Apa Internet dan Modem Internet

Interconnection-networking atau disingkat Internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk pertukaran paket data/informasi/email dari miliaran pengguna di seluruh dunia. Seperti halnya apa yang tejadi pada sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu. Tata Cara menghubungkan rangkaian internet ini disebut internetworking yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket. Dalam pengaturan tata cara Internet di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan UU ITE. Kita akan membahas berbagai istilah yang berkaitan dengan cara kerja internet dan modem internet.

apa internet


Apa saja istilah dalam Internet.
Beberapa istilah yang sering digunakan dalam Internet adalah sbb:
  • WWW (World Wide Web): kumpulan web server di seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data/informasi untuk digunakan bersama. Kita dapat mengumpamakan WWW ini merupakan perpustakaan besar yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan. Berbagai data/informasi dapat ditemukan pada WWW, seperti informasi politik, ekonomi, budaya, sastra, sejarah, medis, teknologi, pendidikan dll. 
  • Web Site (Situs Web): merupakan tempat tersedianya data dan informasi berdasar pengelompokan topik tertentu. Situs Web Internet Ini dapat diumpamakan sebuah buku yang berisi topik tertentu yang didalamnya terdapat Web Pages/halaman situs web, yang merupakan sebuah halaman khusus dari situs Web yang mirip seperti sebuah halaman khusus buku yang menyediakan data informasi tertentu.
  • Browser: merupakan program aplikasi pada laptop/computer/gadget yang digunakan untuk memudahkan penelusuran data dan informasi Internet pada www yang dilengkapi navigasi, search engine dan berbagai fitur untuk memudahkan akses data Internet. Contoh program Internet browser: Google chrome, Mozila Firefox, Internet Explorer, Opera, Safari dll. yang masing masing browser memiliki keunggulan dalam hal kecepatan.
apa internet
  • Search Engine: adalah mesin pencari yang tertanam dalam browser yang bertugas secara otomatis melayani pengguna untuk menemukan daftar WWW yang mengandung kata kunci yang diketikan pada browser. Misalnya kita mengetikkan kata "modem evdo  internet" pada browser, maka search engine inilah yang bertugas menampilkan daftar situs-situs yang menyediakan data informasi yang berkaitan dengan topik modem evdo internet. Search engine yang banyak digunakan adalah google, yahoo, bing, dll.
  • Modem: Modem berasal adalah singkatan MOdulator-DEModulator. Merupakan (salah satu) perangkat agar kita dapat terhubung ke data informasi internet di seluruh dunia. Modem ini dapat diumpamakan sebuah jembatan dari komputer, laptop, handphone atau gadget untuk bisa terhubung ke Internet.
Pengertian Cara Kerja Internet Modem 

Modem adalah penggabungan MOdulator-DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) kedalam sinyal pembawa (carrier) untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Singkatnya arti modem adalah alat komunikasi dua arah atau dalam internet secara sederhana dapat diumpamakan penerjemah.

Bahasa kita (manusia) berkomunikasi berbeda dengan komputer-Internet. Data dari komputer/laptop yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data sinyal analog dari luar, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat dipahami oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti frekuensi telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Bayangkan kita ingin berkomunikasi dengan orang asing yang berbeda bahasa, kita memerlukan penerjemah atau modem dalam hal internet.

Jenis modem internet secara fisik terbagi 2: modem eksternal dan modem internal. Kita akan membahas khusus modem internet external karena untuk saat ini usb modem external lebih umum digunakan dalam akses internet. 

Contoh modem internet external 

Internet Modem ADSL: (Asymetric Digital Subscribe Line) modem yang memungkinkan pertukaran data internet digital dengan menggunakan telepon analog (suara). Di dalam modem ADSL terdapat alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Biasanya splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Ini berguna untuk menghilangkan gangguan/interferensi ketika kita sedang menggunakan telepon yang berbasis frekuensi analog suara untuk interent yang berbasis data digital. Dengan Splitter pada ADSL modem keduanya dapat berjalan bersamaan, sehingga pengguna dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa, dan di sisi lain, pengguna tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem. Jadi kita tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung.

Internet Modem USB Mobile. Yaitu Modem 3G GSM dan Modem CDMA. Modem ini menggunakan beberapa frekuensi yang berbeda. Beberapa frekuensi yang digunakan operator GSM (sepert IM3 XL, AXIS, Telkomsel, Three) adalah frekuensi 900Mhz GPRS-EDGE dan 1800-2100 3G WCDMA. Untuk CDMA frekuensi CDMA1X 800 MHz dan yang terbaru menggunakan frekuensi EVDO Rev0, RevA (setara 3G GSM) dan teknologi CDMA terbaru adalah EVDO Rev-B menggunakan frekuensi 1900MHz. 

Berdasarkan kecepatannya, teknologi modem internet CDMA REVB sebenarnya jauh lebih baik dan lebih cepat dari modem GSM. Tapi harga perangkatnya yang mahal membuat modem 3G GSM lebih banyak diimplementasikan. Hanya beberapa Internet service Provider yang menyediakan jangkauan layanan EVDO Rev B di kota-kota besar seperti Smartfren dan evdo Flexi. Jangkauan sinyal frekuensi 2100 evdo dan GSM (WCDMA) sekitar 2km dan jangkauan coverage frekuensi 800 CDMA1X sekitar 5 km.

Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum yang menyediakan layanan Internet termasuk perpustakaan, dan Internet cafe/warnet. Terdapat juga toko-toko, restauran dan apartemen/hotel yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau handphone (gadget), yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses Internet. Kadang diperlukan penguat sinyal modem/wifi jika sinyal internet terlalu lemah karena jarak yang jauh atau adanya halangan seperti gedung dll.
cara kerja modem internet

Selain menggunakan PC (Personal Computer)/laptop, kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP)/gadget. Cara Internet dengan menggunaan GPRS/3G pada ponsel GSM memerlukan beberapa parameter cara setting paket Internet pada gadget yang digunakan sesuai ISP/operator GSM yang digunakan. Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, kita harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang merupakan penyelenggara jasa internet. Baik itu fixed ISP (layanan ISP tetap/rumah) maupun mobile ISP (bergerak). Setelah pembahasan apa Internet dan modem internet ini perlu bagi kita untuk membeli perangkat modem internet yang tepat dan memastikan bahwa kita berada dalam jangkauan coverage area Internet Service Provider  yang kita daftarkan.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.