Baterai Laptop

Artikel baterai laptop kali ini membahas secara lengkap perawatan baterai laptop. Tidak soal merk laptop yang kita miliki berbagai cara memelihara baterai laptop yang dibahas disini dapat digunakan untuk berbagai merk laptop seperti laptop toshiba, acer, asus, lenovo, compaq-HP, axio dll. Meskipun berbeda dengan Handphone Android, laptop tetap bisa digunakan meskipun baterai rusak/ drop, namun artikel ini tetap sangat bermanfaat bagi semua pembaca agar baterai laptop awet, soalnya kalau sampai baterai laptop rusak harga baterai laptop baru lumayan mahal harganya. Cara-cara merawat baterai laptop sebenarnya cukup mudah, bali service computer akan membahas dalam 3 cara merawat baterai laptop agar baterai awet:
  1. Kebiasaan Pengunaan Laptop Sehari-Hari
  2. Setingan Software agar Baterai Laptop Awet
  3. Perawatan BateraiLaptop
Ketiga cara-cara agar baterai laptop lebih awet ini dapat dilakukan dengan mudah bagi siapapun, mari kita memulainya dengan cara pertama.

1. Kebiasaan Cara Pengunaan Laptop Sehari-Hari

Pertama kali kita perlu tahu bahwa beberapa cara kebiasaan dalam menggunakan laptop sangat berpengaruh pada usia baterai laptop. Beberapa aktifitas akan memperpendek usia baterai laptop, misalanya beberapa fitur laptop sangat menguras listrik baterai seperti bluetooth,dan WiFi. Juga kebiasaan menggunakan laptop untuk bermain game, menyetel film atau lagu dengan menggunakan CD/DVD ROM, menggunakan software yang berat seperti Auto CAD, Corel Draw, photoshop dll. Tentu saja kami tidak bisa melarang untuk melakukan hal-hal diatas, kan yang punya laptop bukan saya :). Yang dapat kami berikan adalah berupa saran misalnya; daripada menyetel lagu/file langsung dari dvd rom, mengapa tidak mengkopi file lagu/film favorit kedalam laptop dan memutarnya dari sana?.

Ada pelanggan meminta saya untuk menginstal software Corel draw dan photosop di laptop baru anaknya, hanya karena teman sang anak memiliki software tersebut. Padahal itu hanya digunakan untuk melihat-lihat foto. Software ini berat dan memerlukan penggunaan listrik yang banyak dari baterai laptop. Tentu saja saran ini tidak untuk para designer yang memang memerlukan software berat tersebut, karena mereka tahu bahwa performa laptop adalah segalanya, tidak mempermasalahkan soal awet tidaknya baterai laptop. Hal ini sama seperti pendaki gunung yang membawa tas ransel berat berisi berbagai keperluan tidur dan memasak, tetapi masa sih kita akan bepergian kemana-mana, misalnya jalan-jalan ke mall dengan ransel berat seperti pendaki gunung tersebut? Banyak kok software editing photo yang ringan dan gratis untuk didownload di laptop. Prinsipnya install software yang ringan jika ingin baterai laptop kita awet.

Lakukan juga beberapa hal dibawah ini sebagai kebiasaan yang baik agar baterai laptop awet:
  • Matikan fitur bluetooth-wifi, dan nyalakan hanya ketika kita membutuhkannya. Analoginya, untuk apa menyalakan lampu di siang hari?
  • Laptop sudah dirancang dengan penelitian panjang dan mahal untuk penggunaan sehari-hari. Terdapat ventilasi udara pada laptop, jadi biasakan menggunakan laptop dengan sirkulasi udara yang baik. Sifat cell baterai Lithium pada laptop sangat rentan panas. Baterai laptop bekerja optimal dalam suhu ruangan (20°C-32°C). Penggunakan laptop pada suhu terlalu panas bisa menurunkan kualitas baterai. Panas yang berlebihan menyebabkan cells baterai lithium laptop cepat rusak sehingga mengurangi usia pemakaian baterai. 
tips baterai laptop
Jadi pastikan laptop mendapat ventilasi (aliran udara) yang cukup saat digunakan. Memakai notebook dengan cara dipangku dapat menghalangi lubang ventilasi kipas laptop sehingga laptop dan baterainya menjadi cepat panas. Jadi soal ventilasi, minimal berikan ruang pada bagian bawah laptop bahkan jika kita harus mngganjalnya dengan buku. Penggunaan cooler pad sangat membantu bukan hanya agar baterai awet, tetapi laptop itu sendiri pasti lebih awet. Jika mungkin gunakan charger cooler pad terpisah, kita bisa menggunakan charger handphone yang colokannya berbentuk usb untuk cooler pad agar tidak menggunakan baterai laptop sebagai asupan listrik. 
penghemat baterai laptop

