Cara Memperbaiki Android Tablet Rusak

Perbaikan Android Tablet Atom Cyrus Pad adalah contoh dari tulisan saya kali ini tentang cara memperbaiki Android Tablet rusak. Service Tablet PC sama seperti perbaikan komputer atau Laptop, ada kerusakan hardware dan ada kerusakan software. Kalau merk terkenal seperti Samsung Galaxy, LG sangat jarang mati karena hardware, tapi kalau tablet merk lokal ya begini. Kerusakan hardware Android Tablet memerlukan tindakan untuk membuka/membongkar casing Tablet sedangkan kerusakan software tidak. Karena manufaktur Android Tablet yang beredar serupa maka cara membuka Tablet Atom Cyrus Pad ini mungkin bisa diterapkan untuk tablet merek lain seperti Tablet Aino Novo, Acer, Asus, Advan, Evercoss, IMO, Mito, Axioo Pico Pad, Nexian, Tablet Smartfren AndroReal Pad Lenovo, Toshiba, Xiaomi dll yang menggunakan chip ARM Allwinner Cortex/ Qualcomm, Mediatek dll.
cara memperbaiki tablet android

Cara memperbaiki Tablet CyPad Atom Android saya yang mengalami kerusakan memerlukan pembongkaran Tablet, lihat tulisan saya sebelumnya "Android Tablet Atom Pad Cyrus Rusak". Untuk cara membuka Android Tablet Atom Pad saya menggunakan potongan bambu (saya pakai bekas tusuk sate he he...kebetulan habis makan sate ikan laut, di denpasar bali sate tidak ditusuk pakai lidi seperti di jawa, tetapi pakai bambu yang diserut). Cara-nya saya potong dan ujungnya saya iris tipis menyerupai bentuk obeng minus. Maaf jika cara ini agak aneh, maklum saya bukanlah seorang ahli android tablet, ini tab pertama saya dan dengan terpaksa dibongkar karena tablet atom pad baru beli 5 hari sudah mati/rusak dan pihak customer service Cyrus Pad di Denpasar-Bali tidak bersedia menggantinya. Saya hanya berpikir kalau menggunakan obeng atau pinset, saya kuatir proses membongkar Tablet akan membuat rusak case tablet atau menggores kabel flexible LCD jadi putus/ rusak. Untunglah bahan case Tablet atom pad cyrus menggunakan aluminium sehingga membantu saya memudahkan dalam proses membuka tablet ini.
baterai Tablet android

Penyebab Tablet Rusak: Rupanya benturan ringan yang saya rasakan saat memutar posisi Tablet dari potrait ke landscape atau sebaliknya disebabkan baterai tablet yang tidak menempel pada tempatnya. Android Tablet murah China. Beda dengan baterai tablet Samsung Galaxy yang dibaut, baterai Tablet merk cina hanya di lem/ditempel di bagian belakang LCD menggunakan double selotip. Kemungkinan benturan yang terjadi selama pemakaian tablet inilah yang menyebabkan rusak/mati Android Tablet Atom Pad milik saya. Aneh juga jika Tablet dengan fitur rotation screen malah tidak memiliki tempat dudukan case khusus untuk baterai tanam, padahal Android Tablet akan sering diputar-putar selama penggunaannya, berbeda dengan komputer/Laptop PC  akan terkunci diam.
Skema Allwinner A10 Tablet Pad
skema handphone android
Cara Memperbaiki Kerusakan Android Tablet: Karena double selotip pada baterai tablet tersebut mulai mengering, saya mencoba menghubungkan kembali baterai Tablet yang lepas tadi dan mengecek semua hubungan kelistrikan ic sesuai skema tablet all winner A10 Tablet, skema saya dapat dega download dari internet. Lalu menempelkannya kembali baterai tanam tablet dengan cara menggunakan lem double selotip sehingga saya tidak perlu menekan terlalu keras pada bagian belakang LCD, takut pecah atau retak LCD Tabletnya, tidak lucu kan kalau tabletnya sudah menyala tapi LCDnya malah rusak blank atau bergaris he he...:)

service tablet china
Karena sudah membuka casing Tablet, sekalian saya menambahkan pendingin tembaga pada processor Tablet CyPad, dan baterai Tablet saya bungkus dengan aluminium foil sisa saat membuat wajanbolic penguat sinyal modem internet. Cara ini tujuannya agar selama penggunaan android tablet akan lebih dingin sehingga awet dan tablet tidak cepat rusak

Karena pada bagian soc Chip Allwinner Cortex Tablet Atrom Cyrus Pad ini sama dengan kebanyakan tablet china seperti Axioo, Aino Novo, Tablet Advan Vandroid , Mito, Nexian, Evercoss, Real Pad, Smartfrend Androtab dll,biasanya tidak memberikan pendingin/ kipas pada procesornya seperti yang tersedia pada PC/Laptop. Harus diakui bahwa beberapa merk handphone dan tablet Android terkenal seperti Asus, Lenovo, LG, Acer, Samsung Galaxy, Toshiba Xiaomi dll merakit tabletnya dengan spreader/pendingin lebih baik untuk menghindari panas penyebab umum kerusakan hardware. 
Setelah semua sparepart tablet terpasang dengan baik, saya menutup kembali casing tablet dan berikutnya tinggal cara flash untuk memperbaiki bagian software android tablet. Beda cpu beda cara flash, nah saya menuliskan disini cara-cara instal Android OS Tablet baik dengan custom rom maupun stock firmware untuk Cyrus Atom PAD yang menggunakan cpu Allwiner, sedangkan untuk masalah software bootloop di handphone atau tablet Samsung rusak bisa membaca disini.
ganti baterai tanam
Jika pelaggan mau ganti baterai tanam perlu membuka case tablet 7 agar layar lcd touchscreen tidak rusak bacalah seluruh artikel dan link terkait, semua cara sudah kami bahas. Untuk info harga dan biaya pasag ganti baterai baru silahkan chat via o WA diatas. Semoga artikel cara memperbaiki Android Tablet Cyrus Pad rusak ini bermanfaat.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

202 komentar:

  1. Gan kalo tablet yg PORT DC-INnya rusak masih bisa di perbaiki ga ??
    Vandroid T2i

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mochamad adam: Bisa Gan, charger Tablet punya ane port nya kendor, jadi kadang sudah dicolok ke tablet tetapi lepas sendiri, ga mau kenceng gitu. ane ganti sekalian, lihat cara perbaikinya disini gan.
      http://baliservicecomputer.blogspot.com/2012/11/masalah-touch-screen-tablet-china.html
      Semoga membantu

