Cara Install Android dengan Micro SD

Kali ini kami akan berbagi tips android mengenai cara instal (upgrade) firmware/custom rom di tablet china/merk lokal menggunakan micro sd. Artikel cara install (upgrade) android os di tablet menggunakan memory external (micro sd) untuk melengkapi postingan kami sebelumnya yang membahas cara Instal custom rom Jelly Bean tanpa PC/laptop di Android tablet 7" merk china cyrus atom pad. 
pasang twrp
Nah contoh disini kami akan membahas khusus dan terbatas cara instal aplikasi CWM atau TWRP recovery pada tablet cyrus atom pad (allwinner a10) dan hape dengan cpu Qualcomm, banyak fitur bagus di dalamnya sehingga memungkinkan kita untuk melakukan hard reset/recovery dan perbaikan pada perangkat tablet android dan juga bisa menginstal/upgrade custom rom atau firmware terbaru.
Harap perhatikan cara ini dapat dilakukan pada Handphone dalam kondisi masih normal tidak rusak software atau disebut Bootloop. Dengan mengganti recovery bawaan dengan custom recovery. TWRP ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan recovery bawaan seperti menu format, backup-restore file foto data penting-ROM dsb serta kita dapat menginstall Android tanpa menggunakan laptop lagi bisa langsung dari kartu mico SD jika hp atau tablet kita mengalami masalah rusak sistem. 

Cara instal aplikasi TWRP atau CWM recovery untuk upgrade ke Android os Jelly Bean sbb:
instal firmware android dari micro sd
  • Download dahulu file-file aplikasi recovery cyrus atom pad disini. Lalu extract file hasil download tersebut, ada 3 file yang perlu di copy ke internal storage (bukan di micro sd ya) yaitu: 
  1. install-recovery sh
  2. reboot-recovery.sh
  3. recovery.img
  • Untuk menginstal aplikasi recovery pada tablet cyrus atom pad atau merk china lainnya kita memerlukan aplikasi lain bernama Terminal emulator, silahkan download aplikasi tersebut secara gratis via google play, atau alternatifnya link download disini
  • Copy aplikasi hasil download ke micro sd dan instal ke android. 
  • Setelah terminal emulator terinstal, lalu jalankan aplikasi tersebut, kemudian pada halaman emulator tulis perintah sbb: 
su 
cd sdcard 
sh install-recovery.sh
sh reboot-recovery.sh
masuk recovery mode tablet atom pad
  • Gunakan enter untuk menginput perintah diatas. Jika input perintah benar maka tablet android akan restart kemudian masuk ke system recovery. Disini kita sudah bisa melanjutkan untuk menginstal update rom/firmware Jelly bean dengan menggunakan micro sd. 
  • Baca artikel "Cyrus atom pad Jelly bean" untuk download firmware/ custom rom jelly bean Allwinner A8 cortex yang cocok untuk tablet 7" atom pad.
Sebelum upgrade atom pad ke custom rom terbaru jelly bean, kami menggunakan firmware ICS 4.0.3 (go clever rooted), untuk menginstal cwm recovery diatas pada tablet cyrus atom pad (bukan tablet cyrus type lainnya). Dengan aplikasi ini sekarang kita dapat melakukan hard reset di tablet atom pad dengan cara menekan tombol Volume up + Power On, secara bersamaan sampai muncul recovery mode untuk melakukan hard reset. Jadi selanjutnya kita dapat juga memanfaatkan aplikasi recovery ini untuk membackup/restore system android, instal update custom ROM untuk memperbaiki tablet yang mengalami kerusakan software. 
Cara instal aplikasi reset atau recovery ini sama untuk semua tablet merk lokal seperti Advan, Ainol, Axio, Epad, IMO, Movimax, Nexian, Tabulet, Treq dll yang menggunakan cpu allwinner a10. Namun file recovery bisa berbeda, cwm di halaman ini kemungkinan hanya cocok untuk tablet cyrus atom pad, karena dari pengalaman flash custom rom di konter tempat servis handphone kami biasanya masing-masing firmware tablet berbeda file CWM recoverynya. Kami tidak bertanggung jawab untuk penggunaan file recovery ini jika diinstal pada tablet android merk lain termasuk akibat yang ditimbulkan. Jadi untuk tablet merk china lainnya, download dan gunakan aplikasi cwm recovery yang benar-benar cocok dan di rekomendasikan untuk merk tersebut. 
Untuk menjaga terjadinya salah penggunaan, kami gunakan password untuk mengextract file-file aplikasi diatas yaitu: baliservicecomputer. Extract menggunakan 7Zip agar mudah memasukkan password file recovery cyrus atom pad ini.

