Cara Memperbaiki Sistem Android

Instal ulang custom rom system Android OS di tablet lokal/China sering dilakukan sebagai cara memperbaiki sistem android yang rusak secara software karena file system (rom-firmware) corrupt atau handphone rusak kena virus. Disini kami menggunakan contoh tablet 7 inch cyrus atom pad, namun secara prinsip dapat diterapkan pada semua merk lain spt Axioo Picopad 7", Advan Vandroid, Evercoss/Cross, Imo Z, Mito, Movimax serta handphone lenovo, oppo, xiaomi, asus, Samsung Galaxy dan merk lainnya. Dengan kebebasan melakukan root modifikasi dan instal berbagai aplikasi/game pada android os membuat beberapa pengguna tablet lokal kadang kurang memperhatikan kemampuan dan kompatibilitas aplikasi yang kemudian menimbulkan konflik pada system atau kehabisan memory Internal sehingga terjadi bootloop tidak mau masuk menu hanya muncul tulisan logo merk saja.
download gratis sistem android
download instal game need for speed android dengan spek rendah dapat merusak tablet
Secara tidak sadar dengan melakukan root dan terlalu sering modifikasi/instal aplikasi dan game android yang diperoleh dengan download gratis menjadikan tablet/handphone lebih rentan masalah. Google Android sendiri sudah memperingatkan resiko tersebut dalam situs resminya mengenai bahaya instal aplikasi dan game gratis diluar market yang dapat mengakibatkan handphone kena virus, sering hang, lemot atau ngelag bahkan bootloop. Baca cara mengatasi handphone Android kena Virus.

Tentu saja pengguna handphone android berpengalaman dapat mengabaikan resiko bootloop tersebut karena memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara root tablet dan resiko bahaya instal aplikasi dan game gratisan. Karena selain mengetahui spesifikasi android, resiko dan keuntungannya, mereka juga dapat memperbaiki sistem software tablet android sendiri. Banyak dari pengguna android yang bahkan memanfaatkan berbagai masalah tersebut untuk terus belajar dan menambah pengetahuan tentang sistem android termasuk cara flashing firmware hingga perbaikan hardware tablet. Seperti cara mengganti sendiri sparepart baterai tablet rusak, adaptor baterai, lcd touchscreen yang retak/ pecah dll.

Namun banyak pengguna awal yang akhirnya terjebak dalam masalah, mulai aplikasi yang sering error, handphone kena virus tablet yang restart/mati sendiri saat digunakan hingga yang parah tablet android tidak bisa menyala lagi. Dari penyebab masalahnya dalam banyak kasus untuk kerusakan software cara mengatasinya dengan instal ulang android/flashing rom-firmware pada tablet menjadi cara paling efektif untuk memperbaiki sistem operasi android tersebut.

Sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara penyebab handphone rusak hardware (restart, mati total, tidak bisa dicas) atau software (bootloop) tidak mau masuk menu. Agar tidak binggung dan tahu cara membetulkannya dengan benar silahkan baca link dibawah ini. Jangan sampai rusak hardware kok malah instal ulang sistem atau flash rom.
Belajar Cara Flashing/ Upgrade Android
Untuk mereka yang ingin tetap belajar cara mengatasi masalah pada handphone-tab android, dapat mencoba memperbaiki sistem android dengan belajar cara instal ulang system (upgrade-downgrade os) yang pada handphone android disebut proses flashing. Salah satu hal penting melakukan instal ulang android os adalah memilih sistem atau firmware android yang benar-benar cocok dengan android device atau download stock rom asli yang dikeluarkan vendor tablet. Berbeda dengan laptop yang sudah dirancang untuk berjalan di 1 system windows, cukup punya satu master windows bisa diintsal ke semua merk laptop.

Flash Tool 
Flash tool merujuk pada program yang diperlukan untuk di install di laptop agar dapat digunakan untuk  flash rom/upgrade os android ke handphone. Program atau alat flash handphone ini biasanya disesuaikan dengan merk atau dengan type cpu soc yang digunakan. Contoh berdasar merk: Samsung biasanya menggunakan Odin, namun odin tidak bisa untuk ngeflash hp Asus Zenfone karena beda alatnya. Asus menggunakan AFT. Miflash program untuk flash sistem Android handphone Xiaomi. Sedangkan handphone advan oppo, lenovo, xiaomi mtk, bisa menggunakan alat/program yang sama namanya SP Flashtool, karena sama-sama menggunakan soc chipset Mediatek (MTK). Ada juga beberapa merk tertentu tidak memilik alat flash contoh Smartfren Andromax sehingga lebih sulit untuk memperbaiki jika terjadi kerusakan sistam. Silahkan pelajari lebih lanjut cara menggunakan flash tool ini. Penting juga untuk memiliki Firmware ori yang cocok untuk handphone kita, baca cara membuat backup ROM disini.