      Hapus
    2. @Agan Mochamad Adam : jujur gan, ane tidak memiliki Tablet Vandroid, tetapi dari prinsip kerjanya sama saja gan, beberapa hal soal charger baterai tablet yg perlu diperhatikan:
      1. Perhatikan output arus chargernya,charger bawaan advan biasanya sekitar 1.5-2Ampere
      Charger yang agan pakai berapa ampere-nya?
      2. Jika terlalu lama kosong baterai lithium susah dicharge, solusinya dilepas dahulu baterainya, pasang lagi baru dicharge.
      3. Perlu di cek lebih lanjut kerusakannya dimana? Soalnya ane juga pernah tidak bisa dicharge karena ada masalh Android os nya.
      Kalau memang port DC in (ditablet) yang rusak, perlu dibuka casing tabletnya untuk perbaikan, minta bantuan tukang service elektro agar lebih murah gan...:)

      Hapus
  2. minta no hp dong/alamat service di bali ya??tolong

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Dwi darma:tyang di drupadi renon Gus, phone 0361 3333350, Suksma sudah mampir ke blog tiyang :)

      Hapus
    2. Maaf gan,saya punya tablet BEYOND B717 lubang yg buat nge cas nya masuk ke dalem gitu gan.tolong di bales ya

      Hapus
  3. Gan,saya punya tabledpad olive vt100,problemnya kalau dipakai harus sambil dicas,tetapi jika pakai untuk internet sekitar 5 menit tabled shutdown sendiri begitu juga untuk telepon setelah itu distar/nyalahkan sulit lampunya merah lalu mati,merah- mati begitu terus begitu pula dilayar nyala lalu mata ikutin lampu indikatornya,tunggu beberapa hari baru bisa dicas lagi klu mau digunakan,o ya di cas baru 3 menit langsung penuh baterainya terlihat di layar tabled pemberitahuannya. Apanya yang rusak ya dan bagaimana cara perbaikinya/terima kasih.

    BalasHapus
  4. unci alias ga bs di buka karena terlalu banyak kesalahan pola kunci. Trus dah d masukin ccount google ane ttp aja ga bs invalid username n pasword katanya. Padahal semuanya dah bener gmn solusinya gan?h bener gmn solusinya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Reza Andika: memang gitu gan, kalau 5 X salah masukan pola kunci akan masuk ke akun email sebagai pengganti agar bisa memakai androidnya.Beberapa tablet punya fasilitas kompinasi tombol soft reset, agan Reza pakai device android apa?

      Hapus
    2. sy jg punya masalah seperti mas Reza... saya pake anroid eggpadz happy 8GB, mau soft reset gak tau caranya... udah 3 jam nich googling... tolong Gan.. mohon pencerahannya... :(

      Hapus
    3. Itu sudah dibahas diartikel kami mengenai cara facory reset android

      Hapus
  5. gan tanyak untuk instal ulang tablet androd movi max model P3 program romnya bisa di download dimana, alamat webnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @John Iba: maaf gan situs resminya tidak nyediain rom android moviemax P3, solusinya instal custom rom yang mirip dg hardwarenya.

      Hapus
    2. gan yang rom mirip dengan movi max P3 android 4.0 ice cream sandwich downloadnya dimana?

      Hapus
    3. Maaf Agan menggunakan custom rom kembaran itu sifatnya try and error dan kami belum pernah mencoba untuk movimax p3, jadi tidak berani mereferensikan. Saran kami:
      1. cari dan lihat diforum pengguna tablet movimax
      2. cari dan try and error rom tablet lain yang memiliki fitur yang sama (dengan resiko sendiri ya gan)kunci memilih rom kembaran jangan lihat merk tablet, lihat kemiripan fitur, misal ukuran layar harus sama al:
      -layar 7" 800 x 480 pixels
      -processor keluarga ARM® v7
      -kamera 2MP
      -Tv analog
      -dll harus sama
      Semakin banyak fitur tablet yang sama terpenuhi, tingkat keberhasilannya semakin tinggi.
      kami sendiri mencoba 4 custom rom sampai dapat yang cocok untuk atom pad di artikel ini. Good luck agan John Iba ;)

      Hapus
  6. Om, ada problem di ainol Elf ane. Yaitu saat ane nekat masukin earphone yang ujung jacknya sebenarnya sudah goyang2 ke port 3.5mm-nya Ainol. Nah pas ane mau lepas tuh earphone, ujung jacknya patah dan ketinggalan di dalam port audionya Ainol. Cara melepasnya gimana ya? sayang banget nggak bisa menggunakan earphone atau speaker external.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @AbuAisyah: mesti dilepas dari dalam, cara buka casing ainol elf beda, itu ga ada bautnya kan? di ungkit pakai plastiknya sim card, kalau beli sim card kan dapat plastik lembaran seukuran kartu atm/credit card, ujungnya diiris agak piipih/tipis.hati-hati ada kabel flexible di situ.coba browsing di you tube,ada berbagai cara membuka case tablet

      Hapus
  7. Anonim12:42

    mas aku ada problem sama tablet imo x5 mars, layar bagian dalam pecah karna ketindihan, tapi layar luarnya ga papa.
    nah aku ada rencana mau ganti sendiri, trus apakah semua lcd tablet itu sama?
    trus layarnya kan ada 2 lapis, kalo dilihat si buka tabletnya dari depan layarnya itu. nah punya tips ga untuk membukanaya, soalnya takut ntar malah terjadi apa2, soalnya layar depannya itu tipis banget.
    thanks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Lcd tablet ada yang beda di bagian konektor kabel flexiblenya, sementara bagian touch screen nya beberapa sama asal ukurannya sama. cara buka tablet imo sama seperti tips diatas, pakai kartu atm/ bagian luar sim card

      Hapus
  8. Anonim10:30

    saya ngecash tablet eggpadz hero series 3G 16 gb mati mendadak kenapa tuh gan?
    Sedikit pun tidak hidup lagii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga artikel disini membantu agan mengatasi masalah baterai tablet tidak bisa di charge
      http://baliservicecomputer.blogspot.com/2013/01/cara-membuka-tablet.html

      Hapus
    2. kalau tablet andromax smartfren kami amati sering rusak di jack adaptor, di service/ganti jacknya saja biasanya beres kok

      Hapus
  9. Om, aq pny masalah ma IMO Z6. Setiap tablet mati maka aplikasi yang terinstal langsung hilang saat dinyalain lagi Z6-nya yang tinggal cuma aplikasi bawaan. Trus internal memory statusnya 0. SD card sih normal begitu pula external SD. Minta bantuan solusinya ya, Om. Terimakasih

    BalasHapus
  10. Tambahan dikit, ID Pengembangan selalu berubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mas Wie Cool: Yang saya tahu biasanya masalah aplikasih android hilang setelah mati/restart terjadi pada aplikasi yang di 'move' ke SD. Jika benar,solusinya coba agan kembalikan aplkasi ke internal rom tablet atau SD di 'remounting' Soal ID dll saya tidak bisa kasih solusi karena apa saja yg dilakaukan selama pemakain tablet hanya agan Heri sendiri yg tahu

      Hapus
    2. nah.......itu dia, Om. ga bisa instal atau move aplikasi ke tablet. 1x lagi makasih banget ya, Om

      Hapus
    3. akhirnya.......setelah melaluiproses trial and error dengan berbagai macam cara sampe melakukan swapping dengan edit file vold.fstab yang mengakibatkan tablet jadi BOOTLOOPING, entah cara ini yang membuat tablet jadi normal kembali aplikasi termasuk internal memory (bukan sd card) yang tadinya BLANK jadi normal kembali. Iseng-iseng copy-kan file-file yang ada di xrecovery.rar yang telah diekstrasi ke \system\bin, trus coba instal lucky patcher (padahal ini kan buat nge-patch aplikasi yang trial) trus pindahin aplikasi pake lucky patcher ke \system\app minta reboot dan.....akhirnya.....balik ke normal lagi .....
      Aneh kan ???????
      Barangkali punya kasus sama jangan coba-coba pake cara inibarangkali tablet tambah parah : bootlooping ato bahkan brick.
      Tapi sebenernya sih tinggal pake recovery aja.