Cara install TWRP Handphone Xiaomi (Qualcomm)
Untuk hape dengan CPU Qualcomm biasanya tersedia menu Fastboot. Contohnya  handphone Xiaomi  Redmi. Perintah install TWRP sbb:
install android tanpa laptop
  • fastboot flash recovery twrp.img  
keterangan: warna merah adalah nama file recovery yang akan di install.

Untuk merk Xiaomi Redmi-Poco dan semua handphone Android terkini merk apapun (Asus, Oppo,Vivo, Realme, Samsung dll) perlu unlock bootloader terlebih dahulu agar bisa install TWRP.  Cara Unlock Bootloader biasanya disediakan di situs resmi masing-masing merk pembuat handphone tersebut. Jasa root dan install custom rom di konter tempat servis kami juga mewajibkan pemilik untuk melakukaan UBL terlebih dahulu agar bisa dikerjakan. Tanpa UBL=Tidak bisa pasang TWRP

Dengan menginstal twrp atau cwm recovery ini pada handphone Android juga akan mempermudah pengguna android jika tidak memiliki komputer PC atau Laptop untuk dapat melakukan flashing atau instal/upgrade firmware Android os menggunakan memory micro sdSelain digunakan untuk flash (Custom) ROM tanpa pc komputer dan laptop, recovery custom ini juga berguna agar handphone bisa diselamatkan/backup file data ketika layar LCD nya blank/pecah, serta berguna jika ingin di root untuk install Super User, Magisk, cheat game, pasang Exposed Framework dan masih banyak manfaat lagi lainnya.
upgrade android dengan micro sd
Biasanya firmware android yang dapat diinstal menggunakan micro sd ini berbentuk file zip,  seperti upgrade custom rom yang kami sediakan untuk di download. Sedangkan firmware/custom rom Android berbentuk file image (img) harus diinstal dengan cara menggunakan pc atau laptop windows memakai aplikasi alat flash (Aplikasi) seperti livesuits (CPU Allwinner), SP Flash Tool (Mediatek), Odin ( untuk handphone Samsung) Mi Flash tool (Xiaomi Redmi-Pocophone / semua hp Qualcomm), AFT Asus dan Realme FlashT ool , Qfill dst. Aplikasi untuk flash ini wajib digunakan untuk install Android jika sudah mengalami kerusakan software atau bootloop dan belum pasang TWRP.

Semoga cara instal update android os menggunakan micro sd ini melengkapi artikel yang pernah kami terbitkan mengenai cara melakukan flashing ataupun upgrade ROM android dengan PC/laptop menggunakan live suits.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

58 komentar:

  1. maaaf gan.. ane masih awan menggunakan cyrus atom pad lite .. yang abru ane dapet .. tadinya ane siapin buat kado .. anak .. cuman ane agak kecewa dengan ..tampilan layar yang kurang tajam ,,.. rencana mau coba instal gingerbread ... apakah cara diatas bisa langsung di gunakan .. tanpa kita harus rooting .. terimaksih gan ... mantap tutornya :)

    BalasHapus
  2. ... gan passwordnya apa yach .. ane extratc minta password .. makasih

    BalasHapus
  3. mantap agan master yg satu ini
    beruntung saya ketemu blog sampeyan.
    master,... klo berkenan share ilmu master di kaskus.
    banyak yg butuh di sana. terutama kaya kita2 yang ga punya lepi /compi .
    tenk berat atas sedekah amal ilmunya.
    oh ya master boleh ga saya share link blog ini di kaskus.
    biar berkunjung ke sini. sory master saya terlalu senang ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @cahyobaskoro: monggo panjenengan share cara-cara tips tablet android dari bsc ini. Kami baru belajaran kok, artikel kami juga berasal dari referensi berbagai sumber(termasuk dari para master android di kaskus), mengujinya di berbagai tablet kami dan menuliskan kembali.

