Root dan Cara Menambah Memory Phone Tablet Android

Kali ini saya menulis bagaimana root di Android menggunakan bahan dari pasien Tabulet Troy 2, sebagai langkah awal untuk tips menambah memory phone/pc tablet kita. Kebetulan pasien kami ini mengeluhkan memory androidnya terlalu kecil atau sudah penuh sehingga sulit menambahkan aplikasi/ game baru tidak bisa download/ update mengalami masalah error "insufficient storage available" Para master yang mampir ke konter servis tempat jasa root kami tidak perlu mempermasalahkan arti istilah 'menambah memory android' ini ya, kami hanya mencoba menyederhanakan istilah.
bagaimana caranya perbaiki hp android
Keuntungan dan Kerugiannya
Cara root pada umumnya mudah asalkan sudah mendapatkann tool rooting yang cocok. Walapun gagal melakukan rooting tidak akan berdampak apapun pada kondisi Android, paling resiko rusak software jadi bootloop tinggal di flash rom beres, namun bisa BERBAHAYA justru setelah berhasil. Kesalahan yang umum dilakukan sebenarnya berawal dari ketidaksabaran dan malas membaca (kebudayaan orang Indonesia). Setelah masalah terjadi sering di sertai ungkapan 'saya tidak sengaja format, saya lupa backup, bla bla bla dst'. Lalu pergi teriak minta tolong ke berbagai forum dan website, jika belum ada yang membantu membetulkan biasanya mulai menyalahkan orang lain (korban utamanya yang membuat tips), sampai akhirnya mulai meratap dengan alasan, masih newbie, masih belajar android dll. Jika tidak mau menanggung resiko silahkan bawa ke jasa root  di tempat servis handphone terdekat.
bagaimana memperbaiki hape
Cara mengatasai error "insufficient storage available" adalah dengan menambah kapasitas memori internal storage atau mengurangi pemakaian agar tersedia ruang untuk download dan install aplikasi dari Googgle Playstore ini salah satu kelebihan hp diroot.
Dengan akses root sebagai admin, pengguna dapat di ibaratkan sudah menjadi supir bus, beda dengan penumpang bus yang walaupun tertidur selama perjalanan tetap sampai tujuan. Supir bebas belok ke kanan-kiri (merubah setting os android), mengerem atau gas (overclock), menaik-turunkan penumpang, (menghapus dan membuang apk system/ bawaaan pabrik yang kurang berguna atau tidak diutuhkan) selama di perjalanan dll, tapi kalau sopir (super user nya) ngantuk dan teledor akan berbahaya bagi keseluruhan isi bus (phone-tablet android). Merooting tablet hanyalah pintu masuk ke dunia oprek android, cara rooting tablet itu sendiri relatif mudah jika sudah tahu cara dan prosedurnya, berikut ini contoh menggunakan Tabulet Troy 2 dengan system mesin board RK29 chip. 

