Internet Flexi Gangguan

Wah repot nih, sudah 2 hari ini 18 sd 19 februari 2014 internet flexi Evdo yang biasa saya gunakan mengalami gangguan di wilayah coverage renon Denpasar Bali, nulis blog jadi sedikit terbengkalai. Anehnya gangguan koneksi internet Flexi broadband kali ini terjadi hampir terjadi di seluruh wilayah, baik Jabodetabek, Jakarta, tangerang, Jawa timur Surabaya, Jawa barat, Medan dll. Jika internet flexi gangguan saya selalu mencoba berbagai cara untuk menemukan penyebab masalah modem internet flexi yang tidak mau koneksi ini.
Baca Juga:
Berikut ini cara-cara yang biasa saya lakukan untuk mengatasi masalah Internet Flexi:

1. Mengganti DNS modem Flexi
Saran ini muncul di browser Google Chrome untuk memeriksa DNS dan proxy yang tidak merespon request. Tetapi penggantian DNS dan penggunaan proxy flexi tidak dapat menyelesaikan masalah gangguan koneksi Internet Flexi. (ternyata google tidak cukup pintar ya?)
masalah modem cdma internet 2014

2. Mengganti Browser
Sudah saya coba mengatasi masalah gangguan flexi dengan berbagai browser; google Chrome, Firefox, Internet Explorer dan Opera. Paket Internet Flexi yang saya gunakan tetap tidak dapat untuk koneksi internet. (jelas masalah bukan pada browser internet)

3. Memeriksa masa aktif Paket Internet
Dengan mengirim sms LIST ke 2255, pemberitahuan status paket Internet Flexi promo bulanan ini masih aktif. (jelas mesin bukanlah cs/customer service flexi yang baik, dia bilang aktif tetapi kenyataannya tidak bisa untuk internetan)

4. Mengganti setting APN modem Flexi 
Berbagai cara setting apn internet flexi yang saya ketahu sudah dicoba, mengganti password, user name, merubah sinyal modem cdma, hybrid dll. Koneksi internet modem flexi yang gangguan pada sudah 2 hari 18-19 februari 2014 ini masih dapat diatasi dengan mengganti setting APN sbb: user name telkomnet@flexi dan password: telkom.   
tidak bisa konek internet flexi evdo

5. Mencoba koneksi modem internet fexi dengan komputer lain
Sudah saya cek dengan memindahkan modem flexi evdo ke PC desktop, laptop dan pada tablet android sebagau usb dongel tablet, tetap saja koneksi Internet Broadband Flexi Evdo mengalami gangguan.

6. Mengganti modem internet flexi evdo
Sempat terpikir kalau modem CDMA Prolink PCM 100 yang saya gunakan yang bermasalah, namun ketika mencoba dengan modem baru evdo flexi yang lain merk G Speed, tetap sama. Padahal ini modem G Speed flexi baru, bungkusnya sudah saya buka untuk mengecek gangguan pada koneksi internet flexi. Wah kalau saya jual dikira barang bekas dong? hiks...hiks..sedih...:(

7. Sebelum tidur, koneksi Paket Internet dengan modem flexi saya coba sekali lagi, dan taraaaa, koneksi internet bisa dilakukan. Internet flexi Broadband sudah tidak gangguan lagi. Selain mengganti setting apn seperti no 4 diatas, network koneksi dirubah dari evdo ke mode hybrid, sehingga sinyal cdma dan evdo aktif. Ternyata settingan ini dapat membuat internet flexi yang tidak bisa konek kembali tersambung.
cara modem flexi gangguan

Sebagai aksi 'balas dendam', saya download game-game android via torrent sebesar 1.76 GB. sebagai pengobat 'sakit hati'. Kadang tanpa tahu penyebab masalah dan solusinya, paket modem evdo internet flexi saya sudah bisa digunakan dan tidak mengalami gangguan lagi. 

update: masalah koneksi internet flexi februari 2014 gangguan (lagi)
8. Pengguna paket internet flexi evdo promo bulanan wilayah bali yang mengalami masalah tidak bisa konek dibulan februari 2014 ini bali service komputer mengatasinya sbb: 
  • lepaskan modem evdo dari pc laptop lalu pasang kembali
  • ubah network koneksi ke mode hybrid, sehingga sinyal cdma dan evdo aktif
  • ubah setting apn dengan user name dan password lihat gambar diatas seperti no 4 diatas.
Penyebab mengapa internet modem evdo flexi gangguan ini kami tidak tahu pasti. Walapun issu flexi bangkrut, dan pelanggan bakal dialihkan ke telkomsel, namun kami yakin itu semua perlu proses yang panjang. Apa mungkin gangguan ini terkait debu asap letusan gunung yang menggangu koneksi sinyal flexi ya? Yah sudahlah yang penting modem evdo flexi promo bulanan yang gangguan bisa konek internet lagi, mungkin jangkauan sinyal bts memang lagi gangguan.
update: lihat cara mengatasi kuota dan fup pengguna yang membeli paket modem bundling internet flexi atau bundling pc tablet android flexi.

Artikel Terkait di Bali Service Computer

3 komentar:

  1. Hal serupa juga saya alami mas... rupanya ada yang senasib dengan saya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @irfan hakim: iya gan, tidak ada press release dari pihak telkom mengenai penyebabnya, atau mungkin agan Irfan tahu cara mengatasi gangguan internet flexi ini? bagi dong tipnya..;D

      Hapus
  2. saya sekarang lagi mengalaminya juga gan
    sudah lebih dari seminggu flexi evdo di modem pcm100 saya gak bisa konek ;D

    BalasHapus

1.Pertanyaan dan komentar di blog ini dengan bahasa sopan dan jelas sesuai dengan artikel, spam/ iklan, sara akan di hapus.
2.Tidak melayani diskusi via sms dan WA hanya untuk pelanggan di tempat servis No Handphone WA: 085 238 900 600 - 089 541 090 1288
3 Artikel dilindungi hak cipta, menyalin, menyebarluaskan tanpa ijin seluruh/ bagian konten artikel akan kami laporkan ke DMCA.