Custom Rom atau Stock ROM
Istilah ROM ini merujuk pada Firmware Operation System Android yang akan diinstal. Secara umum Stock ROM merujuk pada Firmware yang di download langsung dari vendor resmi. Sedangkan Custom ROM adalah Firmware yang sudah diubah dan disesuaikan (baca: dimodif) sesuai kebutuhan pengguna di install mengginakan micro SD via TWRP. Tidak ada aplikasi bawaan pabrik ygang tidak penting dihapus semua jadi ringan. Maka handphone yang tidak tersedia upgrade  os terbaru, custom rom dapat menjadi pilihan pengganti.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan custom rom sistem yang pernah kami coba dengan cara instal os android tersebut pada davice/tablet yang sama. Kami menggunakan Tablet Cyrus Atom PAD dengan spesifikasi utama cpu single core 1.1GHz, memory RAM 512 dan batteray pc tablet 3000mAh. Tablet lokal/china Cyrus Atom Pad kami instal dengan sistem android 4.0 ICS dan GB 2.3. Kemudian kami uji digunakan masing-masing selama 2-3 hari. Berikut ini kelebihan dan kekurangan kedua custom rom android os tersebut:
cara memperbaiki tablet rusak
tampilan custom rom go clever pada tablet cyrus atom pad
Instal android 0S 2.3 Gingger Bread di Tablet lokal Cyrus AtomPAD
  • Instal custom rom Ginggerbread pada tablet lokal yang masih memiliki CPU single core dan memori RAM 512 kebawah. Dengan android Ginggerbread akan lebih stabil untuk tablet dengan spesifikasi diatas baik itu merk lokal spt: CyrusPAD, IMO, Axioo, Advan dll maupun merk terkenal spt Samsung Galaxy ACE, Mini, Young.
  • Android os 2.3 disarankan untuk pengguna yang suka instal aplikasi, game HD dan multimedia. Dengan spek hardware yang sama Ginggerbread lebih stabil dan awet dibanding memaksa instal android Ice Cream Sandwich.
  • Banyak Aplikasi android dan Game-2 HD yg support dengan Android Ginggerbred 2.3 ini, karena memang Android ini yang paling banyak digunakan disepanjang tahun 2011-2012 saat booming. Jadi bagi yang suka game dan multimedia disarankan install Android 2.3 di tablet lokal tersebut.
  • Dengan instal android Ginggerbread akan lebih hemat baterai dan tidak lemot.
Kekurangan Sistem Android 2.4 Ginggerbread pada tablet:
  • Kekurangan android 0S 2.3 adalah tidak banyak support usb modem external, jadi kurang cocok untuk pengguna tablet yang suka berinternet baik browsing, facebook atau twitter dengan Internet usb modem pada tablet.
  • Menu setting lebih sedikit sehingga tidak bisa meraskan berbagai fitur canggih dalam android ICS.
  • Yang berminat instal Gingger Bread untuk diinstal di Tablet Cyrus PAD. Silahkan Download Android  0S 2.3 os gratis disini. Ini merupakan custom rom Go Clever TAB A73 yang cocok dengan Tablet Cyrus AtomPAD
Kelebihan instal sistem android 4.0 ICS di Tablet China Cyrus Atom Pad.
  • Firmware Android yang terbaru selalu memiliki tampilan sistem (UI) lebih bagus dan halus dibandingkan dengan Android 2.3 Ginggerbread. 
  • Memiliki berbagai fitur android os terbaru
  • Sangat cocok bagi user yang sering menggunakan tablet untuk internet karena mendukung lebih banyak jenis seri usb modem daripada Android 2.3 Gingerbread.
  • Untuk mereka yang suka bermain game berat (HD) seperti gama android bola PES, Game balap mobila Asphalt/Need for Speed dll, sebaiknya instal custom rom Ice Cream Sandwich pada tablet lokal yang sudah memiliki CPU single core 1.5GHz atau diutamakan Tablet DualCore dengan memori 1GB agar dapat dimainkan dengan lancar dan tidak perlu melakukan overclock tablet.
download android gratis
download game asphalt banyak bermasalah dengan ICS android
  • Kekurangan ICS  adalah masih sedikitnya aplikasi dan game2 HD yang support dan masih belum stabil jika diinstal pada tablet menggunakan ICS dengan spek memory yang rendah (512 kebawah) terasa berat dan lambat.
  • Sering saat instal game android pada ICS dengan memory RAM 512 hanya saat pertama dijalankan lancar, namun kemudian game tidak bisa dimainkan lagi. Ada game yang saat dimainkan memerlukan konfigurasi display, seperti game balap Asphalt yang saya download dan instal untuk tablet Cyrus atomPAD, saat dimainkan mobilnya belok kekiri atau ke kanan terus seakan touchscreen tablet tidak berfungsi.
  • Beberapa game lain seperti Need for speed dan Hot Pursuit layar tablet jadi putih, sehingga perlu modifikasi GPU dengan instal Chainfire3D.Pro agar tablet dapat memainkan game berat tersebut. Repot..:(
Flash ROM/Firmware Yang Mirip
Silahkan Download Android 4.0 ICS untuk diinstal di Tablet Cyrus PAD. Karena tidak ada link download rom, solusinya menggunakan firmware yang spesifikasinya mirip. Ini merupakan stock ROM Go Clever TAB A73 yang sudah di root dan sangat cocok dengan Tablet Cyrus AtomPAD. Harap diperhatikan bahwa spesifikasi atom pad lite dan atom pad 10 berbeda, jadi rom dan cara root juga berbeda, baca keterangan dengan teliti. Untuk pengguna merk Tabulet silahkan baca di sini. Hanya Handphone android type baru bisa  mendapat upgrade ke lolipop atau marshmallow, terutama android milik Google seperti Nexus LG dan Android One buatan mito atau evercoss akan mendapat prioritas.
bagus, jujur
Contoh di tulisan ini secara prinsip cara instal sistem android/ flash upgrade hampir sama untuk tablet maupun Handphone jika type cpu nya sama yaitu soc Allwinner. Contoh lain: handphone Advan chip mediatek akan sama cara memperbaiki dengan Tablet Advan mediatek, bahkan lenovo atau oppo mediatek juga sama pakai sp Flash tool, hanya beda firmware. Asus menggunakan Asus Flash Tool (AFT), hape Samsung biasa menggunakan Odin, sedangkan untuk membetulkan sistem Xiaomi dan merk lain dengan SOC chip Qualcomm dapat dengan cara menggunakan Miflash tool atau Qfil. Jadi rom harus sesuai dan tepat jika salah bisa bootloop atau mati (hardbrick) setelah flash. 

