Memperbaiki Baterai Laptop

Baterai laptop baru umumnya dapat digunakan dua jam per 1x charge namun akan berkurang dalam waktu pemakaian dalam satutahun menjadi 1 jam atau bahkan sama sekali tidak dapat dugunakan lagi. Penurunan jam kerja baterai terjadi pada semua jenis baterai laptop, baik itu laptop Asus, Acer atau laptop Toshiba dll. Fungsi laptop portabel tidak lagi mudah dibawa kemana-mana dengan kondisi baterai yang mulai rusak, sama seperti handphone Android, hal ini tentu sangat menyebalkan. Bergantung pada tingkat kerusakan baterai, kita dapat memperbaiki baterai laptop sehingga dapat lebih awet dalam pemakaian. Periksa terlebih dahulu penyebab kerusakan baterai dengan dignosis masalah baterai laptop di bawah ini sebelum melanjutkan ke cara-cara memperbaiki baterai laptop.
Diagnosis cara memperbaiki baterai laptop.
Apa penyebab baterai laptop tidak bisa dicharge? Sebelum mengklaim kerusakan pada cell baterai, cara memperbaiki baterai laptop untuk baterai laptop tidak bisa dicharge adalah dengan memeriksa kondisi charger Laptop terlebih dahulu. Jika tidak terdeteksi ada kemungkinan modul Battery Management System (BMS) sudah rusak atau ic charger motherboard laptop rusak, atau bisa juga cuma kabel adaptor putus. Hal ini paling sering terjadi pada semua merk laptop karena kesalahan pada saat menggulung kabel atau mencabut kabel dengan kebiasaan yang keliru.
Cara memeriksa Kabel Adaptor Charger Baterai Laptop
Gunakan Avo/multitester untuk memeriksa arus output Adaptor charge baterai laptop. Jika tidak ada arus yang keluar, coba perlahan menggerak-gerakan kabel charge baterai. Daripada mengelupas kabel hanya untuk mengecek, saya biasanya menggunakan jarum yang disambungkan pada probe multitester dan ditusukkan pada ujung kabel charge untuk melakukan cek lebih lanjut. Jika penyebabnya kabel putus cara memberbaikinya cukup mudah, ganti beli baru atau cukup mengganti/menyambung sendiri kembali kabel putus tersebut maka baterai laptop dapat dicharge kembali, aagar bisa membetulkan sendiri syarat minimal paham jalur arus + dan - elektronika dasar ya.

laptop-asus-toshiba-acer

Jika kabel charge dalam kondisi baik tetapi tidak ada arus output yang keluar atau tidak sesuai ukuran normalnya (lihat output adaptor laptop), artinya adaptor charger laptop baterai yang rusak. Jangan mencoba menggunakan adaptor charger lain, hanya karena bentuk jack-nya sama, ini sangat berbahaya. Gantilah dengan charger yang sejenis dan sesuai dengan yang dikeluarkan oleh vendor Laptop.

Tips menghindari Charger Baterai Laptop Rusak
Usahakan menggulung kabel secara melingkar/melengkung dengan menghindari kabel terpelintir dan adanya lipatan pada bagian pangkal kabel (Jack charger yang ke laptop) karena bagian itu yang sering terjadi kerusakan. Sehingga kabel kadang tersambung dan kadang terputus yang sangat mempengaruhi usia baterai laptop. Yang akan lebih parahnya jika kabel yang putus tersebut mengelupas di bagian dalam dan membuat kabel positif dan negatif terhubung secara tidak sengaja. Hal tersebut sangat berbahaya bagi charger laptop kamu, karena akan merusak komponen yang ada baik pada charger dan pada laptop. 

Biasakan cabut dari steker jika charger tidak digunakan untuk menghindari kerusakan charger akibat panas yang berlebihan karena charger yang tidak dipakai dibiarkan tersambung pada steker listrik. Adaptor jatuh/terbentur juga sering merurusak komponen di dalamnya. Biasakan juga pada saat mencabut kabel charge dari laptop dengan cara yang benar, cabutlah dengan memegang pangkal jack. Menarik kabelnya secara langsung membuat kabel mudah putus. 