      Hapus
  4. passwordnya apa ya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @indriarini: sudah ada kok password cwm nya. Untuk kebaikan pembaca sendiri menghindari hal yang tidak diharapkan, tolong jika download di situs manapun, biasakan membaca seluruh artikel keterangannya. Apikasi android bersifat spesifik tidak bisa digeneralisasi untuk semua tablet. Terimakasih kunjungannya

      Hapus
    2. Anonim01:08

      MAAF. saya tidak tau yg mana pswrdnya. maklum pemula :) mhon dibantu psw recovery cyrus dan terminal emulator nya.. skli lg maaf . trmakasih..

      Hapus
  5. Gan kenpa ya saya costom rom punya goclever terkadang restat sendiri . Seblumya sih cyrus atom pad ane gak pernah restat sendiri . Gan gimana biar gak restat sendiri lgi ?. apa harus upgrade ke JB 4.0 ?. Bls gan . Tolong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @angga raone: tablet sering restart tidak selalu masalah rom. Jika memang rom goclever yg bermasalah, logikanya semua pengguna rom ini tabletnya akan restart bukan?. jadi upgrade rom juga tidak menyelesaikan masalah tablet restart sendiri. agan lihat cara mengatasinya disini

      Hapus
  6. thanks gan atas info nya. Maju terus blog nya

    BalasHapus
  7. Mau nanya donk gan defaut backup pake yg DEDUPE or TAR gan,soalnya biasa di samsul saya pake TAR...? saya uda arahkan ke TAR tp selalu kembali ke DEDUPE..
    Manfaat Bgt Gan Share nya,saya belajar dr blog ini gan..!
    Thks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. seingat saya tar,soalnya saya ganti terus os android+cwmnya untuk keperluan nulis artikel, jadi lupa defaultnya. kalau cwm 6 keatas ada opsi tar dan deduplication. Menurut saya sih ga ada masalah asal backup dan recoverya pakai versi cwm dan kernel yang sama kan? cuma beda di ukuran file dan kecepatan transfernya. Mungkin agan nanya yang paham linux saja gan, maaf gan, saya tidak paham linux ;D

      Hapus
    2. Ok Gan Trimakasi ya to info nya,saya uda coba pake TAR n saya coba merestore ke yg sebelumnya n Hasilnya Sukses all (Sblumnya iseng percobaan pake jely bean)...

      Hapus
  8. kalo cyrusatompad dah ada cwm bawaannya gan? buat backup rom ori gan?
    biar dimana kena bootlop bisa di restort lg ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. stock rom asli cyrua atom pad ga ada cwm gan, harus di root dan instal cwm sendiri

      Hapus
  9. Anonim12:57

    Bang, CARA Biar balik ke Ice Cream Sndwich gmana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tinggal di recovery/reset factory

      Hapus
  10. file reset atomny tidak bisa di extrac gan knp tuh ? coba cek gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca dulu sebelum nanya gan, kan sudah ditulis password untuk mengextract file-file aplikasi diatas yaitu: baliservicecomputer. Ini CWM recovery buat atompad ya gan jangan Cyruspad yang lain bisa bootloop tabletnya.

      Hapus
  11. Anonim05:14

    harus root dulu gan

    BalasHapus
  12. Gan, ini penting banget..
    Beyond B-pad saya bootloop gara-gara instal font. Gimana cara memperbaiki atau instal ulang os-nya gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang instal font siapa gan? bootloop karena instal font tidak bisa direcovery, biasanya diperingatkan backup dulu kan? restore backup saja gan.