Jika type chip beda maka cara upgrade handphone jelas beda meskipun merk sama. Silahkan lihat salah satu cara instal sistem android os di tablet lokal cyrus pad disini dengan menggunakan laptop atau komputer.

Kami sendiri sebagai tempat servis handphone dan laptop masih harus belajar banyak mengenai seluk beluk sistem android OS dan komponen cpu, ic hardware-nya, karena sistem linux berbasis open source/gratis ini akan terus berkembang dan handphone/PC Tablet Android akan menjadi kandidat pengganti Laptop Windows yang berbayar. Tidak ada salahnya belajar cara memperbaiki android dengan instal ulang/upgrade sistem android pada tablet-handphone merk lokal bukan? atau dengan cara mengembalikan ROM Android tanpa instal ulang?

Artikel Terkait di Bali Service Computer

139 komentar:

  1. slm siang Gan, saya menggunakan tablet moviemax p3 yg bisa sms & call (GSM), namun default koneksinya 2G dg info utk menghemat daya, fasilitas utk menonaktifkan 2G bisa dg menghilangkan centangnya, tapi masalahnya sesudah ok/save lalu saya cek ulang statusnya selalu kembali ke 2G. bagaimana caranya supaya tetap 3G ? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Hendrijanto: tablet moviemax p3 hanya support di jaringan 2G nda bisa di pindah ke 3G gan,walaupun agan pasang sim card 3G, dia tetep bekerja di 2G. Analoginya, radio AM tidak akan bisa menerima siaran FM, beda jaringan gan. Trus kalau tidak dicentang=antena dimatiin=hemat daya. Tapi tablet agan malah nda bisa buat call/sms.

      Hapus
    2. ups...! paham Gan, trm kasih info berharganya, sukses yaa ...

      Hapus
    3. Sambung lagi Gan, apk memungkinkan tablet saya ini menggunakan eksternal modem usb ? dan apk 3G dr modem usb tsb bisa running ? thx b4

      Hapus
    4. @Hendrijanto: Bisa gan tetapi tidak semua merk 3G modem usb cocok untuk tablet. agan cek dipostingan terbaru: APN Tablet andoid
      atau kesini:
      http://baliservicecomputer.blogspot.com/2012/09/usb-3g-modem-dongle-android-tablet.html

      Hapus
    5. zainuri17:52

      punyaku cyrus tv pad..tak flash pake cara diatas..HANG...boleh minta link firmware cyrus tvpad atau yang mirip ..makasih

      Hapus
    6. @Zainuri: ok, agan perlu firmware android os untuk cyrus tv pad slim atau tv pad plus?

      Hapus
  2. Numpang tanya Om kalo untuk tablet moviemax p3 punyaku ga bisa masuk ke home screen,punya link buat firmwarenya ga OM?,makasih sebelumnya..

    BalasHapus
  3. Anonim13:52

    mohon info gan cara hard reset cyruspad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara hard reset atom pad disini hard reset atom pad disini,asal sebelumnya pernah buat back up rom android

      Hapus
  4. Suprijadi17:25

    Mohon info, kalau untuk tablet MyPad dengan nomor model My 703-B bagaiman? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Suprijadi:kenapa dengan tablet MyPad 703B? keluhan agan apa?

      Hapus
    2. Suprijadi20:45

      saya pake tablet MyPad 703-B (my Inspire), beberapa hari yang lalu 703-B saya suaranya hilang, di stel volume, set ringtone, putar music, putar video juga tidak ada keluar suara, namun yang anehnya disini bila putar music terus layar dimatikan (di tekan tombol power) suaranya langsung ada baik di speaker maupun headset.
      saya sudah coba factory reset tapi kondisinya tetap sama. mohon solusinya..... Terima kasih.

      Hapus
    3. @Suprijadi: wah aneh ya gan, saya belum pernah hadapi masalah yang begini gan, coba agan:
      1. hubungi customer service, sayang untuk cs tablet indon biasanya lama prosesnya, itupun kalau diproses ;(
      2. instal ulang/flasing firmware mypad menggunakan livesuits, mumpung masih nyala jangan lupa back up dahulu, gunakan rom yang mirip spek hardwarenya

      Hapus
    4. SAYA JUGA PUNYA MYPAD 703-B2 GAN, ANEHNYA APPS CAMERA GA JALAN TRUS HILANG,APK SETTING JUGA HILANG, SEHINGGA GA BISA MASUK KE PENGATURAN, GIMANA YA GAN SOLUSINYA

      Hapus
  5. Terima kasi byk gan tutorialnyaa
    Akhirnya bisa
    nice blog

    BalasHapus
  6. Tolong kasi alamatnya dong di Bali, saya mau memperbaiki B Pad saya.

    BalasHapus
  7. @Wayab Sidia: Rumah di renon denpasar, tapi tiyang kerjanya maintenance komputer di kantor-kantor. Untuk perbaikan tablet sms di 0361 3333350 dulu, nanti tiyang usahakan waktu untuk temu janji terlebih dahulu, suksma.