      Hapus
    4. keren agan bisa logika mikir sampai ke situ pakai aplikasi lucky patcher, ane ada pasien samsung galaxy pocket S5300 kerusakan sama, ntar dicoba, benar gan resiko paling bootloop ha ha. thanks sudah share tips androidnya, cool ;)

      Hapus
  11. romen09:31

    gan, punya baterai tablet vandroid t3? atau baterai tablet yg lainnya dg voltase 7,4v

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Romen: maaf agan romen ane ga ada stok baterai tablet vandroid, kalau butuh saja baru beli, tempat jual baterai tablet=tempat jual spare part hp, awalnya ane juga diberitahu temen yang service hp :)

      Hapus
  12. Anonim04:42

    mas,mengembalikan layar yg terlalu gelap karena setelan brigtnesnya gmn,tab saya cyrus pi lite nggak ada hdminya

    BalasHapus
  13. Gan, Ane Punya Vandroid, kemaren sempet tidak bisa dihidupkan walau tombol powernya sudah ditekan lama, tapi untuk nge-charge ada tampilan batery nya.. saya tekan kembali powernya sempat bisa... tapi begitu kondisi sleep mau diaktifkan tombol powernya nda berfungsi sampai sekarang... apakah ini tombol powernya yang rusak.. krn tombol vol yg disebelahnya berfungsi dengan baik.. untuk gantinya gimana gan? ... thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Herry Quyi: tombol power yang tidak bereaksi bukan selalu tombolnya yang rusak, bisa karena masalah firmwaren atau lcd tabletnya. Untuk cek setelah tombol power dipencet konek kabel data ke pc, jika terdeteksi android artinya bukan masalah tombol. Baterai tablet terlalu kosong juga membuat tablet tidak bisa dinyalakan. perlu di cek lebih detail gan sebelum ngooprek tombolnya.

      Hapus
  14. Dear Agan,

    Mohon bantuannya, tabletq advan (lupa serinya) suka ngadat, kalo dicharge suka malah nyedot batre padahal merah & statusnya charging, sekalinya bisa ke charge malah ga bs penuh plg benter 95%, trus kemarin dicolok2 makin rese, ditekanlah, alhasil malah ujung charger bengkok dan tempat colokannya tablet patah, totally ancur, kira2 bisa diganti ga y? dan apa semua tko service hape bisa menservicenya? Sayang jg gan, baru pake ga smpe setahun T_T. Ditunggu advicenya, makasih ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Tri wulan: jika masalah tablet hanya di colokan charger, service hp biasanya bisa bantu atasi, karena banya merk hp menggunakan bentuk jack charger seperti ini. Tablet Advan kan ada mini usbnya? itu bisa untuk ngecas pakai usbcek disini

      Hapus
  15. gan vandroid t1c sya tiba2 takang pas selagi sy buka internet bru bbrpa menit,, semua tombol ga berpungsi lg,, ga bisa dimatiin krn on/off x jg ga berfungsi,, jd smpai skrag msih nyala layarx,, tp ga bsa apa2,, sya sdh coba matikan jg ga bisa gan,,, tolong gan apax yg salah ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Gadiz Banua: paksa matikan, agak lama pencet tompol power/reset tablet vandroid sampai mati, soalnya kalau nunggu mati sendiri karena baterai habis malah sulit dinyalakan kembali tabletnya (baterai tablet tidak bisa dicharge).

      Hapus
    2. thania10:43

      Itu kejdian nya sma kya sya ka,sya sdh tkan tombol power nya lama... Tpi gk mati lyar nya.. Kira" brpa lama tekan tombol powernya..?

      Hapus
    3. Normal 3 detik mati, kalau 'stuck/hang' tetap ga bisa dimatikan lepas baterai tablet. Reaksi umum pengguna adalah membiarkan baterai habis sendiri bisa memperburuk keadaan. Baterai tablet li polymer jika 0% akan di 'anggap rusak' oleh system, jadi tidak bisa dicas. Harus ada sisa (reserve capacity) agar baterai dianggap normal.

      Hapus
  16. wifi atom pad sy putus nyambung, bisa distabilin gak ya ?
    salam baik .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Pawiro Glimpang: semua begitu gan, soalnya sinyal wifi tablet android umumnya diset 360 derajat, tidak cocok untuk kualitas wifi tablet china. Kecuali agan bisa modif system androidnya, wifi bisa diset 90 derajat biar lebih fokus.

      Hapus
  17. Terima kasih pak Angga yang telah memperbaiki tablet Beyond B Pad anak saya. Teman - teman yang tinggal di seputaran Denpasar dan Badung kalau ada yang punya tablet Beyond yang rusak, boleh deh di bawa ke Jl. Drupadi. Tablet anak saya sudah bisa dipakai lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Wayan Sidia: terimakasih testimoninya pak, semoga tablet beyond bpad putera bapak awet.

      Hapus
  18. Mas, mau tanya tablet saya Movimax P2, hanya bisa dipakai 1 jam, setelah itu baterainya langsung drop, apa memang beterainya udah lemah, trus cara mengganti beterainya gimana, dan jual dimana ya ...
    maaf nanya borongan, maklum masih newbie banget dlm dunia pertabletan, hehehe ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Rifki: baterai tablet drop maksudnya langsung mati atau masih ada peringatan baterai habis gan? Kalau cara ganti baterai tablet harus membuka dulu casingnya seperti cara diatas atau cara membongkar tablet disini.
      Yang jual baterai tablet masih jarang gan, coba hub toko tempat beli tablet/ cs, kalau ga ada beli baterai tablet merk lain asal volt nya sama 7,4V. Kalau ga dapat juga, kami biasa bikin sendiri 2 baterai hp di rangkai seri, agan minta tolong tukang serivice hp membuatkan baterai tablet. Jangan bikin sendiri lho, bisa meledak baterainya.