      Hapus
    2. Saya Gan. Nah.. Kan B pad-nya ga bisa masuk Hom, jadi mentok di logo doang.
      Tutorial restore backup itu gimana? Maaf Gan, kebanyakan nanyak. :)

      Hapus
    3. restore backup tablet beyond yang agan sudah buat menggunakan flash tool

      Hapus
    4. Maaf gan, telat dateng dan ngeropotin lagi..
      Lha saya sebelum instal font ga backup dulu gan, jadi saya ga punya backupan..
      Saya tekan tombol vol down + Power yang muncul cuman robot hijau dan atasnya ada tanda /!\, dan ga bisa diapa-apain lagi. Nah, sholusinya gimana tuh gan?
      Apa aku kirim ketempat agen aja? Tapi saya di riau gan.
      Sekali lagi maaf gan, ngerepotin...

      Hapus
    5. Kalau waktu ganti font android belum back up rom ga bisa direcovery walaupun direset. jadi saya kasih tahu cara buka tanda /!\ juga percuma gan. Agan perlu instal android sdk+java dan adb tool di laptop, serta mempelajari command: adb push untuk insert font bawaan android. panjang gan, download adb juga besar sekali bisa ukuran Gb.
      Kalau ingin praktis ya memang ke sc gan. Kalau mau sekalian belajar jadi develop android harus rela waktu dan pulsa untuk download.

      Hapus
    6. Gan kasih tau cara ngebuka tanda /!\ dong.. Ane mau masuk recovery nya,trima kasih gan ditunggu jwbnnya

      Hapus
  13. Anonim14:44

    Gan mau tanya ada firmware buat seri atom mini pad 8"?

    BalasHapus
  14. gan punya tutor buat speedup slim s5 ga??thank..s

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada yang service speedup slim s5 gan, jadi kami tidak punya pengalaman cara instal android di type tablet tersebut

      Hapus
  15. maaf mas link nya mati
    apa mas tau cara masuk ke recovery pada tablet gosco combo?
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. link download normal kok, untuk recovery tablet gosco tab silahkan baca dan dicoba cara-cara yang ada di artikel factory reset android

      Hapus
  16. Anonim08:40

    Gan kenpa ya saya costom rom punya goclever,tapi layar sentuhnya tidak berfungsi .....bagaimana untuk mengatasi masalah ini.....oh iya saya memakai tablet movi max trima kasih

    BalasHapus
  17. File recovery gak bisa di ekstrak..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. password : baliservicecomputer
      agar mudah ekstrak pakai 7zip gan, kalau belum punya link download 7zip di atas ada

      Hapus
  18. Anonim06:19

    mohon izin untuk belajar copas/save/download semua yang ada di web ini dan mohon izin di gunakan untuk semuanya....ucokmonalisa www.ponselaktifcom

    BalasHapus
  19. Selamat malam pak. Tablet saya juga sama, cyrus atom pad. Sebelumnya saya sudah instal CWM (tapi lupa versinya). Lalu saya coba instal CWM versi bapak ini (pake booting). Setelah selesai diinstal, kok malah nyandat di robot android ya pak? atau mungkin maksud saya, kenapa lama banget masuknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cwm cocok berdasar kernel os bukan merk tablet sesuai artikel ini untuk ics 4.0.3 agar bisa update jelly bean

      Hapus
    2. Oh, begitu. Setelah saya diamin semaleman sambil di-cas, posisinya tetap tidak berubah (di robot android). Itu cara ngembalikannya gimana ya pak? apa di instal ulang? atau setelah dilepas baterainya bisa nyala lagi?

      Hapus
    3. baca cara melakukan flashing

      Hapus
  20. Udah coba di cyrus tvpad slim ane tapi hasilnya gak work.. cwm ane tetap yang lama. Ada saran om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan ngawur tuh, ini untuk atom pad, beda jauh gan, sabang-merauke dengan cyrus tv pad. beda tablet beda cwm
      bahkan tablet sama persis cwm juga bisa beda (contoh beyond tab 1), salah pasang cwm bisa bricked/bootlop tablet ndak bisa dipakai lagi