    BalasHapus
  8. @Wayan Sidia: Tablet beyond Bpad Bp.Wayan sudah teratasi dengan cara flashing custom rom MTK. Ditunggu testimoninya pak :)

    BalasHapus
  9. Gmana cara flash ulang axioo picopad 8? Layarnya sering bergerak sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara flashing rom axioo picopad sama menggunakan tool live suits, yang beda rom/firmwarenya, diperlukan (custom) rom tablet axioo yang cocok 100%

      Hapus
  10. aq baru aja instal rom goclever ics di tablet cyrus atom pad saya tapi koq suka heng dan suka mati sendiri ya gan......apa ada masalah di batre nya ato systemnya ya ? soalnya baru 2 bulan beli tabletnya problemnya sama....tiba2 ngeheng,mati sendiri. dan udah beberapa kali diservice ke cyrusnya, penyakitnya ttp sama.akhirnya aq instalsendiri ke rom goclever ics, penyakitnya njuga sama. mohon solusinya ya.......please :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. @evelyn: bukan masalah system firmware android, soalnya kami sudah test semua rom goclever (ada 5 rom) di tablet atom pad dan tidak mengalami masalah tersebut. Memang perlu cek fisik untuk menentukan tabletnya yang rusak atau lainnya, baca disini penyebab tablet sering mati sendiri

      Hapus
  11. trus, utk masalah di cyrus atom pad qu solusinya apa ya gan baiknya ya gan ? mohon solusinya ya......thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba minta pertanggungan jawab cyrus pad, kalau tablet masih baru asumsi kami sih gagal produk, waktu ke sc mereka bilang tabletnya kenapa? beberapa pelanggan komplain tabletnya diganti baru, namun kami sendiri waktu tablet atom pad baru 5 hari beli mati, komplain service center cyrus pad tapi tidak dihiraukan. intinya ini tanggung jawab sc cyrus.*Jika ada official sc tablet cyrus membaca, silahkan menjawab hal ini.

      Hapus
  12. Anonim10:40

    gan tablet ana visio tab v77,spek 800mhz,,ram512,,os 2.2froyo,,bsa upgrade g ke GB 2.3,,,soalnya itu tablet lelet bgt,atau ada solusi untuk mempercepat tblet tesbut,,seblumnya thanks udh share ilmu nya yg sangat berguna,mudh2an agan di lancarkan usaha dan karierna aminnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika agan dapat custom rom yang cocok untuk viso tabv77 bisa diupgrade, tapi itu bukan solusinya gan. Nah mengacu pembahasan diartikel ini, cyrus atom pad itu tablet dengan cpu/gpu khusus game tetapi kalau atompad ini minta bisa nelpon+sms ya ga bakal bisa gan. lihat disini beda cpu tablet beda fungsi.

      Hapus
  13. Anonim22:40

    gan ane pake sony xperia J, sewaktu beli OS bawaan nya adalah ICS, kemudian ane upgrade ke jelly bean, ada sedikit masalah terkadang sewaktu terima telp atau sebaliknya suara ane gak kedengaran, pernah ane bawa ke service centernya sony setelah di cek hardwarenya gpp, teman ane pernah bilang kemungkinan ada bug atau jaringan dari provider, mohon bantuan dan solusi gan....

    BalasHapus
  14. bro, walpaper animasi di cyrus gamepad saya tidak berfungsi, cara mengaktifkannya gimana ya? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. diklarifikasi dulu lae, maksudnya live wallpaper atau animasi boot, wallpaper bisa diganti-ganti sebagai hiasan setelah tablet menyala. Animasi boot itu bawaan firmware rom yang muncul pertama saat tablet dinyalakan, itu beda cara dan fungsinya, yang mana maksud lae?

      Hapus
  15. Mastah numpang tanya klo untuk hard reset speedup s5 tw g gimana ??
    Ane udah googling sampai ny malem belom ketemu..
    Mudah"an disini dapet jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan silahkan baca halaman factory reset android

      Hapus
  16. wandi16:03

    mau nanya tablet IMO Z5 (football series) saya yg bisa sms & call (GSM), namun default koneksinya 2G dg info utk menghemat daya, fasilitas utk menonaktifkan 2G bisa dg menghilangkan centangnya, tapi masalahnya sesudah ok/save lalu saya cek ulang statusnya selalu kembali ke 2G. bagaimana caranya supaya tetap 3G? padahal waktu pertama beli tidak seperti itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah iya gan, imo tab z5 buat internet memang cuma 2G edge gprs, ga akan mungkin diperbaiki ke 3G. 3G WCDMA 2100 MHz itu kalau agan pakai usb modem external, baca spesifikasinya baik-baik

      Hapus
  17. gan ada gk firmware mahdimypad m2?soalnya punya saya mati total..sudah muter2 sya tp gk ktemu?
    Balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan ini nanya kok diulang-ulang, sudah kami jawab kami tidak punya firmware mahdimypad m2(dan tidak ada yang punya sampai saat ini), agan harus try error dengan rom allwinner a10 yang mirip dengan mmypad mahdi m2 seperti milik cyrus atom pad atom atau tablet treq a10 basic.Jelas gan!

      Hapus
    2. ok gan trims atas informasinya..sukses trus gan...hehehehe..

      Hapus
  18. suhu tlg bantuannya y, tablet ane cyrus tvpad k3410, kmren mau upgrade ke jb dari ics 4.0.4, tp kok tiba-tiba hang cuma lampu screennya sj yg hidup, gbr boneka androidnya jg tidak muncul n mau factory reset gk bisa ke menu vol-up+tbl power, padahal sblmnya bisa, sdh sy cb jg pake live suit buat balikin lg pake seluruh custom rom yg ada di webnya suhu sdh saya download semua mulai gb-jb (driver kedetect n livesuit jalan buat isi osnya tp tetep gk berhasil cuma lampu screen sj yh hidup/tetep tdk mau boot, ada solusi gk y, tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rom JellyBean diblog ini untuk tablet cyrus atom pad, beda spesifikasi dengan tablet agan. Di halaman download firmware android, ada rom yang khusus untuk Tablet Cyrus TV pad disitu.

