alamat service center

Minggu, 06 Mei 2012

Consider Replacing Your Battery

Fitur notifikasi “consider replacing your battery” adalah salah satu fitur Laptop pada Windows 7 yang tidak ada pada Windows XP ataupun Windows Vista. Notifikasi ini pada Windows 7 tujuannya adalah untuk memberi tahu pengguna bahwa baterai laptopnya sudah aus dan karenanya sudah waktunya diganti. Dari pengalaman sebagai teknisi computer, tidak soal apapun merk laptop, notebook atau netbook yang digunakan, cepat atau lambat Anda pasti akan mendapatkan notifikasi “consider replacing your battery” disertai dengan munculnya tanda silang merah di ikon baterai yang ada di system tray. Pesan notifikasi yang muncul ketika Windows 7 “menganggap” baterai laptop Anda sudah saatnya diganti. 



Namun banyak pengguna Laptop baik merk Compaq Acer, HP dll yang menggunakan Windows 7 justru merasa terganggu dengan munculnya notifikasi ini termasuk saya. Fitur notifikasi “consider replacing your battery” pada Windows 7 ini menetapkan batas (threshold) yang cukup ketat yaitu 40% sebagai batas umur baterai laptop anda untuk saatnya diganti. Nilai ini terlalu besar mengingat bateray dengan 6-9 cell pada kapasitas 30%-an dari kapasitas ideal pun baterai laptop masih sanggup bertahan sekitar 1 jam. Menurut saya pribadi daya tahan baterai selama 1 jam masih cukup memadai bagi pengguna laptop. Dengan melakukan pemakaian laptop yang benar dan perawatan baterai secara berkala akan membuat baterai laptop awet. Lagipula harga baterai laptop kan cukup mahal, ini membuat banyak pengguna Laptop enggan mengganti baterai laptopnya kecuali kalau sudah benar-benar rusak.

Untuk memastikan kondisi terkini dari baterai laptop beberapa vendor yang saya ketahui seperti Compaq-HP dan axioo menyediakan tool khusus yang di sertakan dalam CD/DVD Driver atau dapat didownload dari situsnya langsung. Anda bisa juga memakai software BatteryCare yang dapat di download disini. 'BatteryCare' dapat digunakan pada berbagai merk Laptop. Setelah men download lihat pada bagian 'Detailed Information' terdapat Battery Wear untuk mengetahui tingkat keausan baterai Laptop (battery wear level). Karena ada kemungkinan juga kondisi baterai laptop memang sudah sangat aus sehingga baterai laptop harus diganti. Jika kondisi baterai laptop masih layak anda bisa mematikan Fitur notifikasi “consider replacing your battery” pada Windows 7 ini.

Berikut ini adalah tips untuk menghilangkan pesan notifikasi “consider replacing your battery” pada Windows 7 :


  • Buka the Control Panel atau ketik Device Manager di search box pada Start menu
  • Pilih Device Manager
  • Expand lalu pilih Batteries > Microsoft ACPI-Compliant control method beterry 
  • Klik Kanan dan pilih Disable
Anda juga bisa menghilangkan fitur notifikasi “consider replacing your battery” pada Windows 7 dengan langkah berikut ini :
  • Tekan Windows+R untuk menampilkan window Run
  • Ketik: powercfg -setdcvalueindex SCHEME_CURRENT SUB_BATTERY BATACTIONCRIT 0, lalu tekan Enter
  • Restart
Pada kesempatan berikutnya saya akan membahas masalah baterai Laptop yang tidak bisa di charge Full. Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengatasi gangguan fitur notifikasi “consider replacing your battery” pada Windows 7 pada Laptop Anda.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

21 komentar:

  1. Untuk mengatasinya, cukup klik ikon baterai pada system tray, kemuadian sebuah jendela pop-up kecil akan muncul, di dalamnya Anda bisa melihat ada pilihan "Warn me if my battery may need replacement" dengan kotak yg di centang/contreng
    kemudian langkah yg harsu anda lakukan CUKUP UNCHECK / HILANGKAN TANDA CENTANG dlm kotak tersebut
    beres...Finally FIX THAT ISSUE...

    utk lebih jelasnya coba anda lihat solusi di web berikut
    http://blog.coldfiredesignstudio.com/

    BalasHapus
  2. Terimakasih bung Donny Setiawan atas kunjungannya dan tips solusi tambahan soal topik "Consider Replacing Your Battery" ini.

    BalasHapus
  3. Mas, saya mau bertanya untuk rating batere yang bertuliskan 10.8 VDC --- 4400 mAh itu sebenernya tegangan keluaran yang diberikan oleh batere adalah 10.8 VDC atau bagaimana mas?

    karena tegangan output adaptor dan masukan di laptop sama-sama bertuliskan 15 VDC -- 4A.

    apakah artinya jika kita menggunakan catuan dari batere saja, maka laptop akan mendapat suplai tegangan sebesar 10.8 VDC saja atau bagaimana mas?

    matur suwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Gan benar, laptopnya hanya butuh 10.8 V saja, karena itu juga tidak dianjurkan melepas baterai dan hanya memakai charger saat menggunakan laptop, lihat juga rinciannya disini : http://baliservicecomputer.blogspot.com/2012/07/cara-baterai-laptop-awet.html
      Terimaksih Agan Radityo sudah kemari, semoga membantu.

