Cara Mempercepat Koneksi Internet Evdo

Sebagai penyedia jasa service computer dan perbaikan laptop di denpasar bali, selalu saja ada suka duka saat melayani pelanggan. Misalnya masalah modem internet. Dalam 1 minggu ini ada dua pelanggan yang komplain masalah modem internet ini...:(. Satu pelanggan tinggal di sanur menggunakan paket internet murah GSM three Hutchison dengan keluhan baru membeli pulsa 3 hari modem internet sudah tidak bisa dipakai lagi dan yang kedua tinggal di Tabanan-Bali menggunakan modem evdo smart tapi sinyal evdo tidak terdeteksi dengan baik. Sebenarnya sih mereka sudah membeli modem ini beberapa bulan yang lalu, yah namanya pelanggan harus dilayani dengan baik bukan?...*sedih. Untungnya bagi saya jadi bertambah pengalaman masalah yang berbeda sehubungan internet, baik itu internet evdo yang sedang populer saat ini dan internet GSM. Berikut ini saya rangkum beberapa pengalaman mulai soal cara beli paket modem internet, cara setting APN modem Internet hingga cara mempercepat koneksi internet modem GSM dan EVDO hingga.

1. Masalah Setting Internet GSM Three Hutcison
Masalah Internet yang dialami pelanggan saya diatas (untungnya) bukan karena modem rusak, tetapi sebenarnya sepele; ceritanya dia beli pulsa untuk internet 50 ribu seperti biasa untuk paket 1GB dan langsung menggunakan internet. Masalahnya pulsa diisi setelah paket internet bulan sebelumnya sudah habis selama 5 hari. Semestinya perlu daftar paket lagi dengan ketik sms MAU kirim ke 234. Karena dia langsung pakai jadi internetnya langsung menggunakan pulsa tersebut, karena tidak adanya setting paket internet. Hasilnya baru dipakai 3 hari internet tidak bisa digunakan dan pulsa langsung habis. Waktu saya konfirmasi dia membenarkan bahwa kecepatan internetnya dalam 3 hari tersebut sangat cepat. Ya iyalah soanya itu kan paket premium HSDPA...:). Solusinya ya beli pulsa lagi dan daftar lagi paket internet Three dengan ketik sms MAU 1GB kirim ke 234. Tunggu sms balasan operator ISP Three baru kemudian internet bisa dipakai kembali selama 1 bulan. Melebihi kuota kecepatan diturunkan 64 kbps. Jadi jangan lupa daftar paket dan Setting Internet.

Masalah Internet seperti dialami pelanggan computer saya ini sering juga dialami yang lain. Tidak hanya paket internet murah Three Hutchison tetapi untuk paket internet operator lainnya seperti telkomsel, evdo flexi, smartfren dll. Pada prinsipnya setiap mengikuti paket internet pastikan dahulu lakukan registrasi paket dengan benar, dan tunggu sms balasan dari operator. Setelah mendapat balasan yang berisi konfirmasi paket internet sudah aktif dan biasanya disertai cara setting APN, user name dan password, baru gunakan paket internet tersebut.  

2. Masalah Mempercepat Koneksi Internet Evdo
Pelanggan computer saya yang tinggal di Tabanan ini pada awalnya beli modem unlock dengan paket internet evdo Flexi. Belakangan dia mendapat rekomendasi dari teman kerjanya (yang tinggal di kuta-bali), untuk pindah ke paket Internet EVDO Smartfren. Setelah migrasi inilah modem evdonya menjadi lambat karena sinyal EVDO smart tidak terdeteksi dengan baik. Temannya bilang masalahnya di modem, jadi akhirnya pelanggan ini komplain bahwa modem unlock tersebut tidak bisa digunakan untuk internet Evdo Smart.