Kemungkinan kedua apa penyebab baterai tidak bisa dicharge karena adanya kerusakan pada modul circuit board baterai. Modul Battery Management System (BMS) terdapat di dalam baterai laptop. Di dalamya terdiri dari thermalfuse, IC regulator baterai dll. Cara memperbaiki baterai laptop yang disebabkan kerusakan circuit sulit dilakukan karena tidak ada toko jual spare partnya. Kecualai masalah BMS protek solusi satu-satunya membeli baterai laptop baru. Kemungkinan lainnya adalah cell lithium baterai sudah rusak. Cara membetulkan baterai laptop prinsipnya sama dengan handphone Android yaitu dengan mengganti cell baterai dapat dilakukan. 
Adaptor Charger Laptop dalam kondisi baik tetapi baterai laptop tidak bisa full charge.

Periksalah driver yang mengontrol proses pengisian baterai dengan benar/ Pada windows 7 sering terjadi driver ini mungkin tidak berfungsi dengan baik. Dalam menghadapi masalah ini, cara memperbaiki baterai laptop adalah dengan men-download driver dari produsen baterai yang kompatibel dan menginstalnya bukan driver default Windows.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop drop. Istilah baterai drop sering merujuk pada kasus baterai full hanya dapat dipakai selama beberapa menit. Proses charging baterai umunya sekitar 3-4 jam hingga full 100%, namun beberapa kasus baterai langsung full 100% hanya dalam waktu 10-20 menit. Jadi proses charging baterai yang sebenarnya/riil hanyalah sekitar 10%-20%, sekalipun indikator driver menunjukan 100% full. Jika baterai sama sekali tidak mau ngisi kemungkinan penyebabnya Battery Management System (BMS) rusak atau protek karena pernah terjadi short circuit/ korslet, masalah modul BMS rusak cara mengatasinya tidak bisa hanya dengan ganti cell baterai.
Hal ini disebabkan karena adanya cell baterai lithium laptop yang rusak (lihat cara memperbaiki baterai laptop disini), atau masalah panas yang berlebih pada cell baterai yang membuat cicuit terminal baterai melakukan 'protect' dengan menghentikan proses charging. Adanya NTC atau koefisien temperatur negatif, yang berarti resistensi menurun dengan meningkatnya suhu sulit diperbaiki. Satu-satunya cara memperbaiki baterai laptop untuk mengurangi masalah ini adalah menghilangkan penyebab panas. Bersihkan bagian komponen laptop dari debu (lihat cara merawat baterai laptop). Bersihkan juga bagian spreader/pelepas panas agar proses pendinginan normal kembali. 

Perlu diketahui bahwa beberapa produsen baterai menambahkan semacam software yang akan membuat baterai 'mati' saat mencapai usia atau hitungan siklus tertentu. Produsen berpendapat bahwa kepuasan pelanggan dan keselamatan hanya dapat dijamin dengan secara teratur mengganti baterai. Kebijakan tersebut cenderung untuk memuaskan produsen lebih dari pengguna, dan baterai yang lebih baru tidak termasuk fitur ini. Untuk hard reset sulit dilakukan. Tetapi melakukan kalibrasi, dan reset siklus baterai mudah dilakukan dengan bantuan tool khusus baterai untuk mengatasi hal ini. 
kalibrasi baterai laptop

Harap dipahami bahwa semua komponen Battery Management System (BMS) laptop (Asus-Acer-Toshiba-HP dll) maupun cell nya tidak dirancang untuk diperbaiki. Siapapun yang bersedia melakukan perbaikan sendiri secara fisik harus memahami bahwa hal ini dapat menggugurkan garansi (jika laptop masih dalam masa garansi). Cara memperbaiki baterai laptop secara software seperti kalibrasi baterai, reset siklus charging baterai dan pemeliharaan dapat dilakukan dengan mudah namun Bali Service Computer berasumsi bahwa saran-saran perbaikan secara fisik/hardware ditujukan kepada mereka yang memahami prinsip dasar elektronika termasuk resiko yang terlibat dalam penerapan cara-cara memperbaiki baterai laptop

Artikel Terkait di Bali Service Computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.