      Hapus
    2. sdh saya coba download di link yg ini kan gan http://baliservicecomputer.blogspot.com/2013/01/download-firmware-android.html tapi kyknya file imagenya cuma buat cyrus atompad ya (atau ada file image lain khusus untuk cyrus tvpad k3410 wifi), klu yg bukan dalam bentuk file image sy gk th caranya gmn, karena sdh sy download dan copy ke microsd tp tablet sy gak bisa ke menu factory reset (vol up/down+power)screenya cuma blank dan lampu screen sj yg nyala, tolong bantuin y gan, krn kmrn tablet sy baik2 sj krna coba kepingin upgrade ke jb ehhh jd kyk gini tp gkpapalah yg penting hardware gk rusak karena sy yakin cm osnya sj...makasih bnyk y gan sblmnya maaf ngerepotin..

      Hapus
    3. Firmware rom official cyrus tv pad upgrade via micro sd gan jadi harus bisa masuk recovery mode dulu. Kalau recovery rusak, flash dulu pakai rom tablet lain yang mirip, jangan terpaku merk cyrus-nya tapi sesuai spesifikasi hardwarenya, lalu upgrade ke rom asli via micro sd.

      Hapus
  19. master .... nanya frimwork dan rom advan Vandroid T ane mau tanya tempat donlot na dmna link nya... bisa gak klo pke rom yang ente bicarakan (atom)

    BalasHapus
    Balasan
    1. advan vandroid T ada banyak gan, beda-beda romnya. Untuk request download firmware gabung member gan.

      Hapus
  20. Mau nanya gan, atompad cyrus saya nggak bisa konek internet nih, tulisannya " damage sd card" bisa bantu gan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sd card itu micro sd ya? apa agan memindahkan aplikasi ke micro sd?

      Hapus
  21. Assalamu'alaikum wr. wb (bagi muslim) dan halo/ selamat siang (bagi non muslim)
    saya punya tab merek Ipro yang mulai masalah saat adik saya ngechargenya dari malam sampai pagi, baterenya sudah pasti soak, tapi bukan itu masalahnya, saat kejadian tersebut, tab saya loadingnya gk habis-habis, walau ditunggu seharian tetap saja loading ANDROIDnya masih ada, adakah solusi untuk masalah saya? apa perlu install ulang? kalau install ulang, gimana caranya? saya belum pernah install ulang tab, kalau PC yah, sering.

    Sekian dan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tablet Ipro agan gagal booting (bootloop), mengatasinya coba tablet agan di reset dahulu, jika gagal perlu instal. Masalahnya instal ini (kalau agan paham pc)lebih mirip flashing firmware bios, maka disebut flash rom android. Hard reset dll silahkan agan baca-baca artikel kami sesuai topik.

      Hapus
    2. resetnya gimana gan? setau saya kalau riset pasti ada tombol riset tersendiri, tapi bagian mana tombol risetnya?

      Hapus
    3. Saya tidak membahas hal yang agan sudah pasti tahu, baca saja disini reset android. Tolong lain kali biasakan membaca dulu sebelum bertanya

      Hapus
  22. slamat mlam gan,, n mastah,
    Saya mau tanya nih,hp saya sinostar zc300 ,ssya lupa pasword nya,masih hidup ,tapi gak bisa masuk menu,yang ada saya suruh masukin email n pasword,tapi tetep aja g bisa gan,berbagai cara hard reset gak ada respon gan,mohon bantuan nya,trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. membuka tablet dengan account gmail perlu koneksi internet (wifi), jika cara reset gagal, biasanya tablet di flashing firmwarenya. sayangnya rom sinostar sulit dicari, untuk memperbaikinya harus coba-coba diflash rom tablet lain yang speknya mirip.

      Hapus
  23. saya punya hp advan s5n ver 1, saya root dan saya menghapus beberapa app bawaan. bagaimana cara mengembalikan app bawaan tersebut, saya sudah coba factory reset tetap tak membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami tidak pernah menulis cara root advan, walapun root bermanfaat tapi ada bahayanya, ini yang saya maksud bahaya root android, jika aplikasi yang dihapus itu bagian system android maka phone akan gagal booting. cara perbaiki hp advan dengan flashing/ instal rom os dari awal.

      Hapus
  24. Bang, punya info gx buat Tabz voice tabulet mau di jdikan jelly bean... Thanks

    BalasHapus
  25. Tab advan t1d, sd card nya gak kebaca "damage sd card". Gimana cara benerinnya? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'damage' itu kan artinya rusak ya gan? micro sd damage tidak bisa diperbaiki dan harus beli ganti baru. sebaiknya untuk phone-tablet android gunakan micro sd class 10 seperti disini

      Hapus
  26. suhu ,, mau tanya, kalo rom Tablet Cyrus PAD bisa ga ya di instal di tablet Zyrex SM746 Onepad saya, Rom tablet saya sering hang,, :-( atau adakah yang lenih cocok buat tablet saya,,
    Thanks,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan suhu, kita sama-sama belajar kok, cyrus atom pad menggunakan allwinner 10, tablet zyrex onepad lebih cocok download firmware allwinner 13

      Hapus
  27. mas tablet ane picopad 10 setelah instal firmware touchscreen nya jadi tidak berfungsi,
    bisa bantu gak mas??
    untuk firmware udah pas ly-f918.
    mohon bantuannya mas?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin perlu update compatibility patch agar sesuai dengan type touchscreen tablet axioo

      Hapus
  28. Anonim17:18

    gan, mypad 703A saya umurnya masih terhitung baru sejak awal beli. pernah dalam kondisi gak mau nyala, terus didiamin bbrpa hari akhirnya hidup normal lagi tapi semua aplikasi kehapus. Terus, skrg kumat lagi, ini sama sekali gak mau hidup. Kalo dicolok kabel utk charging, masih nyala lampu birunya kaya wktu normalnya dlu. klo saya tekan agak rendam dikit tombol powernya, ada sih suara mesin didalamnya semacam hidup mgkin, tapi layarnya sama sekali blank. :( ada solusi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tekan tombol 15 detik untuk memastikan agar tablet mati, lalu charger 24 jam, coba nyalakan seperti biasa

