Tips Beli Modem Murah

Harga laptop murah dan paket internet murah dari para operator/Internet Service Provider (ISP) memicu kebutuhan data yang sangat tinggi . Seperti dikutip dari salah satu direktur penyedia ISP mengatakan bahwa pemakaian internet masyarakat melambung sangat tinggi dibandingkan pemakaian SMS dan Telepon. Hal ini dikarenakan sudah sangat banyak sekali laptop dan gadget murah yang mensupport internet dengan mudah. Demand/kebutuhan paket internet yang sangat tinggi ini dibaca oleh vendor pembuat modem untuk bersaing membuat modem yang tetap berkualitas dan harga murah. Berikut ini adalah tips dari baliservicecomputer.blogspot untuk pengguna laptop dan komputer tentang cara memilih modem murah yang banyak di jual di toko Komputer.

Jenis Modem Internet Murah 
Modem Internet secara umum terbagi 2 yaitu modem GSM dan Modem CDMA. Karena peminat modem jenis ini yang sangat tinggi, penulis mempersempit pemabahasan modem murah ini pada modem portable USB untuk laptop dan tidak memperluas pembahasan pada modem jenis Dial up, PCI internal modem, ADSL dll. 

1. Modem Internet murah GSM
Modem GSM saat ini paling banyak di jual di toko mengingat banyaknya operator telekomunikasi yang bermain di sini antara lain operator Telkomsel(Hallo,AS, Simpati), Indosat (IM3, Matrix, Mentari) Axiata (XL, Haura), paket internet AXIS(AXIS) dan Hutchison 3 (Tri). Operator penyedia layanan internet mobile ini biasanya menyediakan sistem Kuota ketika menggunakan Modem GSM, sehingga menggunakan modem jenis ini pada awalnya kita akan mendapatkan kecepatan akses internet yang sangat cepat, jika kuota internetnya telah habis maka Kecepatan internet juga akan di turunkan. Modem murah GSM umumnya bekerja maksimal kecepatan max 3.6 Mbps (WCDMA). Semua operator GSM sudah mendukung sinyal hingga 3G di kota-kota besar. Jika anda tinggal di kota besar di Indonesia, menggunakan modem GSM adalah pilihan yang terbaik, karena sebagian besar wilayah kota di Indonesia sudah Support 3G. Tetapi jika anda tinggal di luar kota, maka pertimbangkan dahulu untuk menghubungi layanan pelanggan (CS) operator sebelum beli modem jenis ini. Pastikan wilayah kita sudah termasuk dalam jangkauan internet 3G. Jika hanya dalam jangkauan sinyal Internet 2G (GPRS, EDGE), sebaiknya pertimbangkan ulang untuk membeli modem jenis GSM ini. Mungkin modem jenis ke 2 CDMA menjadi solusinya. 

cara internet modem murah
berbagai modem gsm 3G murah
Harga Modem 3G ini berkisar antara Rp.250ribu-Rp. 400 ribu. Beberapa modem murah GSM juga supprot frekuensi 3.5G (HSUPA kecepatan internet hingga 7.2 Mbps). Namun jika budget paket internet bulanan kita tidak lebih dari 150 ribu maka fitur modem 3.5G (HSDPA) bukanlah keharusan. Semua modem 3G juga mendukung frekuensi EDGE/GPRS.

2. Modem Internet murah CDMA
Modem internet jenis CDMA ini tidak sebanyak modem jenis diatas karena Indonesia hanya sedikit operator telepon yang menggunakan layanan berbasis CDMA antara lain : Bakrie Telecom (Esia, Wifone, Aha), Indosat (StarOne) Telkom (Flexi), Sampoerna Teleko (Ceria) Smartfren Telecom (smart, fren, connect). Modem jenis ini terbagi dua yaitu CDMA2000 1X  dan broadband EVDO (rev a dan rev B). 

Harga Modem Internet CDMA2000 1X ini termasuk paling murah, harga jual modem ini tidak lebih dari Rp.200ribu. Modem murah CDMA2000 1X  bekerja pada frequency RTT 800MHz dengan kecepatan internet max 230 kbps . Biasanya operator CDMA tidak menggunakan sistem kuota pada penggunanya, sehingga kita dapat memakai berapapun kuota internet tanpa mengalami pengurangan kecepatan. Modem. Modem Internet CDMA2000 1X  tidak mendukung Internet Evdo.

cara modem internet murah
modem cdma 1x tidak support EVDO
Modem Internet CDMA EVDO
Modem ini bekerja pada 2 frequency jaringan yaitu RTT 800MHz dan 1900 Mhz. Smartfren Evdo saja satu-satunya provider CDMA yang menggunakan frekuensi jaringan di 1900 Mh. Sedangkan Evdo Flexi dan aha menggunakan Frequensi 800MHz. Jangkauan frekuensi 1900 Mhz hanya sekitar 2 Km. Sedangkan jangkauan frekuensi 800 Mhz bisa mencapai 5-6 Km. 

cara internet
modem cdma support EVDO
Harga Modem internet EVDO unlock ini kisaran Rp.250-350 ribu. Semua modem EVDO juga mendukung internet CDMA 1x. Modem EVDO saat ini sudah mendukung Evdo Rev A dengan kecepatan masimal 3.1 dan Rev B mampu mencapai kecepatan internet 14,7 Mbps. Hampir semua operator CDMA menyediakan layanan jangkauan internet EVDO terutama di kota-kota besar.

