan browser bawaan android, kita bisa menggunakan aplikasi Opera Mini, Firefox, chrome, dolphin browser dll. yang dapat di download gratis di Google Play. USB Dongle 3G modem internet untuk tablet bisa di gunakan untuk berselancar di internet saat tidak ada koneksi ke Wifi. Beberapa merek 3G modem Huawei dapat langsung terdeteksi pada PC tablet. Ketersedian slot SIM dengan sinyal 4G sudah menjadi hal biasa di handphone Android terkini.

Ukuran lebih kecil dari laptop membuat lebih mudah dibawa kemana-mana. Tablet Android dilengkapi dengan touch screen keyboard membuat PC tablet Android lebih praktis untuk mengecek status Facebook, Twitter, berkirim email. Aplikasi Gmail sudah tersedia pada tablet Android tinggal mengisi tanpa perlu instal lagi. Tersedia juga aplikasi klien email lain dari pihak ketiga yang bisa di download melalui Google Play.

Jika touchsreeen PC tablet Android bermasalah atau kurang nyaman, kita bisa menggunakan mouse-keyboard wireless. Saya biasanya menggunakan wireless keyboard pada Tablet, saat banyak mengetik emaail atau menulis artikel untuk blog baliservicecomputer karena lebih nyaman. Sebagai pengganti word-excel di laptop Windows banyak aplikasi office bisa di download dari Google Play., saya menggunakan Kingsoft Office untuk pengganti word-excel dengan download gratis.

Untuk fitur hiburan multimedia, ssistem ROM android adalah jagonya, bahkan kini banya di palikasikaan di smart TV/ STB. Banyak Handphone tablet Android murah sudah tersedia dengan layar LCD 7 atau 10" seperti merk Advan dan memiliki resolusi tinggi cukup nyaman untuk bermain game atau menonton film. Handphone Samsung dan Xiaomi seri Redmi note menggunakan layar 6 inch lebih besar dari type standar..
cara android tv
Jika kurang puas kita bisa menghubungkan kable mini HDMI ke layar TV/monitor LCD 32 inch atau lebih. Selain menggunakan kabel HDMI kita bisa mentransfer gambar film/ youtube layar ke TV lewat Wifi dongle menggunakan teknologi AnyCast/ Google cast, bahkan ke projector. Fitur hiburan lain adalah dukungan tempat link download game tablet android di Google Playsore baik game apk gratis maupun berbayar. Dengan spesifikasi yang terus berkembang pada tablet android, ini akan menjadi ancaman serius untuk playstation sony maupun xbox microsoft. Bahkan saat ini sudah banyak game High Definition 3D yang sudah bisa di download dan dimainkan di banyak handphone dengan sistem Android

Kapasitas data internal Tablet dan hape Android sekarang rata-rata cukup besar(dibandingkan handphone), ini memudahkan kita menyimpan dan memutar banyak file dokumen, video-musik dengan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia pada PC Tablet Android atau Google Play. Kita juga dapat menambahkan kapasaitas memory penyimpanan menggunakan SD Micro maupun Flash disk. Bahkan jika suatu saat internal memory rom Tablet penuh, kita masih dapat menambahkan external memory untuk install android system aplikasi agar berjalan dengan normal. Tersedia juga layanan Google Drive untuk penyimpanan data secara gratis. Dengan 8GB Cloud Drive gratis bagi pemilik akun gmail, kita dapat backup menyimpan file data foto maupun dokumen disana. Android dengan harga murah juga sudah dilengkapi Internal speaker memungkinkan kita mendengarkan music MP3, jika kurang puas speaker eksternal bisa ditambahkan melalui jack output audio atau menggunakan WiFi atau Bluetooth

Upgrade Sistem Firmware Android terus menambahkan kemampuan dan fiturnya, seperti menyimpan dan membaca eBook (PDF) dengan aplikasi khusus. Cukup membeli satu tablet android dengan harga murah kita dapat menggantikan semua koleksi buku yang tebal. Ini jauh lebih praktis daripada kita harus membawa beberapa buku saat bepergian. Malam hari lampu mati tidak masalah membaca pdf di hp Android.

Dengan dukungan Google Play untuk download berbagai aplikasi, baik office, music, video player, games dll masih banyak lagi fungsi handphone tablet Android yang bisa dimanfaatkan. Saya sendiri belum merasakan semua fungsi dan fitur yang begitu melimpah, namun akan memanfaatkan lebih banyak fitur dengan install menggunakan custom ROM Android. Yang pasti Google play sebagai penyedia aplikasi resmi tidak membedakan apakah kita menggunakan handphone tablet androd merk murah atau merk mahal, firmware resmi atau custom ROM, semua dilayani. 

Namun ada 1 fakta bahwa kekurangan handphone Android adalah tidak bisa untuk memperbaiki laptop, tetapi pakai laptop bisa untuk membetulkan handphone rusak software/ perbaiki sistem bootloop/ flash Firmware dll. Jadi untuk bekerja di konter tempat servis kami selama ini masih membutuhan PC/ Laptop yang harganya 4 jutaan ke atas, semoga handphone Android yang saya beli dengan biaya lebih murah dapat menggantikan beberapa fungsi lainnya.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.