      Hapus
  29. permisi gan... bagaimana mengembalikan aplikasi sistem android yang terhapus.. kasus: sehabis hard reset eh file explorer keyboard tidak ada,jadi file di sdcard tidak terdetek cuma gambar music..file apk tidak terdetech jadi tidak bisa instal,, solusi bagaimana terima kasih dan mohon pencerahan android ane axioo pcopad 3 gec

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusi
      1.push apk yang diperlukan via adb command
      2.upgrade/ flashing sistem android dengan rom axioo picopad yang sesuai

      Hapus
  30. Met siang gan, sy punya tablet IMO Z6 dan sy minta solusi supaya touch screen tdk loncat2 bagaimana caranya, solusi pakai usb udah, charger diganti udah, tapi tetap aja masih loncat2 dan sering gerak sendiri, mohon solusinya dibalas ke email rachmadusetiawan@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua sudah kami ulas, silahkan baca artikel kami mengenai tips mengatasi touchscreen loncat-loncat, kalau semua cara dari kami tidak berhasil mungkin masalah hardware, bawa ke tempat service tablet imo

      Hapus
  31. salam kenal,,,,
    mau tanya bos saya punya tab icherry c70 tdk berfungsi sm sekali cm ada tampilan logo doang
    saya sdh cb msk kerecovery dan reset msh ga bs jg,saya bingung,,,,,tolong paenjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk merk tablet yang tidak ada download firmware jangan terpaku ke merk dan siap pulsa yang banyak. Berikutnya agan cari solusi baca-baca artikel sesuai spek hardwarenya, misal i Cherry Tab pakai CPU Mediatek MTK Prosesor maka cari cara mengatasi bootloop/ flashing jellybean chip mtk yang sama.

      Hapus
  32. Anonim17:35

    aduh gan tolongin dong, gimana cara instal ulang tablet visio v77,udah diurai cara - cara tapi tetep aja,ngak bisa,logo visio terus yang munculnya,mohon bantuan nya, trims

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum wr .web gan

    Saya mau minta tolong , tab sya beyond btab 1
    Stelah install salah stu firmware di internet gsm nya x mlulu
    Sya lupa TDK backup dlu
    Bgaimna ya cara balikin sinyal nya..
    Mohon bntuan nya gan...
    Trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek imei dan jaringan dg cara call *#*#4636#*#* kalau hilang di rewrite imei sesuai dengan yang ada di cover belakang tablet, cari toolnya di google.

      Hapus
  34. tolongin dong gan. tab movimax p6 athena bootloop. dah di reset pabrik sama wipe cache gak bisa. gimana ya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tablet movimax bootloop sulit diatasi, karena type cpu beda dengan tablet yang beredar di indonesia, jadi sulit dapat info cara flashing-nya, minta bantuan tukang service tablert saja. kalau mau atasi sendiri kunjungi situs-situs rusia

      Hapus
  35. Gan...Tablet saya Mito T720, setelah dilakukan root ternyata jadi Blank & Hank...
    namun jika di telphone / di sms masih bisa menerima, namun pada tampilan awal smuanya Blank...terkadang muncul Sist UI tidak aktif...
    apakah dapat dire-install total punya saya gan...?
    di repair via Recovery / Factory mode / clear flash tetap saja tidak mau kembali seperti semula...
    Mohon pencerahannya...
    G-464-H

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau system ui tidak jalan harusdi flash pakai firmware ori mito T720

      Hapus
  36. Bang . kalo punyaku cirus olive vt 200 android 2.2 froyo. apakah bisa diupgrade ke android 0S 2.3 Gingger Bread .. thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa update ginggerbread cirus olive, caranya pakai download firmware android tablet lain yang mirip atau custom rom

      Hapus
    2. contohnya firmware punya apa boz yg cocok dengan olivepad vt200?
      bisa kasih tau link downloadnya yg terpercaya? hehhehe maaf newbie

      Hapus
  37. gan andoid saya galaxy GT-i9003 gingerbread,sekitar 2 minggu yg lalu tiba2 gk ada jaringan,gk bs nlp,gk bs sms,gk bs internet&gk bs bloetooth,dan saya cek imei nya gk ada.penyebabnya apa ya gan dan cara memperbaikinya gmn?padahal saya gk pernah otak atik hp saya..tolong beri saya solusi gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. samsung sinyal hilang biasanya karena custom rom atau flash pakai backup-an hp lain, coba samsung di flash odin pada bagian modem saja pakai firmware modem baseband indonesia atau international

      Hapus
  38. Gan hp saya evercoss a28a layar lcd nya loncat2 knapa ya.sofware nya ap lcd nya yg rusak?

    BalasHapus
  39. Selamat siang Gan
    saya punya android nie
    android saya merek nexcom
    la hp nya udah hampir rusak total gmna ngatasin nya gann

    BalasHapus
  40. permisi gan, saya pnya android MyPad dengan nomor model My 703-B.
    Layarnya sering bergerak sendiri.. gmn cara mengatasinya ya gan? trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa terjadi kebocoran listrik/ magnet/ karena panas atau masalah touchscreen yang rusak, kalau cara perbaiki hardware tablet sebaiknya hubungi tempat service android terdekat, soalnya perlu peralatan dan ketrampilan teknis

      Hapus
    2. Gan. punyaku Advan Vandroid S3A saya lupa pola terus saya masuk ke facktory mode, saya mau reset pola itu tapi tidak bisa, soalnya bahasa china..
      ada solusi nya tidak gan?