      Hapus
  19. gan, ana punya tablet cyrus atompad ana nyalain wifi nya tapi ga mau conek-conek, mohon solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana jawabnya gan?, ga jelas pertanyaannya konek tablet ke wifi mana? publik hot spot,laptop,router, adhock peer to peer, ssid atau apa? ane teknisi gan bukan dukun ;D

      Hapus
  20. gan saya punya atompad lite ics 4.04 dari awal beli(bulan februari 2013) sampe sekarang , klo main game talking tom gak bisa ngerespon suara tp klo disentuh aje bisanye , saya install ulang game nya tetep aje hasilnye sama gak bisa ngerespon suara kite ,itu kenapa ye gan? mohon solusinye gan
    sebelumnye makasih dan salam kenal gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin mic cyrus atompad lite rusak/ga fungsi/ belum diaktifkan. Kalau fitur voice command atau voice to text fungsi gan? coba cek bagian menu>settings>Voice input n output dan pengaturan recognizer suara

      Hapus
    2. saya dah coba di menu setting masih tetep gak bisa gan, tapi pas saya sentuh mic nya dengan klip kertas ada sedikit responnya tp dengan suara yang gak jelas, mungkin mic nya yang rusak ye gan?

      Hapus
  21. boss minta info stok touchsreen tablet ainol novo7 ELF ada ga...?

    BalasHapus
  22. Gimana caranya mengatasi sim card yang tidak terdeteksi pada tab Imo z6? terkadang sinyalnya kosong tapi terkadang sinyalnya muncul lagi, itupun cuma sekejap. mohon infonya yaa makasih :)

    BalasHapus
  23. Anonim01:24

    saya ad tablet beyond...ud lama gak di hidupkan.trs pas saya mau hdupkan ada menu factory yg selalu bergerak sendiri gmn solusiny ..rusakny ap

    BalasHapus
  24. gan ane mau nayak ni,,, ane punya tablet yg mereknya advan,,,tp ktika dihidupkan tabletnya ada keluar tulisan "unfortunately ui has stopped" kira2 salah nya apa ya gan,,??
    padahal sudah diperbaiki tapi, kambali lagi seperti semula,,

    terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu diagnosa kerusakan lebih mendalam, namun dugaan awal aplikasi laucher tablet advan agan rusak, coba instal launcher lain

      Hapus
  25. Anonim07:28

    Gan, tablet ane ada bunyi meletup pas dicas. Skrg ga bisa dicas lg. Kl ky gini masih bisa dibenerin ga? Apa hrs ganti batre?

    BalasHapus
  26. Gan Tablet Ane nggak mau hidup karena dicas pake adaptor yang besar 12 V DC, apa masih bisa diperbaiki? Ane pake Ainol Novo Crystal 7 baru dipakai 2 minggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau begini agan ganti baterai tablet dan adaptor yg 5v tidak akan mengatasinya, perlu di cek lagi gan tingkat kerusakan mesin board tablet, apakah hanya ic charge yang rusak (mudah diperbaiki) atau sudah terjadi kerusakan pada ic power, ic ui, ic pa, kalau begini selain agak sulit sperapart biaya servicenya lumayan tuh.

      Hapus
  27. Terima kasih info nya, aduh lagi apes kali.
    Kira-kira kalo minta claim dari kartu garansi bisa diterima sam toko nya ngga? Apakah bisa ketahuan kalo di cek kerusakannya disebabkan oleh pemakaian charger yang tidak benar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya agan tidak cerita penyebabnya kerusakan tablet? ha ha...wah kalau bisa dapat garansi jadi recomended seller tuh tokonya :D

      Hapus
  28. Maaf Mau tanya !
    soal tablet Cyrus tvpad ku ni…!

    Tablet Cyrus ku suka mati mendadak tiap dipasangin modem,
    gimana cara mengatasinya ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Port micro usb longgar gan, emang kualitas plastiknya lembek sekali. Jadi kalau kebiasaan nyabutnya pakai digoyang2 (dangdut kali ya...), kawat konektor usb otg didalemnya jadi gampang korslet. Bisa minta tolong service hp untuk ganti port usb tabletnya.

      Hapus
  29. maaav mgggu.,.,mau tax mas aq kan pux tablet advan t2c , waktu itu casx berkumpul ama casx laptop dan sma ukuran casx n kliru casx laptop yg di pasng kykx mlebihi kapasitas teganggan , stlah aq lihat yng terjadi panas berlebihan meskipun blom sya hidup kan jadi aq bongkar n tak cabut kbel batraix n mohon bantuan solusix makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngecas tablet pakai charger asus ya gan? ya dicoba nyalakan gan, semoga sih belum terlanjur rusak ic chargernya.

      Hapus
  30. Surya08:14

    Pagi gan mau nanya, tablet saya ainol novo venus, awalnya sih ga ada masalah tapi setelah dipake sama anak saya, sekarang setiap menutup/minimize, rotate layar keluar pesan "unfortunately launcher has stopped" kira2 penyebabnya apa & gimana solusinya? suksma gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin launcher yang digunakan rusak, coba ganti pakai aplikasi launcher android yang lain. kalau yang standar dan ringan pakai go launcher

      Hapus
  31. gan ane pake advan..kemarin ganti ganti kartu,skarang terkunci gan..tulisannya no sim card
    apa yang salah ya ,,he,he,he gua gaptek banget gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya masalah sim card tidak terdeteksi android setelah ganti rom, kalau kasus agan mungkin sim card tergores atau pin konektor bergeser. sudah dicek sim card di phone lain terdeteksi tidak? agar tahu sim card atau android yg rusak, coba bersihkan bagian yg warna kuning dengan penghapus pensil

      Hapus
  32. maaf gan mau tanya layar lcd tablet ainol saya menekan nekan sendiri
    apa ada solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan lihat artikel kami mengenai masalah touchscreen

      Hapus
  33. Ikut konsultasi gan, ane pake phablet vandroid S5N, kemaren secara mendadak jadi mati dan sekarang tiap kali dihidupkan pasti cma sampe layar aktif terus muncul tulisan ANDROID (seperti biasa) tapi gk ada kelanjutannya dan begitu terus..... ada solusinya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tablet agan rusak software boot yang disebut bootloop, coba di factory reset atau instal/ flashing rom. silahkan dibaca artikel kami yang membahas bagaimana cara-cara solusi tersebut

      Hapus
  34. Anonim21:56

    om swastiastu bli...
    maaf mengganggu ...saya mau nanya bli..kenapa ya di tab o1A advan memorynya cuman 155MB sedangkan di buku keterangannya memorinya tertulis 512mb.... trus setiap mau instal game tidak bisa,,,karna memori yg tersedia tidak cukup...suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. ram 512 itu total, yang kemudian dibagi untuk system android, gpu dll, sisanya 155MB. instal game bisa asal tahu carannya, sudah kami bahas di halaman lain, silahkan dibaca