      Hapus
    2. Terima kasih mas atas jawabannya. Hehe, sekarang saya jadi sedikit paham mengenai beda tegangan antara keluaran dari batere dengan keluaran dari adaptor.

      jadi begini mas, saudara saya menanyakan apakah bisa untuk mengganti batere bawaan laptop nya dengan batere lain dimana terdapat perbedaan tegangan serta kapasitas baterenya. jadi batere yang lama itu memiliki spesifikasi keluaran 10.8 VDC -- 4400 mAh sedangkan penggantinya memiliki spesifikasi keluaran 11.1 VDC -- 4000 mAh. Tipe nomor serinya sama, namun berbeda di spesfikasi keluaran. untuk inputan masukan yang tertera di laptopnya sama (tapi saya lupa berapa besarnya)

      pertanyaanya apakah ada efek samping jika dilakukan penggantian dengan batere baru tersebut ??

      terima kasih, maaf sebelumnya kalau saya terlalu banyak bertanya...hehe

      Hapus
    3. Menurut saya ga ngaruh Agan Radityo, beda output baterai laptop cuman 0.3V, umumnya controller baterai mentoleransi hingga +- 2V, dan 11.1VDC itu kan totalnya, di dalam nanti dbagi lagi,ada yang butuh 5V, 3.5V dll. aman lah gan...:)

      Hapus
  4. mas, ndak pengaruh... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ngaruh bagaimana gan? tips diatas untuk menghilngkan gangguan notifikasi baterai laptop pada windows 7,untuk perbaikan baterai laptop ada di artikel cara memperbaiki baterai laptop pada link terkait.

      Hapus
  5. mas, klo menghilangkan battery alert saat booting , gimana mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Jodhi: baterai dianggap terlalu kosong, jadi muncul alert. baterai laptop merk apa gan yang jelas dong? soalnya beda cara mengatasi baterai alert saat booting. kalau cara umum ngatasi masalah baterai laptop dikalibrasi

      Hapus
  6. mas gan sama nih masalahnya kayak mas jodhi ,jadi laptop saya itu compaq cq 42 dan kemaren saya coba keluar peringatan seperti itu mas HP battery alert bla bla primary (internal) Battery (601)
    jadi apa yang harus saya lakukan mas terimakasih

    NB :batre laptop saya gunakan sejak beli pertama kali 2010 sampai 2013 ini jadi usia batre 3 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hebat baterai laptop agan awet sampai 3 tahun, jika sudah rusak wajar. mungkin sudah waktunya beli baterai laptop baru gan. harga baterai laptop HP oem paling kisaran 400-450 ribu

      Hapus
  7. Maaf gan mau tanya, masalah saya mirip seperti agan Galuhhcoltd laptop saya HP 430 baru 1 tahun beli, pas mau dihidupkan muncul error 610 seperti yang agan Galuhhcoltd tulis. Terus saya coba charger batere saya lalu saya hidupkan, tapi gambar icon battery nya malah ada peringatan plugin, not charging malah pernah terbaca battery unknown. Tapi saya lihat di software batterycare terbaca baterai penuh 100 persen, karena memang tadinya sudah saya charge, sedangkan wear level batterynya masih 0.00 %. Apakah ada solusinya gan? Tolong ya mengingat usia pc baru 1 tahun lebih dan saya selalu merawat laptop saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika dengan baterai saja (tanpa charger) laptop masih bisa digunakan, pesan error 601 bisa merujuk ke internal baterai laptop. Ada 1 baterai lagi (mirip seukuran kancing baju disebut baterai cmos) yang mengatur settingan bios laptop, mungkin baterai ini yang masalah (harga 15 ribuan di toko jam tangan)

      Hapus
  8. mas, pas saya mau ngecharge, tapi di ikon battery tulisannya "plugged in, not charging" gimana cara mengatasinya ?

    BalasHapus
  9. kalau ada peringatan concider replacing sudah hilang, bisa dipakai lama/sebentar? Kalau di pake lama kira kira pengaruh ke laptop susak/tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini hanya menghilangkan 'gangguan' notifikasi 'concider replacing', jadi tidak akan mempengaruhi ketahanan baterai laptop dan tidak akan merusak laptop

      Hapus
  10. kalo wear level nya 64.30 % dan masih tetep consider replacing nya tidak hilang gmn mas??hrus tetep diganti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. abaikan saja jika baterai laptop belum drop, beli baterai laptop jika sudah tidak bisa digunakan lagi, harga baterai laptop kan 'lumayan mahal'

      Hapus
  11. Gan batre notebook saya ada tulisannya "warn me if my battery may need replacement".sejak itu notebook hanya bsa nyala 1jam.gmna solusinya yee??

    BalasHapus

Silahkah tinggalkan komentar pertanyaan masalah PC Laptop Handphone Android.
1.Pertanyaan dan komentar dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel.
2.Tidak melayani diskusi via sms. No HP 085238900600 untuk keperluan pelanggan dan info alamat tempat servis Laptop-Handphone android Jl Drupadi XIV gang 1 no 2 Renon Denpasar Bali
3.Komentar spam/ iklan, sara akan di hapus.
4.Baca artikel dan link terkait sebelum bertanya.
5.Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.
Terima kasih kunjungan sobat di bali service computer.