      Hapus
    3. lupa password/ lock pattern jika tidak bisa factory reset cara lain untuk perbaiki dengan flashing/ instal ulang os android dengan download firmware/ rom sesuai type tablet Advan

      Hapus
  41. permisi gan kalo cyrus coolpad m31 bisa upgrade ke ginggerbread n yang cocok roomnya apa gan? thx gan sebelum n sesudahnya....

    BalasHapus
  42. Anonim18:19

    Gan cara mengembalikan suara pada MyPad 101 2.3.4 saat kondisi normal atau layar nyala (seluruh audio tidak berfungsi). Tapi saat layar dimatikan (Lock, Standby....) Suaranya ada.. Bagaimana cara mengatasinya, terima kasih atas perhatianya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara perbaiki masalah sound seperti itu perlu di root untuk cek masalahnya di build.settings, jika tidak paham di flashing/ instal ulang os androidnya

      Hapus
  43. .gan sya kn punya tab advan t1d 02 gambar sinyal sama batrenya ngilang yg biasanya ada dpojok kanan bawah.cara mgembaliinnya gimana ya gan sya udh cari d pengaturan gk ketemu,,mohonbantuannya..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dulu di factory reset, jika masih gagal di flashing harus dengan download firmware advan vadroid yang sesuai typenya

      Hapus
  44. ka sya punya mito a77 selfie bootloop gara2x sistem dan os nya terhapus, saya mohon solusinya, apa masih bisa diperbaiki karna kalo masuk recoveryctr masih bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai cwm backupan rom asli mito, punya kan? karena syarat root harus backup dulu, atau di instal ulang/flashing pakai MTK SP flashtool cari link download firmware mito

      Hapus
    2. gan minta link firmware cyrus tvpad k3410 wifi. Soalnya udah di coba smua firmware gk ada yg co2k tetap blank.

      Hapus
  45. Pagi.. gan tab sy merk movimax model p1. Kira2 bs menambah RAM nya gak ya? Soalnya kecil bngt hehehe. Trmksh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. memory ram tidak bisa bos, yang bisa ditambah memory penyimpanan, solusinya kurangi aplikasi yang running spt antivirus dan social media

      Hapus
  46. pagi gan saya mohon bantuan buat pencerahanya
    kebetulan saya punya vandroid T td malam saya coba root (buat kepentingan partisi sdcard) dan susces ,,, tapi setelah itu saya coba hapus aplikasi bawaan yg tidak pernah terpakai dan memasang aplikasi dari non market, selang berapa jam tab saya 2X hang dibagian touch screen nggak bisa sama sekali kalau tombolon/off& volume bisa tp setelah itu normal lagi.....

    tadi pagi saya lepas sdcard waktu mau saya sambungkan ke pc ,dalam kondisi tab saya cass+wifi portable saya aktifkan tiba" tab saya reboot sendiri selama 2x dan tiba" hang cuma nyala tulisan android , saya minta pencerahanya cara memperbaikinya / link" yg bisa membantu saya.
    (maaf kalau terlalu detail karena pengen tau kerusakannya dibag mana)

    thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai artikel diflash bos,
      1.pakai backupan cwm, harusnya punya, kan root wajib backup, atau
      2 download firmware sesuai rom type android advan
      soal link merk lokal harus sabar carinya bos, itulah mengapa root wajib backup

      Hapus
  47. mas saya punya tab advan t2f trs gagal booting mas cuma sampe logo advan aja trs mau instal ulang os minta link dounlodnya mas sama tutornya dong makasih............................

    BalasHapus
  48. Anonim18:45

    Gan bs g advan s4d gw yg ukuran inc lbh kecil diflash pk pnya advan s5j yg chpnya sama tp ukuran layar beda???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak direkomendasikan flashing rom dari device yang berbeda, parameternya bukan sekedar chipset, masih banyak lainnya spt ram, ic layar touchscreen, lcd, resolusi dsb

      Hapus
  49. gimana cara memperbaiki koneksi wifi yang udah di on kembali off lagi, merk tablet tabulet

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di reset/ instal ulang, jika tidak bisa berarti hardware wifi sudah rusak

      Hapus
  50. Hp aku evercross A28A
    Dlu.a bisa buat 3G
    Kok sekarang gk bisa y ..cmn bisa buat 2G
    Klau aku aktifin pasti sim memuat data
    Padahal udah q gnti kartu pun begitu
    Solusi.a dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di factory reset, jika masalah sinyal hape hilang masih mucul cek hardware ke tempat service

      Hapus
  51. mas, mo minta tolong nih.
    Advan S5F bootloop gara2 saya mencoba mengubah file vold.fstab.
    Sebelumnya memang tidak bisa masuk ke recovery mode.
    Sekarang HH bootloop, hny bs charge.
    Klo koneksi ke komputer, tidak terdeteksi.