      Hapus
  35. Anonim13:01

    gan tablet ponakan sy persis yg di gambar yaitu cyrus pad...dia minta tolong sy perbaiki tabletnya yg rusak entah kenapa...jadi tablet nyala tp cuma layar putih doank dan ada sedikit garis2 hitam...reset pabrik ngga bisa dilakukan...itu kenapa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari ciri-cirinya mungkin layar lcd rusak, kerusakan hardware tablet harus ke teknisi/ service center gan

      Hapus
  36. gan saya mau tanya, saya pake smartfren andromax tab 7.0, tadi pagi waktu saya nyalain tabnya tiba2 langsung keluar tulisan "unfortunately, launcher has stopped" terus gabisa diapa-apain jadinya ke home aja gabisa, ke menu2 lain apalagi. untungnya bisa ke menu settings karena ada di tab notification jd gaperlu ke menu dulu. jadi apa yg harus saya lakukan nih, udh dicoba restart tetep gitu lagi... hiks bantuin saya dong kalo ada yg tau, saya perlu banget pake soalnya. makasih sebelumnya :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. launcher terhapus, cara memperbaiki segera instal aplikasi launcher yang lain sebelum androtab bootloop, soalnya launcher aplikasi wajib android gan

      Hapus
    2. sip gan, makasih banget sarannya. langsung bisa hehehe btw saya bingung kok bisa terhapus ya, perasaan saya gapernah ngapus2 deh ._. tp makasih banget gan :D

      Hapus
    3. ikut senang android agan sudah diperbaiki, semoga awet, mungkin launchernya 'meluncur' pindah ke tablet tetangga :D

      Hapus
  37. Anonim21:49

    Gan ini tab ane Advan bisa beri tutorialnya ganti baterai gk, apa semua merk tab cina itu sama cara ganti baterainnya?
    Makasih, btw nice post work 100%

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah banyak gan, kami ulas artikel mengenai masalah baterai tablet rusak

      Hapus
  38. Anonim00:53

    malem ngan ane mau tanya!!sane carjer tablet pake jalurr USB tp toh knapa ya ko jd ga bisa hidupp tp awalnya hidup sebentar!!!pa da yang konslet ato gmana!!tablet ane ANVAN T2 Ice cream!!mohn sarannya ngan!

    BalasHapus
  39. Anonim01:56

    mas, mau tanya tablt saya ainol nouvo 9 saat ngecas touchscreen nya tidak merespon tapi kalau bodinya disentuh baru bisa respon. apa kerusakannya. terimakaih

    BalasHapus
    Balasan
    1. @agan anonim diatas; masalah charger rusak dan touchscreen jumping sudah kami ulas semua kok, silahkan dibaca saja artikelnya

      Hapus
  40. Anonim00:56

    bli, mau tanya nih. saya pengguna atom pad cyrus, sudah upgrade ke jellybean 4.1, saya punya problem dengan INTERNAL SD CARD, ada bacaan "DAMAGE SD CARD" sudah saya coba format ulang di tab nya tetap gak bisa, dah sudah berkali2 di reset2 pake aplikasi ROM tetep g bisa, tolong bantu bli.
    note:* sd card internal nya error setelah saya "factory reset + erase on sd card".
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pesan error yang muncul DAMAGE itu tidak bisa diperbaiki lagi

      Hapus
  41. Om tablet saya waktu di cas sama anak saya ada kesalahan cas yg di pakai untuk mencas yg multifungsi untuk laptop saya yg kapasitas mencapai 12 ampere om jadi gimana cara mengatasinya om ??
    Trima kasih sebelumnya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bisa terbakar mesin (motherboard) tabletnya, ini masalah menyangkut kerusakan hardware tablet jadi harus di cek ke service center gan. kecuali agan paham micro elektronika

      Hapus
  42. Salam hormat gan.....
    Ni saya ada masalah ama tablet merk ADVAN.kalo dinyalain powernya cuma muncul lambang ADVANnya aja...trus g bisa masuk ke program....tolong di bntu ya...mkasihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. tablet advan rusak softwarenya (bootloop), coba direcovery firmwarenya atau di flash dengan download rom original advan terlebih dahulu

      Hapus
  43. Gan, mau tanya ne.andromax py saya pernah ganti layarnya tp serie yg diatasnya.sekrang kok mesin mati aja baterenya bs drop.uda coba ganti betere lain tp masalahnya muncul lg.kalo dicas penuh dinyalain main bentar aja uda drop lg.thanks buat jawabnnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu andromax apa gan? coba upgrade firmware, soalnya rom yang mengatur baterai. contoh kalau rom rusak (hardbrick) phone/tablet android tidak akan bisa di cas meskipun baterai dan adaptor charger tidak rusak

      Hapus
  44. Gan..kalo di cas indikator batre ngisi tp persentase batre tidak nambah dan bahkan tetap berkurang,saya make axioo picopad 5..kira2 masalahnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin (karena tidak cek fisik langsung saya kira-kira juga)
      1.charger tablet axioo rusak, cek dengan avometer harus stabil diantara angka 3.9 s.d 4.2 volt
      2.ic control baterai rusak, ganti ic control atau kalibrasi baterai tablet

      Hapus
    2. Udah coba pake cesan yang lain tp hasilnya sama aja gan..kebetulan baru beli skitar 2 bulan kira2 bisa klaim garansi ga gan?

      Hapus
    3. dicoba ajukan klaim garansi tablet, bisa atau tidak pihak service center axioo yang memutuskan. tapi opini saya (sejauh kita tidak melakukan modifikasi) itu adalah hak kita sebagai pelanggan

      Hapus
  45. Gan klo tablet samsung tab 2 7.0 setelah habis di install mati total kenapa ya?trus gimana ngatasinya?thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tablet samsung di instal apa? aplikasi, game, cwm, root, firmware? tolong yang jelas kalau bertanya

      Hapus
  46. Anonim12:19

    Gan saya mau nanya,knpn waktu saya main game atau internetan suka keluar sendiri,padahal gk dipencet home,, Vandroid T3-A

    BalasHapus
  47. Anonim05:00

    bli..mau tanya..vandroid saya advan e1b..kaca pelindungnya mau lepas..bagaimana cara memperbaikinya? saya lihat kaca pelindung hanya diselotio bolak balik saja jadi kalau selotip udah kering menyebabkan kaca bisa lepas..bagaimana solusinya bli? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya kaca pelindung itu apa? tablet advan vandroid pakai screen guard tapi dari plastik bukan kaca, jika screen guard rusak beli saja yang baru harga cuma 20 ribuan

      Hapus
  48. gan mau tanya kenapa ya android saya touchscreenya kebalik yang kebalik sepotong munkin kibat ganti room gimana cara beneriny ?? tolong gan thanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau rom yang dipakai driver resolusi screen tidak cocok begitu effeknya, kembali ke rom lama atau flashing firmware yang cocok saja