Persyaratan SIM (Surat Ijin Meroot):
  1. Setuju bahwa segala resiko yang diakibatkan melakukan root ini menjadi tanggung jawab masing-masing. 
  2. Mengetahui dengan sadar (tidak pura-pura pingsan) bahwa proses root akan membatalkan garansi produk Android.
  3. Memiliki PC/Laptop dengan os WinXP atau Windows 7 (kami sudah mencoba di kedua os tersebut).
  4. Tahu cara instal driver pada laptop windows (kami tidak membahas lagi).
  5. Tool root dihalaman ini hanya untuk Tabulet Troy 2 yang menggunakan type chip RK29 series, bukan tabulet beat, octa, tabz voice dll. Tablet merk lain yang menggunakan spesifikasi sama Rockchip RK29series dapat mencobanya juga.
  6. Download alat untuk rooting disini +usb adb driver (file size sekitar 3 MB) dan extrak filenya dengan password: baliservicecomputer.
  • Pada Tabulet Troy 2 aktifkan dahulu bagian “USB DEBUGGING” : caranya cari pada bagian Settings > Developer options > USB DEBUGGING dicentang.
  • Nyalakan Tabulet Troy lalu hubungkan ke PC Laptop dengan menggunakan kabel data.
  • Cek pada laptop/ pc di bagian device manager dan pastikan adb driver sudah terinstal.
merubah memory internal phone android
  • Jalankan dengan klik file 'Root_Tabulet' dari hasil download diatas, lalu klik tombol apa saja pada keyboard laptop/ komputer
menambah memory phone
  • Tabulet akan restart beberapa kali (3x), tunggu saja sampai proses root selesai (sekitar 3 menit)
  • Tanda paling mudah bahwa proses root android sukses jika aplikasi 'super user' sudah terinstal pada tabulet troy2.
Langkah selanjutnya menginstal aplikasi/ tool untuk dapat menambah/merubah memory phone/ pc tablet setelah root tabulet ini berhasil. Terserah pembaca menggunakan cara yang mana di sesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman masing-masing. Saran dari kami janganlah terlalu buru-buru, ketidaktahuan pegguna dapat membuat keuntungan hp di root berubah menjadi kerugian, karena selanjutnya inilah yang BERESIKO, ketidaksabaran = android rusak software alias bootloop.
arti kelebihan dan kekurangan
Cara root tablet merk lain Advan vandroid, axioo picopad, mito, movimax, treq, smartfren andromax, speedup, samsung, lg, oppo,asus, acer, xiaomi, evercross, zte dll. Kuncinya sama, harus disesuaikan dengan type cpu masing-masing, seperti Allwinner, qualcomm msm, MediaTeK dll. Jika bootloader tidak dikunci bisa mencoba pakai aplikasi Framaroot atau Kingoroot. Jika type handphone kita tidak bisa di root kemungkinan bootloader handphone terkunci, silahkan cek dulu atau lakukan UBL (Unlock Boot Loader) terlebih dahulu.
Rekomendasi kami
Banyak aplikasi yang cukup bermanfaat memanfaatkan kelebihan hp diroot, contohnya dapat digunakan sebagai cara menambah memory phone/ tablet Android, sehingga masalah handphone tidak bisa download dari google play dapat teratasi karena tersedianya kapasitas yang lebih/ ruang ROM (Read Only Memory) Internal storage. Jadi setiap download error "insufficient storage available" tidak akan muncul lagi.

Walaupun bermanfaat, aplikasi ini dapat juga menimbulkan masalah pada android seperti tidak bisa dinyalakan kembali setelah restart/ bootloop berhenti pada logo saja dan tidak mau masuk ke menu hingga tablet rusak dan tidak bisa di flashing lagi (bricked) bahkan dapat mati total. Makanya perlu akses root (admin) dan super user/pemiliknya perlu memiliki pemahaman untuk dapat menjalankannya.

Aplikasi untuk menambah memory phone Tablet Android
  1. Titanium Backup: bermanfaat untuk melepas/ unintsall apk bawaan tablet android yang tidak penting. Bahkan beberapa vendor tablet (contoh smartfren andromax) menyertakan aplikasi bawaan yang berguna menurut mereka namun tidak bagi pengguna. Perlu dipelajari aplikasi bloatware system yang boleh dilepas dan aman untuk dibuang. Kesalahan asal hapus dapat membuat android tidak mau menyala lagi. Cara aman penggunaan Titanium Backup untuk menambah memory Internal baca disini.
  2. Clean Master: bermanfaat untuk melepas aplikasi bawaan pabrik tidak berguna spt: file-file sampah (junk file) sisa browsing internet, history pemakaian, sisa game data yang file apknya sudah dilepas dll. Cukup aman dan mudah untuk digunakan.
  3. App2sd dan beberapa aplikasi tool lain untuk memindahkan aplikasi dan game dari internal memory ke micro sd seperti: link2sd, MoveToSd dll.  Diperlukan langkah-langkah yang benar agar aplikasi ini berjalan sempurna untuk menambah kapasitas memory phone/ pc tablet android kita.
  4. Merubah memory Internal menjadi external atau merubah micro sd menjadi internal storage dengan cara memodifikasi file system android Vold.fstab. Cara ini paling efektif dan paling extrim baik hasilnya yang mantap, maupun resikonya yang mantap, resikonya android tablet mati ;)
Aplikasi tool untuk menambah memory tabulet troy2 di atas dapat di gunakan pada hampir semua jenis Android baik type handphone maupun tablet seperti asus, advan, beyond, cross, mito, movimax, treq, smartfren andromax, speedup, Samsung galaxy, Lenovo, Lg, Oppo, xiaomi, zte dsb.
konter instal software
Kami akan membahas masing-masing cara tersebut diatas lebih terinci dalam artikel kami selanjutnya. Ingat kesabaran dan rajin membaca akan membuat android kita semakin berguna dan bermanfaat. Semoga artikel mengenai cara root untuk menambah memory phone tablet android dan mengatasi error "insufficient storage available" ini bermanfaat.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