    Gmn caranya agar saya bisa flash utk perbaiki ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika cuma bootloop seharusnya masih bisa terdeteksi di laptop dan masih bisa di flash, lain halnya jika hardbrick perlu peralatan khusus untuk jtag

      Hapus
  52. admin tolong bantu saya .hp saya mati sendiri entah knpa waktu itu saya mau root lalu saya buka mobileuncle tools.disitu saya buka installed saya lihat2 disana ada sistem android saya buka ,disuruh "move apk" saya tekan eh malah mati hp nya saya hidupkan malah ada logo nya gk muncul menunya tolong pencerahan #jaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu hp tidak mati sendiri, tapi bos yang bikin mati, caranya perbaikinya di flash

      Hapus
  53. Gan mau tanya, Kenapa Hp lenovo gw bootloop padahal gw flashin berhasil,
    Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang disebut berhasil jika menyala normal bukan sekedar 'proses' flashingnya selesai 100%, jika masih bootloop mungkin salah rom atau ada kerusakan hardware yang tidak bisa diperbaiki secara software

      Hapus
  54. android cyrus Evdo1000 saya tidak bisa masuk Android System Recovery (Power + tombol Volume Bawah), dan loding sampai logo saja, tolong bantuannya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa reset cyrus di install/flashing saja sekalian

      Hapus
  55. Minta software flash ulang maxtron m1 dong gan
    Thanks

    BalasHapus
  56. wah bagus juga artikelnya,kadang android saya juga sering restart seperti itu, tapi sekarang sudah tidak lagi deh, makasih mas
    Cara membuat video dubsmash di android

    BalasHapus
  57. Permisi,,,kenapa tab sy klo d cas batraix cpat penuh, dan kdang ada tanda silang d ikon batraix ,pdahal sy sdah mengganti batrai baru,,dan msih tetap bgitu,ato mngkin masalahx bkan pd batrei yah,,,,mohon penjelasanx, agar tab sy bisa kembali normal

    BalasHapus
  58. Permisi gan, mau tanya nih, hp ane lenovo a516 dan gua custom romnya dengan rom samsung galaxy note 3, masalahnya suara musik, video, dll gak muncul gan.. bisa kasih solusinya gak? mungkin ada aplikasi yang bisa mengatasi... oke makasih gan

    BalasHapus
  59. Permisi Gan..
    gue punya tablet movimax p6 bootlop.....
    tablet gua cuman buat main game doang...
    mhon infonya atw tutorialnya buat mengembalikan tablet sya menjadi normal lagi...

    thanks

    BalasHapus
  60. Salam gan saya memakai HP Asus.....hp saya terbanting setelah itu...saya coba menghidupkan nya bisa tapi beberapa menit kemudian mati tiba tiba bagaimana cara memperbaiki nya gan......tolong ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibawa ke servis handphone karena hardware yang rusak

      Hapus
  61. min hp gw selalu muncul dialog aplikasi sistem stopeed working, gw cona di root lewat pc.ga kedeteksi padahal adbnya udh diaktifin, mau instal cwm ( nniatnya re flash ), root dari hp juga gagal. ni bisa diperbaiki ga ya ? kalo adbnya ga berfungsi ?

    BalasHapus
  62. Permisi,
    Tablet saya moviemax p1, layar touchscreen tidak respon sama sekali dari awal dinyalakan. Udah coba format tp masih gak bisa.
    Dimohon informasinya cara memperbaiki tab saya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. format untuk itu masalah software, layar touchscreen rusak hardware/sparepart harus ganti baru

      Hapus
  63. Gan ane pnya hp goclever tapi os masih 2.3.4 pengen di up ke os 4.0 gmn caranya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. download rom yang sesuai dan instal pakai flash tool sesuai typpe chip handphone/tablet android yang mau di instal

      Hapus
  64. gan nanya dong, aku punya onepad zyrex zm7831 nih layarnya jadi hitam padahal onepadnya hidup. bisa dengar bbm masuk semuanya tapi layarnya tetep hitam. gimana tuh gan? mohon bantuannya ya:')

    BalasHapus
  65. Hai broo,
    Hh sy samsung galaxy core2
    Sinyal hilang setelah ganti rom dan sy root
    Tp sy lp sblum nya g backup trlbih dahulu,
    Sdh 2x service d kounter hp tp g ada tanda2 pulih hard reset jg prcuma,
    Mohon pncerahannya broo,
    Please

    BalasHapus
    Balasan
    1. sinyal handphone hilang banyak penyebabnya, tidak bisa dengan cara reset/flash karena partisi imei tidak ikut dalam proses flash, perbaiki pakai box flasher

      Hapus
  66. Malam mas,sy mau tanya,hp sy evercoss y power,klo dimasukkn dua kartu tdk terdeteksi,sinyal tdk muncul,muncul di layar sayangnya layanan telepon telah berhenti,perpesanan telah berhenti,muncul terus,keyboard tdk muncul buat nulis,sdh sy setel ulang pabrik tidak bisa,kenapa ya,harus bagaimana y,makasih mas,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu sistem rusak, perlu flash/ instal ulang os handphone-nya

      Hapus
  67. gan mw tanya, klo tulisan ditabletnya menghilang cemana yah dibetulin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya layar tidak tampil/gelap? mungkin layar lcd handphone rusak

      Hapus
  68. Bagaimana ya gan cara memperbaiki hp yg jaringan internet ( wi fi maupun seluler ) ngga bisa konek ke Google play ( store atau pun layanannya pada apl ) tapi bisa konek ke game online dan browser tolong penjelasannya,dan cara memperbaikinya dengan cepat mudah dan aman? hp saya advan vandroid S4K Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan jaringan yang rusak, tapi aplikasi gapps rusak, coba remove lalu instal gapps yang sesuai dengan versi sistem android

      Hapus
  69. gan,tolong bantu dong...
    hp saya oppojoy 3.. saat saya restart tdk mauhidup lagi dan hnya menampilkan logo kemudian mati sendiri hidup sendiri menampilkan logo... saya recovery mode tdk mau dibuka recovery mode saya..ada solusi nggk yagan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. -android hanya tampil logo dan diam sampai baterai habis itu rusak software disebut bootloop cara mengatasi dengan flash atau instal ulang os
      -handphone tampil tulisan gambar logo lalu mati lagi (restart) kemungkinan rusak hardware, perlu di cek untuk tahu penyebabnya, saran kami yang begini bawa ke tempat servis

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.