      Hapus
  49. gan tolongin ane gan vandroid E1B ane tiba2 ga ada suara ,speaker sama miknya ga fungsi pada saat tlp main game musik video dll walaupun pake earphone,tp klo radio fungsi pake earphone atau speakerphone.diluar itu semua berfungsi normal,Mohon solusinya gan...thx b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau cek hardware perlu ke tukang service, coba dulu update firmware advan vandroid yang cocok

      Hapus
    2. klo cek hardware udah gan ketukang servicenya,tp katanya hardware ga masalah tp software yg masalah...makanya ane bingung gan udah di flash pake driver bawaan advan masih sama ga keluar suaranya,pake rom modifikasi jg sama,jd ane harus gmn gan...mohon bimbingannya gan.thx b4

      Hapus
    3. silahkan service tablet ke baliservicecomputer, kami akan coba perbaiki

      Hapus
  50. mau nanya gan, sy punya ainol novo 7 fire ada problem. Tiap kali mau menghidupkan wifi, atau setting tanggal/date pasti hang trus restart sendiri sampai muncul robot hijau itu terus n stuck di situ aja. Harus nunggu agak lama baru bisa masuk sistem lagi. kalo langsung dihidupin lagi hanya nyampe di robot hijau itu aja. kira-kira apa solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek nyalakan tablet dengan charger terpasang, jika langsung menyala artinya baterai tablet sudah lemah

      Hapus
    2. sudah sy coba dg charger terpasang gan tapi tetap saja problem tak teratasi..

      Hapus
    3. coba flashing rom, jika tetap tidak memperbaiki masalah, kirim tablet ke teknisi untuk di service, kami kesulitan mendiagnosa kerusakan tanpa melihat langsung kondisinya

      Hapus
  51. malam mau nanya...saya ada tablet aldo t77 ,kondisi mati tp kalo di colok usb ke detect lalu charger juga,,tp layar tidak nyala,,,lalu saya bongkar lalu koneksi lcd,,dan saya pasang lg tekan tombol power ternyata nyala,,,nah tp setingan tulisan kembali ke bahasa cina,,setelah saya ubah kembali lancar,,tp setelah saya tinggal kurang lebih 15 menit tidak nyala lagi,,tp kalau di colok usb ke detect...kira2 masalah nya apa yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek settings>display>sleep, kalau tidak ada pengaruh mungkin led lcd tablet sudah lemah (rusak)

      Hapus
  52. Anonim12:16

    siang gan..
    ane mau tanya harga lcd cyrus pad 7" sampai berapa yach??

    BalasHapus
  53. mau tanya bli. saya kan punya tab advan T5A pas pertama saya mau buka ternyata ga mau respon terus saya matiin pas uda nyala mau buka kunci ehh ga repon lagi
    ga bisa masuk padahal pin nya sudah bener
    kalo kyk gitu yang rusak bagian apanya ya bli?
    harus di bawa ke service kah??
    mohon bantuannya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin masalah di launcher apk, coba difactory reset atau di flash romnya, agar system kembali baru seperti keluaran pabrik.
      jika belum tahu caranya, hubungi service tablet advan vandroid yang memberikan garansi agar aman

      Hapus
  54. Terimakasih Artikelnya Super..
    Mau tanya Bli, saya pake tab vandroid T1D niat saya mau install rom original pake FLASH TOOLS pas pertama saya lupa nekan tombol format di Flash Tools .sekarang tablet saya ga bisa di install sama sekali / mati total.. Bisa bantu ga bli..???soalnya tidak ada garansi software dari advan

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah flashing=bricked=ganti mesin kalau ke service centre
      di jasa reparasi tablet menggunakan perlengkapan usb jig+flasher box
      silahkan tab advan vandroid di kirim ke alamat service kami, mungkin masih bisa pulih tabletnya

      Hapus
  55. netry09:52

    mas sy pnya rablet ainol pas lg dmainin tiba2 berubah sndiri ke asalny.bahasa cina trus smua game yg sy download ilang,itu gmn yach mas ??? trimkasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. -tablet ainol tidak sengaja ter-reset ke setting pabrik, cara rubah bahasa di bagian setting yang ada symbol seperti huruf A, letaknya bandingkan saja dengan memakai tablet android lain.
      -memperbaiki game yang hilang hanya bisa jika sebelumnya pernah disimpan diserver email. tinggal restore, kalau belum sempat backup harus diinstal kembali satu persatu

      Hapus
    2. mas saya mau tanya, tablet android saya acer, kerusakannya ialah tidak bisa dicharge kemungkinan ada kerusakan pada bagian portnya, bagaimana cara mengatasinya. ?terima kasih

      Hapus
    3. port charger acer bisa diservice dengan menggantinya, hubungi service center tablet, soalnya selain perlengkapan blower diperlukan, cara ganti jack charger perlu membuka casing tablet dan type acer iconia agak sulit cara buka covernya

      Hapus
  56. gan ane punya tablet imo x3 tapi dinyalain tablet nyala bergambar tapi lampu layarnya nggak nyala... gambar nya sih keliatan tapi lampu lcdnya nggak nyal mohon bantuanya gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan lcd tablet rusak, periksa ke tempat service apakah masih bisa diperbaiki atau perlu diganti

      Hapus
  57. Anonim02:40

    gan saya mau tanya,tab saya ainol numy touch screen retak,punya spare partnya ga?

    BalasHapus
  58. gan , touchscreen ainol novo 7 crystal saya tiba-tiba nggak berfungsi.
    cara benerinnya gimana yaa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. -banyak penyebabnya, mungkin salah flash rom, ic atau kable flexible rusak, atau touchscreen memang sudah rusak.
      -kalau hardware kebanyakan perlu diganti dan tidak ada cara memperbaikinya
      -sebaiknya kerusakan menyangkut touch screen tablet hubungi tempat service.

      Hapus
  59. Bli, tàblet saya advan T1Ci,masalahnya: kamera belakang (kamera utama) tidak berfungsi (logo pengaturan kamera depan/belakang kok hilang), alamat servisnya dimana bli? Kebetulan sy di Denpasar juga, mohon info dan sarannya, suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. diatas sudah ada kok 03613333350 Jl Drupadi XIV Gg I no.2 Denpasar, peta ada sebelah kanan

      Hapus
  60. Anonim10:55

    Permisi gan mw tanya,kenapa tablet samsung p5100 saya suara speaker musik dan gamenya ga kluar atw kedengaran setelah pake headset speaker aktif.klo dengerin musik harus pke headset baru kedengaran.kayak mode headset terus.klo nada dering masih bisa gan.mohon penjelasannya gan.terima kasih..