Solusinya sbb; Perlu diketahui bahwa internet EVDO smart bekerja pada frekuensi 1900 dan Evdo flexi pada frekuensi 800. Dua frekuensi EVDO ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal jangkauan coverage area internet Evdo-nya. Perhatikan gambar jangkauan coverage frekuensi EVDO dibawah ini.

paket internet smartfren


Frekuensi jaringan Evdo 1900 memiliki keunggulan kualitas sinyal yang baik dan jernih tetapi untuk jangkauan coverage area yang lebih sedikit/terbatas, sementara frekuensi jaringan EVDO 800 milik flexi walaupun tidak sejernih kualitasnya dibanding frekuensi 1900 EVDO, tetapi memiliki jangkauan coverage area yang lebih luas. Evdo 800 dengan jangkauan mencapai 2x lipat Evdo 1900 mampu mengcover wilayah seluas 113 KM2/BTS. Sementara EVDO 1900 hanya memiliki coverage area 28 KM2/BTS.

mempercepat koneksi evdo smartfren

Jadi bukan masalah modem tidak bisa digunakan untuk setting Internet operator lainnya atau masalah modem rusak, tetapi karena jangkauan sinyal evdo smart tidak sampai kedaerah tersebut dengan baik/lemah. Terbukti waktu saya ubah setting internet smartfren ke CDMA1x RTT, sinyal internet smart cukup kuat. Solusinya adalah mempercepat koneksi smartfren. Bagaimana cara mempercepat koneksi smartfren? Yaitu dengan cara memperkuat sinyal smartfren.

Pertama, saya pindahkan CPU yang berada dikolong meja pelanggan ke bagian atas meja. Kemudian memasang kabel usb perpanjangan modem sehingga modem dapat diposisikan lebih tinggi dan dapat diarahkan ke BTS milik ISP Smartfren. Modem tidak di colok di bagian USB depan komputer tetapi di port USB bagian belakang yang asupan listriknya lebih baik. Dengan cara-cara tersebut rupanya cukup membantu untuk meningkatkan sinyal smartfren yang sebelumnya 1-2 bar menjadi 2-3 bar. Sebenarnya ada beberapa tips cara meperkuat sinyal modem internet, dan cara memperkuat koneksi Internet, tetapi karena kondisi yang terbatas dan tanpa persiapan, saya tidak bisa menerapkan semua cara-cara meningkatkan sinyal modem smartfren di rumah pelanggan saya tersebut.

mempercepat koneksi smartfren

Dari kasus diatas apakah berarti jangkauan coverage area evdo flexi lebih baik daripada jangkauan sinyal evdo Smartfren? Iya dalam kasus yang dialami pelanggan saya ini. Tetapi tidak bisa untuk dijadikan patokan umum. Karena penggunaan freuensi 800 evdo ini juga memiliki kekurangan. Frekuensi 800 CDMA selain digunakan untuk transmisi data internet juga digunakan untuk transmisi voice (menelpon). Jadi jika penggunaan telepon (suara) cdma sedang tinggi akan menggangu paket internet EVDO. Sementara Smart mengkhususkan frekuensi 1900 khusus (exclusive) untuk coverage internet evdo dan khusus untuk voice menggunakan fren (mobile8) yang bekerja pada sinyal frekuensi 800. Smart juga memisahkan pengguna paket internet CDMA1x pada sinyal 800 ini. 

Kesimpulannya, jika kita berada di pinggiran kota dan hanya mendapat jangkauan sinyal evdo yang lemah solusinya adalah dengan cara memperkuat sinyal modem internet evdo tersebut.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

2 komentar:

  1. Anonim20:50

    Saya Adi , Trims INFONYA mas .Yang mau saya tahu coverage km-nya ternyata jauh juga ya. Saya sih masih pakai Smartfren , biar cepet pakai 2 connection on one PC. Ga ribet , yah terserah berapa banyak modem yang mau di gabungin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Agan Adi: mempercepat modem pakai 2 connection? wah bisa dishare caranya gan, jadi penasaran nih

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.