22 komentar:

  1. Min, kasih pencerahan dong....
    ane punya android cyrus-1 .... ko nyari firmware atau rom costom nya jangan di share ya....
    punya saran gak.... masalahnya lemot bgt cyrus nya....makasih ya sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. -link download firmware cyrus 1 susah karena pihak cyrus pad memang tidak menyediakan, custom rom jarang karena jarang yang pemakainya,
      -kalau agan pakai merk lain spt treq, advan pasti mudah cari link download rom-nya
      -untuk masalah tablet lemot, lepas aplikasi yang (running) menggunakan memory ram secara real time spt facebook, WeChat, line, WhatsApp, bbm for android dll.

      Hapus
  2. Bang, saya pengguna Cyrus TVpad Honey A1624
    android versi 4.04

    apa cara rootnya sama dgn di atas?
    Kalo tidak, apanya yang perlu dirubah?
    mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara root cyrus atom tv coba pakai unlockroot

      Hapus
    2. Sya pnya tablet advan t2e...stelah pmsangn lcd yg pecah...awalny menyala..tp tag tahan lma langsung mati...tlong share cra mmperbaikiny y....terima kasih..

      Hapus
    3. lcd tablet rusak tidak bisa diperbaiki, hanya bisa diganti yang baru dan dicek dahulu mesinnya bermasalah atau tidak

      Hapus
  3. blog nya sangat bermanfaat, nih saya ijin download ya,thx

    BalasHapus
  4. kok gk berhasil gan pakek beyond b tab plus, keluar superuser tapi dicek di titanium backup failed

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah beyon b tab plus pakai type chip RK? jangan malas baca kalau mau root atau tablet beyond bootloop dengan sukses

      Hapus
  5. Bang kalo tablet advan o1a bisa ngk bang.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk advan vandroid bisa tapi cara root advan berbeda sudah dibahas diatas

      Hapus
  6. Tuk merek axioo bisa gk ?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. axioo laptop? hehe...
      banyak sekali type hp-tablet axioo, sudah dijelaskan ini cara root untuk type chip RK yang Rock chip 29xx

      Hapus
  7. Thx nice info...

    BalasHapus
  8. ada costum rom nya enga gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak bos ada ribuan custom rom di internet tinggal download

      Hapus
  9. Bang, klo beyond btab+ KitKat 4.4.2 allwinner a23 cars ngerootnya gimana? Dan biar masuk ke mode recovery tombol apa saja yg dipencet? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba root pakai kingo, untuk cwm recovery kami tidak share, sudah banyak beyond yang rusak/ bootloop tidak bisa diflash pakai livesuits lagi karena superuser indonesia malas baca modal asal nyoba tidak peduli rule letak partisi cwm tabletnya

      Hapus
  10. kalau hp samsung galaxy ace 3 mati dan tidak mau hidup lagi disebabkan memory telepon penuh, apakah masih bisa hidup lagi atau diperbaiki lagi? caranya bagaimana? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika masih bisa masuk download mode coba flash firmware samsung pakai cara odin, jika mati total bawa ke tempat service hape samsung

      Hapus
  11. Assalammuallaikum . Gan , ane punya hape imo blast s67 . apk buat nge-root nya apa yah ? Trus custom rom nya yang bisa dipake apa yah ? Makasih sebelum nya ...

    Mohon bimbingan nya ...

    BalasHapus
  12. Tanpa disadari tablet saya diroot dan sekarang untuk mainkan game susah,bagaimana menghilangkan root,gimana solusinya.saya mengunduh mobbmarket,tablet saya advan e1b

    BalasHapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.