    BalasHapus
  61. permisi gan, mo tanya, saya memiliki CYRUS TAB LOVE QUR'AN 3G WIFI TV... kemarin batrenya kosong cz listrik padam 1 harian jd lum bs d cas. waktu listrik nyala n di cas, mala gx hidup2 ... lampu indikatornya nyala....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bataerai drop jadi menolak untuk dicharge, lepas baterai dari tablet lalu charge langsung 10 menit kemudian pasang lagi dan lanjutkan charge dari tablet

      Hapus
  62. Gan mau nanya, saya kan punya tablet ADVAN VANDROID T2, itu jika saya colokan modem kok suka mati mendadak ya ... itu ada masalahnya gak, soalnya tablet nya udah pernah jatuh satu kali ??? makasih gan .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabel port mini usb 'shot/korslet'

      Hapus
    2. tapi kalo dpakai untuk ke laptop port nya bisa pakai kabel usb, klo seandainya rusak bisa diperbaiki gk????

      Hapus
    3. itu beda gan, usb port tablet tidak bolak-balik begitu saja transfernya, coba saja usb flash disk colok ke tablet advan T2 bisa? kalau punya saya bisa, hardisk juga bisa, karena kabelnya beda ;)

      Hapus
    4. Ohh.. Thankyou gan !! maaf ngerepotin

      Hapus
  63. gan tablet sy advan t2ci sy ganti batters HP bp4l dirangkai series ko Malay mati total apanya yg rurak gmn solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos tahu rumus rangkaian paralel dan seri tidak? kok berani modif baterai tablet sendiri.
      Dapat ide darimana rangkai seri begitu? voltase kan naik 2X jadi 7.4V. ya jelas tablet advan rusak

      Hapus
  64. salam kenal Mas
    Tab advan T5B anak saya kaca depannya pecah Mas kalau saya perhatikan lyar LCD nggak pecah cuman depannya doang(kaca pelindungnya),nah terus touch screen juga tidak main,andai diperbaiki itu sampai berapa biayanya Mas,Mohon infonya TQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masalah touchscreen pecah tanya langsung ke service resmi tablet advan saja ya

      Hapus
  65. gan mungkin agan pernah tahu tablet dengan bentuk mirip beyond b/tab1 tapi bisa sms dan telfon tapi di back chasing bertulisan SAMSUNG, Gara" coba custom ron saya belum pernah lagi dapat stock rom yg cocok dengqn driver" nya alhasil wifi camera dan touchscreen dan g sensor tidak jalan, apakah anda bisa bantu saya? akan saya kirim gambar detail bentuk tablet saya beserta dalam" nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami bisa bantu perbaiki tablet jika yang dikirim tablet, kami bukan agency foto model masa dikirim gambar tablet ;D

      Hapus
  66. pemisi gan, salam kenal
    mohon bantuan.
    Tablet advan E1B punya saya, Baterainya melendung (kembung), sya mau coba ganti. tapi saya lupa untuk urutan kabelnya. ada tiga : kuning, merah, hitam. Yang saya mau tanyakan, kabel yang mana dlu yach yang harus di pasang pakai solder?. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. -senyum kecut baca pertanyaan agan, masak saya jawab: ' solder dulu yang sebelah sini dulu baru sebelah situ' emang agan ngerti?
      -cari itu tulisan + dan - di boardnya,
      -parah-parah

      Hapus
  67. minta scematic tablet vandrid mas. buat belajar mengenal skemanya..
    Outsidermalang27@gmail.com itu alamat email saya mas. klo ada skema saya minta
    skematiknya buat reverensi belajar.

    terima kasih

    BalasHapus
  68. Mau nanya bos, teman saya punya tablet merk realpad r700 dari relion yg koneksi internetnya pake wifi dan pake modem, baru sehari pake, slot usb buat nyolokin modem gak berfungsi, udah dicoba buat nyolok flashdisk, gak kedetek juga, coba ganti kabel otg, sama aja, gak berfungsi, tapi, jika slot usb disambungkan ke laptop atau pc, bisa terkoneksi. ini kira-kira yg salah apa ya? thanks bos. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan, saya coba reset kembali ke pengaturan awal (pabrik) tetap aja gak berfungsi. Mohon solusinya bos. Thanks.

      Hapus
    2. google play tidak hanya berisi game, banyak aplikasi untuk membantu cek masalah/kerusakan android termasuk masalah koneksi usb, misalnya 'otg troubleshooter', 'usb otg checker' dll, download saja itu gratis kok ;)

      Hapus
  69. Saya mau nanya saya punya tablet TREQ A10 View saya sudah menggunakan tablet ini hampir 1 tahun tapi saat saya colokin modem tablet langsung ngehang,wifi dihidupin juga tablet ngehang.ini salah apanya dari rom atau aplikasi,atau dari dalam.tolong kasih penjelasannya thanks gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami tidak bisa menduga-duga tanpa dicek langsung, yang dapat dilakukan sendiri untuk mudahnya:
      1.factory reset
      2.install/ flash tablet treq
      3.bongkar untuk dicek oleh teknisi jika 2 langkah diatas tidak memperbaiki kerusakan tablet treq

      Hapus
  70. plugin mito t970 keboard dong om skemanya, minta di bantu : trims

    BalasHapus
  71. gan gimanacaranya memperbaiki wifi gakmau conect tab beyond

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah wifi tablet kami tidak mengulas, karena akan menimbulkan banyak pertanyaan yang tidak perlu, masalah jaringan terlalu kompleks minimal perlu sekolah 3 tahun di jurusan smk IT agar paham dan saya sekolah ga sampai tamat smk ;(

      Hapus
  72. mau nanya gan., kenapa kalo tombol on ditekan dan layarnya mati suara akan muncul tapi kalo layar on kembali maka suara langsung hilang. Saya punya tablet movi max P1, makasih

    BalasHapus
  73. Mohon Solusi / cara ngobati Tablet Mito T660 yg gk bisa dioperaikan karena mengalami kesalahan 5X pola kunci, Trima Kasih Mas Broo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya sudah dibahas dihalaman factory reset

      Hapus
  74. mohon infonya gan....
    ane punya ainol hero versi 1...ada masalah di conektor chrger yg di tabletnya, jd saya charger pakai charger pbawaan ttp ngga mau.
    klu dicharger via port mini usb bisa ngga yah?apa hrs di modifikasi dulu kepala chargernya?