Harga cooler pad yang termurah hanyalah sekitar 30 ribuan kok. Oh ya satu lagi, jangan pernah memiliki kebiasaan menaruh laptop di atas bantal.
  • Penggunaan Laptop dirumah lebih baik tetap menggunakan battery, terdapat resiko jika kita memiliki kebiasaan melepas baterai dari laptop. Produsen laptop memang sudah mendesign laptop dengan auto control charge sehingga saat battery full saat dicharge, baterai laptop akan stop charging dan produser laptop menganjurkan demikian. Yang saya tidak temukan adalah: tidak ada satupun situs resmi vedor laptop yang menganjurkan melepas baterai laptop dan 'hanya' menggunakan charger saat digunakan dirumah.
cara merawat baterai laptop
  • Selalu gunakan adaptor asli dari laptop. Misalnya saat dikampus kita lupa membawa charge, janganlah sekedar colokannya cocok lalu kita pinjam charger teman untuk mencharge laptop kita. Pastikan output charge sesuai dengan aslinya. Lihat penjelasan mengenai output charger laptop disini.
2. Setingan Software agar Baterai Laptop Awet
  • Tingkat kecerahan layar laptop yang terlalu tinggi akan mengurangi penggunaan baterai. Prinsip yang sama untuk monotor LCD dan CRT, semakin terang layar maka akan semakin banyak power baterai yang dikonsumsi. Jadi redupkan layar laptop.
  • Gunakan power management pada control panel utnuk beberapa setingan berikut ini. Set contras dan brightness (terang-gelap) layar dikisaran 50%. Set max baterai power save scheme.
  • Matikan theme aero dan gadget desktop.
  • Tidak perlu memakai theme atau screen saver yang aneh-aneh, memakai blank background adalah settingan paling irit untuk baterai.
  • Pilih no Audio pada sound scheme, karena penggunaan alert dan notifikasi sound bukan hanya menggangu orang lain tetapi juga mengkonsumsi baterai secara tidak perlu.
  • Tutup aplikasi yang tidak diperlukan. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan/dibuka maka akan semakin besar daya baterai yang dikonsumsi. Matikan saja aplikasi auto run saat booting dan jalankan secaraa auto yang pentingsaja, misalnya antivirus. Caranya: klik windows/start>run atau searchbox>msconfig, pada bagian start up uncheck/matikan semua program yang auto run saat booting.
cara memelihara baterai laptop
  • Gunakan tools bantuan jika kita kesulitan membuat setting yang irit untuk baterai laptop. Sayang banyak tools untuk baterai ini berbayar, sedikit yang gratis. BatteryCare adalah software perawatan untuk baterai laptop yang gratis untuk di download. Software ini akan memberi informasi detail tentang kondisi baterai yang terpasang pada laptop dan juga membantu meningkatkan masa pakai baterai. Banyak fitur bermanfaat dari tool baterai seperti Kalibrasi,discharge cycles monitoring, tingkat pemakaian, kapasitas dll.
Download baterai care software untuk terbaru disini untuk mendapat berbagai fitur tool baterai laptop yang bermanfaat sbb:

  • Automatic power plans switching. Tergantung sumber daya yang dipakai, dapat otomatis berpindah pada power-plant yang sudah disetting sebelumnya.
  • Control over Windows Aero and demanding Services. Otomatis me-nonaktifkan Aero-theme dan layanan yang menyerap daya batery. Ketika laptop tidak beroperasi menggunakan battery, maka theme dan service akan kembali aktif.
  • Notification area information. Fitur popup yang berisi informasi penting tentang battery, seperti temperatur, status charge, waktu tersisa, dan mode power plan.
  • Auto-updates. Program akan meng-update sendiri, bila tersedia file update terbaru.
  • CPU and HDD temperature reading. Memonitor temperatur cpu dan harddrive, sebab semakin tinggi temperatur akan menyerap daya battery lebih besar.
  • Ringan dalam pemakaian, hanya menggunakan 0,1%dari resource laptop.
3. Perawatan Baterai Laptop (Cara ini juga berlaku untuk Handphone Android agar awet)
  • Penting saat 3 siklus pengisian/charge pertama, selalu mengisi baterai sampai penuh sebelum dipakai dan gunakan sampai habis sebelum kembali mengisi/charge ulang. (sesuai rekomendasi dari situs resmi laptop)
  • Jangan meletakkan laptop di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
  • Usahakan baterai terisi penuh sebelum disimpan/tidak digunakan. Didalam baterai laptop terdapat 'board circuit control' yang menyimpan parameter “self discharge/day” . Apabila baterai laptop tidak dipakai akan mengurangi “Current Capacity” di board baterai. “Current Capacity” ini memiliki batas minimal yang di ijinkan oleh board baterai. Apabila nilainya terlalu rendah maka board baterai akan mengaktifkan 'safety circuit'. Jika safety circuit ini aktif maka baterai laptop akan dianggap sudah mati dan tidak bisa di charge lagi. Inilah sebabnya kita sering mendengar pengalaman seseorang yang menyimpan baterai laptop terlalu lama dalam kondisi kosong akhirnya tidak bisa digunakan lagi.
  • Lakukan kalibrasi baterai laptop selama beberapa bulan sekali. Hampir semua baterai laptop dirancang dengan internal mikroprosesor, yang berfungsi memberikan perkiraan kondisi baterai. Seperti; berapa kali di charge dan re-charge, kapasitas muatan penuh dan berapa kali siklus pengisian yang sudah tercapai. Terkadang kapasitas pengisian penuh ini akan menjadi tidak akurat setelah beberapa bulan dan kalibrasi dapat membantu memulihkan kinerja baterai. Jadi singkatnya kalibrasi baterai ini berfungsi untuk mengembalikan/mensetting baterai agar baterai bisa terbaca lebih akurat sehingga memunculkan level yang benar sesuai dengan kondisi asli baterai, ini seperti mengajari kembali baterai agar tahu kapasitas maksimalnya.
  • Beberapa notebook menyediakan alat pengukuran di aplikasi pada BIOS, ketidak akuratan akan membuat pesan notifikasi “consider replacing your battery” disertai dengan munculnya tanda silang merah di ikon baterai yang ada di system tray Win7. Jangan melakukan update bios kecuali hal tersebut adalah pilihan terakhir.
  • Secara berkala bersihkan ventilasi laptop dari debu agar sirkulasi udara tetap lancar dengan menggunakan kuas atau usb vacum yang bisa dibeli di toko komputer.
laptop awet

Secara normal baterai laptop sebenarnya dirancang untuk pemakaian hingga 1 - 2 tahun. sebelum akhirnya berlu diganti atau direfill, lihat cara refill baterai laptop disini. Namun umur baterai tidak bisa ditentukan dalam tahun pemakaian, karena faktanya laptop tidak bekerja dalam jumlah jam yang sama dalam penggunaan. Saya mungkin hanya menggunakan laptop 2 jam perhari sementara orang lain menggunakannya 5 jam perhari, ini bervariasi. Secara rata-rata baterai laptop masih baik digunakan hingga 400 kali proses charge-discharge. Setelah itu baterai laptop sama seperti alat elektronik lainnya, sedikit demi sedikit mulai mengalami penurunan fungsi kehilangan kapasitas maksimal penyimpanan.

Baterai laptop yang sudah dirawat dengan baik dan benar seharusnya dapat bekerja sesuai standar dari vendor laptop. Sebaliknya kebiasaan pemakaian yang tidak benar dan kurangnya perawatan akan membuat baterai laptop rusak. Silahkan bertanya atau berbagi pengalaman dengan komentar dibawah artikel ini masalah seputar baterai laptop.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

4 komentar:

  1. LAPTOP sy TOSHIBA Satelite L745 klu di pasang batrenya gk prlu nunggu 5menit paling 3menit langsung mati tapi klu batre nya di buka gak di pasang biasa normal kerusakanya iru dari cell lithium batteries atau dari komponen batre nya.. mohon bantuan dan jawaban nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan rangkaian ic control pada baterai laptop ada yang 'short' atau 'overhated' bos, coba cek ke tempat service

      Hapus
  2. mas, kalau safety circuit sudah aktif apa yg harus dilakukan supaya battery bisa running lagi? selain beli baru ya tentunya. hehe
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah ditemukan baterai, alat, perangkat atau sparepart apapun yang bisa dipakai seumur hidup, yang disebut sumber energi terbesar matahari/bintang saja bisa mati hehe

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.