      Hapus
  21. gan saya pengguna cyrus action 8 dual core 3G LCD 8" Ram 512mb,sy mau tanya apakah cara install CWM nya sama dgn cara yg di atas? soalnya saya mau backup stocrom nya,sy udh coba cara di atas tp blm berhasil gan, mohon pencerahannya..
    oia satu lagi gan,apa saja yg harus di backup sebelum kita ngotak-atik perangkat android kita,? jadi apabila suatu saat nanti bila terjadi bootlop sy tinggal merestore nya.. terima kasih gan,,!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. -jangan, cwm allwinner beda tergantung jumlah partisi tablet, punya agan 9, 10 atau 11 partisi?
      -jangan lihat merk tablet, cara diatas saja hanya cocok untuk Cyrus atompad ics 4.0.3, kalau ics 4.0.4 lain lagi
      -banyak tablet mati/bootloop di service ditempat kami gara-gara pemiliknya salah pasang cwm...;(

      Hapus
    2. gan .. ane pake cyrus lily gamepad ICS 4.0.4 baru aja ane instal cwm ini..
      langsung bablas hape ane , adooh...
      mati..
      masih bisa nyala sih tapi black screen.. aja..
      gmn nih gan...pencerahannya.. ; (

      Hapus
    3. di flash bos dengan phoenix tool/livesuits+cari link download rom ori cyrus

      Hapus
  22. ijin kasih saran gan..
    kalau ada yang bootloop bisa pakai 'phoenixcard' agan2 sekalian...ga perlu flash lagi,tinggal burn file .img nya ke sd card.

    BalasHapus
  23. permisi gan,
    ane punya hp android NGM Extreme,
    pengen instal ulang..
    file yang diperlukan apa aja gan..
    sama caranya gan...
    hhe...
    thx b4...

    BalasHapus
  24. Izin tanya bos,
    Cryus pad ane kan cuman nyampe logo doank kalo dnyalain, mau msk mode recovery gx bsa bos dreset gx ngepek. Biar bsa msk mde recovery gmana dgn kndsi kaya gni gx bsa msk menu? Mhon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. android cuma nyala di logo merk saja itu bootloop, caranya diflashing

      Hapus
  25. Salam IT gan,sya mau tanyua Jika pada tablet GOSCO Winner II, jika kita memutar mp3 tidak keluar suaranya, dan jika memutar vidio tidak keluar vidio dan suaranya, padahal pada proesesnya tetap berjalan, kira2 yang bermasalah pada apanya ya gan,,,...???
    mohon Pencerahan...
    terima kasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa putar file video di android karena masalah software bisa coba aplikasi MX player, untuk kerusakan hardware silahkan bawa ke tempat service

      Hapus
  26. sudah bisa gan..
    makasih banyak..
    1. ane donlot livesuit v1.09 dari agan
    2. donlot firmware official lily dari cyrus website
    3. ane flash ( kombinasi tombol volume down + tombol power di hit berkali2 per detik)
    4. dan lily ane hidup lagi

    thumbs up !!!!! agan baliservicecomputer ...

    yg ane masih mo tanya.kan..lg nih gan krn penasaran...
    1. ics ane khan 4.0.4
    untuk bisa pakai cwm dari agan, berarti ane harus downgrad ke 4.0.3 dulu baru ane flash melalui terminal emulator gitu ya gan..
    2. tetapi setiap habis ane flash 4.0.3 img dari web agan.. firmware nya selalu brick lagi dan hasilnya blackscreen lagi,
    dan ane harus flash official lily gamepad lagi , sedangkan ane liat di setting ---> about phone tidak berubah tetap 4.0.4..
    makasih.. : )


    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya bukan di situ bos, cara flash bisa sama tapi file recovery moded/cwm berbeda untuk setiap handphone android, disini untuk versi cpu allwinner a10 tablet cyrus atompad 7 inch, resolusi dan letak partisinya beda

      Hapus
  27. Numpang tanya gan,,,knapa tablet speedup TA-734,,tidak ada system updatenya,,dan untuk mendapatkan system updatenya gimana caranya iaa bozz,,balz iaa bozz,,maav pemula

    BalasHapus
  28. pagi gan, apa cwm untuk tablet evercoss at8d agan punya? minta dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara buat cwm jika pakai chip mediatek bisa dengan MTK Droid Tool

      Hapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.