    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. adaptor charger ainol berapa bos? 12volt kan, jalur usb cuma 5volt, bakal hancur tabletnya jika dimodif seperti itu

      Hapus
  75. gan tablet advan e1b ane mati soalnya baterainya habis,nah masalahnya portnya rusak,tp ane bisa buka kesingnya.mohon pencerahannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang diperlukan bukan sekedar bisa buka casing kan?silahkan bawa ke tempat service untuk ganti lubang usb charger

      Hapus
  76. Selamat pagi Bli...
    Saya punya tablet Beyond B Pad2 kalau browsing pake jaringan sim card layarnya berkedip dan cepat panas, tapi kalau menggunakan WiFi tidak.. mohon pencerahannya Bli
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sinyal sim dan wifi beda jalur, semua hp android buat internet memang panas tapi jika sampai layar kedip perlu dicek fisiknya bos

      Hapus
  77. Om mau tanya kenapa ya samsung note 1 saya cepat panas pada bagian atasnya baterai sama kalau baterai mau habis layarnya berkedip kedip. Apa pengaruh baterainya atai gimana ? Solusinya gimana om. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hp samsung note panas perlu di cek langsung untuk cari penyebabnya, kasus layar kedip, touchscreen kacau memang sering terkait baterai, ganti baterai samsung baru bos

      Hapus
  78. Tablet mati getar terus ditambah panas klo di copot batreynya baru berhenti tapi klo dipasang lagi getar terus tambah panas , mohon solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. android mati hanya getar ciri-ciri hardbrick, coba ke tempat service jika ada sparepartnya atau mungkin saatnya beli android baru

      Hapus
  79. Permisi, agan saya make tablet mito a77,trus mulai akhir akhir ini tablet saya sering mati padahal baterai masi penuh, klo casnya di copot ga sampe 10 menit mati. Trs pas ngidupin jga gabisa,tapi pas di charger baru bisa di idupin dan klo di charger hpnya than lama,, itu kenapa ya ? Dan biar ga bgtu lagi ? Mohon bantuannya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut kami baterai drop, itu bos bilang baterai mito penuh, apakah sudah cek baterai pakai multitester?

      Hapus
  80. GTP3100 saya restart2 terus, sudah ke center katanya harus ganti mesin karena ic memorinya kena. ada solusi lainkah yg bisa membantu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain ganti mesin keseluruhan opsinya di beberapa tempat service handphone samsung (bukan service center resmi ya) bisa mengganti ic emmc saja

      Hapus
  81. HP saya lenovo s650 cepat panas di bagian atas di sekeliling kamera,padahal dulu tidak..apakah ic nya rusak terkena air?atau cpu nya?mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika kronologis masalahnya handphone kena air, solusinya segera bawa ke teknisi sebelum hapenya tewas bos, meskipun bisa menyala mesin bisa berkarat karena sisa air yang masih terjebak didalam

      Hapus
  82. Tapi kalau misalkan kena air apa masih bisa ke servis centre atau memakai garansinya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. handphone kena air setahu kami tidak masuk klaim garansi karena kesalahan pengguna, yang masuk klaim garansi di service center yang disebabkan kesalahan proses pruduksi

      Hapus
  83. Gan, kenapa hp LG saya bagian layar tengah keatas bisa di touch, sedangkan bagian tengah ke bawah ngga bisa di touch.. kira2 apa ya masalahnya..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Touchscreen rusak ganti layar sentuhnya bos

      Hapus
  84. Gan klo root mito t660 gmn? Googling kok ga nemu yg cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini membahas cara memperbaiki tablet rusak, baca saja artikel kami tentang cara root

      Hapus
  85. Gan mw nanya advan barca tab t1x plusku tiba2 mati padahal sebelumnya tuh normal2 aj, itu rusak atau gimana ya pdahl bru dipake 3 bulan. kasih solusi dong ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tablet mati ya rusak namanya bos, solusinya tidak tahu sebelum kami cek masalah/penyebabnya

      Hapus
  86. gimana cara masuk ke boot recover mode advan t1x plus, karena cuma ada 1 tombol power aja...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aktifkan adb debug, ketik: adb reboot recovery

      Hapus
  87. Gan, sy mw tanya android T1-D sy ps nyala g ad gambarny dn ps sy pencet2 lyrny bergetar...
    Solusiny ap ni gan...
    Dan masalahnya ap..?

    BalasHapus
  88. Gan mohon pencerahan, kenapa advan T2i saya mati setelah 5 menit dihidupkan dan sukar hidup lagi, tetapi kalo dicolokan dicharger aktif dak mati-mati. makasih gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari gejalanya kemungkinan besar masalah di baterai advan yang sudah drop, cara mengatasinya ganti dengan yang baru bos

      Hapus
  89. Saya baru beli tablet advan vandroid E1CPro 3hr yang lalu... barusan sy pake buat download game tau2 mati total... itu permasalahannya apa om dan apakah bs ditukar yang baru ke pihak toko penjual dmn sy beli unit tersebut?? Mkseh om..

    BalasHapus
  90. Gan gimana cara meperbaiki tab merek TREQ saya yang suka restar sendiri kalau di buat main game.kalu di buat browsing gpp

    BalasHapus
  91. mas tolong tablet sy advan t2v
    terkena virus monkey test ,time servise
    sampai saat ini belum bisa terhapus.mohon bantuannya trima kasih

    BalasHapus
  92. Mau nanya dong gan. Tablet emak ane Aldo Epad T2. Waktu itu ada tulisan mode aman dipojok kiri bawah. Pas ane selesai restart, malah muncul tulisan bahasa cina gitu. Itu kenapa ya? Udah dicoba dibenerin ketemen,tetep aja pas direstart muncul bahasa cina. Tolong dong gan..

    BalasHapus
  93. mas,,, mohon bantuanya ,, lcd,, vandroit ku..yala,,,ada gambarnya,,, tapi,,, lampu layarnya mati,, jadi gelep,,, mas,,, gimana ya mas ,,, mohon pencerahanya

    BalasHapus
  94. Tolong bantuannya nih ponakan saya baru beli smartphone aldo t55. Baru dipake sehari pas peringatan low bat tinggal 1% langsung di cas seharian. Eh, gak taunya smartphone itu gak bisa dinyalakan lagi tetep mati, sdh coba tekan tombol power lama2 gak jg nyala. Coba bongkar casing, pas liat baterai banyak ditempel selotip jadi gak berani diapa2kan, jadi ya ditutup lagi casingnya dan hasilnya ya tetep gak nyala. Mohon solusinya, mengingat mo di kirim ke Service bali comp jauh bgt.... Ponakanku smpe nangis krn baru beli sudah mati...

    BalasHapus
  95. Mas port mini USB axioo picopad 7 copot (tempat cas/OTG), apa msh bs diperbaiki ? brp an biaya nya ya ? thx

    BalasHapus
  96. Gan mau tanya, Tablet Aldo T2 suka ngedownload aplikasi sendiri, habis itu langsung hang (baru sekali sih). udah dibenerin, katanya kena icnya. apa masih bisa dibenerin? kalau bisa kira-kira harganya berapa ya? mahal atau tidak?

    BalasHapus
  97. Kalo saya tab olivepad saya udah dicharger tapi ngak nyala2

    BalasHapus
  98. gan,kalo masalah tablet advan t1j yang kedua tombolnya gak berfungsi bisa dibenerin sendiri gak ?karna saya gak sempat pergi ke tukang servis.

    BalasHapus
  99. Om, bisa gak antena wifi bawaan hp android di modif biar lebih kuat nangkap sinyalnya, misal di tambah kawat tembaga atau bahan lainnya, atau di konekan ke alat pengangkap sinyal yg lebih kuat, seperti wajan bolic atau wifi extender/repeater.

    BalasHapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.