Tablet Advan Rusak

Kali ini kami menuliskan artikel cara mengatasi lcd tablet advan yang rusak. Bali service computer menerima pasien pc tablet android advan lcd rusak dari salah satu pelanggan dari kota Gianyar. Awalnya kami tidak menerima informasi lengkap mengenai penyebab kerusakan lcd touchscreen tablet advan 7 inch ini, kami berpikir penyebab kerusakan lcd touchscreen tablet karena salah flashing firmware/ rom android (masalah software), jadi kami menerima perbaikan tablet advan tersebut. Setelah bertatap muka, lcd tablet rusak dengan gejala garis-garis putih vertikal ini rupanya rusak karena jatuh. 
service tablet android bali
Cara mengatasi perbaikan komponen lcd touchscreen tablet rusak atau pecah karena jatuh, adalah dengan menggantinya. Tidak banyak tempat/ toko penjualan sparepart lcd tablet merk lokal buatan china. Setidaknya hingga saat ini di Denpasar-Bali masih sulit mencari alamat toko tempat jual komponen sparepart tablet android merk tertentu. Apalagi banyak service center resmi tidak jelas alamatnya. Beberapa service center resmi biasanya akan mengirimkan tablet yang rusak ke Jakarta/kantor pusat sehingga memerlukan proses waktu yang cukup lama penanganannya.
handphone laptop android
Karena alasan tersebut banyak pengguna memilih untuk cari sendiri di toko online maupun tempat service umum seperti kami. Sebelum membeli layar kaca hp/tablet yang pecah-retak perlu diketahui bahwa bagian layar ini terdiri dari 2 bagian utama:
  1. LCD: yang menampilkan gambar. Contoh TV dan laptop pakai lcd saja tapi tidak menggunakan touchscreen
  2. Touchscreen: bagian kaca luar berfungsi sebagai layar sentuh.
Jika gambar tampil tapi tidak bisa disentuh belilah layar sentuhnya saja, jika gambar tidak tampil atau berwarna putih/hitam maka lcd nya rusak.
Cara Memperbaiki LCD Touchscreen Tablet Rusak
Cara memperbaiki masalah kerusakan lcd tablet yang pecah adalah dengan mengganti sparepart LCD. Cara mengganti lcd tablet sbb:
ganti lcd touchscreen tablet
  • Buka case tablet advan untuk membokar dengan cara menggunakan bantuan bingkai sim card perdana yang sudah dibuat pipih bagian pinggirnya. Sebaiknya jangan menggunakan obeng untuk membuka tablet karena bisa merusak case tablet yang terbuat dari bahan plasik.
cara membuka tablet
  • Lepas klep penjepit kable dan copot kable flexible touchscreen, dengan cara yang sama lepas juga kable flexible lcd tablet yang rusak.
  • Copot baterai yang menempel pada bagian belakang layar. Ini bagian yang cukup sulit karena banyak vendor menggunakan lem yang cukup kuat. Gunakan kartu atm atau sejenenisnya spt bingkai perdana simcard, credit card dll dengan cara menyisipkan pelan-pelan hingga baterai terlepas. Usahakan baterai tablet jangan sampai berubah bentuk karena dapat membuat baterai tidak rusak/drop.
service lcd touchscreen tablet rusak
  • Lepas baut motherboard tablet android advan agar kita dapat membongkarnya secara total. Kemudian angkat board tablet advan dari case dengan memperhatikan kable baterai agar tidak terjadi 'short circuit' yang dapat menyebabkan korsleting sehingga dapat merusak baterai tablet advan dan mesinnya. Saran kami, tempelkan selotip pada bagian konektor kable + dan - baterai tablet advan agar tidak short saat kita mengganti lcd touchscreen tablet advan ini.
  • Lepas komponen lcd rusak dengan pengungkit (pry tool) dan ganti dengan layar lcd tablet baru, kita tidak perlu melepas bagian touchscreen tablet. Untuk cara memperbaiki touchscreen tablet baca disini.
service tablet android bali
  • Pasang kembali semua komponen sparepart tablet advan, mboard, kable lcd+touchscreen dan baut kembali moterboard tablet pada tempatnya sesuai langkah cara-cara diatas hanya dibalik langkah step-stepnya.
perbaiki tablet rusak
  • Test lcd tablet advan yang rusak, apakah sudah normal kembali setelah ganti lcd tablet dengan yang baru. Jika semuanya sudah ok, tutup kembali case belakang tablet advan dengan menekannya pada bagian pinggir agar seluruh klep casing tablet tertutup rapat.
Semoga artikel ini berguna bagi pembaca ketika mengalami masalah kerusakan serupa dan ingin mengganti sendiri lcd touchscreen tablet yang rusak atau pecah. Untuk mencari tempat jual lcd touchscreen tablet silahkan hubungi langsung service center terdekat dari vendor tablet sesuai merk atau kunjungi toko online tempat jual spare part lcd touchscreen tablet dengan merujuk pada id code produk lcd tablet yang rusak. Untuk mencari alamat service center tablet advan disini.

Namun harap diperhatikan:
  1. Tidak semua merk tersedia sparepart layar, handphone yang banyak pemakai biasanya tersedia sparepart lcd seperti Smartfren Andromax, Advan, Asus Zenfone, Lenovo, Xiaomi dan tentu saja samsung, baik asli maupun replika. 
  2. HP dengan layar IPS (in Plane Switching) atau OGS (One Glass Solution) layar+kaca pelindung dan touchscreen menjadi satu kesatuan, harus ganti 1 paket. Jadi walaupun rusak/retak/pecah layar kaca touchscreen saja namun juga mengharuskan ganti lcd juga karena 1 paket.  
  3. Handphone Android denga type layar capasitive biasanya lcd - layar sentuh  terpisah, jadi bisa ganti salah satu jika rusak layarnya.
  4. Layar handphone pecah tidak bisa diganti dengan menggunakan layar hp merk lain.
Bali service computer menerima penggantian spareparts layar lcd touchscreen handphone untuk berbagai merk samsung-termasuk replika/ clone, merk cina/lokal yang banyak pemakainya seperti Advan, Asus Zenfone ,Lenovo, Oppo, xiaomi dll. Sebagai tempat jasa perbaikan kerusakan handphone-tablet android kami menyediakan juga sparepart layar, charger, baterai dll.

Artikel Terkait di Bali Service Computer