Tips Membeli Modem USB Internet Murah
  • Merk modem saat ini bukanlah prioritas utama. Pengalaman penulis, hampir semua merk modem terkenal sekalipun hanyalah rebranding dari merk modem buatan china, jadi jangan terlalu pusing soal merk. Anda tidak akan mengantung modem di leher sebagai kalung kan?
  • Umumnya modem yang di jual di toko memiliki slot micro SD. Jadi dengan menambahkan memory micro sd modem ini bisa digunakan sebagai flash disk. Modem dengan fitur WiFi untuk berbagi/share internet juga tersedia walaupun dengan harga lebih mahal dibandingkan modem murah tanpa fitur WiFi.
  • Saat ini juga tersedia berbagai gadget dan handphone yang build in modem di dalamnya. Tidak diperlukan modem usb exeternal untuk internet.
  • Modem internet murah yang di jual dalam paket bundling operator biasanya di lock hanya untuk operator tersebut/ tidak bisa menggunakan kartu operator lainnya. Sebaiknya beli modem unlock dan jangan membeli modem lock yang terkunci hanya untuk salah satu jenis operator. Mungkin saat kita membeli modem ini operator tersebut menyediakan layanan internet yang cukup baik, tetapi bulan depan atau tahun depan bagaimana? Walupun modem ini bisa di unlock dengan teknik khusus, akan lebih nyaman jika kita mudah berganti kartu dengan modem unlock.
  • Tentu saja modem GSM tidak akan bisa untuk kartu CDMA, juga sebaliknya. Tetapi pastikan modem murah GSM yang di beli bisa digunakan untuk internet dengan berbagai jenis kartu GSM, demikian halnya jika membeli modem CDMA juga bisa digunakan untuk internet dengan berbagai jenis kartu operator CDMA . Kebebasan untuk memilih berbagai kartu untuk internet akan membuat operator terus meningkatkan layanan internetnya maka baca tips cara unlock modem huawei.
  • Jangan berlangganan internet untuk satu tahun kedepan. Banyak pelanggan saya yang tidak berkutik dengan paket internet 1 tahun ketika jaringan internetnya bermasalah atau kualitasnya menurun.
  • Untuk daerah pelosok yang hanya terjangkau sinyal edge/gprs dan tidak dalam jangkauan internet sinyal HSDPA/3G mungkin paket internet murah modem CDMA 1x menjadi pilihan utama. Walapun kecepatannya max hanya 230 kbps dengan kuot benar-benar tanpa batas kuota (riil unlimtted) harga paket internet perbulannya sangat murah, jauh lebih lebih murah jika dibandingkan dengan operator Modem GSM yang menerapkan sistem kuota.
  • Tips terakhir modem murah, kecepatan internet tidak hanya bergantung pada modem. Modem ibarat 'mobil' bisa ferari atau kijang. Operator internet operator ibarat 'jalan' menuju berbagai situs tujuan, facebook, youtube, dll. Masing masing operator memiliki lajur jalan sendiri. Jangan memilih paket internet murah yang ramai digunakan orang banyak disekitar daerah kita. Memilih jalan yang sepi terkadang pilihan yang lebih baik. Juga ingat 'bensin' nya. Ini adalah harga paket internet untuk modem kita. Mungkin modem internet kita sudah secepat ferarri dan jalur jalannya nya dari operator terkenal, tetapi kita membeli 'bensin' atau paket internet yang paling murah, apa yang terjadi? Jawablah pertanyaan ini: mampukah mobil ferrari menempuh jarak Denpasar-Jakarta? Jawabannya pasti mampu. Tetapi bisakah anda mengendarai ferrari Denpasar-Jakarta dengan budget 'bensin'  Rp.50 ribu? Begitulah juga cara internet bekerja pada laptop kita.  Sejauh mana kita dapat menggunakan modem yang kita beli juga bergantung bensin atau 'paket internet' yang kita beli. Jangan kaget jika suatu saat modem internet pada laptop kita kelihatan bermasalah soalnya pada jam sibuk mungkin modem kita akan melambat. Pada jam-jam sepi tidak banyak mobil, modem kita akan semakin cepat untuk internet...:).
  • Umumnya modem murah yang di jual di toko komputer ini sangat mudah dalam proses install, siapapun dapat melakukannya, tetapi beberapa settingan khusus juga dapat mempercepat dan membuat internet menjadi stabil. Mintalah juga saran kepada teman/teknisi komputer untuk memilih dan membeli paket internet dan modem murah. Ada juga berbagai tips cara agar internet cepat.
Silahkan bertanya atau berbagi pengalaman soal paket internet dengan memberi komentar dibawah artikel Tips Beli Modem Murah untuk internet menggunakan laptop.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.